Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android

cara menghapus iklan di chrome

Browser bawaan milik google ini memang menjadi sebuah primadona buat kalangan pengguna android. Namun masalahnya, google chrome sering menghadirkan iklan – iklan yang tak pantas. Anda bisa menggunakan cara menghilangkan iklan di chrome android.

Sering kali saya temukan beberapa kendala dalam pop up iklan dari google chrome itu sendiri. Pop up iklan tersebut kadang muncul kadang juga tidak. Tak sedikit pula yang mempunyai kendala dimana ada pemberitahuan muncul di status bar hp dari aplikasi browser tersebut.

Lantas kita sebagai pengguna akan sedikit terganggu bilamana kenyamanan saat berselancar tiba – tiba ada iklan. Bila anda menemukan iklan tersebut gunakanlah cara memblokir iklan di google chrome pada ulasan ini.

Terkadang kita memang jarang menggunakan cara mematikan iklan chrome tanpa aplikasi. Tetapi saya merekomendasikan kepada anda pakai aplikasi dan tanpa aplikasi.

Kedua nya memang menjadi sebuah tolak ukur dari sebuah perangkat smartphone masing — masing. Merek smartphone ternama pun masih bisa terkena virus iklan di google chrome.

Contoh kecil adalah hp dengan merek samsung, lenovo, vivo, oppo, sony, xiaomi redmi, smartfren andromax dan masih banyak lagi merk ponsel terkemuka lainnya. Bila anda sedang mencari sebuah solusi untuk blokir iklan di chrome, maka anda sudah tepat ketika melihat ulasan ini.

Iklan di Google Chrome Android

Sebelum masuk ke inti permasalahan cara menghilangkan iklan di chrome android. Langkah baiknya bila anda mengetahui ciri – ciri terlebih dahulu mengenai iklan google chrome tersebut.

Ada beberapa jenis dan ciri ciri yang bisa saya ambil sampelnya untuk bahan saya dalam pembuatan studi kasus ini. Apabila anda menemukan hal yang sama seperti saya alami kemungkinan hp android anda sudah terkena malware iklan tersebut.

Apabila hp sudah terinfeksi seperti itu alangkah baiknya bila anda segera menghapus iklan di hp. Untuk itu saya akan memberikan ulasan mengenai ciri – ciri browser di ponsel kena virus iklan di google chrome.

1. Chrome Akan Memunculkan Iklan di Bilah Notifikasi

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa spam iklan chrome ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Ia akan menginfeksi pada perangkat android anda melalui aplikasi google chrome itu sendiri.

Namun anda bisa melihat ciri – ciri tersebut bila mana anda menemukan notifikasi dari bilah status bar anda maka itu disebut juga virus. Malware tersebut akan sering muncul ketika notifikasi tersebut masih anda ikuti.

2. Pop Up Iklan Muncul Saat Browsing

Ini yang menjadi alasan saya merasa jengkel ketika menggunakan browser google chrome. Anda akan merasa sangat tidak nyaman ketika berada pada posisi pop up iklan sering muncul di google chrome.

Po pup tersebut akan muncul dengan sendiri tanpa kita ketahui darimana asal pop up nya. Bila anda merasa sebelumnya pernah mengizinkan suatu website untuk menerima notifikasi pembaruannya maka itu bisa disebabkan olehnya.

3. Google Chrome Android Terasa Sangat Lambat

Ciri – ciri ketiga ini biasanya sering saya temukan di beberapa perangkat android. Google chrome akan terasa berat, lambat kadang suka keluar notifikasi google chrome telah berhenti.

Tak hanya itu, kadang ketika kita sedang berselancar menggunakan browser ini akan terasa lag dan muncul masalah – masalah baru seperti membuka tab baru sendiri dan sebagainya.

Bagi anda yang ingin tau kenapa hal itu bisa segera diatas, ikutilah tutorial dibawah ini untuk mengetahui cara menghapus iklan di chrome membandel supaya segera dimusnahkan.

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome HP Secara Permanen

Cara menghilangkan spam iklan pop up di chrome smartphone ini sama halnya kita sedang melakukan pembersihan secara permanen menggunakan beberapa bantuan aplikasi tambahan seperti antivirus.

Saya merekomendasikan kepada anda bila anda ingin menghilangkan iklan chrome maka bersihkan terlebih dahulu perangkat anda dari virus dengan cara scan virus tersebut. Anda bisa scan virus itu menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi anti virus lainnya yang serupa bisa anda dapatkan di google playstore.

Tetapi cara tersebut sepertinya tidak efektif untuk dilakukan agar tidak muncul iklan di chrome. Anda bisa menemukan cara hilangkan iklan di google chrome dibawah ini.

Mematikan Pengaturan Notifikasi Chrome di Android

Agar pengguna terhindar dari notifikasi pada bilah pemberitahuan layar hp anda. Silakan gunakan cara pertama dalam menangani kasus ini. Anda dapat melakukan cara mematikan notifikasi chrome melalui pengaturan android anda.

1. Cara Mematikan Notifikasi Google Chrome

cara menghilangkan iklan google
  • Pertama silakan buka terlebih dahulu Pengaturan pada ponsel anda.
  • Masuk ke menu Notifikasi & Bilah Status.
  • Pilih Kelola Pemberitahuan.
  • Tekan tombol pada bilah sisi kanan tulisan Izinkan Pemberitahuan. Jadi, anda tekan tombol tersebut hingga bergeser kemudian akan berubah warna menjadi abu – abu.

2. Cara Menghapus Iklan di Pengaturan Chrome

Untuk cara kedua ini menjadi cara alternatif menghilangkan notifikasi iklan di chrome tanpa aplikasi. Pasalnya jika anda tidak mau menghapusnya dengan cara pertama, anda bisa menggunakan cara kedua untuk membuang iklan google chrome tersebut.

Cara Memblokir Iklan di Google Chrome

cara memblokir iklan di google
  • Masuk ke browser chrome anda.
  • Kemudian pilih ikon Titik 3 dipojok kanan atas tepatnya.
  • Klik pada menu Setting / Pengaturan / Setelan.
  • Masuk ke Setelan Situs lanjut ke Notifikasi.
  • Maka akan muncul tombol untuk on/off bilah notifikasi pada chrome.
  • Anda bisa mematikan tombol tersebut yang berada di samping kanan tulisan notifikasi bewarna biru.

Pada saat anda mematikan, maka tombol warna biru tersebut akan berubah warna menjadi warna abu – abu dan ada pergerakan ke kiri bila sudah nonaktif. Jika sudah begitu maka anda sudah bisa memblokir iklan notifikasi di google chrome.

Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

Cara menghilangkan iklan yang tiba tiba muncul di hp tanpa aplikasi selanjutnya ini sering kita anggap sebagai iklan spam. Soalnya iklan pop up sering mendadak muncul seperti itu kerana ia memang cara kerjanya seperti itu. Agar anda terhindari dari spam iklan pop up tersebut, ikuti langkah dibawah ini untuk block iklan di chrome.

  • Langkah pertama adalah masuk ke Google Chrome Android anda.
  • Kemudian carilah menu Setting / Setelan / Pengaturan yang berada di pojok kanan atas dengan ikon titik 3.
  • Pilih Setelan Situs dilanjut dengan memilih Pop Up dan Pengalihan.
  • Hidupkan tombol bewarna abu – abu tersebut pada samping tulisan Pop up dan Pengalihan. Nanti ikon tersebut akan bergeser ke kanan dan berubah warna menjadi biru.

Bila anda sudah mengaktifkan tombol tersebut, maka tidak akan riscan terhadap pop up notifikasi maupun jenis iklan pop up lainnya. Saya rasa, sebaiknya anda senantiasa mengaktifkan fitur tersebut guna menghilangkan pop up iklan di chrome.

Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome Android Lewat Aplikasi

Adapun cara menghapus pop up iklan di chrome android menggunakan aplikasi atau lewat bantuan software. Biasanya saya merekomendasikan anda sebuah aplikasi pembersih sampah, dimana akan ada fitur ads block untuk semua jenis browser smartphone.

1. Adblocker Browser Gratis

Adblocker Browser Gratis
  • Siapkan aplikasi Adblocker Browser Gratis yang bisa anda peroleh pada google playstore di smartphone.
  • Jalankan aplikasi Adblocker Browser Gratis.
  • Setelah itu anda bisa menggunakan aplikasi adblocket untuk browsing layaknya sedang menggunakan chrome.

2. AdBlocker Ultimate Browser

AdBlocker Ultimate Browser
  • Download dan Instal aplikasi AdBlocker Ultimate Browser melalui google playstore android anda.
  • Jalankan aplikasi AdBlocker Ultimate Browser pada perangkat anda.
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti minta izin, tap Continue hingga sampai ada tulisan Finish.
  • Setelah itu aplikasi AdBlocker Ultimate Browser sudah bisa digunakan untuk streaming, browsing, dan menjelajah di internet bebas halangan iklan jenis apapun.

3. Adblock Browser for Android

Cara menghilangkan iklan di chrome android selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pemblokir iklan yaitu Adblock Browser for Android. DImana aplikasi ini mampu mengendalikan jenis iklan apapun sehingga dapat di blokir secara otomatis oleh adblock browserr tersebut.

Baca Juga : Cara Menghapus Iklan di Aplikasi PicsArt Android

Aplikasi besutan eyeo GmbH dapat meningkatkan kinerja ads blocker anda saat browsing. Ketika anda menjelajah internet menggunakan adsblock browser ini, anda akan dapat layanan hapus iklan pop up jenis apapun di chrome menggunakan aplikasi ini.

Adblock Browser for Android
  • Silakan unduh dan pasang aplikasi Adblock Browser for Android melalui google playstore anda masing – masing.
  • Kemudian jalankan aplikasi Adblock Browser for Android pada smartphone anda.
  • Akan muncul tampilan seperti permulaan aplikasi, tap pada Selangkah Lagi hingga muncul tulisan Selesai.
  • Pada tahap ini anda sudah bisa menggunakan aplikasi Adblock Browser for Android secara permanen untuk terhindar dari notifikasi iklan di chrome yang mengganggu.

Tips Terhindar Dari Iklan Notifikasi dan Pop Up di Chrome Android

Adapun cara untuk menghindari iklan notifikasi dan jenis pop up lainnya pada browser chrome hp. Demi kenyamanan, anda bisa menggunakan tips dibawah ini loh, berikut tips terhindar dari bahaya iklan tersebut.

  1. Kenali website tersebut dengan saksama guna terhindar dari iklan berbahaya lainnya. Caranya anda bisa menekan sembarang tempat, bila muncul tab baru atau pop up iklan tinggal kan saja website tersebut.
  2. Carilah website dengan tampilan profesional. Biasanya website yang terurus dan tidak riskan terhadap malware akan menampilkan situs yang lebih profesional.
  3. Jangan cari situs download. Biasanya situs download akan menyuguhkan banyak iklan. Kenapa? Mengapa hal ini terjadi?, karena mereka pada mau cari untuk melalui website download. Situs download seperti aplikasi mod sering menggunakan iklan jenis ini.
  4. Aktifkan ads blocker untuk pengguna browser apapun. Di beberapa browser, saya menjumpai ada fitur ads block nya. Seperti uc browser, opera browser, google chrome pun juga ada.

Cara menghapus iklan di google chrome pada ulasan diatas apakah membantu penyelesaian dari masalah anda?. BIla anda merasa sudah terselesaikan maka saya akan menyudai ulasan cara blokir iklan di google chrome.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara menghilangkan iklan popup di google chrome dan hapus notifikasi iklan yang ditimbulkan chrome. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menyelesaikan masalah anda. Terima kasih dan beri tanggapan artikel ini melalui kolom komentar dibawah.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.