Cara Menghapus Chromium

Google chrome merupakan browser yang wajib dimiliki oleh pengguna laptop. Tak lepas dari browser chrome terdapat browser chomium yang aktif sendiri.

Mengenai cara menghapus chromium ini memang agak sulit karena chromium sangat bandel untuk di uninstall.

Chromium tidak mau di uninstall karena terdapat kode – kode canggih yang menjangkit dan menjalar ke directory disk c. Jika kamu pengguna google chrome, pasti akan punya chromium ini bila belum ditangani.

Chromium browser sebenarnya bukan virus atau semacamnya melainkan browser pecahan dari google chrome.

Malahan banyak yang mengira chromium lebih nyaman digunakan ketimbang induknya (Chrome).

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi chromium ini akan muncul secara tiba – tiba. Jadi, patut dicurigai datangnya dari mana dan ia menyebabkan komputer not responding apa tidak.

Bila komputer sudah hang itu biasanya sudah terjangkit chromium. Lalu bagaimana cara uninstall chromium di pc yang tidak bisa diuninstall?.

Tenang saja tips berikut ini akan membantu kamu dalam kasus membersihkan peramban chromium.

Bagi yang masih awam menggunakan laptop atau komputer baru. Mungkin belum pernah merasakan beda peforma ketika menggunakan browser google chrome.

Apabila kamu pengguna lama, mungkin terasa bagaimana beratnya menjalankan program chrome.

Chromium tidak mau di uninstall bisa dikatakan suatu serangan tersembunyi. Browser berbasis open source ini tidak akan bisa ditanya kapan ia masuk ke PC kita.

Tanpa sepengetahuan kamu, chromium diam – diam akan install sendiri di latarbelakang. Prosesnya tidak akan berasa berat dan tidak ada kecurigaan apapun.

Selain memberi password folder agar tidak ketahuan, ada juga fungsi lain.

Kamu akan merasakan betapa beratnya ketika sudah mendapati ikon chromium yang mirip sekali dengan google chrome.

Bedanya hanya warnanya saja, chromium memiliki warna cenderung biru. Supaya dapat menghapus chromium secara totaldan permanen, silakan simak ulasan berikut ini.

Cara Hapus Chromium yang Muncul Sendiri Sampai ke Akarnya Secara Permanen

Ada beberapa cara untuk hapus program peramban chromium. Bagi kamu yang belum mahir mengoperasikan komputer atau laptop, saya sarankan untuk menyerahkan kepada orang yang lebih ahli guna menghilangkan chromium secara benar.

Kamu bisa mencari orang atau teman kamu yang jago mainin komputer dan laptopnya. Mengenai browser ini, biasanya akan menyerang Sistem Operasi (OS) windows 8 dan windows 10 dan ternyata windows 7 juga bisa terjangkit penyakit ini.

Uninstall Chromium Lewat Control Panel

hapus chromium lewat control panel

Pertama yang wajib kamu lakukan adalah Uninstall Chromium Via Control Panel. Aplikasi ini memang sangat bandel banget ketika di copot melalui control panel.

Memang programnya terhapuskan, namun setelah windows di restart atau reboot program tersebut akan muncul kembali.

Bagi kamu yang ingin mencopot aplikasi melalui control panel bisa mengikuti langkah – langkahnya pada postingan sebelumnya ini.

Simak ulasan tersebut di cara menghapus aplikasi pc. Dengan menghapus aplikasi tersebut jangan dulu melakukan konek internet atau sistem windows di restart.

Gunakan langkah selanjutnya ini supaya file chromium tidak tertinggal di directory local disk C. Untuk melihat trik selanjutnya, kamu bisa membacanya di pemaparan berikut ini.

Menghapus File Bekas Chromium

menghilangkan folder chromium

Ketika kamu melakukan cara menguninstall chromium diatas tadi, maka file program tersebut akan tertinggal di directory penyimpanan local disk c. Penyimpanan folder chromium tidak sembarangan bisa ditemukan.

Kenapa begitu? Masalahnya folder tersebut benar – benar di sembunyikan oleh sistem malware chromium. Untuk membuka folder tersembunyi itu, kamu harus menggunakan tips cara melihat hidden file sampah.

Agar kamu bisa menemukan folder tersembunyi maka harus mengaktifkan fitur hidden file.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut saatnya masuk ke tutorial menghapus file sampah pada chromium.

  • Pertama buka Windows Explorer atau biasa disebut dengan File Manager.
  • Kemudian masuk ke Local Disk C.
  • Setelah masuk silakan buka folder User -> Default-> App Data -> Local -> Microsoft -> Hapus folder bernama Chromium.
  • Cara hapus folder chromiumnya sangat gampang, cukup dengan Shift + Delete.
  • Setelah itu klik OK maka proses penghapusan akan segera dimulai.

Sampai disini apakah kamu sudah paham dengan apa yang saya maksudkan diatas tadi?. Bila sudah, cara menghilangkan instalan chromium belum usai sampai disini saja. Melainkan tugas kamu masih satu lagi supaya file chromium bersih hingga tuntas.

Cara Menghapus Chromium dari Registry

hapus folder chromium di registry

Kamu juga bisa menghapus semua file sampah chromium menggunakan trik secara manual saja.

Bila menggunakan aplikasi pembersih malware itu sangat lama karena harus scan dulu mana yang akan dimasukan kedalam fitur scan virus malware.

Maka pembersihan program malware dari chromium ini melalui registry bisa menjadi alternatif kamu.

Sebuah pilihan yang memang harus kamu lakukan walaupun caranya manual, bisa menjadi cara lain untuk membersihkan chromium yang tidak bisa di uninstall.

Supaya kamu bisa bebas dari bahaya browser dari chromium ikuti langkah demi langkah melalui pemaparan berikut ini.

  • Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Registry Editor terlebih dahulu. Cara membukanya cukup tekan kombinasi keyword CTRL + R lalu ketikan regedit kemudian tekan Enter. Alternatifnya adalah kamu bisa tekan start menu kemudian ketikkan Regedit lalu tekan program regeditnya.
  • Bila ada pemberitahuan yang muncul di depan layar kamu. Silakan pilih Yes untuk menalnjutkan masuk ke registry.
  • Tampilan awal registry editor, kemudian tekan kombinasi tombol CTRL + F kemudian ketikan Chromium lalu tekan Enter.
  • Jika sudah menemukan baris yang ditandai, silakan hapus file tersebut karena itu directory dari program chroimium browser.

Cari satu persatu hingga tuntas semuanya maka file sampah bekas dari malware chrome tidak akan datang lagi. Bila browser chromium sudah hilang dari hadapan kamu maka cara diatas sudah berhasil menaklukan malware bandel tersebut.

Resiko Tidak Membersihkan Chromium

Terdapat resiko yang menyebabkan laptop atau komputer yang kamu miliki menjadi sangat lambat.

Walaupun kamu pengguna ssd, tetap saja saja bila malware ini datang maka akan menyebabkan sistem operasi berjalan sangat lambat.

Apabila windows 10, windows 8 dan windows 7 kamu semakin lambat, apa yang harus kamu lakukan?.

Apakah perlu di install ulang windowsnya?. Mendingan cari dulu penyebab komputer lemot. Baru deh putuskan mau instal ulang apa tidak. Sekurang – kurangnya kamu memerlukan cara mempercepat laptop.

Bila kamu tidak mau ribet dengan instal ulang yang megharuskan instal semua programnya secara berulang juga.

Mungkin kamu harus menyegerakan proses hapus chromium pada perangkat laptop atau komputer yang kamu gunakan sekarang.

Cara diatas mungkin bisa membantu persoalan yang sedang kamu hadapi sekarang. Bila kamu tidak segera mengatasi chromium ini, maka laptop atau komputer akan tetap menjadi sangat berat dan dikemudian hari akan terasa lebih berat lagi.

Itulah cara kerja malware manapun, malware kan fungsinya untuk mengambil data – data yang ada di perangkat kamu. Namun malware chromium ini unik, ia malah mendukung browser yang lebih ringan dari chrome.

Sebaliknya, chromium tidak akan membahayakan lebih fatal lagi kok. Cuman efeknya berasa sangat berat saja ketika memulai pengoperasian windows kamu.

Apa Itu Chromium?

Secara garis besar, chromium hanya sebuah peramban web yang sumber kodenya diambil oleh Google Chrome.

Apakah Chromium Berbahaya?

Chromium tidak membahayakan sistem operasi, hanya saja ia akan membuat beban berlebihan pada proses CPU dan RAM.

Kenapa Chromium Tidak Bisa Diuninstall?

Memang kalau dicopot melalui menu control panel akan kembali lagi waktu pc atau laptop kamu restart. Jika sudah menghapus file registrynya kemungkinan akan bisa hilang.

Jika Chromium Tidak Hilang?

Kamu bisa uninstall chromium menggunakan aplikasi pihak ketiga. Umumnya bisa kamu dapatkan dimana saja, setelah itu copot pemasangan menggunakan aplikasi tersebut.

Apabila cara hapus program chromium diatas sudah bisa menanggulangi masalah kamu. Jadi, kamu sudah terhindar dari chromium, dan bebas. Selalu berhati – hati jika menggunakan internet ya.

Tinggalkan komentar