Cara Mengetahui Pengguna WiFi Indihome

Cara Mengetahui Pengguna WiFi Indihome – Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita tentang yang namanya Indihome. Yups Indonesia Digital Home atau yang biasa kita sebut dengan Indihome ini adalah salah satu layanan internet terbesar di Indonesia yang di miliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia.

Kapan Indihome Di Rilis ?

Dulu sebelum adanya Indihome, ada yang namanya Speedy namun kini Speedy sudah di berhentikan semenjak tahun 2015 lalu. Dan di berhentikannya Speedy ini maka muncullah yang namanya Indonesia Digital Home atau di singkat yaitu Indihome. Indihome ini rilis pada tahun 2015 setelah di berhentikannya layanan speedy sampai saat ini.

Indihome mempunyai kecepatan akses internet yang sangat cepat dari pada menggunakan speedy, jika speedy hanya mampu sampai 5Mb/s maka Indihome bisa membawa kecepatan hingga 100mb/s. Selain akses internetnya yang cepat, Indihome ini juga memberikan penawaran harga yang tergolong sangat murah yaitu mulai dari 350rb untuk kecepatan 10Mb/s.

Speed 10Mb/s ini jika untuk rumahan menurut saya sendiri sih sangat rekomended dan sudah tergolong lumayan cepat. Tapi jika untuk usaha ya minimal kalian bisa ambil speed yang 50Mb/s dengan harga kurang lebih 600rb/ bulan.

Nah dengan speed rumahan dan untuk usaha kalian sudah bisa membedakan ya.. Jika kalian mengambil paket rumahan yang 10Mb/s, kalian bisa menggunakan hingga 10 pengguna yang terhubung di WiFi kalian. Namun jika sudah terasa lemot, mungkin saja ada banyak sekali pengguna yang terhubung di WiFi Indihome kalian.

Baca Juga : Cara Bobol Situs Internet Positif Agar Bisa Dibuka Lagi

Untuk melihat siapa saja yang terhubung di WiFi Indihome kalian ini caranya sangat mudah kok. Mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah tahu bagaimana cara mengetahui pengguna yang terhubung di WiFi Indihome, namun untuk yang belum tahu kalian bisa ikuti langkah langkah yang akan saya berikan di bawah ini.

Cara Mengetahui Pengguna WiFi Indihome

Langkah pertama untuk melihat pengguna wifi, kalian bisa masuk ke modem indihome terlebih dahulu, dengan cara kalian terhubung terlebih dahulu pada WiFi Indihome kalian. Jika sudah kalian bisa membuka browser kalian, di sini saya sarankan untuk menggunakan Google Chrome. Jika sudah kalian bisa ketik alamat IP berikut ini : 192.168.0.1

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Indihome Sampai 100MBps

Jika sudah, maka akan muncul halaman login modem indihome. Di sini saya menggunakan modem ZTE Tipe F609. Jika sudah kalian bisa masukan username dan password modem Indihome kalian. Biasanya modem indihome ini memiliki password default yaitu :

Username : admin

Password : admin

Username : user

Password : user

Username : admin

Password : telkomdso123

Agar anda bisa melihat pengguna wifi. Kalian bisa coba gunakan ketiga jenis username dan password tersebut, untuk login ke WiFi Indihome kalian.

mengetahui pengguna WiFi indihome
Halaman Login Modem Indihome ZTE F609

Jika sudah login ke Modem indihome kalian, kalian bisa masuk ke menu Network lalu pilih menu WLAN jika sudah kalian bisa pilih Associated Device. Nah di situ akan terlihat perangkat siapa saja yang terhubung di WiFi Indihome kalian dan ada berapa perangkat yang terhubung di WiFi indihome yang ada di rumah mu.

Setelah kalian melihat pengguna wifi ada berapa pengguna yang terhubung di WiFi Indihome kalian ini, kalian bisa melakukan ganti password agar tidak ada lagi yang terhubung ke WiFi kalian, kecuali mereka yang mendapati password WiFi Indihome yang ada di rumah kalian.

Jadi itulah cara mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi indi home kita. Mungkin beberapa orang memakainya, alangkah baiknya anda melakukan ganti kata sandi.

Lalu, bagaimana cara mengganti password di WiFi Indihome ? Untuk mengganti Password yang ada pada WiFi Indihome ini sangat mudah, mari kita baca tutorial selanjutnya di bawah ini.

Cara Merubah Password WiFi Indihome

Setelah melakukan melihat pengguna wifi indihome anda bisa merubah password. Untuk merubah password indihome ini, kalian perlu masuk kembali ke modem indihome tadi, langkahnya tetap sama saja seperti cara di atas. Jika kalian sudah masuk ke Modem Indihome ini kalian bisa pilih menu Network lalu WLAN jika sudah kalian pilih Security

mengetahui pengguna WiFi indihome
Masuk ke menu Security

Jika sudah masuk menu Security, kalian bisa lihat pada menu WPA Passpharse yang mana kalian bisa mengganti password baru yang akan kalian buat.

mengetahui pengguna WiFi indihome

Jika sudah kalian ganti password barunya kalian bisa klik Submit maka otomatis Modem tersebut akan merestart dan kalian bisa masukan password baru yang sudah kalian buat tadi.

Baca Juga : Tanpa Root, Begini Cara Mengintip Password Wifi

Tapi perlu kalian ingat, jika saat kalian mengganti password WiFi kalian, usahakan samakan SSID yang ada di menu SSID Settings. Jika nama WiFi kalian ada di SSID 1 maka Password yang kalian ganti juga ada di SSID 1.

Jika kalian tidak ingin merubah password nya, kalian bisa block Mac Address pengguna yang terhubung di WiFi kalian itu sendiri, dengan cara ini perangkat mereka yang di block tidak bisa terhubung dengan WiFi yang ada di rumah kalian.

Biasanya ada pengguna yang sering mendownload atau bermain game yang membuat kecepatan internet di rumah kalian berkurang, karena di pakai oleh perangkat yang mendownload atau bermain game tadi.

Lalu, bagaimana memblock pengguna yang terhubung di WiFi Indihome ini ? Untuk memblock pengguna yang terhubung di WiFi Indihome rumah kita yaitu dengan cara memblacklist Mac Address perangkat yang terhubung di WiFi kita. Caranya kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini ;

Cara Block Pengguna Indihome

Untuk memblockir pengguna yang ada di WiFi Indihome ini kita tidak perlu lagi menambah perangkat, hanya saja ada sedikit settingan yang harus kita setting agar perangkat tersebut tidak bisa terhubung di WiFi Indihome kita.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows Secara Permanen

Pertama, kalian masuk ke Modem Indihome langkahnya tetap sama seperti yang sebelumnya. Jika sudah kalian bisa masuk ke menu Network lalu pilih WLAN lalu kalian pilih Associated Device di sini kita akan mengambil Mac Address perangkat yang terhubung di WiFi Indihome kita.

mengetahui pengguna WiFi indihome

Jika kalian bingung, perangkat siapa yang akan kalian block, kalian bisa pinjam hp kalian terlebih dahulu lalu kalian bisa cek IP Address nya di perangkat yang terhubung.

Jika menggunakan PC kalian bisa tekan Windows + R lalu kalian ketik CMD jika sudah akan muncul Command Prompt lalu kalian ketik IP Config maka hasilnya seperti di bawah ini :

mengetahui pengguna WiFi indihome

Jika di perangkat android kalian bisa klik di bagian Rincian Jaringan yang terhubung maka akan muncul IP Address dan Mac Address nya.

Nah, jika kalian sudah menemukan IP Address yang akan di block maka langkah selanjutnya pada Modem Indihome tadi kalian bisa pilih menu Access Control List pada menu SSID kalian pilih sesuai Nama WiFi kalian di buat di SSID berapa, lalu pada menu Mode kalian bisa pilih mode Block lalu pada menu Mac Address kalian bisa isi perangkat yang akan kalian block tadi, jika sudah kalian bisa klik Add.

mengetahui pengguna WiFi indihome

Jika sudah kalian klik Add maka hasilnya seperti di bawah ini :

mengetahui pengguna WiFi indihome

Nah jadi begitulah cara memblock perangkat yang terhubung di WiFi Indihome yang ada di rumah kalian. Jadi kalian sudah tidak perlu bingung lagi jika WiFi kalian terasa lemot. Tapi perlu kalian ketahui, ada beberapa hal yang membuat WiFi kita itu terasa lemot. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Beberapa Penyebab WiFi Indihome Lemot

Gangguan Teknis

Yang pertama yaitu sedang gangguan teknis, misalnya saja jika kabel optik yang mengarah ke rumah kalian itu putus. Jika kabel optik atau kabel indihome yang mengarah ke rumah kalian itu putus maka internet di rumah kalian tidak bisa di pakai. Cara mengatasinya adalah kalian bisa hubungi Call Center Telkom dengan menelpon 147 atau kalian bisa datang ke kantor telkom yang ada di daerah kalian.

Password Internet Bocor

Yang di maksud dengan Password Internet Bocor ini adalah password WiFi kalian sudah banyak yang mengetahui, jadi banyak perangkat yang terhubung dengan WiFi kalian tanpa sepengetahuan kalian sendiri, yang membuat WiFi kalian menjadi lemot. Cara mengatasinya sangatlah mudah kalian bisa mengganti password nya saja atau kalian bisa block Mac Address tadi agar tidak semabarang perangkat bisa terhubung ke WiFi kalian.

Nah, jadi sekarang kalian sudah tau kan penyebab WiFi di rumah kalian terasa lemot? Selain gangguan teknis, password WiFi yang kalian punya pun sudah tersebar yang akhirnya banyak perangkat yang terhubung di WiFi kalian.

Penutup

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan kepada kalian semua, mulai dari cara mengetahui pengguna Wifi Indihome, cara mengganti password dan juga cara block pengguna menggunakan Mac Address. Semoga dengan cara ini kalian bisa menikmati internet indihome dengan puas dan tidak lemot lagi. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini