Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Memory Card

Banyak diantara anda yang mungkin memiliki smartphone ataupun hp yang memiliki penyimpanan memori internal yang sangat kecil sedangkan saat ini banyak sekali jenis file yang memiliki ukuran yang besar. Misalnya saja sebuah foto, kini untuk hasil jepretan HDR sendiri minimal 2MB, bayangkan itu baru satu foto, coba kalau ada 4 ribu foto.

Maka dari itu biasanya ada yang menggunakan aplikasi pembersih bawaan dimana bisa menghapus foto ataupun file yang ada di hp dengan cepat akan tetapi ada juga yang random. Jadi apabila foto ada yang terdeteksi sama, maka secara otomatis foto akan terhapus dan terdelete.

Seperti pada fitur yang terdapat di hp xiaomi, ketika ada foto yang memiliki kesamaan maka secara otomatis bisa menandai dan mendeteksi, ketika hendak membersihkan penyimpanan internal, maka foto itu ikut terhapus. Tentu saja akan sangat sayang sekali apabila foto sampai terdelete ataupun terhapus oleh sistem serta itu merupakan foto terbaik anda dan mungkin momen tersebut hanya sekali saja.

Namun anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai hal tersebut, karena di bawah ini akan diberikan cara mengembalikan foto yang terhapus di sd card android dengan cepat dan mudah. Perlu anda ketahui juga bahwa cara ini bisa berhasil di segala jenis hp, jadi tidak xiaomi saja, mulai dari oppo, vivo, vivan, lenovo, samsung, realme, dan masih banyak lainnya pun juga bisa. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

#1. Mengembalikan Foto yang Terdelete Di Memory Card dengan Aplikasi Restore Pictures

Cara pertama untuk mengembalikan foto yang terhapus di memori card yaitu dengan menggunakan aplikasi restore pictures. Dari namanya saja sudah terlihat jelas fungsinya untuk mengembalikan foto yang terhapus. Untuk lebih jelas mengenai caranya silahkan simak cara di bawah ini.

a. Langkah pertama silahkan download aplikasi Restore Pictures di google play store dengan ukuran 3MB saja, atau anda bisa download disini.

b. Jika sudah selesai download, maka install saja aplikasinya, setelah itu tinggal buka. Berikutnya klik agree.

Baca Juga : Cara Mengembalikan SD Card Tidak Bisa Diformat

c. Berikutnya tinggal klik saja start scan, lalu tunggu hingga proses scan selesai. Jika sudah maka akan sangat banyak sekali foto yang muncul.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Memory Card

d. Cara berikutnya silahkan cari foto yang hendak anda kembalikan yang sudah terhapus tersebut. Jika sudah silahkan ceklis fotonya, dan klik saja icon recover seperti pada gambar di bawah ini.

e. Maka secara otomatis file gambar sudah dikembalikan dalam beberapa detik. Berikutnya anda bisa langsung klik open.

cara mengembalikan file yang terhapus di memory card

#2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus Di Memori Card Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara berikutnya untuk recovery foto yang kedelete yaitu sebenarnya cara kerjanya hampir sama seperti aplikasi di atas. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini juga.

a. Langkah pertama silahkan download saja aplikasi diskdigger photo recovery ini di google play store.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SD Rusak Tidak Terbaca

b. Jika sudah silahkan buka saja aplikasinya di hp android anda.

c. Kemudian jika sudah membuka silahkan anda klik saja, Start Basic Photo Scan . Maka secara otomatis aplikasi akan scan semua foto yang pernah terhapus di hp android anda tersebut. Sebenarnya tidak cuma android, iphone pun bisa, silahkan download di app store.

d. Nah untuk anda hpnya sudah diroot, maka anda bisa memilih pilihan di bawah nya.

e. Jika proses scanning sudah selesai, maka banyak foto yang akan tampil. Berikutnya silahkan anda cari saja foto anda yang sudah terhapus ataupun terdelete tidak sengaja. Jika sudah ketemu fotonya silahkan klik ataupun ceklis fotonya.

f. Terakhir tinggal klik recover saja maka secara otomatis foto yang sudah terhapus tersebut kembali.

Jadi itulah kedua cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card ataupun mmc tanpa software dengan cepat dan mudah. Serta kedua cara tersebut anda juga tidak perlu melakukan proses rooting dan segala macam. Jadi hanya sekedar install aplikasi dan scanning, serta tinggal pilih foto, terakhir klik recovery.

Semoga bermanfaat untuk anda yang tidak sengaja menghapus foto ataupun galeri anda, sekian dan terima kasih.