Portable Hotspot Android Tidak Berfungsi

Pernah tidak sih kamu mengalami masalah ketika sedang melakukan tethering hotspot dari smartphone kamu ke hp lainnya? Padahal biasanya normal-normal saja, tapi kok kali ini tidak bisa ya? Nah kalau kebetulan kamu sedang mengalami problem tersebut, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat nih. Karena kali ini kita akan membahas cara tethering hotspot tidak berfungsi, biar kamu dapat menyambungkan perangkat kamu ke hp lainnya dengan lancar seperti biasa!

Perkembangan smartphone saat ini sudah semakin maju ya. Jika dulu kamu membutuhkan modem untuk bisa berinternet, saat ini smartphone kamu sudah memenuhi kebutuhan tersebut.

Hanya tinggal melakukan tethering hotspot, maka hp kamu yang lainnya sudah bisa terkoneksi dengan internet menggunakan kuota data dari smartphone milikmu. Namun ketika ada kendala, apa sih penyebabnya?

Umumnya yang harus kamu cek tentunya adalah kuota internet dari smarphone yang kamu gunakan untuk melakukan tethering ke perangkat lainnya. Cobalah untuk cek apakah kuota data masih tersedia.

Kalau memang masih banyak, maka bisa kamu cek dengan sambungannya, apakah kamu keliru memasukkan password atau tidak. Tapi kalau kedua hal tersebut tidak ada masalah, maka ada hal lain yang harus kamu lakukan untuk membereskan kendala tersebut.

Untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan, yuk deh kita cek bersama mengenai cara mengatasi masalah hotspot dibawah ini, biar kamu nggak kebingungan lagi!

Cara Memperbaiki Wifi Android Yang Tidak Bisa Hidup

Melihat wifi tidak bisa diaktifkan pada android mengingatkan saya bahwa masalah ini tak hanya ditemukan pada satu hp saja melainkan berbagai macam jenisnya.

Misalnya hp samsung, xiaomi redmi, lenovo, vivo, oppo, smartfren andromax dan lain sebagainya. Tidak usah menunggu berlama – lama, saya akan memberikan penjelasannya dibawah ini.

Restart Aja HP Kamu

Cara pertama untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi sebenarnya sangat simpel kok. Terkadang memang ada kalanya beberapa fungsi dari smartphone mengalami eror. Oleh karena itu hp kamu perlu untuk direstart.

Nah hal ini berlaku juga ketika tethering hotspot kamu lagi ngambek atau tidak mau konek. Coba kamu restart saja hp kamu. Biasanya untuk beberapa kasus sudah langsung normal kembali kok. Dan tethering hotspot kamu sudah bisa berfungsi normal seperti biasanya. Gampang ya?

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Muncul Landing Page Wifi ID

Coba Ganti Nama Dan Password Hotspot

Kalau cara mudah diatas belum menjawab permasalahanmu, maka kamu coba deh cara berikutnya yang juga tidak kalah simpel. Untuk cara yang kedua ini kamu tinggal ganti saja nama koneksi hotspotmu beserta passwordnya. Bingung bagaimana caranya? Cek deh langkah dibawah ini:

  • Masuk saja ke Menu Setting ya
  • Terus kamu pilih saja bagian Networks & Internet
cara tethering hotspot tidak berfungsi
  • Selanjutnya kamu pilih menu WiFi Hotspot
  • Kemudian kamu pilih deh bagian Hotspot Name dan juga Hotspot  Password untuk kamu ganti nama hotspotmu dan juga passwordnya.
cara tethering hotspot tidak berfungsi
  • Selesai!

Gampang banget kan ya? Biasanya setelah melakukan hal ini permasalahanmu sudah bisa terselesaikan. Oh iya untuk langkah diatas tentunya berbeda ya untuk beberapa jenis smartphone, kamu tinggal menyesuaikan saja. Intinya kamu cari pengaturan mengenai koneksi hotspot kamu di bagian setting. Mudah lah pastinya untuk kamu coba-coba sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hotspot Xiaomi Bermasalah

Masih Tidak Bisa Juga? Hapus Dulu Deh VPN Kamu

Kemudian kalau cara diatas masih belum menyelesaikan kendala yang kamu hadapi, maka kamu bisa mencoba cara yang berikutnya nih. Coba cek apakah sebelumnya kamu telah menginstall VPN pada smartphone kamu.

Kalo memang ternyata ada VPN pada hp kamu, maka coba kamu uninstall atau hapus dulu deh sementara. Setelah kamu hapus, maka coba kamu mulai ulang atau restart hp kamu. Mungkin memang aplikasi VPN ini yang mengganggu koneksi kamu ke perangkat lainnya.

Dan setelah kamu selesai menghapus dan juga merestart perangkat kamu, seharusnya masalah kamu sudah teratasi jika memang problemnya ada di VPN kamu yang eror atau mengganggu koneksi tethering hotspot kamu.

Cara-cara diatas bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan hotspot kamu yang menggunakan wifi. Terus bagaimana jika hotspot kamu menggunakan kabel USB atau USB Tethering? Gampang juga kok caranya, kamu kamu perlu bingung pokoknya!

Kalau kamu menggunakan USB Tethering, maka cobalah kamu cabut kabel USB terlebih dahulu. Kemudian kamu coba setting ulang melalui pilihan pengembang, terus pilih jangan mendebug USB.

Berikutnya kamu sambungkan kembali kabel USB tersebut ke perangkat yang akan kamu gunakan. Seharusnya sekarang sudah normal ya, dan kamu bisa berinternet dengan lancar setelah melakukan langkah simpel tersebut.

Kenapa Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan?

Menjawab pertannyaan hotspot tidak bisa aktif adalah karena ada beberapa kendala. Misalnya perangkat keras atau komponen pemancar sinyal di android kamu sudah tidak bisa di gunakan.

Apakah Wifi Kamu Rusak?

Jika masalah tidak bisa nyala ini belum teratasi juga, kamu bisa mengecek wifi rusak atau tidak. Caranya cukup mudah, silakan cek menggunakan aplikasi shareit untuk mentransfer file ke sesama teman pengguna shareit. Apabila berhasil mengirim, maka wifi kamu dalam keadaam normal.

Tethering Aktif Tapi Wifi Tidak Bisa Connect?

Jika kamu sudah mengaktifkan tethering, namun di hp lain tidak bisa digunakan untuk connect/ tersambung. Mungkin kamu telah mengatur password untuk mencegah adanya pencurian jaringan wifi (barangkali kamu kelupaan). Lalu bagaimana cara melihat password hotspot? Kamu bisa gunakan cara berikut : Silakan masuk ke Setelan -> Hotspot Portable -> Atur hotspot portable -> Silakan lihat pada bagian Sandi. Disana terdapat sandi yang kamu masukkan untuk memproteksi wifi.

Tersambung ke WiFi Tapi Tidak Bisa Internetan?

Koneksi internet android bermasalah itu, bukan berarti program hotspot hp kamu rusak ya melainkan ada penyebab lain diantaranya kuota sudah habis atau barangkali sinyal lemah, kamu bisa mengatasinya dengan cara meningkatkan kecepatan wifi. Jika sudah menerapkan panduan tersebut maka kamu bisa bebas browsing.

Jadi itu tadi ulasan mengenai cara mengatasi tethering hotspot tidak berfungsi, biar kamu bisa mengatasi sendiri dengan mudah ketika kamu kebetulan mengalaminya. Semoga bisa membantu ya, dan sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya!

Tinggalkan komentar