Cara Mengatasi Sambungan Kode MMI Tidak Valid

Jika diperhatikan semakin harinya para pengguna hp android pun semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan zaman yang semakin maju serta lingkungan sekitar pun dipaksa maju juga agar nantinya bisa semakin unggul dan jaya. Selain itu timbul masalah sambungan atau kode mmi tidak valid.

Kode MMI muncul ketika kita sedang melakukan pengecekan panggilan seperti cek pulsa, cek kuota internet dan sebagainya. Terkadang juga malah tidak valid itu sendiri diakibatkan oleh jaringan sinyal telepon kita.

Hal ini bisa terjadi di semua provider kita yaitu telkomsel, indosat ooredoo, XL axiata, axis, Tri, dan Smartfren. Meskipun kode mmi tidak berlaku tidak mengganggu tetap saja dia akan menghambat proses kita dalam menemukan informasi paket data dan lainnya.

Dalam setiap hp yang aktif maka terdapat sebuah jaringan seluler dimana jaringan tersebut sangat berfungsi besar dalam berbagai macam hal. Perlu anda ketahui bahwa dari kominfo sendiri menyebutkan bahwa terdapat 253 juta orang yang mengunakan prabayar aktif loh. Wow dengan jumlah sebanyak itu sangat luar biasa sekali bukan.

Dan pastinya setiap harinya akan terus bertambah dan mungkin juga akan semakin melonjak ke angka yang lebih tinggi lagi. Dan terdapat hal yang anda ketahui lagi bahwa jumlah tersebut sendiri disiarkan pada tahun 2018, dan kini sudah 2019 pastinya jumlah hp bakal banyak banget.

Dalam menggunakan jaringan seluler seperti kita ketahui banyak sekali manfaatnya, mulai dari mengecek isi pulsa nomor hp, mengecek saldo kuota, mengecek layanan sim, dan masih banyak lainnya lagi. Nah untuk jaringan seluler tersebut agar kita bisa mengecek sering kali memanfaatkan fitur dial yakni *111#, *123# dan masih banyak lagi.

Jika pada saat hp anda normal tidak terdapat problem ataupun masalah maka secara otomatis akan muncul pesan ataupun teks dari kode dial yang anda ketikan tersebut. Namun berbeda untuk anda yang mengalami masalah kode mmi valid atau periksa sambungan kode mmi valid.

Apabila muncul notifikasi tersebut ataupun pesan tersebut pasti kita tidak bisa mengecek mulai dari kuota, pulsa, dan masih banyak lainnya. Jika sudah terjadi seperti itu, mungkin banyak diantara anda yang mengeluh dan merasa sedih karena terdapat masalah itu. Namun anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan memberikan solusi..

Bagaimana ingin tahu banget mengenai bagaimana cara mengatasi sambungan kode mmi tidak valid yang bermasalah? berikut pemarapannya.

Cara Mengatasi Sambungan Kode MMI Tidak Berlaku

Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya terdapat beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui seperti diantaranya dikarenakan adanya masalah jaringan dari server, settingan error dan cache. Setelah mengetahui penyebabnya maka langsung saja cara mengatasinya.

1. Restart Hp

muat ulang hp

Cara pertama untuk mengatasi masalah tersebut yaitu silahkan kalian restart hp kalian masing-masing. Memang untuk beberapa hp error dalam membangun sebuah jaringan apabila baru saja dihidupkan ataupun baru saja dihidupkan. Maka dari itu silahkan restart lagi kemungkinan kesalahan sistem jaringan yang error.

Baca : Cara Menghemat Kuota

2. Nyalakan dan Matikan Kembali Mode Pesawat di HP

nyalakan mode pesawat

Apabila cara di atas sudah anda coba untuk mengatasi masalah sambungan, maka berikutnya yaitu silahkan anda coba saja nyalakan mode pesawat dan matikan kembali mode pesawat. Seperti kita ketahui bahwa mode pesawat sendiri merupakan mode dimana ketika berada di pesawat.

Serta jika digunakan dapat membuat sinyal menjadi lebih bagus. Maka dari itu kemungkinan ketika sinyal anda baru down, silahkan kalian nyalakan mode pesawat, dan kemudian matikan kembali. Maka secara otomatis sinyal akan refresh begitu pula dengan sambungan mmi yang valid.

3. Ubah Jaringan HP

ubah jenis jaringan

Jika masih terdapat sambungan mmi bermasalah ataupun error maka cara yang terakhir yaitu silahkan ubah saja settingannya ataupun pengaturannya.

Apabila jaringan anda saat ini terdapat di settingan 4G maka setting saja ataupun ubah saja ke 3G dimana apabila terjadi sebuah perpindahan maka jaringan seluler anda pun juga akan ikut terefresh. Maka dari itu silahkan anda ganti saja jaringannya.

Baca : Mengetahui Penyebab Sinyal Lemah

Mungkin diantara anda ada yang tidak tahu bagaimana cara mengubah jaringannya? anda bisa dial *#*#4643#*#*. Maka di settingan ataupun di menu tersebut anda bisa mengubah jaringan sinyal pada hp ataupun android milik anda tersebut.

Tak hanya menggunakan dial saja, kamu bisa memakai cara berikut ini.

tipe jaringan prioritas
  1. Masuk ke setelah hp android.
  2. Kemudian pilih kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  3. Pilih kartu mana yang sedang kamu gunakan untuk internet (default di SIM 1).
  4. Lalu, pilih Tipe Jaringan Prioritas.
  5. Dapat memilih LTE, 3G atau hanya 2G saja.

4. Hapus Cache di Aplikasi Telepon

cara mengatasi kode mmi

Masalah ini sering timbul pada aplikasi telepon oleh karena itu kamu bisa melakukan menghapus cache telepon terlebih dulu. Supaya masalah tadi bisa diatasi dengan mudah.

Semisal mau menghapus cache / clear cache telepon bisa gunakan langkah – langkah berikut :

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Pilih manajemen aplikasi (pokoknya pengaturan aplikasi gitu).
  3. Kemudian pilih aplikasi telepon.
  4. Maka pada tampilan layar akan muncul opsi Clear Cache.
  5. Tekan tombol clear cache.
  6. Muncul pop up, pilih OK atau Yes saja.
  7. Selesai.

5. Mencari Tempat yang Sinyalnya Bagus

Penyebab masalah kode MMI adalah sinyal jaringan buruk, jadi kemungkinan kamu harus mencari lokasi dengan sinyal yang baik. Misalnya nih kamu sedang berada di rumah, bisa saja cari tempat di luar rumah atau pergi ke pusat kota (umunya terdapat sinyal kuat).

Jika sinyal sudah kuat tetapi masih terjadi masalah. Menurut saya pribadi provider sedang mengalami gangguan. Solusinya menunggu hingga beberapa jam atau hari hingga normal lagi.

Baca : Cara Meningkatkan Kecepatan Internet

6. Menambah Tanda Tambah (+) dan atau Koma (,) ke USSD

Ketika kamu sedang mengecek entah itu pulsa atau internet pasti menggunakan kode USSD pada aplikasi telepon. USSD itu seperti *123#, nah kamu bisa menambahkan koma (,) pada kode tersebut agar tidak mengalami masalah.

Seperti contoh, misal saya ingin mengakses layanan USSD *123# kemudian saya tambahkan koma (,) dibelakang kode tersebut nampak seperti ini : *123,#. Oh iya, untuk menambah tanda koma itu kamu bisa menekan serta menahan tanda bintang (*) pada dialpad hingga 2 sampai 3 detik.

Solusi kedua adalah dengan menambah tanda plus atau tambah (+) pada kode yang akan diakses. Misalnya kamu ingin melakukan panggilan ke *123#, setelah tanda bintang coba tambahkan tanda tambah (+) seperti ini : *+123#. Agar muncul tanda tambah kamu dapat menekan angka Nol (0) selama kurang lebih 2 sampai 3 detik.

Fungsi dari tanda plus dan koma adalah menghidarkan pesan kesalahan ketika sedang melakukan panggilan memakai kode USSD.

Bagaimana Jika Belum Berhasil?

Sesuai pengalaman saya, dulu pernah mengalami hal serupa ternyata akibar jaringan pada provider kartu sim saya yang mengalami masalah. Solusinya tinggal menunggu saja kurang lebih 2 x 24 jam, kadang bisa cepat. Tetapi sebelumnya kamu cek menggunakan kartu lain untuk melihat ada masalah di jaringannya atau tidak.

Setidaknya setelah melakukan perbaikan pada langkah memperbaiki MMI tidak valid diatas, kamu sudah mendapatkan solusinya. Kode MMI itu sendiri bisa terjadi pada hp samsung, vivo, oppo, smartfren andromax, lenovo dan sebagainya.

Jadi seperti itulah mengenai cara bagaimana mengatasi kode sambungan mmi tidak valid. Bagaimana sangatlah mudah bukan mengenai cara memperbaikinya? Anda tidak perlu repot-repot root ataupun install aplikasi pihak ketiga karena dengan ketiga cara di atas saja anda sudah bisa mengatasinya dengan cepat dan mudah. Sekian dan terima kasih.