Hotspot Xiaomi Bermasalah

Berbagi koneksi internet ke sesama pengguna smartphone adalah hal wajib dilakukan ketika sedang nongkrong. Tak kecuali portabel hotspot atau hotspot pribadi dari hp android kamu miliki. HP Xiaomi merupakan android yang mampu menghadirkan fitur lengkap tentang tethering & portabel hotspot.

Kamu bisa menyalakan tethering ini pada semua tipe hp redmi. Milsanya redmi 4A, note 5A, 4X dan lain sejenisnya. Demikian pula dengan masalah yang ada, pasti di semua perangkat elektronik mempunyai masalah.

Contoh hal sepele begini, saya menjumpai persoalan hotspot portable xiaomi error, tidak terdeteksi, tidak bisa diaktifkan, mati sendiri dan hotspot tidak berfungsi. Itu kan sangat sepele sekali, kamu bisa kok melakukan identifikasi sendiri mana yang bermasalah.

Hotspot xiaomi bermasalah tak hanya sampai disitu, masih banyak lagi penyebab – penyebab lainnya berdasarkan pengelaman ketika menggunakan hp xiaomi redmi.

Memang saya baru menjumpai masalah seperti poin diatas tadi, tetapi ulasan ini akan memberikan kamu sebuah solusi matang yang benar – benar mampu mengatasi hotspot wifi tidak bisa on dan lainnya.

Namun sebelum lanjut, kita perlu melihat penyebab masalah ini terjadi. Bila mana kamu berkenan silakan simak penjelasan berikut ini.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Connect Wifi

Penyebab tidak dapat konek wifi di hotspot pribadi ini saya kira – kira ada kendala pada bagian komponen hardware dan software android.

Jika pada hardware itu sudah penyakit yang kalau disembuhkan membutuhkan biaya banyak sedangkan software hanya membutuhkan penanganan kamu sendiri. Kamu bisa melakukan perbaikan tidak bisa menggunakan wifi ketika tethering ini.

Kalau saya jabarkan sedikit, pada perangkat hardware itu sendiri umumnya terdapat kerusakan pada komponen penangkap sinyal, pemancar sinyal dan wifi, pokoknya yang berhubungan dengan jaringan. Itu bisa kamu lihat ketika sudah membongkar (jangan dilakukan kecuali kamu sudah pandai bongkar pasang suatu komponen HP).

Sebaiknya hp langsung dibawa ke service center nya saja supaya mendapatkan penanganan langsung dari ahlinya.

Sedangkan masalah pada software terdapat pada sistem operasi, beberapa aplikasi yang crash/rusak dan kendala – kendala lainnya yang masih berhubungan dengan softwarenya.

Setelah kamu mengetahui penyebab hotspot xiaomi error diatas, sebaiknya kamu lakukan penanganan pertama, solusi untuk kamu yang males mengeluarkan uang, kamu bisa melihat langkah – langkah berikut ini.

Mengatasi Tidak Bisa Menggunakan Portabel Hotspot di Xiaomi

Terkadang masalah ini muncul bukan dari hp android kamu melainkan bisa juga terdapat pada perangkat lain misalnya laptop atau komputer dan hp lain. Kamu bisa melihat apakah jaringan wifi kamu berfungsi di perangkat lain atau tidak.

Jika kamu tidak ada di perangkat lain, kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut. Namun sebelumnya pastikan kamu mengaktifkan hotspot wifi dengan benar, berikut panduan mengaktifkan tethering wifi di xiaomi.

  1. Sebelumnya, pastikan data seluler kamu aktif.
  2. Kemudian masuk ke Setelan hp.
  3. Lalu kamu dapat memilih opsi Hotspot Pribadi.
  4. Aktifkan Hotspot portabel itu.
  5. Selanjutnya, kamu bisa mengatur hotspot kamu di opsi Atur Hotspot Portabel.
  6. Disana kamu wajib melakukan ini, isikan nama hotspot sesuai kemauan pada kolom SSID.
  7. Agar jaringan hotspot kamu tidak digunakan oleh sembarang orang, kamu berhak mengatur sandi dengan cara pilih sistem keamanan WPA2 PSK.
  8. Kamu bisa menambahkan sandi yang rumit dan tidak mudah ditebak.
  9. Kalau sudah tinggal tekan OK, dan portabel xiaomi kamu sudah siap dipakai.

Agar wifi kamu bisa digunakan, kamu perlu beberapa sampel. Sampel disini saya maksudkan untuk menyambungkan wifi ke beberapa perangkat. Misal kamu punya pc atau laptop atau smartphone lain. Sebisa mungkin kamu hp/ laptop disambungkan pada hotspot di hp xiaomimu.

Jika tersambung maka tidak ada masalah apa apa, apabila kebalikannya kamu bisa gunakan solusi berikut ini :

1. Pastikan Kuota Masih Ada

cek kuota internet masih ada atau sudah habis

Mungkin, ini hanya spekulasi saya saja. Coba kamu lihat sisa kuota internet kamu bila sudah habis biasanya akan bermasalah pada portabel hotspot mu.

Kan kamu ingin berbagi kuota dengan orang lain, jika kamu berbagi internet namun kuota tidak ada itu sama aja bohong.

Intinya isi kuota kamu secara berkala, kalau tidak maka akan menimbulkan tulisan limited atau no internet access pada jaringan wifi.

2. Restart Smartphone

muat ulang smartphone

Pada dasarnya, melakukan restart ulang ini sama saja melakukan refresh hp. Kan saat kamu menggunakan hp sama saja hp tersebut bekerja sesuai gerakan kamu.

Kamu perlu menginstirahatkan sejenak dan menghibernasi hp xiaomi kamu. Jika dirasa reboot silakan reboot, soalnya itu tidak lama proses pemuatan ulang hp.

Tak hanya di hp xiaomi milikmu saja, melainkan pada tiap perangkat yang tadinya pernah terhubung pada hotspot xiaomi kamu.

Pastikan semua perangkat kamu lakukan restar supaya mengoptimalkan kinerja dan memulihkan keadaan normal.

3. Cek Jaringan Kartu SIM

cek jaringan internet pada kartu sim di xiaomi

Jangan lupa juga selalu melakukan pengecekan secara berkala pada jaringan sinyal kartu sim. Biasanya, pada saat kamu ingin berbagi begitu ada saja masalah jaringan.

Masalah jaringan disini adalah sinyal trouble atau masalah jaringan lainnya. Pada kasus ini, kamu belum bisa menemukan solusi terbaiknya kecuali kamu ganti kartu SIM dengan provider lain.

Jika kamu menggunakan 2 kartu sim dengan berbeda provider jaringan. Gunakan SIM lainnya dan cek apakah masalah hotspotnya masih sama atau sudah tidak.

Usahakan juga kartu sim lain kamu terdapat kuota internet, jangan sampai kamu menggunakan pulsa untuk internetan.

4. Tes Kecepatan Jaringan

tes kecepatan jaringan internet

Saat kamu berbagi jaringan wifi, kemungkinan kartu sim yang kamu pakai itu lagi masalah di kecepatan jaringannya.

Kan ada tuh provider kalau dipakai pada pagi hari terasa amat kencang dan cepat, sedangkan pada malam hari sudah mulai melambat.

Itu bisa kamu lakukan dengan cara cek kecepatan jaringan internet. Kamu bisa menggunakan aplikasi bahkan lewat website pengecek jaringan.

5. Upgrade MIUI di HP Xiaomi

upgrade hp xiaomi

MIUI merupakan OS buatan xiaomi redmi itu sendiri. Kadang kala kamu mendapati upgrade sistem MIUI namun diabaikan.

Coba sekarang cek pada pembaruan sistem MIUI, apakah disana ada pembaruan atau tidak. Jika ada, kamu dapat memperbarui OS MIUI itu ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan BUG.

Sehingga wifi kamu bisa aktif dan nyala (ON) sampai – sampai kamu mau berbagi ke orang lain atau teman untuk digunakan bareng – bareng.

Jadi, apakah hotspot xiaomi bermasalah ini sudah clear? Kamu bisa melihat hasilnya setelah melakukan poin – poin diatas tadi. Jika masih ada masalah, coba bawa ke service center terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan kamu harus menyediakan uang untuk reparasinya.

Kenapa Hotspot Xiaomi Tidak Terdeteksi?

Kendala semacam itu tuh bisa banget diatasi. Kamu cukup lakukan on/off portabel hotspot kamu dan dekatkan perangkat lain dengan ponsel Xiaomi yang kamu gunakan saat ini. Itu menjadi solusi kenapa tidak terdeteksi karena jaraknya yang jauh.

Kenapa Hotspot Xiaomi Tidak Bisa Diaktifkan?

Kalau sudah seperti ini, besar kemungkinan kamu harus membawa ke service center. Soalnya masalah tidak bisa diaktifkan ini terdapat pada komponen perangkat keras hp xiaomi.

Itulah pembasahan masalah pada hotspot xiaomi redmi. Semua versi MIUI pasti punya masalah yang sama. Seperti MiUI 7, MIUI 8, MIUI 9, dan MIUI 10. Kalau poin diatas ada kekurangan, kamu bisa menambahkan kekurangan lain pada komentar, semoga ulasan ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar