5 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Hardisk sendiri terdapat dua jenis mulai dari hardisk internal dan hardisk eksternal. Jika dilihat-lihat memang sebagian orang membutuhkan hardisk internal daripada yang eksternal. Namun jangan salah, ternyata hardisk eksternal juga banyak peminatnya loh.

Hal tersebut dikarenakan sangat besar sekali manfaatnya dalam mobilitasnya. Bisa dibawa kemana-mana, dan pokoknya portable banget deh. Akan tetapi kenyataanya hardisk eksternal tersebut gampang rusak. Kerusakan tersebut tentu saja banyak sekali penyebabnya.

Mulai dari hardisk eksternal yang jatuh, hardisk sudah tua, hardisk yang terjadi konsleting, terdapat bad files dan masih banyak lainnya. Nah itulah merupakan beberapa penyebab hardisk eksternal rusak. Salah satu kerusakan yang paling menyebalkan yaitu ketika hardisk eksternal tidak terbaca sama sekali di BIOS . Ketika tidak bisa terbaca saat booting tentu saja sangat menyedihkan sekali dan sangat menyebalkan pokoknya. kamu

Dimana ketika hardisk eksternal tersebut di plug in ke laptop ataupun PC kamu , malah tidak bisa terbaca ataupun terdeteksi di windows 7, 8 dan 10. Tentu saja jika sudah seperti itu sama saja tidak bisa membuka data-data penting kita yang terdapat di hardisk eksternal tersebut,

Namun kamu gak perlu khawatir dan cemas yang berlebihan ya! karena di bawah ini terdapat cara kok untuk memperbaiki hardisk eksternal yang tidak mau terbaca di komputer ataupun di laptop kamu dengan cepat dan mudah.

Bagaimana mungkin kamu penasaran dengan caranya? berikut silahkan simak saja beberapa tutorial maupun cara yang bisa kalian coba langsung di rumah tanpa harus memerlukan ataupun menggunakan jasa untuk memperbaiki hardisk eksternal yang rusak.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca

1. Reinstall Hardisk Kalian

Cara pertama agar kalian bisa mengakses ataupun membuka lagi hardisk eksternal kalian yaitu dengan cara reinstall hardisk. Mungkin sebagian dari kamuada yang masih asing dengan hal tersebut? jangan khawatir berikut di bawah ini diberikan langkah-langkah nya:

  • Langkah pertama silahkan kalian coba klik kanan pada my computer ataupun computer, berikutnya dilanjut dengan properties.
  • Setelah itu silahkan kamu cari saja device manager, biasanya lokasinya berada di bagian kiri.
  • Jika sudah ketemu maka berikutnya kalian tinggal cari saja drivernya, biasanya bernama usb attached SCSI (UAS) MASS Storage Device.
  • Langkah berikutnya silahkan kalian klik kanan saja pada device itu, lalu ada update driver software nah silahkan klik itu saja.
  • Cara berikutnya yaitu silahkan klik saja pada bagian browser my computer for driver software
  • Langkah berikutnya silahkan klik pada baian let me pick dsb.
  • Nah terdapat hal yang perlu kalian perhatikan yaitu pada bagian show compatible hardware, nah pastikan tercentang yes.
  • Berikutnya tinggal klik next, lalu install saja.
Disk internal penuh terutama di partisi C, berikut cara mengatasi local disk c penuh mendadak.

2. Pindah Port Usb

Mungkin kalian merasa bahwa hardisk eksternal tersebut tidak terbaca di disk management? mungkin saja disebabkan adanya port usb yang rusak. Maka dari itu silahkan kalian coba saja menggunakan port lain ataupun menggunakan usb lainnya. Banyak kok port usb di laptop ataupun di PC kamu.

Bila terdapat yang error, silahkan kalian bisa beli saja yang port usb tambahan. Nah kalian bisa beli di online shop ataupun di toko elektronik.

3. Coba Bersihkan Hardisk Eksternal

Untuk beberapa hardisk eksternal yang gampang dibuka, biasanya memang terdapat kemasukan debu ataupun kotoran lainnya. Nah silahkan kamu bisa mencoba untuk membersihkan menggunakan kuas kecil ataupun kuas make up. Karena memang bisa banget loh, hardisk eksternal kalian rusak dan tidak terdeteksi atau bunyi karena debu.

4. Ganti Casing Hardisk

Dalam beberapa kasus hardisk eksternal tidak terbaca di explorer windows 10, maka salah satunya cara yang direkomendasikan yaitu dengan cara mengganti casing hardisk. Walaupun dinilai itu hanya untuk pelindung ataupun cover akan tetapi dapat mempengaruhi terdeteksi ataupun tidaknya sebuah hardisk.

kamubisa membeli beberapa casing hardisk eksternal di marketplace seperti di lazada, shopee, dan sebagainya.

Foto kamu terhapus? kamu bisa gunakan cara mengembalikan foto yang terhapus di postingan sebelumnya ya.

5. Garansikan Hardisk

Apabila kerusakan hardisk eksternal tersebut bukan dikarenakan human error, maka ada peluang kamuuntuk memperbaiki. Maka dari itu kamu bisa garansikan hardisk tersebut.

Jadi itulah mengenai kelima cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak dapat terbaca dari hardisk komputer / laptop dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat untuk kamu semua sekian dan terima kasih.