Cara Mengatasi Browser yang Terbuka Sendiri

Bersantai sambil bermain hp ketika mengisi waktu senggang memang sangatlah menyenangkan, apalagi jika pagi-pagi sambil ngopi dan main hp wehh nikmat banget. Bisa nonton video youtube, bermain game, jelajah sosmed , pokoknya surga banget pada saat kondisi tersebut.

Namun mungkin kamu pernah mengalami, dimana ketika asik-asiknya bermain hp, malah muncul browser yang tiba-tiba membuka dan masuk ke browser. Browsernya pun bisa random alias bermacam-macam yang penting terdapat di hp kamu. Entah itu google chrome, mozila firefox, uc browser, opera mini dan masih banyak lainya.

Tentu saja jika hal tersebut kamu alami terus menerus, akan sangat menyebalkan sekali. Coba saja deh bayangin, ketika lagi asik santai dan scroll sosmed, tiba tiba malah diarahkan ke browser dan muncul banyak sekali iklan? tentu sangat ingin emosi bukan?

Maka dari itu mungkin kamu harus cepat-cepat memperbaiki browser yang terbuka sendiri tanpa sebab tersebut. Mungkin diantara kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan tab browser yang terbuka tiba – tiba?

Jangan khawatir karena di bawah ini akan diberikan cara menghilangkan web yang muncul sendiri . Namun sebelum itu mungkin saya akan menjelaskan penyebab kenapa browser suka terbuka sendiri di hp android kamu tersebut.

Yaps langsung saja to the point, penyebab inti dari munculnya browser secara tiba tiba dan terbuka sendiri yaitu dikarenakan adanya ADWARE, atau bisa dibilang virus yang isinya iklan-iklan gitu. Adware sendiri sering kali berasal dari aplikasi yang random alias tidak ada sumber yang jelas, kemungkinan besar berasal ketika kamu download di situs-situs yang kurang jelas alias tidak ada sumber yang jelas pokoknya.

Maka dari itu kamu harus menghindari download asal yes. Setelah mengetahui penyebab inti kenapa browser terbuka sendiri, maka langsung saja menuju pembahasan inti yaitu mengenai cara memperbaikinya.

Cara Mengatasi Browser yang Terbuka Sendiri

Sebenarnya dalam menghilangkan browser yang terbuka secara otomatis ini sangatlah mudah serta untuk beberapa jenis merk hp pun works caranya. Seperti mulai dari hp realme, oppo, vivo, nokia, xiaomi, samsung, lenovo, dan masih banyak lagi. Langsung saja simak TKP!

1. Hilangkan Aplikasi yang Sekira Mengandung Adware

copot aplikasi berbahaya

Dalam hal ini kamu harus hilangkan aplikasi yang sekira ada adwarenya nih gaes! perlu kalian ketahui bahwa aplikasi yang terdapat adware sangat gampang kok mengetahuinya. Ciri yang pertama yaitu biasanya aplikasi model mod, yang namanya mod pastinya sudah dimodifikasi dan tak jarang yang menyelipkan adware tersebut.

Kedua yaitu sumber yang rancu alias tidak jelas, maka dari itu silahkan kamu uninstall saja aplikasi yang hasil download an di situs yang kurang jelas ataupun tidak ada sumber yang tepat dan aman.

Saran saya ketika kamu mengunduh aplikasi, download di situs resmi mulai dari google play store ataupun app store. Jika kalian download lewat kedua hal tersebut keamanannya udah oke, karena pasti berkualitas dan aman.

Chrome mempunyai iklan terselubung?, Ketahuilah cara menghilangkan pop up iklan di browser chrome android.

2. Install Anti Virus

reset pabrik di hp

Cara yang kedua untuk menghilangkan masalah browser yang tiba tiba terbuka itu, silahkan kalian install aja ataupun pasang aja anti virus. Banyak sekali kok anti virus yang bisa kalian install di hp android kalian dan bisa unduh secara gratis.

Mungkin diantara kalian bertanya-tanya kok harus install anti virus segala? yaps hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan adware ataupun membersihkan virus yang berada di hp android kalian dan mungkin saja bisa membersihkan secara tuntas bahkan ada virus yang tersembunyi pun bisa hilang dengan adanya anti virus tersebut.

3. Kembalikan HP Ke Pengaturan Pabrik

Jika kamu sudah melakukan kedua cara di atas, akan tetapi browser masih suka kebuka sendiri, maka cara yang terakhir yaitu silahkan kembalikan setelan seperti awal ataupun ke pengaturan pabrik. Pada umumnya setiap hp sendiri memiliki cara setting yang berbeda-beda.

Nah disini saya akan memberikan caar kembalikan ke pengaturan pabrik ala hp xiaomi.

  • Pertama silahkan masuk saja ke menu setelan
  • Berikutnya silahkan kamu masuk saja ke setelan tambahan
  • Cara selanjutnya yaitu klik saja pada bagian buat cadangan dan setel ulang.
  • Terakhir klik saja kembalikan ke setelan pabrik.
⚠️ NOTE: Sebelum kamu kembalikan ke setelan pabrik, pastikan kamu sudah backup data penting kamu.

Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri Di Laptop

cara menghilangkan tab yang muncul sendiri

Tak hanya berlaku di hp android saja, ternyata di browser pc atau laptop pun terdapat masalah yang sama. Berikut tutorial cara mengatasi browser terbuka sendiri secara otomatis di laptop :

  1. Cek bagian ekstensi browser masing – masing. Bila kamu secara tidak sengaja memasang ekstensi chrome atau forefox berlebihan dapat mengakibatkan browser terbuka sendiri karena adanya malware yang mengintai.
  2. Jangan lupa akan update antivirus kamu, antivirus dapat berperan penting dalam memblokir masuknya virus – virus berbahaya.

Tak hanya browser yang muncul secara otomatis, melainkan tab akan terbuka sendiri nya juga.

Hal itu karena adanya virus dan malware yang menginfeksi sistem browser kamu. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan scan aplikasi antivirus bawaan (windows defender) atau vendor lainnya.

Jadi seperti itulah mengenai cara mengatasi tab browser yang membuka sendiri. Bagaimana sangatlah mudah bukan? semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.