Cara Mengaktifkan Keyboard yang Terkunci

Jika dipikir-pikir memang lebih mobilitas menggunakan laptop daripada komputer. Hal tersebut karena laptop sendiri sangat mudah sekali membawanya dan portable. Namun nyatanya laptop malah banyak kekurangannya daripada komputer. Seperti salah satunya yang sering dirasakan pada bagian keyboard.

Ketika laptop dibawa kemana-mana otomatis keyboard laptop mudah sekali kotornya. Serta mudah sekali rusak dan tak berfungsi sekali. Serta jika harus ganti keyboard pun sangatlah mahal. Dan salah satu problemnya juga yaitu keyboard laptop terkunci. Dimana kondisi keyboard tersebut tidak rusak melainkan hanya error pada bagian sistem.

Tak sedikit pengguna laptop yang mengalami hal ini. Tiba-tiba keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali, ketika coba ditekan tidak mau muncul huruf ataupun tidak mau diketikan serasa mengunci. Padahal kondisi keyboard laptop juga tidak rusak sama sekali. Nah mungkin diantara kamu ada yang sering mengalami hal ini?

Mari kita cari penyebabnya kira-kira apa sih keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10? berikut di bawah ini terdapat beberapa penyebabnya.

  • Update sistem : penyebab pertama yang sering dialami yaitu ketika kalian update sistem pc, jadi kemungkinan ada settingan yang berubah.
  • Terdapat Virus: Eits jangan sampai anggap virus hal sepele. Perlu kalian ketahui bahwa virus sendiri dapat berbahaya sekali. Salah satunya merusak sistem pada keyboard atau bagian driver.
  • Driver yang belum Diupdate : apabila kalian gak update driver, maka bisa saja terjadi error dan bug..

Kira-kira itu saja mengenai penyebab keyboad rusak, salah satunya yang sering dialami yaitu adanya settingan yang tidak sengaja dilakukan dan tidak disadari. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, mungkin kalian ingin tahu juga mengenai cara mengaktifkan keyboard pc yang terkunci? ataupun unlocked keyboardnya? agar bisa digunakan kembali?

Jangan khawatir di bawah ini akan diberikan beberapa cara agar nantinya kamu bisa menggunakan keyboard laptop kalian kembali. Untuk lebih jelasnya simak cara di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop yang Terkunci

Dalam beberapa masalah memang terdapat cara yang berbeda-beda , namun pada kali ini mungkin dasarannya saja.

1. Update Drivers

device manager memperbaiki keyboard rusak

Cara pertama untuk mengatasi keyboard yang terkunci yaitu silahkan update drivers keyboard kalian. Pertama-tama buka menu explore > setelah itu pada my computer silahkan klik kanan lalu pilih > manage > selanjutnya pilih saja device manager > berikutnya silahkan kalian pilih saja keyboards> lalu akan ada banyak drivers keyboard > nah silahkan klik saja satu per satu, dengan klik kanan lalu >update driver software, selesai.

Pastikan jika kamu ingin menerapkan cara ini , wajib hukumnya mengaktifkan jaringan internet agar nantinya bisa update sistem ataupun softwarenya.

Kenali dulu deh komputer sering hang supaya tidak langsung beli baru.

2. Restart Laptop

restart laptop

Jika sekira kalian sudah mencoba cara di atas, maka cara berikutnya yang bisa kalian lakukan yaitu restart laptop. Selain untuk menyegarkan kembali driver yang telah diupdate, ketika restart juga maka secara otomatis sistem pc kalian akan kembali ke normal.

Seperti kita ketahui bahwa salah satu penyebab keyboard terkunci yaitu terdapat settingan yang tiba-tiba berubah pada sistem keyboard, maka dari itu silahkan restart laptop saja. Kemungkinan besar bisa kembali normal keyboard kalian.

3. Setting Default Bios Bagian keyboard

Memang kebanyakan laptop saat ini ketika ada hal yang error, maka salah satu jalannya yaitu setting atau diatur di bios. Bahkan cara membuka kunci keyboard laptop pun juga disetting di bios. Bagaimana ingin tahu caranya? perhatikan tutorial langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan, pastikan kalian sudah mematikan laptop terlebih dahulu atau dengan kata lain kondisi laptop kalian harus mati terlebih dahulu
  • Setelah itu nyalakan kembali laptop kalian dan pada saat ada layar BIOS , maka pada saat itulah kalian tekan ataupun ketuk tombol F1 – F12, nah ini gunakan KEYBOARD EKSTERNAL. Untuk membantu sementara.
  • Ketika sudah masuk ke menu bios maka berikutnya silahkan cari saja pengaturan keyboard.
  • Jika bingung silahkan cari saja restore to default settings

Apabila kalian sudah melakukan ataupun klik restore to default settings maka settingan kembali seperti semula, dan keyboard kalian sudah aktif kembali.

Peforma laptop makin menurun ketika sudah berumur, gunakan cara meningkatkan kinerja pc di postingan dahulu.

Menonaktifkan Layanan Ease Of Access

Ease Of Access merupakan fitur dimana dapat memudahkan pemakaian untuk penggunanya. Fitur ini dapat membantu anda dalam pengoptimalisasikan pemakaian sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Terkadang, layanan ini malah berfungsi sebaliknya yaitu malah menghambat kerja komponen.

Komponen tersebut seperti mengunci keyboard sehingga papan ketik pada laptop tidak berjalan dan tidak bisa digunakan untuk mengetik. Pastikan fitur Ease Of Access sudah dimatikan ya, jika belum gunakan langkah berikut.

  • Pertama, kamu buka dulu Control Panel ya.
control panel
  • Di samping kanan, terdapat pilihan Ease Of Access, buka opsi tersebut.
Ease Of Access di control panel
  • Pilih paling atas yaitu Ease of Access Center.
memperbaiki keyboard di Ease of Access Center
  • Cek jangan sampai ada yang tercentang, dan pastingan di pengaturan bawahnya juga dalam keadaan mati semua.
ceklis tidak ada dan semua mati
  • Jika semuanya sudah siap, saatnya kembali restart pc laptop kamu.

Ganti Keyboard

Jika semua langkah diatas tidak memberikan hasil yang maksimal. Kamu bisa mencoba mengganti keyboard. Jika kamu menggunakan laptop, gunakan keyboard eksternal terlebih dahulu sebelum mengubah keyboard kamu ke tukang servis.

Bagi kamu yang ingin mengotak – atik sendiri laptopnya, kamu bisa menggunakan BIOS, bongkar keyboard dan install ulang windows kamu. Mungkin dengan cara tersebut keyboard yang tadinya mengunci bisa teratasi.

Jadi itulah mengenai cara mengaktifkan keyboard yang terkunci. Bagaimana sangatlah mudah sekali bukan mengenai caranya? semoga bermanfaat untuk anda sekian dan terima kasih