Beranda Laptop 2 Cara Menampilkan Ekstensi File Windows 10, 8 dan 7 Sekaligus dengan...

2 Cara Menampilkan Ekstensi File Windows 10, 8 dan 7 Sekaligus dengan Mudah

Cara menampilkan ekstensi file pada windows 10 , 8 dan 7. Extensions windows merupakan sebuah pernamaan file dimana di belakang atau akhiran nama file tersebut berformat txt, docx, doc, xls, ppt, exe, dan sebagainya.  Pada beberapa format ini kamu bisa memunculkan ekstensi nama file di windows.

Pada kesempatan kali ini saya sedang menemukan sebuah solusi agar kalian semua dapat merasakan bagaimana cara menampilkan dan menyembunyikan ekstensi di File Explorer pada windows kalian. Sering kali saya menemukan berbagai kendala pada laptop terutama pengguna OS Windows.

Belum lama ini, banyak user laptop baru bermunculan, maka dari itu tutorial kali ini pasti akan membantu pengguna baru itu dalam mengatur akhiran nama pada sebuah file windows, teks, bahkan anda bisa mengganti format tersebut sesuai harapan kamu.

Untuk itu saya akan membagikan pengalaman saya kepada anda semua terhadap cara untuk menampakkan fitur tersembunyi windows. Nah kenapa saya sebutkan ini fitur tersembunyi? karena belum banyak user yang mengetahui akan hal tersebut.

Baca Juga : Toturial Menghilangkan Recent File di Quick Access Explorer, Lakukan Ini!

Kiranya masih orang user lama yang tahu soal itu, user baru belum tahu. Saya akan memberikan dalam 2 kategori cara agar kalian bisa memilih mau pakai cara yang mana. Sebelumnya anda harus mengetahui apa sih manfaat dari adanya tutorial ini?.

  • Anda bisa merubah ekstensi file sekaligus di windows 10 maupun 8 dan 7.
  • Anda bisa mengetahui fitur tersebunyi dari File Manager.
  • Anda dapat merasakan jalan pintas untuk mengubah extension tanpa menggunakan aplikasi tambahan karena pada tutorial lainnya memerlukan aplikasi.
  • Tanpa unduh aplikasi lainnya seperti halnya notepad++.
  • Mudah dilakukan dan sangat bersahabat untuk orang awam pemegang laptop atau komputer awalan.

Dari data diatas dapat kamu petik pesannya saja karena manfaat diatas bisa berguna untuk kesenjangan kamu (User Newbie) untuk mengubah dan melihat file apakah file tersebut memakai ekstensi yang mana.

Tutorial Menampilkan Ektensi Nama File Sekaligus Hingga Semua yang Ada di Dalam Explorer

Banyak yang belum tahu, padahal hal ini anda butuhkan saat anda sedang ingin mengubah beberapa format file yang anda punyai karena ada client atau tugas untuk merubah extensi tersebut ke format lainnya, supaya lebih ringkas anda lekukan 2 cara dibawah ini.

Cara Memunculkan Extensions File (Pertama)

buka windows explorer

Langsung saja, anda buka dulu laptop nya kemudian buka software File Manager milik kalian dimana software tersebut adalah ruang penyimpanan pada laptop kamu.

Baca Juga : Tips Mempercepat Kinerja Laptop agar Peforma Makin Kencang

Kemudian pilih menu View lalu cari ke kanan pada menu File Name Extensions, disitu kan ada sebuah kotak nah itu klik saja hingga muncul ceklis atau centang.

centang file name extensions

Jika sudah tercentang, maka anda sudah berhasil menampilkannya, sekarang cek terlebih dahulu ekstensi sebuah file bisa berupa gambar, video, dokumen atau yang lainnya.

Cara Memperlihatkan Ekstensi File (Kedua)

1. Masih di windows manager jangan keluar dulu jika kamu masih kepingin melihat trik yang kedua, namun tidak disarankan untuk orang yang enggak mau lihat trik ribet ini, sebab cara kedua memang lebih ribet daripada pertama.

2. Langsung saja, kalian bisa memilih menu Quick Access, klik Kanan pada menu tersebut hingga memunculkan sebuah menu baru, disitu kamu bisa menemukan menu Options, klik saja.

3. Kemudian kamu akan dipertemukan dengan tampilan baru dimana kamu bisa mengaturnya dibagian Options ini dengan cara klik pada menu View -> scroll kebawah sampai menemui teks Hide Extentions for Knows File Types, klik saja sampai ceklis atau centangnya hilang.

hilangkan centang hide extensi

4. Sesudah menghilangkan centangnya, kalian bisa klik pada kolom menu bertuliskan Apply selanjutnya arahkan kursor anda ke menu satunya yaitu OK.

klik OK

5. Enjoy! Silakan cek sekali lagi apakah sudah muncul ekstensi dari sebuah file yang terdapat pada windows manager kamu.

Bagi kamu yang kepingin menonton video mengenai tutorial diatas, berikut kami sudah sediakan untuk kamu yang malas membaca tutorial berbentu teksnya.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai tutorial windows, dengan begitu kamu sudah tidak akan kesulitan lagi untuk memunculkan akhiran format sebuah nama file di laptop dan komputer kamu.

Sekian dari cara menampilkan ekstensi nama file di windows, selamat mencoba!!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini