Cara Meningkatkan Performa Laptop

Cara mempercepat kinerja laptop atau komputer di semua versi windows baik itu 10, 8, 7 dan seterusnya bisa anda lakukan disini. Tips ini tidak memerlukan software karena menurut study kasus saya sudah dilakukan yang terbaik untuk meningkatkan performa PC anda.Lalu apasih yang menyebabkan komputer anda lemot, lambat dan tidak bisa digunakan karena ngehang. Cara saya bisa mempercepat system suatu PC sudah saya lakukan dibeberapa langkah dan pada artikel ini sudah saya kemas dalam satu rangkaian penuh.

Laptop merupakan barang elektronik yang sangat berguna dalam berbagai urusan kehidupan manusia seperti untuk bekerja, belajar, dan hiburan. Lalu bagaimana bila kinerjanya terasa sangat lambat? Pasti Anda akan merasa sangat jengkel dan kesal. Biasanya performa menurun dialami oleh perangkat yang sudah memiliki usia maupun sistem operasi lama, namun bisa juga hal itu dirasakan pada laptop dengan OS Windows 10.

Lalu bagaimana cara mempercepat kinerja laptop? Sebelum mulai membahas cara mengatasinya sebaiknya kita menemukan terlebih dahulu apa penyebabnya. Banyak sekali hal yang mempengaruhi performa dari laptop, contohnya karena kisi-kisi tidak pernah dibersihkan sehingga menyebabkan overheat, hardwere yang kurang mumpuni untuk menjalankan softwere berat, atau bisa juga terdapat ganguan virus dalam perangkat Anda.

Di sini saya tidak akan membahas cara meningkatkan performa pc secara menyeluruh karena akan terlalu panjang. Namun, ada beberapa tips mudah yang bisa diterapkan untuk pemula sehingga diharapkan komputer atau laptop Anda dapat bekerja lebih baik daripada sebelumnya.

Cara Mudah Meningkatkan Kinerja Laptop Supaya Makin Ngebut

Kinerja komputer (laptop) melambat dari waktu ke waktu seiirng dengan penggunaannya yang terlalu berlebihan yang memakan kapasitas penyimpanan penuh. Bagaimana cara meningkatkan performa supaya ngga lemot saat digunakan? Berikut ulasan untuk anda:

1 Upgrade Hadwere

update hardware untung mengoptimalkan ke yang lebih baik

Semakin banyak program yang bekerja maka akan semakin berat juga kinerja yang dibebankan pada hardwere sperti ram, CPU, dan hardisk. Hal tersebut membuat performa laptop menjadi lambat atau bahkan crash. Nah, apabila kamu tipe orang yang memerlukan perangkat performa tinggi ada baiknya segera lakukan upgrade hardwere pada laptop Anda supaya lebih lancar untuk dipakai bekerja.

Apa sih fungsinya dari upgrade perangkat keras? Dalam dunia IT hardware menjadi momok bagi setiap penggunanya yang memerlukan space, performa yang baik. Nah untuk mengoprimalkannya anda perlu menatar hardware anda dengan membeli perangkat yang memilki spesifikasi gahar namun anda perlu yang namanya kemurahan barang dari produk tersebut.

Baca : Pahami Jenis Shortcut Excel, Mudah dan Sangat Simpel

Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan ongkos yang banyak untuk mendapatkannya, dan carilah model murah namun memiliki kualitas yang sama dengan harga aslina. Namanya juga orang indonesia, perlu harga miring apalagi diskonan.

2. Matikan Program Stratup

Program stratup adalah program yang akan langsung bekerja secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Banyangkan saja bila ada begitu banyak program startup yang dijalankan maka itu akan membuat lemot laptopmu. Untuk menonaktifkannya supaya lebih cepat caranya:

1. Buka Taks Manager dengan cara menekan Ctrl + Esc + Shif.
buka task manager

2. Pilih tab Startup. Di sana akan terlihat aplikasi apa saja yang berjalan secara otomatis ketika perangkat mulai dihidupkan.

melihat scheduler program

3. Untuk menonaktifkannya, cukup dengan klik kanan pada program yang dirasa kurang penting lalu pilih disabled.

disable program di laptop

3. Hapus file sampah yang ada pada Recycle Bin Laptop

mempercepat kinerja laptop

Semakin sempit penyimpanan dapat memperlambat performa laptop. Nah, untuk itu alagkah baiknya lakukan pembersihan pada file sampah yang biasanya terdapat pada Recycle Bin. Caranya dengan klik kanan pada ikon Recycle Bin > pilih empty Recyc Bin > selesai. Pastikan terlebih dahulu bahwa file-file tersebut memang benar-benar tidak dibutuhkan lagi.

4.  Menghapus Bloatware

Ketika pertama kali menginstal Windows biasanya akan terdapat banyak sekali program yang kita tidak perlukan (bloatwere). Bloatwere juga dapat memperlambat kerja dari laptop kamu karena akan mengambil penyimpanan serta dapat menghalangi kerja aplikasi lain. Untuk itu sebaiknya uninstall saja dengan cara:

Baca : Keyboard Tidak Berfungi? Berikut TIps Cara Mengatasi Hal Tersebut

• Buka Control Canel, bisa menekan tombol logo Windows + X, kemudian pilih program Control Panel

cara meningkatkan performa laptop
• Bila sudah lanjut klik pada menu Program
cara meningkatkan kinerja laptop
• Anda langsung disuguhkan menu baru, anda langsung klik saja Program and Features
bukalah program dan fitur
• Cari bloatwere yang ingin dihapus lalu tekan uninstall.
 
hapus bloatwere

5. Nonaktifkan efek visual yang tidak dibutuhkan laptop

Memakai banyak efek visual membuat tampilan menjadi terlihat lebih menarik, tetapi Anda harus tahu juga bahwa hal itu juga dapat memperlambat laptop maupun komputer.  Untuk itu pakailah efek visual yang dibutuhkan saja dengan mengikuti cara ini.

  • Buka menu control panel
  • Pilih System and Cecurity > kemudian pilih System > Advanced System Settings.
open advanced system settings
  • Bila menu system properties sudah terbuka klik Advanced > klik setting pada pilihan performance.
  • Di situ Anda dapat memilih menu custom untuk dapat memilih efek visual apa saja yang ingin dipakai atau dimatikan. Apabila sudah, klik saja apply lalu ok.

6. Melakukan Disk Defragmenter

optimasi partisi harddisk

Kinerja drive akan semakin keras apabila ada banyak data yang terfragmentasi sehingga terkadang akan membuat performanya menurun. Oleh karena itu kami sarankan untuk menyusun ulang data dengan memakai fitur defrag yang sudah menjadi bawaan dari Windows. Buka File Explorer > This PC > klik Kanan pada partisi yang akan didefrag > Properties > Tools > Optimize.

7. Upgrade ke SSD

Apabila laptop kamu terasa sangat lambat dan sudah tidak bisa di optimalkan lagi performanya, mungkin kalian harus pindah ke lain hati penyimpanan untuk sistem operasi dan saat melakukan booting. Upgrade laptop kamu ke penyimpanan ssd. Namun ada yang harus diketahui sebelum membeli ssd.

Itu tadi 7 cara mempercepat kinerja laptop yang dapat Anda terapkan. Apabila dirasa kurang jelas, Anda dapat meninggalkan pertanyaan di kolom komentar MogLoger. Apakah anda sudah mempratekkannya? Jika sudah rasakan perbedaan performa yang lebih baik seperti awal membeli laptop baru yaa.

Artikel Terkait Laptop :

Dengan begitu komputer anda sudah akan ngehang, lag bahkan tidak akan macet lagi karena sudah diatasi dengan cara diatas. Semoga bermanfaat dan selalu Kunjungi terus blog ini dan dapatkan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar