Cara Mempercepat IDM

Siapa di antara kalian yang suka dengan speed internet yang cepat ? Pasti semua orang menginginkan kecepatan internet yang di pakai super cepat. Jika speed internet seperti keong siapa yang mau menggunakannya ? Pasti mereka pada bosan jika harus duduk menunggu lama loading web yang di buka. Kesempatan ini saya ingin membagikan cara mempercepat download IDM sampai 30 mbps.

Apalagi jika kalian yang suka mendownload, biasanya mereka banyak mendownload musik dan juga film. Jika ukuran musik mungkin kecil hanya 4 – 8 MB aja, tapi bagaimana jika kalian mendownload film yang ukurannya bisa 2 GB untuk 1 filmnya dengan kualitas internet yang lambat ?

Nah salah satu cara agar download file besar dengan cepat di pc bisa dengan menggunakan IDM atau Internet Download Manager. IDM adalah sebuah aplikasi yang di khususkan untuk menambah speed file yang kalian download dari internet. IDM ini memiliki trial nya yaitu 30 hari, kamu bisa membeli licensinya hanya 250rb saja.

Namun, walau kalian menggunakan IDM kamu harus percepat aplikasi IDM tersebut agar file yang akan kalian download bisa lebih cepat lagi.

Buat kalian semua yang penasaran, kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini untuk cara menambah kecepatan download idm di PC atau Laptop.

Cara Mempercepat IDM

IDM ini bisa meningkatkan kecepatan file yang kalian download, karena memaksimalkan kecepatan koneksi internet dan juga memaksimalkan koneksi yang bisa kita lakukan di server tempat file kita tersimpan.

Agar kecepatan pada IDM meningkat, kita perlu memaksa aplikasi ini untuk memakai semua koneksi kita untuk melakukan proses download file kita tersebut. Dengan begitu, maka proses download yang kalian lakukan akan berjalan dengan lebih cepat lagi.

Settings Aplikasi IDM Hingga High Speed

Sebelum kita percepat IDM ini usahakan kalian mendownload aplikasi IDM ini ke versi yang terbaru. Kalian bisa mendownloadnya di situs resminya IDM langsung.

Jika aplikasi sudah kalian download, kamu perlu install kemudian mengaktifkan IDM. Lalu kamu bisa buka aplikasi IDM kalian lalu kalian bisa klik menu Downloads lalu kalian pilih menu Options

buka opsi idm

Jika kalian sudah masuk ke menu Options maka kalian bisa masuk ke Tab Connection lalu pada menu Jenis/Kecepatan Koneksi kalian bisa pilih bagian High Speed

buka koneksi di idm

Jika sudah, maka IDM akan menggunakan kecepatan internet yang kamu punya untuk mempercepat speed download. Namun perlu kalian perhatikan di sini ada kelebihan dan kekurangan jika kalian menggunakan High Speed yang ada di IDM. Di antaranya kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :

  • Kelebihan jika proses download berlangsung, maka file yang kalian download akan cepat selesai. Karena IDM menggunakan semua akses internet yang kalian miliki.
  • Kekurangan Jika kalian menggunakan High Speed di IDM untuk meningkatkan kecepatan download idm maka hal yang akan kalian alami adalah, kalian tidak bisa browsing dengan nyaman. Karena seluruh kecepatan internet yang kalian miliki sudah masuk ke aplikasi IDM untuk menaikkan speed download kalian.

Jika kita tadi sudah mengatur High Speed pada IDM untuk percepat downloaddi idm, nah sekarang kita akan memaksimalkan kinerja pada file server. Kita isa memaksimalkan kinerja file server ini dengan cara berusaha melakukan koneksi sebanyak mungkin dan mendownload file secara bersmaaan.

Baca Juga : Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows

Maka dari itu, agar proses download lebih cepat kita perlu memaksimalkan jumlah koneksi dari PC kita ke file server IDM sebanyak mungkin, kalian bisa ikuti langkah di bawah ini :

Langkah ini sama seperti di awal tadi, kalian bisa buka aplikasi IDM lalu klik menu Downloads jika sudah klik menu Opsi/Options

buka opsi download pada idm

Jika sudah, kalian bisa pilih tab Koneksi lalu pada menu Jumlah Kon. Maks Standar kalian bisa pilih sebesar mungkin, di sini saya memilih 32 jika sudah kalian bisa klik OK

pilih jenis koneksi

Dengan memaksimalkan file ke server ini maka kalian akan mendapatkan kecepatan download yang lebih maksimal. Namun dengan kecepatan yang lebih maksimal ini ada kelebihan dan kekurangannya. Apa sajakah itu ?

  • Kelebihan Proses download menjadi lebih cepat, karena jumlah konekasi yang dilakukan ke server dalam waktu bersamaan sangat banyak. Dengan menggunakan trick ini, bakal bekerja dengan baik apalagi jika file server mempunyai performa yang sangat bagus.
  • Kekurangan Dengan memaksimalkan file server ini juga mempunyai kekurangan yaitu beberapa file server akan membatasi jumlah koneksi maksimal bagi sejumalh PC untuk melakukan download. Bahkan bisa saja server tersebut akan memblacklust IP mu agar tidak menghabiskan resource di server. Jika di server tempat kamu mendownload sering memutuskan koneksinya saat kamu seting menjadi 32, maka kamu bisa menguranginya hingga 16 atau 8.

Percepat IDM Settings Di Menu Regedit

Untuk cara meningkatkan kecepatan IDM selanjutnya adalah kita bisa settings di bagian Regedit atau Registry Editor yang ada di PC kalian. Mungkin banyak yang belum tau bahwa trick Regedit ini juga bisa menambah kecepatan proses Download melalui IDM. Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti langkah langkah di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Konek di Windows

Pertama, kalian bisa masuk menu RUN atau kamu bisa klik tombol Windows + R lalu kalian bisa ketik Regedit lalu Enter. Jika sudah terbuka, kalian bisa masuk pada tab Computer lalu HKEY_CURRENT_USE lalu Software lalu Download Manager lalu kalian klik pada Max Connection

buka regedit

Jika sudah, pada value data kalian bisa isikan 999999 lalu kalian tekan OK.

percepat idm

Dengan ini juga kalian bisa memaksimalkan proses download yang ada pada IDM. Nah jika ini tadi kita settings di regedit, sekarang kita bisa menggunakan Aplikasi yang bernama IDM Optimizer dengan kalian menggunakan aplikasi IDM Optimizer kalian tidak perlu lagi ribet untuk settings seperti di atas yang sudah saya berikan kepada kalian semua.

Karena aplikasi ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja aplikasi IDM agar lebih maksimal lagi dalam melakukan proses download melalui IDM. Aplikasi ini juga bisa kalian download di Google.

Meningkatkan Kecepatan Download di IDM dengan CMD

Karena sebuah CMD itu sudah masuk ke bagian system, besar kemungkinan kamu akan dapat kecepatan unduh yang maksimal. Cara lengkapnya akan kami ulas sebagai berikut.

  • Buka CMD kamu, tekan start pada windows lalu ketik CMD, klik kanan kemudian Run Administrator.
  • Setelah CMD terbuka, kamu ketikkan “ipconfig/all” tanpa tanda petik ya.
  • Kamu disini bisa mencari kata DNS server, pada gambar dibawah adalah IP Address yang saya gunakan, punyamu pasti ada dan bisa dicatat dulu pada notepad.
meningkatkan kecepatan download dengan cmd
  • Berikutnya, masih di dalam program CMD, scroll kebawah hingga menemukan baris kosong.
  • Setelah ketemu, kamu ketikkan ping -L 500 (DNS Server yang sudah di copy tadi). Contoh seperti ini : ping -L 500 192.168.43.1 gitu ya.
  • Lalu tekan enter, dan biarkan CMD berjalan sendirinya, jangan tutup software CMD nya ya.

Test Speed Download

Jika cara di atas tadi sudah kalian praktekan satu per satu, maka sekarang kalian bisa mencoba untuk mendownload aplikasi yang ada di Google, apakah lebih cepat dari biasanya atau sama saja?

Mas kok masih lemot sih ?

Jika masih lemot, mungkin langganan internet kamu kecil, misalnya saja kamu langganan 1mbps maka yang tertera di IDM di speed nya hanya 100kbps. Beda halnya jika kalian berlangganan 10mbps di Indihome, ini bisa saja sampai 1mbps yang tertera di IDM nanti.

Jadi, bukan berarti jika kita langganan 1mbps bisa menjadi 10mbps ya, karena ini hanya memaksimalkan ke koneksi internet yang kalian pakai di rumah atau di kantor kalian.

Tes speed biasanya bisa secara manual seperti diatasn, namun bila lebih ringkasnya kamu bisa menggunakan situs fast.com atau https://www.speedtest.net/id.

Nah, bagaimana sekarang sudah tau kan cara setting idm untuk mempercepat download ini? Dengan begini kalian sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mempercepat proses download di IDM. Karena cara ini sudah bisa memaksimalkan proses download yang ada pada aplikasi IDM ini. Selamat Mencoba!

Tinggalkan komentar