Cara Memperbaiki Instagram yang Tidak Bisa Dibuka

Instagram sendiri merupakan sosial media yang populer saat ini, bahkan sudah bisa menyaingi facebook yang sudah lama ngetrend dan sampai saat ini masih trend juga. Hampir seluruh pengguna smartphone menghabiskan waktunya hanya untuk bersantai dan berselancar di instagram. Adapun masalah seperti instagram tidak bisa dibuka.

Hal tersebut dikarenakan sangat asik sekali bisa menjelajahi foto ataupun video yang terdapat di instagram dengan berbagai jenis ataupun tipe foto dan video yang ada di instagram. Tak hanya itu saja, kini sering kali juga pada bagian insta story terdapat berbagai hal yang menarik.

Seperti diantaranya munculnya banyak filter, seperti filter insta meat, filter flappy bird, dan masih banyak lainnya. Selain itu, banyak para pengguna instagram yang memanfaatkan IG sebagai untuk aplikasi bisnis. Dimana kegiatan bisnis seperti online shop dan selebgram semakin harinya semakin diminati. Dan yang paling penting yaitu instagram merupakan sosial media yang sangat cepat sekali untuk menyalurkan berita.

Dari wacana di atas tersebut bisa anda buktikan sendiri, karena banyak hal yang viral tengah menjadi trend di IG. Secara cepat masyarakat bisa menerima berita ataupun informasi viral tersebut. Secara algoritma sendiri memang instagram akan memunculkan topik atau konten ke beranda anda masing-masing mengenai apa yang sedang viral atau menjadi topik hangat di instagram.

Jika disimpulkan, IG memang saat ini menjadi sebuah aplikasi pokok yang harus dimiliki dan wajib di install di setiap perangkat android ataupun iphone. Namun seiring perkembangan waktu instagram juga mulai selalu update, dan terdapat masalah juga yang muncul, dimana instagram tidak bisa di jalankan.

Memang apabila instagram sampai tidak bisa dijalankan, akan membuat kita kesal sekali. Karena kita tidak bisa mengakses instagram dan tidak bisa browsing di ig. Tak hanya sampai disitu saja, terkadang aplikasi IG tidak dapat dibuka dibarengi dengan Sayangnya, instagram telah berhenti. Dimana aplikasi instagram sendiri akan force close dan tak dapat dibuka.

Jika sudah seperti itu, maka kita perlu memperbaiki IG yang ngga bisa di buka. Maka anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan diberikan cara mengembalikan instagram tidak bisa di buka. Serta cara ini bisa support untuk berbagai macam jenis merk hp.

Mulai dari OPPO, VIVO, LENOVO, SAMSUNG, LG, XIAOMI, ASUS, dan masih banyak lainnya. Bagaimana ingin tahu caranya? silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Instagram Tidak Dapat Dibuka

#1. Paksa Henti dan Hapus Data

instagram tidak bisa dibuka

Solusi terbaik yang pertama untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu memaksakan aplikasi IG untuk berhenti dan menghapus data aplikasi. Jadinya silahkan hentikan aplikasi tersebut, caranya masuk ke menu setelan > aplikasi terinstall > instagram > paksa henti. Sedangkan untuk hapus data terdapat pada bagian atas, dan caranya pun sama dengan paksakan henti tersebut.

Anda bingung soal repost story IG? Solusinya ada disini cara repost instastory.

#2. Hapus Cache

tidak bisa buka instagram

Perlu anda ketahui, bahwa cache sendiri merupakan sebuah file sampah dimana keberadaannya harus dihapus. Jadi jangan sampai cache tersebut tersimpan ataupun didiamkan saja pada suatu aplikasi, misalnya saja pada instagram. Karena hal tersebut dapat membuat suatu aplikasi menjadi error dan tak dapat dibuka. Untuk cara hapus cache, hampir sama seperti di atas.

  • Masuk ke pengaturan
  • Cari aplikasi terinstall
  • Cari instagram dan klik
  • Jika sudah maka tinggal hapus cache

#3. Update Aplikasi Instagram

update aplikasi IG

Yang namanya aplikasi apabila jarang diupdate maka tak heran akan memunculkan pesan instagram terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui.

Seperti halnya pada instagram, nah apabila anda tidak update, maka tak heran jika anda mendapati ada masalah saat memulai instagram. Maka dari itu cara memperbaiki tidak bisa buka instagram yaitu dengan cara update aplikasi di google play store.

Jika sudah update aplikasi, biasanya masalah anda akan teratasi dengan cepat dan bisa masuk ataupun login di ig.

#4. Restart Smartphone

restart hp

Apabila anda sudah update aplikasi namun tetap masih tidak dapat dibuka aplikasinya, maka anda perlu restart hp anda. Nah coba anda lakukan restart hp anda, jika sudah silahkan buka kembali aplikasinya. Lalu cek apakah bisa dibuka atau tidak?.

Baca Juga : Cara Repost Postingan Instagram Tanpa Aplikasi

#5. Uninstall dan Install Kembali

ig tidak bisa dibuka

Langkah terakhir apabila semua cara di atas tidak dapat mengatasinya yaitu coba uninstall aplikasi dan install kembali aplikasinya. Jadi pertama anda uninstall dulu, setelah itu download kembali apknya dan pasang di hp anda. Terakhir tinggal dicek apakah ig bisa dibuka atau tidak.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka

Terdapat penyebab masalah instagram error ini adalah yang pertama aplikasi instagram tidak kompatibel dengan versi android yang anda gunakan sekarang.

Biasanya, versi android ini semakin lama akan semakin ketinggalan, sebagai contoh versi android jellybean. OS Android tersebut sudah semakin usang dan jarang digunakan oleh mayoritas orang.

Instagram anda tidak bisa masuk? Mungkin anda membutuhkan cara mengatasi instagram tidak bisa login.

Solusinya anda dapat membeli hp baru atau lakukan upgrade OS ke versi diatasnya jika ada pemberitahuan untuk melakukan update.

Penyebab ig ngga dapat di buka kedua adalah tak tersedia ruang penyimpanan untuk aplikasi instagram singgah. Anda harus bisa meluangkan penyimpanan anda untuk aplikasi media sosial ini.

Pada android saya saja sudah memakan space yang begitu banyak. Jadi, sebaiknya anda melakukan pembersihan file yang tersimpan pada memori internal anda menggunakan tips menghemat memori penyimpanan android.

Nah itulah kenapa instagram tidak bisa dibuka beserta penyebabnya. Jika anda merasa bahwa instagram sudah tidak waras lagi, silakan lakukan langkah – langkah diatas untuk mengatasi.

Jadi itulah mengenai cara memperbaiki instagram yang tidak bisa dibuka. Semoga anda dengan membaca cara ini bisa mengatasi ig yang error tersebut. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar