Cara Membuka Pola HP OPPO

Saat sedang terjadi masalah lupa pola hp oppo, pasti perasaan kamu akan panik dan muka tidak karuan. Hal tersebut memang wajar, dikarenakan kamu tidak ingat password dan PIN smartphone.

Saat lupa password begini, kamu tidak usah khawatir dan terburu – buru mengambil keputusan. Ada beberapa cara untuk mengembalikan lupa pola hp oppo tersebut.

Saya pernah mengatasi hp oppo yang lupa PIN, password dan Pola. Semenjak kejadian itu, saya senantiasa mengingat – ingat kunci smartphone supaya data – data di dalam hp tidak hilang begitu saja.

Eits tenang saja, saya dulu melakukan hal yang salah jadinya harus mengorbankan data dan file penting.

Untuk sekarang, kamu bisa memakai cara sesuai pengalaman saya saja. Apa saja cara membuka pola yang tidak ingat di hp oppo?. Sementara itu, kamu bisa melihat seri oppo keluaran terbaru yaitu oppo a5s, a37, a37f, a7, a3s, a71, F1, a83, F7 dan masih banyak lainnya.

Cara Membuka Kunci Pola OPPO Yang Lupa

Setelah melihat penjelasan membuka kunci diatas tadi, kamu bisa menyimpulkan bahwa tutorial yang akan saya berikan tidak begitu sulit.

Hanya dengan beberapa menit saja, hp oppo yang tadinya lupa kata sandi bisa diatasi segera, dengan begitu PIN dan password yang tadinya terkunci bisa terbuka berikut caranya.

1. Melalui Menu Lupa Password di HP OPPO

Di setiap ponsel terutama sekelas oppo, pasti ada menu lupa password. Jika tidak ada mungkin namanya beda seperti Forgot Password.

Nah menu tersebut bisa kamu gunakan untuk mengembalikan password hp oppo kamu agar data – data di dalamnya tidak hilang.

Tidak sembarangan memakai cara mengatasi pola yang lupa ini, kamu harus bisa mengaktifkan data internet terlebih dulu supaya hp mendapatkan asupan jaringan untuk membuka halaman login akun google.

Pastikan akun google yang kamu gunakan pada ponsel juga jangan kelupaan, apalagi password akun googlenya.

Supaya mempermudah penjelasan, berikut langkah – langkah menggunakan metode lupa password :

  1. HP kamu harus bisa mengaktifkan data internet supaya ada koneksi untuk membuka halaman login akun google.
  2. Cara mengaktifkan data nya bisa melalui bilah notifikasi, tinggal tarik layar kebawah maka akan muncul pengaturan untuk menyalakan data seluler.
  3. Pada layar kunci, nanti akan muncul menu atau opsi Forgot Password atau lupa sandi.
  4. Tekan menu tersebut, kemudian kamu akan dimintai data sign-in memakai akun google yang dulunya dipakai oleh hp oppo tersebut.
  5. Apabila alamat email yang kamu gunakan sama, maka cara ini akan berjalan sukses dan pola hp oppo yang terkunci bisa dibuka kembali.

Kelebihan menggunakan cara pertama ini adalah data yang tersimpan pada ROM atau penyimpanan telepon tidak akan hilang.

Data tersebut seperti video, gambar, dokumen, aplikasi yang terinstall atau yang tidak, musik dan jenis media lainnya akan tetap aman.

Jika masalah kamu sudah kelar, silakan berhenti disini. Apabila sebaliknya, kamu bisa lanjut menggunakan langkah selanjutnya.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian OPPO

2. Melalui Panggilan

Emang bisa mengembalikan hp oppo yang terkunci hanya dengan memakai panggilan?. Bisa saja, asalkan kamu pinjam hp orang lain boleh teman atau siapapun.

Setelah itu kamu bisa melakukan panggilan ke nomor yang ada pada hp oppo kamu. Tujuan dari panggilan ini adalah untuk mengaktifkan koneksi internet.

Ini bukan panggilan darurat yang ada di ponsel oppo kamu melainkan panggilan masuk dari nomor teman kamu yang sudah kamu suruh.

Biar lebih jelas, silakan simak penjabaran membuka password oppo dibawah ini :

panggilan dari hp lain
  1. Pinjam hp orang lain dulu.
  2. Pastikan di hp orang lain memiliki sisa pula yang cukup untuk melakukan panggilan (cukup misscall saja).
  3. Kemudian lakukan panggilan ke nomor ponsel yang ada di hp oppo lupa pola.
  4. Saat panggilan sudah masuk, langsung arahkan ke home.
  5. Setelah masuk ke home, langsung deh pergi ke pengaturan hp kemudian matikan mode pengunci layar.
Baca Juga : Cara Screenshot Panjang di HP OPPO

3. Lewat ADB

Kamu sering mengotak – atik sistem android? Mungkin kamu bisa mengatasi hp yang terkunci ini melalui ADB.

Untuk bisa melakukan cara ini, pastikan hp oppo kamu sudah mengaktifkan dan terhubung dengan USB Debugging dan sebelumnya pernah menjalankan ADB.

Cara menggunakan ADB untuk reset password hp :

adb cmd
  1. Install dulu ADB pada laptop atau komputer kamu.
  2. Kemudian hubungkan hp oppo kamu menggunakan kabel USB, dan tancapkan ke USB Port pada komputer.
  3. Berikutnya, jalankan CMD ke directory ADB.
  4. Lalu tinggal ketikkan saja perintah berikut adb shell rm /data/system/gesture.key kalau sudah tekan Enter.
  5. Sesudah selesai, kamu bisa memuat ulang hp atau reboot android oppo.

Meskipun terlihat berhasil, namun sebetulnya hanya bersifat sementara saja, jadi kemungkinan hp kamu masih dapat terkunci lagi.

4. Menggunakan Factory Reset

Ketika kamu belum menemukan solusi, kamu dapat memakai cara yang terakhir ini. Namun tetap harus merelakan semua datanya menghilang.

Terutama di penyimpanan internal, semua data akan terhapus. Oleh sebabnya kamu sebaiknya harus memikirkan dulu apakah mau lanjut ke cara ini atau tidak.

Jika kamu berkeinginan mengembalikan pola yang lupa dan tidak peduli data hilang karena sudah menjadi jalan satu satunya.

Simak cara mengembalikan ke settingan awal secara paksa berikut :

mode recovery oppo
  1. Matikan hp oppo kamu hingga benar – benar mati.
  2. Kemudian lepaskan semua kartu yang masih terpasang baik kartu sd maupun kartu sim.
  3. Setelah semuanya sudah disiapkan, maka tinggal tekan volume bawa dan tombol power secara bebarengan.
  4. Tunggu hingga beberapa detik sampai logo OPPO muncul, kemudian lepaskan semua tombolnya, tentu kamu sudah dapat masuk ke mode recovery android.
  5. Setelah masuk ke mode tersebut, pergi ke menu Factory Reset dengan menekan tombol volume up dan down untuk menggeser dan tombol power untuk memilih menu.
  6. Habis itu tunggu deh beberapa saat, kalau sudah selesai tinggal arahkan ke menu reboot.

Hanya seperti itulah membuka pola hp oppo yang lupa dan terkunci. Mungkin sampai disini sudah mulai kapok dengan melupakan password dan PIN.

Oleh karena itu, kamu harus selalu mengingat – ingat kunci hp supaya tidak menimbulkan masalah yang sama dan harus ribet memakai cara diatas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar