Cara Membuka Password HP Sony Xperia Yang Lupa

Lupa password tuh emang ngeselin banget ya ternyata. Dulu pas bikin password ngerasa pede banget bakal bisa inget. Eh sekarang tiba-tiba udah lupa aja. Nah terutama kamu nih pengguna HP Sony Xperia, kalau kamu lagi mengalami kasus lupa pasword, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Karena kali ini kita akan bahas bareng-bareng mengenai cara membuka password hp Sony Xperia yang lupa.

Sebenarnya lupa password adalah hal yang cukup lumrah terjadi ya. Terlebih jika memang pola yang kita pakai cukup rumit. Karena pola yang rumit jelas berbeda tingkat kesulitannya dengan kata kunci yang biasa.

Misalnya dengan penggunaan satu huruf besar di tengah password, atau dengan adanya satu karakter khusus pada password tersebut.

Balik lagi nih ke HP Sony Xperia kamu. Kalo saat ini kamu sedang mengalami kasus dimana kamu lupa dengan password hp kamu, maka kamu gak perlu risau kok.

Tenang saja, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Penasaran kan pastinya? Yaudah yuk langsung saja kita simak bareng-bareng mengenai cara membuka hp sony xperia yang terkunci

Cara Membuka HP Sony Xperia Yang Terkunci Tanpa PC

Coba Deh Pakai Android Device Manager di HP Sony

Cara pertama yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Caranya gampang kok, pastinya kamu gak akan kesulitan untuk mencobanya. Yuk langsung saja kita lihat bagaimana langkahnya:

  • Yang pertama langsung saja kamu buka Android Device Manager melalui hp kamu yang lainnya atau melalui komputer. Saat login, pastikan kalian login menggunakan akun Google yang sama ya dengan akun  yang ada pada Sony Xperia milikmu.
  • Terus buka deh link Device Manager. Nanti kamu akan mendapatkan tiga pilihan menu yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Pilih saja menu Kunci atau Lock ya.
cara membuka password hp sony xperia yang lupa
  • Kalau Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan HP Sony Xperia kamu maka coba saja klik tombol refresh browser selama beberapa kali.
  • Nantinya setelah menekan menu Lock atau Kunci, maka kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi terbaru untuk HP Sony Xperia milikmu. Coba kali ini pilih password yang tepat ya, yang bisa terus kamu ingat. Jangan sampai kelupaan lagi.
cara membuka password hp sony xperia yang lupa
  • Tuliskan lagi password terbaru kalian untuk mengkonfirmasi, dan klik lagi tombol Lock. Coba tunggu beberapa saat ya, sekitar 5 menit untuk proses pembaruan password kamu di Sony Xperia berjalan lancar.
  • Selesai deh! Sekarang kamu sudah bisa membuka Sony Xperia milikmu dengan password baru yang sudah kamu buat tadi.
Baca : Cara Mengatasi HP Restart Terus Menerus

Bisa Juga Dengan Android Debug Bridge

Nah kalo cara yang diatas ternyata belum berhasil untuk membuka Sony Xperia kamu, tenang deh masih ada cara berikutnya. Cara yang berikutnya ini kita akan menggunakan Android Debug Bridge untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang kamu alami ini.

Cara ini bisa kamu lakukan kalau sebelumnnya kamu pernah mengaktifkan USB Debugging dan juga HP Sony Xperia milikmu sudah pernah terhubung ke komputer melalui ADB. Untuk kamu yang sering melakukan root atau install custom ROM pastinya sudah ga asing lah dengan cara-cara ini.

Yang pertama kamu hubungkan ya HP kamu ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB.

Kamu ketik deh perintah berikut; adb shell rm /data/system/gesture.key kemudian tekan Enter.

cara membuka password hp sony xperia yang lupa

Untuk selanjutnya, reboot HP Sony Xperia milikmu ya.

Sukses deh! Kini hp kamu sudah tidak terkunci lagi.

Gampang kan ya pastinya? Gak terlalu rumit kok langkahnya. Dan kalau kamu menggunakan cara ini, pastikan kamu segera menetapkan password baru ya setelahnya. Agar hp kamu tidak terkunci dengan password lama (yang kamu lupa) saat hp kamu reboot lagi.

Baca : Cara Hemat Penyimpanan Android

Yang Terakhir, Pakai Saja Factory Reset

Kalau kamu gak bisa juga menggunakan dua cara diatas, maka ada cara terakhir yang bisa kamu lakukan. Dengan Factory Reset, maka jelas akan menjawab permasalahan lupa password Sony Xperia kamu. Begini nih caranya:

  • Matikan dulu hp kamu ya. Dan pastikan setidaknya baterai hp kamu ada diatas 50% untuk berjaga-jaga.
  • Dalam keadaan HP Sony Xperia mati, tekan dan tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan hingga muncul logo smartphone.
  • Setelah logo muncul, segera lepas ketiga tombol yang ditekan tadi ya. Tunggu beberapa saat, dan kamu akan masuk ke menu Recovery Mode.
  • Tekan tombol volume down kemudian pilih wipe data factory reset. Lalu kamu tekan saja tombol power untuk mereset.
  • Untuk konfirmasi maka kamu pilih Yes — Deleta all user data. Kemudian kamu pilih Reboot Sytem Now.
  • Kamu tunggu sejenak prosesnya. Dan setelahnya, maka hp kamu sudah berhasil di reset! Setelah hp kamu kembali pada pengaturan awal, maka sejarang kamu bisa membuat password baru. Ingat, jangan sampai kelupaan password lagi!.

Cara diatas mampu dipakai pada semua hp Sony Xperia Z3, Z4, Z5 dan sony xperia M4, M5, C3, Zr docomo, dan lain sebagainya.

Nah jadi itu tadi ulasan mengenai cara membuka password hp sony xperia yang lupa. Semoga bisa membantu mengatasi permasalahanmu ya, dan sampai jumpa lagi pada artikel bermanfaat berikutnya!