Cara Melegakan RAM Semua Android

Pastinya menyebalkan ya jika hp terasa lemot saat digunakan untuk beraktivitas. Tentu ada berbagai penyebab yang mengakibatkan smartphone menjadi lemot ketika digunakan untuk membuka berbagai aplikasi. Namun salah satu penyebab utama yang sering menimbulkan permasalahan tersebut biasanya karena RAM milikmu terlalu berat dalam menjalankan tugasnya.

Makanya kamu perlu tau cara melegakan RAM agar nantinya ram kamu bisa berfungsi secara optimal, yang berakibat jadi bisa memaksimalkan smartphone kamu dalam mengoperasikan berbagai aplikasi yang ada.

Sebelumnya kamu harus pahami ya, RAM tentunya berbeda dengan memori yang kamu gunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang ada pada smarphone milikmu.

RAM sendiri merupakan kependekan dari Random Access Memory, yang secara mudahnya dapat diartikan sebagai sebuah memori untuk menjalankan berbagai macam aplikasi di hp kamu dengan penyimpanan sementara.

Dengan hal ini maka bisa dikatakan semakin banyak aplikasi yang kamu jalankan, maka akan semakin banyak pula RAM yang akan kamu butuhkan untuk bisa memprosesnya dengan lancar.

RAM yang ada pada smartphone milikmu tentunya sudah mutlak, dimana tidak bisa lagi kamu tambah. Jadi kamu tidak perlu mencoba datang ke kontek hp untuk membeli RAM, agar kamu tidak diketawain oleh penjualnya.

Yang bisa kamu lakukan adalah mengoptimalkan kinerja RAM kamu, agar bisa menjalankan multitasking yang ada pada hp mu dengan mulus tanpa lemot. Dengan kamu membersihkan RAM, maka kinerjanya tidak akan terlalu berat, sehingga multitasking yang ada bisa berjalan dengan lancar tanpa kamu mengeluh hp terasa berat dan juga lemot.

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Kamu bisa menambah RAM loh, kok bisa? Penambahan disini bukan menambah kapasitas penyimpanan sementara itu melainkan sedikit mengurangi beban RAM.

Atau istilah lainnya adalah melegakan. Tak perlu khawatir, cara semacam ini dapat dilakukan oleh pengguna Android non root atau tanpa root.

HP kamu terasa sangat lemot ketika dipakai? Kamu bisa membersihkan sisa – sisa pemakaikan RAM. Sisa tersebut bisa dikatakan Cache aplikasi yang masih tersimpan pada perangkat tersebut.

Untuk kamu tidak usah khawatir bagaimana cara menerapkanya, akan kamu berikan pada ulasan dibawah ini :

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

mengurangi aplikasi tidak diperlukan

Untuk cara mengoptimalkan memori penyimpanan RAM hal pertama dilakukan yaitu kamu bisa mencoba untuk hapus beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak kamu perlukan.

Bagi kamu pengguna smartphone yang kebetulan mempunyai RAM kecil, maka kamu dituntut untuk selektif dalam memilih dan juga menggunakan aplikasi.

Sebaiknya kamu hapus saja aplikasi-aplikasi yang kamu rasa sudah sangat jarang kamu gunakan, setidaknya 3 minggu sampai sebulan tidak pernah kamu buka.

Kenapa hal ini diperlukan? Karena ada beberapa aplikasi yang memiliki sistem autostart. Secara mudahnya, aplikasi ini akan tetap berjalan sendiri pada latar belakang sistem kamu, meskipun kamu tidak berniat menggunakannya.

Nah sayang banget kan pastinya, aplikasinya sudah tidak kamu butuhkan tapi malah membebani RAM. Jadi coba kamu pilih aplikasi mana yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian kamu hapus saja biar bisa bantu RAM kamu jadi lebih lega.

2. Perhatikan Sisa Memori Internal

cek sisa memori

Untuk membesarkan ukuran ram yang berikutnya, kamu bisa memperhatikan sisa memori yang ada pada hp kamu.

Sisa memori yang dimaksud tentunya adalah memori internal ponsel milikmu yang tugasnya untuk menyimpan berbagai aplikasi dan juga media yang ada di hp kamu.

Coba deh perhatikan, sisa berapa sih memori internal kamu. Apakah masih cukup banyak atau memori sudah hampir penuh?

Hal ini perlu kamu perhatikan karena terkadang dalam beberapa game dan juga aplikasi memerlukan akses memori internal yang cukup banyak.

Dan kalau sisa memori internal kamu tinggal sedikit, ini bisa membebani kinerja RAM hp kamu. Jadi sebisa mungkin berikan sisa yang cukup untuk memori internal kamu. Setidaknya sisakan sekitar 15% dari memori internal kamu.

Jika memori internal kamu besarnya 32GB, maka setidaknya sisakan sekitar 4GB sampai 5GB, jangan malah kamu penuhi memori internal kamu itu.

3. Matikan Auto Start Untuk Aplikasi Yang Kurang Perlu

Masih berkaitan dengan cara yang pertama. Saat kamu sudah memilih apa saja aplikasi yang masih akan kamu gunakan nantinya, maka kamu perlu memperhatikan mengenai pengaturan aplikasi tersebut.

Karena memang beberapa aplikasi ada yang langsung mulai berjalan sendiri pada latar belakang sistem meskipun kamu tidak membukanya.

cara melegakan ram android

Kamu masuk saja ke menu setting, dan perhatikan pengaturan pada berbagai aplikasi yang ada. Untuk aplikasi yang memang tidak sering kamu gunakan, maka sebaiknya matikan saja ya fitur auto start-nya.

Ada cara lain jika pada hp android kamu tidak ada fitur auto start. Kamu dapat menggunakan greenify untuk mematikan sekaligus menghibernasikan aplikasi yang kurang penting.

Dengan melakukan hal ini, maka kamu sudah meningkatkan kinerja ram kamu sehingga hanya menjalankan tugasnya untuk aplikasi-aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan saja.

4. Bijak Dalam Pemakaian RAM Smartphone

Kalau memang RAM yang ada cukup kecil, maka kamu harus bisa bijak dalam menggunakannya. Tutup saja aplikasi yang sudah selesai kamu gunakan, agar RAM kamu menjadi lebih lega.

Adanya terlalu banyak aplikasi yang terbuka pada sistem hp kamu jelas akan membebani RAM, yang mengakibatkan hp kamu jadi lemot saat membuka aplikasi lainnya.

Dan untuk aplikasi yang cukup sering kamu buka, maka biarkan saja aplikasi tersebut tanpa perlu sering kamu tutup biar kamu tidak perlu bolak balik untuk menjalankannya.

menambah ram android tanpa root

5. Gunakan Aplikasi Penambah RAM

aplikasi penambah ram hp android

Kamu dapat memakaikan aplikasi pada smartphone. Aplikasi nya bisa berupa pembersih sampah atau yang lainnya.

Pada hp kamu sudah ada aplikasi tersebut, jadi tinggal memakainya saja. Kamu dapat membersihkan cache, sampah, sisa pembuangan lainnya pada aplikasi itu.

Hal ini berguna untuk meringankan beban memori RAM. Nah, kalau kamu masih kurang dalam membersihkan, kamu dapat memakai aplikasi untuk menambah RAM lainnya.

Kamu dapat mencari aplikasi itu pada google playstore. Aplikasi peningkat RAM juga sering saya pakai untuk keperluang sehari – hari.

6. Menghilangkan Animasi Serta Transisi di Android

menghilangkan animasi di android

Efek transisi dan efek animasi adalah efek yang secara default atau dari pabrikannya sudah diatur. Kedua efek ini kalau dipakai tidak begitu membebani HP, tetapi jika di meatikan cukup bisa membantu mengoptimalkan kinerja HP.

Cara settingnya, kamu harus mengaktifkan fitur Developer Options. Kamu dapat membuka Setelan -> Tentang Ponsel -> Lalu pada opsi Build Number, ketuk beberapa kali (umumnya sampai 3 kali) hingga muncul sebuah pesan berbunyi “Anda telah menjadi developer atau pengembang”.

Sampai disini, kamu bisa masuk ke fitur Developer Options, caranya pergi ke Setting -> Pengaturan Tambahan-> Developer Options.

Kamu bisa atur pada opsi Windows Animation, Transition Animation dan Animator Duration Scale menjadi nonaktif atau tidak aktif.

Setelah itu, rasakan perbedaannya. HP kamu akan terasa sangat ringan, walaupun RAM kamu kecil.

7. Menghapus Sebagian Widget

menghilangkan widget tidak penting

Meningkatkan RAM bisa kamu lakukan mulai dari menghilangkan widget. Pada menu utama hp kamu, pasti ada opsi untu mempercantik tampilan utama layar Android. Salah satu nya adalah menaruh widget.

Kamu sadar tidak bahwa menampilkan widget terlalu banyak dapat menambah beban pemakaian RAM.

Jika kamu ingin RAM semakin ringan dan lega, kamu dapat menghilangkan widget – widget tersebut dengan cara menghapusnya dari tampilan utama Android.

Kamu bisa menyisakan widget yang paling penting yaitu widget jam. Selain itu, cukup kurangi pemakaian widgetnya dan jangan terlalu banyak menampilkan widget di layar utama.

Apakah ram hp bisa ditambah?

Kalau berbicara soal RAM Android, apakah bisa ditambah? Tidak bisa. Karena komponen dari HP yang satu ini tidak mendukung penambahan RAM dari segi hardware maupun software. Kalau cuman diganti dengan ukuran yang sama, mungkin masih bisa tapi dengan asalan tertentu seperti RAM rusak.

Nah jadi itu tadi cara melegakan RAM tanpa root yang bisa kamu praktekkan pada smartphone milikmu. Intinya jika memang RAM kamu kurang memadai, maka kamu harus pintar dalam mengoptimalkan kinerjanya agar tetap selalu lancar dalam mengoperasikan berbagai aplikasi yang kamu miliki. Segitu aja pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar