Cara Kompres Foto Mudah Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara kompres foto – Sering kali kita saat berfoto memiliki kualitas yang sangat bagus. Dengan kualitas yang sangat bagus itu juga pastinya mempunyai ukuran yang terbilang cukup besar.

Terlebih lagi jika kita foto menggunakan kamera DSLR, pastinya hanya sekali foto saja ukurannya bisa sampai 5-10 MB. Dengan ukuran yang besar itu sangat memakan ruang penyimpanan yang kita miliki.

Apalagi jika kita mempunyai sebuah website, jika kita foto produk yang akan kita upload ke situs kita dan foto tersebut menggunakan kamera DLSR yang ukurannya sangat besar, maka itu akan memakan ruang penyimpanan yang ada di situs kita. Anda bisa menggunakan cara memperkecil ukuran file foto.

Selain memakan ruang penyimpanan, ukuran foto yang kita upload di situs kita membuat loading sebuah situs menjadi sangat berat. Oleh sebab itu kita harus mengecilkan ukuran foto yang akan kita upload di situs kita tanpa blur. Kira kira bagaimana ya cara mengecilkan ukuran foto pada situs kita ? Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca ulasan yang akan saya berikan kepada kalian semua.

Cara Kompres Foto dengan Mudah

Untuk mengecilkan ukuran foto ini ada berbagai cara, dengan offline maupun online. Namun tenang saja, di sini saya akan membahas cara menurunkan size foto secara online maupun offline.

Mengecilkan Ukuran Foto (Offline)

Untuk mengubah ukuran foto secara offline kita membutuhkan sebuah aplikasi pendukung, dan di sini saya sarankan menggunakan PC untuk mengubah ukuran foto yang besar menjadi kecil tanpa merubah resolusi foto tersebut. Bagaimanakah caranya ?

1. Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Aplikasi Microsoft yang kita tau dan sering kita pakai mungkin hanya Ms Word dan juga Ms Exel, Dan mungkin kalian juga tidak tahu bahwasanya aplikasi Microsoft ini bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi kecil yaitu bisa menggunakan Microsoft Office Picture Manager.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini dari ukuran yang semula 5MB bisa menjadi 1MB bahkan di bawahnya. Untuk langkah langkahnya kalian bisa ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Microsoft Picture Manager

  • Pertama, kalian bisa pilih foto yang akan kalian ubah ukurannya.
  • Jika sudah kalian bisa klik kanan lalu kalian pilih open with dan bisa kalian pilih Microsoft Office Picture Manager
Cara Mengecilkan Ukuran Foto
  • Jika sudah, maka akan terbuka aplikasi Microsoft Office Picture Manager, dan kalian bisa pilih menu Edit Pcture
mengecilkan size foto
  • Jika sudah, kalian bisa klik Compress Picture
compress pictures
  • Jika sudah, kalian bisa pilih sesuai keinginan kalian. Di sini saya memilih Web Pages karena akan saya upload di situs.
Cara Mengecilkan Ukuran Foto
  • Jika sudah, maka akan muncul ukuran original dan ukuran hasil compress gambar tadi, jika sudah kalian bisa klik OK
total size photo

Nah, sekarang ukuran asli dan juga ukuran yang sudah di compress maka akan berubah menjadi lebih kecil. Dengan mengompres foto kalian bisa upload ke situs dan tidak akan memakan banyak space atau ruang penyimpanan yang ada di situs kalian.

2. Fileminimizer Picture

Aplikasi mengecilkan ukuran file foto kedua adalah Fileminimizer Picture, Aplikasi ini fungsinya sama saja dengan aplikasi sebelumnya yaitu untuk mengecilkan ukuran gambar. Aplikasi ini dapat kita nikmati secara gratis dan juga mampu menjaga kualitas foto yang sudah di rubah ukurannya.

Tidak hanya itum aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Facebook, yang mana kita bisa mengupload gambar hasil compress langsung ke facebook kita. Dan cara menggunakannya pun sangat mudah.

  • Pertama, kalian bisa download terlebih dahulu aplikasi Fileminimzer Picture ini.
  • Jika sudah kalian bisa instal aplikasi ini dan buka aplikasi tersebut.
  • Untuk menambahkan gambar, kalian bisa klik File lalu kalian bisa klik Open Files
  • Jika sudah, kalian bisa pilih foto yang akan kalian rubah ukurannya.
  • Jika sudah, kalian bisa klik menu Optimize Files maka otomatis aplikasi akan merubah ukuran gambar yang sudah kalian pilih tadi.
fileminimizer picture

Nah, sekarag ukuran yang sudah di rubah adalah 0.13MB dari 6.85MB hanya dengan sekali klik saja.

3. PNGGauntlet

Aplikasi ketiga untuk meresize foto adalah PNGGauntlet. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya akan memberikan output gambar berupa PNG saja. Namun gambar yang bisa kita untuk tidak hanya PNG saja, melainkan JPG, JPEG, GIF, BMP, TIFF juga bisa kalian input. Hanya saja jika sudah di rubah ukurannya, output yang dihasilkan dari aplikasi PNGGauntlet ini adalah PNG.

Kerennya lagi, walau ukuran gambar yang berkurang tapi kualitas gambar yang di hasilkan tetap terjaga kualitasnya. Nah untuk menjalankan aplikasi ini, usahakan komputer yang kalian gunakan sudah menggunakan Microsoft Framework 4.0 . Aplikasi ini tidak hanya bisa di instal di windows saja, melainkan tersedia bagi kalian yang menggunakan OS Linux.

Untuk menggunakan aplikasi ini kalian bisa ikuti langkah langkah yang akan saya berikan kepada kalian.

  • Langkah pertama, kalian bisa download aplikasi PNGGauntlet di Google.
  • Jika sudah kalian bisa instal terlebih dahulu, dan jika sudah kalian bisa buka aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, kalian bisa pilih Add Images untuk menambahkan gambar yang akan kalian rubah ukurannya.
  • Jika gambar sudah kalian tambahkan, maka langkah selanjutnya kalian bisa tekan Optimize untuk merubah ukuran gambar tersebut.
Optimize

Jika sudah selesai, maka ukuran gambar akan berubah dan ekstensi akan berubah juga menjadi PNG yang siap di upload pada situs kalian.

Ternyata ada cara kebalikan dari ulasan ini, yaitu cara memperbesar ukuran foto jpg.

4. RIOT

Mungkin namanya sangat aneh di dengar, tapi kalian belum tau kan kepanjangan dari RIOT itu apa ? RIOT atau Radical Image Optimization Tool yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang sudah saya berikan ksebelumnya. Software ini memberikan manfaat untuk merubah ukuran gambar tanpa merubah kualitas dari gambar tersebut.

Tampilan aplikasi RIOT ini sangat sederhana yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Cara kompres foto pada Aplikasi RIOT ini juga bisa mengubah ukuran gambar secara otomatis dan juga manual.

Nah, di atas tadi sudah saya berikan cara mengecilkan ukuran gambar secara offline di PC, aplikasi yang di gunakan ini memiliki ukuran yang sangat kecil yang bisa kalian download tanpa harus menunggu lama. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut di bagikan secara gratis dan tidak menggunakan licensi atau crack”an, jadi saya merekomendasikan aplikasi tersebut kepada kalian semua pembaca setia mogloger.

Nah langkah sleanjutnya adalah mengcompress gambar secara online dengan mudah. bagaimana ya caranya ?

Mengecilkan Gambar Online

Untuk merubah ukuran gambar secara online ini saya merekomendasikan 1 situs yang bisa kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi resolusi dan kualitas gambar tersebut. Kira kira situs apa ya untuk merubah ukuran file foto.

TinyPNG

Yups, situs yang sangat ramai di kunjungi yang bisa digunakan untuk merubah ukuran gambar secara online. Situs TinyPNG ini biasa digunakan oleh para blogger untuk mengecilkan ukuran gambar dan di upload di situsnya.

Situs TinyPNG ini juga tidak mempunyai iklan jadi sangat mudah dan tidak ribet untuk merubah ukuran gambar menjadi kecil. Namun kekurangan dari situs ini adalah, hanya dapat mengupload gambar dengan ukuran maksimal 5MB saja.

Jadi, buat kalian yang mempunyai ukuran melebihi 5Mb tidak saya sarankan untuk menggunakan situs TinyPNG ini ya. Untuk cara penggunannya pun sangat mudah yaitu :

  • Pertama, kalian bisa kunjungi situs TinyPNG. Kalian bisa mencarinya di Google dan kalian klik situs TinyPNG tersebut.
  • Jika sudah, kalian bisa pilih foto atau gambar yang akan kalian rubah ukurannya.
  • Jika sudah kalian pilih, maka situs TinyPNG akan otomatis merubah gambar yang sudah kalian pilih.

Jika proses compress sudah berhasil, maka kalian bisa mendownload hasil compress gambar dari situs TinyPNG tersebut dan kalian bisa pakai di situs kalian agar tidak terlalu memakan banyak space penyimpanan situs kalian.

Nah, bagaimana sekarang sudah tau kan cara kompres foto dengan mudah, baik itu dengan online maupun offline. Semoga artikel cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk kita semua.