Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Install Node JS di Windows

cara install node js dan npm di windows

Nide js adalah sebuah alat untuk menjalankan suatu program dengan bahasa javascript sederhana. Anda bisa menjalankan aplikasi android di pc tanpa emulator, pengaturan hosting dan sebagainya. Cara install node js di windows sangat mudah. Dengan mengikuti metode sesuai dengan arahan saya maka anda akan mendapatkan tutorial memasang node js.

Saat anda ingin melakukan pemasangan node js, anda bisa mengikuti tutorial ini. Sebaliknya jika anda menginginkan cara install npm juga dapat mengikutinya. Terlebih lagi cara install npm saya ini akan memberikannya dalam bentuk gambar untuk pelengkap.

Node js sering dikaitkan dengan fitur Command Promt milik windows. Command promt windows digunakan untuk mengaktifkan fitur yang ada di windows tanpa menggunakan program apapun. Program tersebut biasanya sering dijumpai seperti mematikan komputer, merestart atau sleep layar saja.

Namun berbeda dengan cara install node js di windows harus menggunakan aplikasi tambahan node js besutan Node.js Foundation. Alih – alih ingin menyamakan fitur dan kegunaan, anda tidak bisa menyamakan begitu saja. Soalnya cara install npm dan node js ini berbeda dengan CMD milik windows.

Bila di CMD bisa mematikan dan sleep layar, di node js tidak bisa melakukan hal tersebut. Node js dan NPM ini ditujukan untuk memprogram suatu aplikasi atau layanan hosting. Digunakan untuk mengkonvert dari file .apk menjadi folder.

Hampir sama fungsinya dengan ekstrak namun ini lebih membeda isi aplikasi dengan di kemas dalam sebuah folder tertentu sesuai dengan vendor aplikasi.

NPM adalah sebuah manager paket yang digunakan dalam bahasa pemrograman js (Javascript) misalnya. Penggunaan manager ini default untuk lingkungan runtime. Untuk lebih jelaskan dalam melakukan cara install npm node js di laptop dan komputer bisa menggunakan trik dibawah ini.

Cara Memasang Node Js di Windows 10, 8 dan 7

Kenapa saya sebutkan windows 10, 8 dan 7?. Karena operasi sistem di laptop maupun komputer terdiri dari versi – versi windows tersebut. Paling sering digunakan adalah windows 10, kemudian windows 8 lalu windows 7. Adapula windows yang jarang digunakan seperti windows XP dan windows vista yang bisa digunakan untuk cara install npm.

Saya menyarankan dalam menjalankan node js ini anda menggunakan operasi sistem windows 10. Soalnya saya juga mengiperasikan node js dengan mengaplikasikannya pada OS windows 10. Berikut pemaparan mengenai cara instalasi NPM Node JS nya.

Cara Install Node Js di Windows PC

Akan saya paparkan mengenai cara pemasangannya melalui ulasan dibawah ini. Agar lebih jelas dan langsung kena tujuannya silakan lihat gambarnya juga.

  • Pertama, silakan undul node js di website resminya node.js. Program ini hanya terinstal pada operating system windows (x64) alias windows 32 Bit.
  • Apabila tampilan yang anda buka sudah seperti gamabr dibawah ini. Silakan klik versi mana saja sesuai selera. Unduh program tersebut dan masukan ke folder yang kalian inginkan.
website resmi node js
  • Silakan cari file dimana anda meletakannya tadi. Setelah itu double klik saja file node js tersebut untuk menginstal nya. File node js tersebut akan berupa nama rumit seperti contohnya “node-v10.16.0-x64”.
cara instalasi node js dan npm
  • Muncul setup wizard seperti gambar berikut, silakan klik Next.
setup wizard node js
  • Akan muncul seperti gambar dibawah ini, silakan centang pada bagian yang ditandai nomor 1 kemudian ikuti langkah selanjutnya soal cara instal npm dengan klik Next.
cara instal npm windows
  • Cara install npm selanjutnya adalah anda bisa memilih lokasi file yang akan anda simpan node jsnya. Biasanya akan saya biarkan default ke program files -> nodejs. Habis itu tinggal klik next pada tanda kotak merah dibawah ini.
file destination folder
  • Selanjutnya anda masuk ke Custom Setup dimana anda tidak harus mengkustomisasi pada bagian ini. Sebaiknya langsung arahkan kursor menuju tombol Next seperti gambar dibawah.
cara install nodejs di windows
  • Cara install node js di windows selanjutnya adalah dengan menekan tombol install maka akan masuk ke perizinan admin lalu tekan Yes. Setelah kelar silakan tunggu proses instalasi kurang lebih 3 menit tergantung spek pc yang anda gunakan.
instal node js dan npm
  • Sesudah pemasangan paket selesai, nanti akan muncul tulisan pada setup wizarnya seperti “Completed the Node.js Setup Wizar” langkah berikutnya adalah klik tombol Finish.
cara install npm

Setelah menekan tombol finish seperti gambar diatas maka langkah pemasangan paket node js sudah selesai. Anda bisa melihat tampilan node js seperti gambar dibawah ini dengan membuka program nodejs nya.

node js

Anda bisa menekan tombol Ikon Windows di taskbar pojok kiri bawah atau menekan ikon windows di keyboard. Kemudian ketikan node lalu akan muncul program node.js di paling atas lalu enter untuk membuka atau cara lainnya klik program yang paling atas itu.

membuka node js

Agar lebih memudahkan anda silakan lihat pada gambar diatas. Ikuti tutorial untuk membuat node js nya melalui urutan sesuai nomor yang tertera. Setelah itu anda bisa menekan tombol enter untuk membuka node js tersebut.

Agar anda mengetahui versi node js nya, anda bisa menggunakan langkah – langkah berikut ini.

Cara Melihat Versi Node Js

Setiap aplikasi pasti memiliki versi dari pengembangnya. Entah itu versi beta, versi dengan angka dan sebagainya. Anda bisa mengetahui versi node js yang terpasang pada komputer atau laptop anda. Dengan menggunakan cara dibawah ini anda bisa melihat versi berapa node js yang terpasang.

  • Masuk ke CMD (Command Promt) dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard seperti CTRL + R lalu ketik CMD kemudian enter.
  • Kemudian masukan kode ini “node -v” tanpa tanda petik.
  • Lalu enter.
  • Maka akan muncul angka dibawah kode tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa angka itu merupakan versi node js anda.
  • Setelah selesai jangan ditutup dulu karena masih ada cara install npm dengan melihat versi npmnya.

Cara Melihat Versi NPM Setelah Install NPM

Cara install node js di windows sudah saya paparkan diatas. Kemudian anda bisa mengetahui isi dari versi npm terinstal. Anda bisa menggunakan sebuah perintah di command promt atau CMD bawaan windows. Mengenai caranya anda bisa melihat tutorial dibawah untuk melihat versi npm.

  • Buka CMD atau Commnad Promt bawaan windows dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard seperti CTRL + R lalu ketik CMD kemudian Enter.
  • Setelah terbuka CMD di PC anda, silakan masukan perintah seperti ini “npm -v” tanpa tanpa petik.
  • Habis itu anda bisa langsung menekan tombol Enter untuk memulai perintah dasar di CMD.
  • Setelah itu anda akan meihat sebuah angka di bawah perintah tersebut yang menandakan bahwa angka – angka itu merupakan versi NPM yang terinstal.

Apakah cara install node js di windows pada ulasan ini dapat mengatasi masalah anda?. Dengan memberikan artikel ini maka problem anda dalam melakukan pemasangan paket program nodejs sudah teratasi.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara install NPM dan nodejs sekaligus di semua windows. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda dalam membaca ulasan ini, beri saya tanggapan melalui kolom komentar.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Alamat Server VPN

Anggading
3 min read

Download Manager Selain IDM

Raka
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *