Cara Cek Kuota Telkomsel

Setiap pengguna provider akan memiliki berbagai cara untuk cek kuota telkomsel. Mungkin sehari sekali atau bahkan bisa seminggu sekali mengeceknya untuk melihat sisa paket data internet.

Jika anda tidak melihat sisanya, maka anda akan tidak terkontrol dengan paketan yang anda gunakan sekarang. Sampai – sampai malah kuota data nya kesedot habis terbuang sia – sia.

Sudah terlanjur begitu, apa boleh buat. Anda harus cek kuota secara berkala karena untuk menghindari dari kehabisan paket internet telkomsel.

Kartu SIM telkomsel memiliki beberapa layanan. Layanan tersebut teridir dari kartu simpati, kartu AS dan kartu Loop. Ketiga kartu tersebut ketika ingin mengecek kuota telkomsel sejatinya sama saja.

Penasaran ingin melihat mengecek kuota telkomsel? Berikut ulasan lengkapnya untuk pengguna semua kartu telkomsel (simpati, loop dan kartu AS).

1. Cek Kuota Data Telkomsel Simpati Via Dial Phone

Menggunakan menu dial phone ini dapat melihat berbagai informasi dari layanan telkomsel simpat itu sendiri. Anda bisa melihat promo kuota, sisa pulsa, masa tenggang dan isi ulang paket internet anda. Berikut cara melihat kuota nya.

cek paket data telkomsel
  • Pertama silakan masuk ke menu panggilan, umumnya bergambar telepon.
  • Masukkan dial *888# jika sudah langsung tekan Call/ tombol panggilan.
  • Pilih nomor 4 (Cek pulsa & Data) pada dialogue box.
  • Pilih nomor 3 (Cek kuota) di dialogue box.
cek paketan telkomsel
  • Pilih nomor 2 (Cek kuota internet) pada dialogue box.

Selanjutnya adalah anda tinggal menunggu saja ada pesan baru masuk ke smarphone anda. Isi pesan tersebut adalah daftar sisa kuota yang anda gunakan saat ini.

SMS akan dikirim oleh operator telkomsel bernomor 3636. Pada langkah cek sisa kuota simpati diatas tidak dikenakan biaya admin atau biaya lainnya.

Baca Juga : Cara Cek Kuota Smartfren

2. Cara Cek Paketan Telkomsel Via Aplikasi

Layanan dari operator telkomsel kini bisa diakses pada aplikasi android maupun IOS. Dengan begitu, pengguna layanan telkomsel simpati dapat merasakan kenyamanannya.

Kenyamanan ini diberikan kepada penggunanya agar dapat memonitortng sisa kuota, sisa pulsa, masa aktif dan promo yang terdapat pada aplikasi. Berikut tutorial cara cek kuota simpati menggunakan aplikasi mytelkomsel.

cara ngecek paketan telkomsel
  • Langkah pertama untuk cara cek kuota telkomsel adalah silakan donwload dahulu aplikasi bernama Mytelkomsel yang bisa di dapatkan pada appstore dan google playstore.
  • Kedua, jalankan aplikasi dan buka.
  • Ketiga, login menggunakan nomor ponsel telkomsel anda.
  • Pilih menu rincian maka akan ditampilkan sisa kuota data internet telkomsel.
Baca Juga : Cara Cek Kuota Axis

3. Cek Kuota Telkomsel Online

Selain menggunakan cara cek sisa kuota telkomsel lewat dial dan aplikasi. Ternyata kini sudah bisa melakukan pengecekan sisa kuota lewat online yaitu website my telkomsel.

Baca Juga : Cara Cek Kuota 3 (TRI)

Anda bisa mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini supaya kuota anda tidak habis begitu saja.

  • Pertama, anda harus masuk ke website resmi my telkomsel di sini : https://my.telkomsel.com/
  • Selanjutnya, anda bisa login menggunakan nomor telkomsel.
  • Nanti akan masuk SMS berupa verifikasi menggunakan kode OTP.
  • Silakan masukkan kode OTP pada website my telkomsel.

Saat ini anda sudah dapat melihat rincian kuota internet telkomsel simpati anda. Untuk memantau apakah data internet anda berkurang tidak wajar atau masih batas wajar.

Baca Juga : Cara Cek Kuota IM3 Ooredoo

3. Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS

Cek internet telkomsel berikutnya lewat menu perpesanan. Dengan cek lewat sms ini anda malah merasa diuntungkan. Mengapa? Soalnya anda tak perlu mengunduh aplikasi atau mengunjungi web resminya.

Tanpa kuota pun anda masih bisa mengakses layanan untuk melihat sisa kuota internet telkomsel anda. Berikut tata cara mengecek kuota data.

  • Masuk ke aplikasi perpesanan milik hp anda.
  • Kemudian masukkan nomor provider yaitu 3636.

Anda dapat memasukkan pesan berikut ini :

UL(spasi)INFO lalu kirim ke 3636.

Baca Juga : Cara Cek Kuota XL Axiata

Jika pada format pesan diatas tidak berhasil atau tidak ada tanggapan dari provider telkomsel, silakan masukkan format baru pada berikut ini.

Flash(spasi) INFO V2 kirim ke 3636.

Tips Hemat Paket Internet Telkomsel

Provider telkomsel ini memang menjadi momok terbesar bagi para pengguna smartphone yang tidak ingin harga internetnya mahal. Oleh karena itu, telkomsel malah mematok harga tinggi namun kuotanya cepat boros.

Tetapi sebanding dengan kecepatan internet nya yang ditawarkan. Nah untuk itu anda dapat melihat tips supaya kuota telkomsel anda hemat dan tahan lama.

Baca Juga : Cara Hemat Kuota Internet

#1. Pilihlah Paket Data Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan disini bukan kebutuhan dari segi bermain smartphonenya, namun dari segi penggunaan anda itu buat apa kuotanya. Jangan sampai anda memilih kuota besar dengan harga mahal.

#2. Matikan Fitur Sinkron Otomatis

Fitur sync ini memang menjadi momok terbesar dalam pengurasan kuota internet. Tak hanya telkomsel, pengguna lain juga mengeluhkan hal yang sama karena adanya fitur auto sync dari google.

#3. Cari Tahu Aplikasi yang Menguras Data

Terkadang sering membuka aplikasi dapat memberikan dampak negatif bagi kuota anda. Malah bisa jadi kuota anda akan tersedot habis karena lupa menonaktifkan proses latarbelakang aplikasi yang dapat menguras paket internet.

#4. Aktifkan Pemberitahuan Batasan Kuota Harian

Di ponsel jaman sekarang sudah terdapat fitur notifikasi pembatasan kuota harian. Jadi, anda dapat mengaktifkan fitur tersebut untuk memberikan peringatan saat kuota anda terlampaui sesuai pengaturan.

#5. Manfaatkan WiFi

Wifi merupakan salah satu penyedia layanan internet paling sering dicari oleh para pereceh kuota. Anda bisa memanfaatkan layanan publik ini dimanapun anda berada, pastikan terdapat wifi.

Demikian ulasan mengenai cara mengecek kuota simpati telkomsel, loop dan kartu as lewat sms, dial, aplikasi dan secara online. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar