Cara Cek Kecepatan Internet Secara Akurat

Cara mengecek kecepatan internet sangatlah mudah. Internet merupakan kebutuhan pokok dari kita. Bahkan kalau tidak ada internet, anda akan merasakan kegaluan, tidak seru dan merasa sendiri.

Internet bisa anda gunakan untuk mendownload sebuah file berupa dokumen, video, musik dan sebagainya. Masih banyak lagi hal yang dapat anda gunakan.

Sebagian orang ingin melihat kecepatan internet nya sendiri. Baik itu di perangkat hp, laptop dan komputer. Mungkin pengguna merasa bahwa tes speed internet itu buat mengetahui seberapa cepat sih sinyal yang dipakai.

Karena dari setiap penyedia layanan internet memiliki kecepatan yang berbeda – beda. Misal si A memiliki kecepatan diatas 2 MBps sedangkan penyedia B hanya 800KBps.

Tak hanya dari penyedia nya saja, melainkan masih banyak faktor lain yang mengakitbatkan sinyal internet meningkat. Nah apa saja sih cara mengetahui kecepatan internet?.

Cara Tes Kecepatan Internet

Pengguna indihome bisa menikmati layanan seperti speedy instan yang memiliki akses FUP. Akses ini bisa dikatakan sebagai batas maksimal penggunaan data internet dari tiap bulannya.

FUP akan diperbarui secara otomatis pada tiap bulan. Tak hanya indihome saja, provider seperti smartfren pun mempunyai batas maksimal penggunaan internet harian.

Oleh karena itu, anda mungkin membutuhkan mengecek kecepatan internet, penjelasan tersebut akan mogloger ulasan sebagai berikut.

Cara Cek Speed di HP dengan Speedtest.co.id

Untuk melihat kecepatan internet di hp, anda harus memasang aplikasi speedtest by ookla. Tetapi, saya ini akan memberikan alternatif lain supaya tidak memboroskan ruang penyimpanan telepon.

  • Buka terlebih dulu website ini : SpeedTest.co,id
  • Kemudian bagi anda ingin mengetes kecepatan internet, bisa tekan opsi Start Test.
speedtest internet
  • Tunggu hingga proses pemindaian kecepatan selesai. Nanti halaman tersebut akan menampilkan informasi berupa kecepatan Download, Uploud, Ping dan Jitter.
cara mengetahui kecepatan internet
Bagaimana cara meningkatkat kecepatan indihome? Anda perlu cara mempercepat koneksi internet wifi indihome

Cara Cek Speed di HP dengan Fast.com

  • Cara pertama anda harus mengunjungi situs berikut ini : Fast.com lewat browser anda, baik chrome, firefox, puffin, opera dan lain – lain.
  • Selanjutnya akan memulai otomatis dalam mengetes speed jaringan.
buka fast.com
  • Tunggu hingga proses pengecekan speed internet selesai.
proses fast.com
  • Setelah proses pengecekan selesai, nantinya akan muncul informasi berupa Kecepatan internetmu, Latensi, dan Uploud. Bisa anda lihat pada menu Tampilkan Info Selengkapnya.
hasil cek speed internet

Tes Kecepatan Internet Melalui PC atau Laptop dengan SpeedCheck

Apabila anda memerlukan cara melihat kecepatan internet di laptop, anda bisa menggunakan panduan sebagai berikut.

  • Pertama, kunjungi dulu situs SpeedCheck.org setelah muncul langsung tekan opsi Start Test.
speedcheck untuk cek kecepatan internet
  • Tunggu permintaan anda sedang di proses oleh server speedcheck.
proses pengecekan kecepatan internet
  • Cara mengetahui kecepatan internet berikutnya adalah pada halam tersebut akan menampilkan informasi berupa tolak ukur speed internet seperti Latency, Download, Uploud, Ip Address bahkan provider yang anda gunakan.
cara cek kecepatan internet

Cara Test Speed Internet PC / Laptop dengan SpeedTest.net

Speedtest by ookla kalau di perangkat smartphone android tidak mendukung versi website. ANda disuruh download aplikasi speedtest yang ada di playstore.

Namun ketika anda memakai device pc laptop, dan pc komputer. Tidak akan terkena hal tersebut. Malahan lebih hemat dan praktis, berikut panduan cara cek kecepatan internet di pc.

  • Sebelumnya, anda harus kunjungi situs SpeedTest Oleh Ookla.
  • Kemudian masuk pada halaman utama situs tersebut, pilih opsi Mulai.
speedtest.net
  • Selanjutnya anda akan menunggu proses mengetahui kecepatan internet di pc laptop.
proses dimulai
  • Anda akan menerima informasi berupa Ping (ms), Unduh (Mbps), Unggah (Mbps), Ip Address dan provider yang sedang anda pakai.
cara melihat kecepatan internet di laptop

Anda bisa kok memakai cara melihat kecepatan internet di laptop tersebut untuk cek jaringan wifi indihome atau paket wifi rumahan lainnya. Selain itu anda sudah tahu belum kecepatan sesungguhnya?.

Soalnya pada saat mengecek jaringan diatas itu belum menunjukkan hasil kecepatan yang sesungguhnya. Masih dalam tahap perhitungan yang sedikit rumit.

Mungkin anda perlu menampilkan kecepatan internet di taskbar windows

Apakah Data Diatas Merupakan Informasi Sesungguhnya?

Jawabannya tidak, soalnya dalam segi kecepatan internet diatas hanya menampilkan kecepatan Mbps bukan MBps yang artinya MegaByte per detik dan Megabite per detik.

Byte dengan Bit itu jelas artinya berbeda, lebih besar Bitketimbang Byte. Jadi, ketika anda melakukan pengecekan memakai cara diatas tadi, sebenarnya rumus perhitungannya cukup mudah.

Hanya dibagi dengan angka 8 saja maka perhitungan kecepatan internet wifi anda sudah terlihat. Misal anda mempunyai kecepatan internet 10Mbps, maka rumusnya :

10Mbps = 10000 Kbps, maka 10000Kbps / 8 = 1250 KB/Sec

Jadi, apabila anda menggunakan indihome dengan apket internet 10Mbps itu menghasilkan kecepatan internet tak kurang dari 1250 KBps. Kecepatan itu setara dengan 1 MBps kecepatan download.

Apabila anda ingin download suatu file di internet, maka speed internet 1250 KBps lah yang akan memunculkan kecepatan sesungguhnya.

Maka, ketika paket anda mengalami FUP atau pembatasan kuota maksimal maka speed jaringan akan menurun kurang dari 1250 KBps.

Meskipun lambat anda masih bisa menggunakan internet untuk berselancar di dunia maya. Alhasil tutorial diatas sudah memberikan pemaparan yang akurat bukan?. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.