3 Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Secara Permanen [Offline]

Cara Aktivasi Windows 10 – Siapa di antara kalian yang saat ini menggunakan Windows 10 ? Pasti sudah sangat banyak yang memakai Windows 10 sebagai sistem operasi di komputer atau laptop yang kamu pakai.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft dengan di perkenalkan pada tahun 2014 dan di rilis secara resmi pada tahun 2015. Dan pada sampai saat ini Windows 10 semakin banyak di minati oleh pengguna PC.

Jumlah pengguna dan juga mangsa pasar Windows 10 juga semakin besar. Jadi tidak heran lagi jika sekarang sudah banyak promo yang menjual lisensi windows 10 baik di Toko Ritel atau Toko Online. Jadi, beruntung buat kamu yang membeli laptop baru dan sudah mengaktifkan Windows 10.

Jika membeli laptop atau pc yang sudah terinstal Windows 10, kamu sudah tidak perlu lagi untuk aktivasi windows yang di pakai. Namun, banyak di antara kita yang ingin menggunakan Windows 10 tapi masih bingung cara aktivasi-nya.

Bagi kamu yang ingin membeli lisensi Windows 10 di Toko Ritel ataupun membeli secara Online, kamu tidak perlu bingung lagi cara menggunakan lisensi. Karena cara mengaktifkan windows 10 ini sangatlah mudah untuk dilakukan.

Sebelum kamu mengaktivasi, hal pertama yang harus di lakukan adalah membeli Windows 10 dan instal windows terlebih dahulu. Windows 10 ini bisa kamu beli dari situs Microsoft Store atau Toko Ritel fisik yang ada di seluruh Indonesia.

Jika kamu membeli laptop atau komputer sistem operasi Windows 10, maka yang di dapatkan hanyalah lisensi atau activator key Windows 10 nya saja.

Namun, untuk sistem operasinya bisa download dari situs Microsoft nya langsung. Untuk mendownload File Windows 10 ini, kamu memerlukan koneksi yang sangat cepat.

Karena, file windows yang di download ukurannya sangatlah besar. Mulai dari 2 GB sampai 4 GB, jika menggunakan paket data untuk mendownloadnya maka paket data yang kamu gunakan akan cepat habis.

Jika file Windows 10 sudah di download, maka kamu bisa memasang nya terlebih dahulu di Laptop atau di PC. Jika tidak bisa melakukan install windows, maka kamu bisa bawa laptop tersebut ke Toko Komputer untuk di pasangkan. Jika sudah, baru kamu bisa memasukan lisensi activator Windows 10 tersebut.

Mengenal win 10, pasti ada beberapa versi, diantaranya, Home, Pro dan Enterprise, serta win 10 mobile, mobile enterprise dan windows 10 education. Menurut kamu, manakah yang sering digunakan?.

Menurut saya menunjukan angka paling sering digunakan ialah win pro, home sama enterprise. Soalnya kode active windowsnya mudah didapatkan dan sangat gampang ketika ingin aktivasi windows 10 tanpa product key offline.

Lalu bagaimana cara nya?

Buat kamu, yang masih bingung dengan cara aktivasi Windows 10, kamu bisa ikuti langkah langkah di bawah ini :

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Offline

Karena product key ini permanen, kamu sudah tidak lagi melakukan pengaktifan windows kamu selama beberapa tahun kedepan.

Jika kamu instal ulang atau reset mungkin kamu memerlukan product key lagi supaya bisa mengaktifkan. Berikut ini adalah tata cara mengaktifkan windows secara offline:

  1. Langkah pertama, kamu bisa masuk ke menu Settings lalu Update & Security lalu pilih Activation. Disana akan terlihat status Windows 10 yang belum di aktivasi.
  2. Untuk mengaktivasi, kamu bisa klik Change Product Key maka akan muncul jendela lain untuk memasukan Licensi Key Windows 10 yang baru kamu beli.
  3. Setelah memasukan licensi dengan benar, maka akan otomatis ke halaman aktivasi Windows 10, kamu bisa klik Next untuk melanjutkan.
  4. Jika sudah, kamu bisa tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi Windows 10 ini selesai. Usahakan laptop atau PC yang di gunakan sudah terhubung ke Internet. Karena proses aktivasi ini menggunakan akses internet.
  5. Jika berhasil di aktivasi, kamu bisa klik Close

Maka sekarang kamu sudah bisa menggunakan Windows 10 ini secara full. Dan kamu tidak perlu khawatir jika nantinya terjadi error pada Windows dan kamu harus instal ulang maka kamu bisa menggunakan lisensi yang sudah kamu beli tadi untuk aktivasi permanen di pc dan laptop lagi.

Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMSPico

Aplikasi kmspico adalah sebuah program windows activator permanent yang sangat direkomendasikan.

Activator ini sudah terbukti sangat ampuh kalau kamu pakai untuk mengaktifkan berbagai jenis windows ten.

Namun sayangnya, ada jangka waktu aktivasi ketika menggunakan kmspico yaitu 180 hari, setelahnya kamu harus melakukan update lagi dengan menggunakan cara berikut.

Install KMSpico

memasang kmspico
  • Langkah 1 : Matikan semua antivirus yang terpasang pada perangkat kamu.
  • Langkah 2 : Kamu perlu download software / aplikasi KMSpico.
  • Langkah 3 : Setelah unduhan kamu selesai, buka file di dalam folder hasil download tadi, kalau file nya berbentuk RAR kamu perlu mengestraksi nya dahulu.
  • Langkah 4 : Berikutnya kamu cari sebuah file bernama KMSpico_Setup di dalam folder tadi kemudian jalankan sebagai Administrator, dengan cara klik kanan lalu cari menu Run as Administrator.
  • Langkah 5 : Akan muncul dialogbox, tekan Yes untuk melanjutkan proses.
  • Langkah 6 : Kemudian akan ditampilkan jendela instalasi, klik Next lalu beri tanda pada opsi i accepnt the agreement.
  • Langkah 7 : Disini kamu hanya perlu menekan tombol Next terus sampai ada opsi Finish.

Setelah aplikasinya sudah kamu pasang, sekarang saatnya kamu memulai proses aktivasi windows 10, berikut caranya :

  • Buka aplikasi KMSpico yang sudah kamu install.
  • Habis itu kan muncul beberapa opsi terkait dengan software KMSpico, kemudian tinggal pilih lalu klik opsi Autopico.
  • Berikutnya akan muncul tampilan utama dari aplikasinya, pilih menu Main.
tekan tombol warna merah untuk aktivasi
  • Akan muncul tombol warna merah, kemudian kamu klik activate di tombol tersebut maka otomatis aplikasinya akan memulai pemindaian dan mengaktifkan windows 10 dan microsoft office.
  • Tinggal menunggu beberapa saat, maka windows is activated artinya siap digunakan. Biar bisa memastikan status aktivasi sukses atau tidak, kamu dapat melihatnya pada menu Aktivasi di perangkat kamu.

Via KMS Auto Lite Tanpa Product Key

Serial product key windows itu semacam kode aktivasi dengan deretan huruf acak. Nah, kamu tak perlu lagi memakai product key windows dari internet karena sudah ada aplikasi KMS Auto Lite yang bisa membantu kamu dalam mengaktifkan windows dan office.

Bagi yang belum mempunyai softwarenya, kamu dapat mendownloadnya disini : Download KMS Auto Lite.

Kalau sudah terunduh, maka file nya akan berbentu RAR, nah kamu harus mengekstraknya dulu. Kalau sudah diekstrak, maka ada 2 file berbeda, KMSAuto x64 dan KMSAuto.

Kamu tak perlu bingung pilih yang mana, kamu sesuaikan saja sama kernel arsitektur windows yang kamu gunakan. Saya bedakan seperti ini, jika kamu memakai windows 64 Bit, jalankan aplikasi KMSAuto x64 sedangkan untuk 32 Bit jalankan aplikasi KMSAuto.

Kalau sudah dipilih, sekarang kamu tinggal jalankan saja dan jangan lupa untuk memasang aplikasinya dengan izin administrator, caranya klik kanan lalu pilih opsi Run As Administrator.

jalankan aplikasinya

Akan muncul tampilan seperti dialogbox User Account Control, pilih Yes. Lalu otomatis aplikasinya akan terbuka. Pada tampilan saat ini, silakan pilih opsi Install GVLK -> centang bagian Forcibly -> kemudian pilih opsi Windows Key.

installing keys untuk aktiviasi windows 10

Jika kamu berhasil melewati langkah ini maka akan muncul tulisan KEY INSTALLED SUCCESSFUL. Kemudian kamu klik opsi Activate Windows, tunggu prosesnya selesai.

Sampai disini akan muncul tulisan ACTIVATION SUCCESSFUL yang menandakan bahwa windows kamu siap digunakan, jadi kamu sudah berhasil mengaktivasi windows 10 dengan KMS Auto lite.

activate win 10 offline

Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan Product Key

Banyak tersebar di internet mengenai lisensi product key untuk windows. Selama ini, mungkin kamu mengira aktivasi windows hanya dapat dilakukan dengan cara memakai aplikasi.

Sedangkan ada juga kok yang secara offline bisa melakukannya melalui serial product key. Berikut ini daftar product key yang bisa kamu gunakan :

Windows 10 HomeTX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
Windows 10 ProW269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
Windows 10 Education NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
WIndows 10 EnterpriseNPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43

Kalau menurut kamu lisensi product key diatas tidak bekerja, mungkin kamu membutuhkan versi lainnya, berikut daftar lengkap nya :

Windows 10 Enterprise N4CPRK-NM3K3-X6XXQ-RXX86-WXCHW
Windows 10 Professional NVK7JG-NPHTM-C97JM-9MPGT-3V66T
Windows 10 Enterprise 2018 LTSBYTMG3-N6DKC-DKB77-7M9GH-8HVX7
Windows 10 Enterprise GDPH2V-TTNVB-4X9Q3-TJR4H-KHJW4
Windows 10 SGJTYN-HDMQY-FRR76-HVGC7-QPF8P
Windows 10 Pro N2F77B-TNFGY-69QQF-B8YKP-D69TJ
Windows 10 Pro for WorkstationsAKSIU-WY2CT-JWBJ2-T68TQ-YBH2V
Windows 10 Pro Education NALSOI-4C88C-JK8YV-HQ7T2-76DF9
Windows 10 Enterprise Key84NGF-MHBT6-FXBX8-QWJK7-DRR8H
Windows 10 Home Single Language8PTT6-RNW4C-6V7J2-C2D3X-MHBPB

Update Product Key 2019

Windows 10 Education N
2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ

Windows 10 Enterprise 2015 LTSB
WNMTR-4C88C-JK8YV-HQ7T2-76DF9

Windows 10 Enterprise 2015 LTSB N
2F77B-TNFGY-69QQF-B8YKP-D69TJ

Windows 10 Enterprise 2016 LTSB
DCPHK-NFMTC-H88MJ-PFHPY-QJ4BJ

Windows 10 Enterprise 2016 LTSB N
QFFDN-GRT3P-VKWWX-X7T3R-8B639

Cara Menggunakan Product Key

Kalau sudah mengantongi product key, langkah berikutnya adalah memakainya di windows, caranya seperti berikut :

windows settings
  1. Buka Windows Setting.
  2. Sebelumnya, matikan terlebih dahulu internet kamu.
  3. Tekan tombol opsi Update & Security di pengaturan perangkat komputer
  4. Kemudian pilih menu Activation.
  5. Kalau sudah, pilih opsi Change Product Key.
  6. Tinggal masukkan produk key diatas deh, tunggu beberapa saat nanti akan bekerja dan berhasil.

Lalu bagaimana jika Windows yang digunakan tidak di aktivasi ?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul jika windows 10 yang kita instal tidak di aktivasi. Kira kira apa kekurangannya ya ? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca ulasan di bawah ini :

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Windows Defender 

Kekurangan Jika Windows Tidak Di Aktivasi

Jika kamu menggunakan Windows 10, maka kamu wajib untuk mengaktivasinya agar menjadi full version. Karena jika tidak di aktifkan kamu akan mendapatkan beberapa kekurangan yang akan kamu rasakan, di antaranya adalah ;

  • Munculnya WM (Watermark) Activate Windows pada sisi kanan bawah. Watermark ini akan muncul di desktop dan juga jendela aplikasi yang kalian buka. Watermark ini tidak akan bisa hilang jika kamu belum mengaktifkannya.
  • Tidak dapat mengubah personalize di Settings Windows 10. Jika kamu ingin merubah tema, walpaper, mengubah lock screen atau pengatura tampilan lainnya jika menggunakan Windows 10, maka hal ini tidak dapat kamu lakukan. Kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu jika ingin merubah tampilan di windows 10.

Nah, apakah kamu masih tidak mau mengaktivasi pc atau laptop mu? Karena jika kamu belum mengaktivasi nya, maka kamu tidak bisa melakukan ubah tampilan di Windows 10 dan juga akan risih jika ada Watermark karena kamu belum mengaktivasi nya.

Windows 10 ini juga selain banyak yang menggunakannya karena performa nya yang bagus juga mempunyai kekurangan. Di antara kekurangan Windows 10 yang saya tau adalah :

  • Terlalu sering update. Windows 10 ini berbeda dengan versi sebelumnya yang di update beberapa tahun sekali. Namun tidak jika kamu menggunakan Windows 10, karena windows 10 akan mengupdate setiap kali ada fitur terbaru yang menurut Microsoft itu sendiri perlu untuk di update. Tidak hanya itu, Update windows 10 juga tidak terjadwal, kapanpun Microsoft ingin mengupdate, maka akan di rilis update terbarunya.
  • Boros Kuota Internet, kok bisa ? Yups, karena windows 10 akan memaksa penggunanya untuk terus mengupdate rilis terbaru dari Microsoft. Karena windows 10 ini beda dengan windows sebelumnya, yang mana jika sekali mengupdate versi terbarunya akan menghabiskan kuota 2.5 sampai 4GB. Bayangkan saja jika ini sering terjadi, dan kamu menggunakan paket data.
  • Jika kamu menggunakan cara tersebut maka risiko menggunakan windows bajakan akan sangat tinggi, jadi harus berhati – hati.

Menurut saya pribadi sih hanya itu saja kekurangan yang ada pada windows 10. Untuk lainnya saya lebih suka menggunakan windows 10, karena tampilannya yang keren, loading bootingnya pun cepat dan performa nya pun bagus. Windows 10 ini sangat cocok untuk kalian seorang Gammers.

Jadi itulah sedikit tutorial yang bisa saya berikan tentang cara aktivasi permanen laptop Windows 10 secara offline tanpa produk key. Jadi buat pengguna Windows wajib untuk install dan aktivasi lisensi product key agar menjadi Full Version. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar