Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 – Siapa di antara kalian yang saat ini menggunakan Windows 10 ? Pasti sudah sangat banyak yang memakai Windows 10 sebagai sistem operasi di komputer atau laptop yang anda pakai.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft yang di perkenalkan pada tahun 2014 dan di rilis secara resmi pada tahun 2015. Dan pada sampai saat ini Windows 10 semakin banyak di minati oleh pengguna PC.

Jumlah pengguna dan juga mangsa pasar Windows 10 juga semakin besar. Jadi tidak heran lagi jika sekarang sudah banyak promo yang menjual windows 10 baik di Toko Ritel atau Toko Online. Jadi, beruntung buat anda yang membeli laptop baru yang sudah menggunakan Windows 10.

Jika membeli laptop atau pc yang sudah terinstal Windows 10, anda sudah tidak perlu lagi untuk mengaktivasi windows yang di pakai. Namun, banyak di antara kita yang ingin menggunakan Windows 10 tapi masih bingung cara aktivasinya.

Bagi kalian yang ingin membeli Windows 10 di Toko Ritel ataupun membeli secara Online, kamu tidak perlu bingung lagi cara aktivasinya. Karena cara mengaktifkan windows 10 ini sangatlah mudah untuk dilakukan.

Sebelum anda mengaktifkan windows, hal pertama yang harus di lakukan adalah membeli OS Windows 10 terlebih dahulu. Windows 10 ini bisa anda beli dari situs Microsoft Store atau Toko Ritel fisik yang ada di seluruh Indonesia.

Jika anda membeli Windows 10, maka yang di dapatkan hanyalah licensi atau activator Windows 10nya saja. Namun, untuk sistem operasinya bisa download dari situs Microsoft nya langsung. Untuk mendownload File Windows 10 ini, anda memerlukan koneksi yang sangat cepat.

Karena, file windows yang di download ukurannya sangatlah besar. Mulai dari 2 GB sampai 4 GB, jika menggunakan paket data untuk mendownloadnya maka paket data yang anda gunakan akan cepat habis.

Jika file Windows 10 sudah di download, maka anda bisa menginstal terlebih dahulu di Laptop atau di PC. Jika tidak bisa menginstall, maka kamu bisa bawa laptop tersebut ke Toko Komputer untuk di installkan. Jika sudah, baru anda bisa memasukan activator Windows 10 tersebut.

Mengenal win 10, apsti ada beberapa varian diantaranya Pro, Home, Enterprise, win 10 mobile, mobile enterprise dan windows 10 education. Menurut anda, manakah yang sering digunakan?.

Opini saya yang paling sering digunakan ialah win pro, home sama enterprise. Soalnya aktivatorya mudah untuk didapatkan dan sangat gampang ketika ingin aktivasi windows 10 tanpa product key offline.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan windows 10?

Buat anda, yang masih bingung dengan cara aktivasi Windows 10, anda bisa ikuti langkah langkah di bawah ini :

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen

Karena product key ini permanen, anda sudah tidak lagi mengaktifkan windows anda selama beberapa tahun kedepan. Jika anda instal ulang atau reset mungkin anda memerlukan product key lagi untuk mengaktivasi windows. Berikut ini adalah tata cara mengaktifkan windows pro, windows home dan windows enterprise.

  • Langkah pertama, anda bisa masuk ke menu Settings lalu Update & Security lalu pilih Activation. Disana akan terlihat status Windows 10 yang belum di aktivasi.
  • Untuk mengaktivasi, anda bisa klik Change Product Key maka akan muncul jendela lain untuk memasukan Licensi Key Windows 10 yang baru anda beli.
  • Setelah memasukan licensi dengan benar, maka akan otomatis ke halaman aktivasi Windows 10, anda bisa klik Next untuk melanjutkan.
  • Jika sudah, anda bisa tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi Windows 10 ini selesai. Usahakan laptop atau PC yang di gunakan sudah terhubung ke Internet. Karena proses aktivasi ini menggunakan akses internet.
  • Jika proses aktivasi berhasil, anda bisa klik Close

Maka sekarang kamu sudah bisa menggunakan Windows 10 ini secara full. Dan kamu tidak perlu khawatir jika nantinya terjadi error pada Windows dan kamu harus instal ulang maka kamu bisa menggunakan licensi yang sudah kamu beli tadi untuk aktivasinya lagi.

Lalu bagaimana jika Windows yang digunakan tidak di aktivasi ?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul jika windows 10 yang kita instal tidak di aktivasi. Kira kira apa kekurangannya ya ? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca ulasan di bawah ini :

Kekurangan Jika Windows Tidak Di Aktifkan

Jika kamu menggunakan Windows 10, maka kamu wajib untuk mengaktivasinya agar menjadi full version. Karena jika tidak di aktifkan kamu akan mendapatkan beberapa kekurangan yang akan kamu rasakan, di antaranya adalah ;

  • Munculnya WM (Watermark) Activate Windows pada sisi kanan bawah. Watermark ini akan muncul di desktop dan juga jendela aplikasi yang kalian buka. Watermark ini tidak akan bisa hilang jika kamu belum mengaktifkannya.
  • Tidak dapat mengubah personalize di Settings Windows 10. Jika kamu ingin merubah tema, walpaper, mengubah lock screen atau pengatura tampilan lainnya jika menggunakan Windows 10, maka hal ini tidak dapat kamu lakukan. Kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu jika ingin merubah tampilan di windows 10.

Nah, apakah kamu masih tidak mau mengaktivasi nya? Karena jika kamu belum mengaktivasi nya, maka kamu tidak bisa melakukan perubah penampil di Windows 10 dan juga akan risih jika ada Watermark karena kamu belum mengaktivasi nya.

Windows 10 ini juga selain banyak yang menggunakannya karena performa nya yang bagus juga mempunyai kekurangan. Di antara kekurangan Windows 10 yang saya tau adalah :

  • Terlalu sering update. Windows 10 ini berbeda dengan versi sebelumnya yang di update beberapa tahun sekali. Namun tidak jika kamu menggunakan Windows 10, karena windows 10 akan mengupdate setiap kali ada fitur terbaru yang menurut Microsoft itu sendiri perlu untuk di update. Tidak hanya itu, Update windows 10 juga tidak terjadwal, kapanpun Microsoft ingin mengupdate, maka akan di rilis update terbarunya.
  • Boros Kuota Internet, kok bisa ? Yups, karena windows 10 akan memaksa penggunanya untuk terus mengupdate rilis terbaru dari Microsoft. Karena windows 10 ini beda dengan windows sebelumnya, yang mana jika sekali mengupdate versi terbarunya akan menghabiskan kuota 2.5 sampai 4GB. Bayangkan saja jika ini sering terjadi, dan kamu menggunakan paket data.

Menurut saya pribadi sih hanya itu saja kekurangan yang ada pada windows 10. Untuk lainnya saya lebih suka menggunakan windows 10, karena tampilannya yang keren, loading bootingnya pun cepat dan performa nya pun bagus. Windows 10 ini sangat cocok untuk kalian seorang Gammers.

Jadi itulah sedikit tutorial yang bisa saya berikan tentang cara aktivasi Windows 10 secara permanen. Jadi buat kamu semua yang menggunakan Windows wajib untuk activate agar menjadi Full Version. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar