Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Bisnis Legit! Ini 5 Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

2 min read

ternak lele

Cara budidaya ikan lele kolam terpal, kolam tanah dan di kolam tembok yang dapat menghasilkan ikan berukuran jumbo cocok banget untuk pemeliharaan ternak lele pemula seperti kamu. Tak disangka jika membuka perternakan ini anda akan meraup keuntungan luar biasa seperti halnya berbudidaya ikan manfish dan nila.

Siapa sangka Budidaya Ikan Lele Menguntungkan bagi semua orang yang membudidayakannya di kolam terpal bulat berkualitas. Pasalnya Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain di Goreng, ikan lele bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan.

Peluang usaha budidaya ikan lele begitu menjanjikan mengingat pangsa pasar yang luas dan permintaan akan ikan lele yang terus meningkat.

Bahkan akhir-akhir ini sudah ramai bahwa ikan lele akan ikut andil dalam komoditi ekspor. Hal ini dikarenakan terdapat  beberapa negara yang memang sangat memerlukan pasokan ikan lele.

Tips Berhasil Budidaya Lele Hasil Jutaan

Berikut cara sukses budidaya lele yang bisa dibuat pertimbangan untuk memulai usaha ini :

1. Kenali Ikan Lele

Tentu akan jadi lucu ketika seseorang yang ingin berbudidaya ikan lele tetapi ia sendiri tidak mengenali kriteria-kriteria ikan lele, seperti ragam jenis, habitat, makanan maupun sistem perawatannya.

Jadi, sebagai seorang pembudidaya yang baik dan benar, anda harus lebih mengetahui dan mengenali ikan lele. Hal ini ditujukan supaya anda dapat menambah wawasan terkait dengan ikan lele yang akan anda budidayakan.

2. Persiapan Kolam Ikan

Persiapan kolam ikan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh seorang pembudidaya ikan air tawar. Sebagai Pembudidaya anda patut untuk mengetahui potensi kesalahan yang biasa sering dilakukan oleh para pemula dalam memilih kolam lele.

Kolam ikan lele yang tak memenuhi syarat akan berakibat buruk untuk kelanjutan usaha budidaya ikan lele, kolam haruslah disesuaikan dengan keperluan. Dan dengan memperhatikan ukuran kolam yang akan digunakan untuk berbudidaya.

3. Persiapan Air Kolam

Langkah berikutnya yaitu persiapan air kolam, persiapan ini juga semestinya dan berperan benar-benar penting, pasalnya, banyak penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele bisa jadi elemen penyebabnya yakni sebab situasi air yang tak memenuhi prasyarat.

Misalnya saja masalah ph air, banyak pengusaha ternak lele cuma sebatas mengenal saja bahwa ph yang baik untuk ikan lele ialah antara 7 sampai dengan 8, mengetahui tetapi tak menerapkannya yaitu langkah yang amat merugikan, khususnya dalam usaha budidaya ikan lele.

Jangan sekali-kali berani menebar bibit dengan keadaan ph yang belum memenuhi persyaratan, karenanya itu sebaiknya gunakanlah alat pengukur ph yang sekarang sudah banyak di pasaran.

Sekali lagi yang perlu diingat, ikan lele merupakan mahluk yang hidup di air, jadi anda harus berusaha supaya ikan lele merasa nyaman dan pantas dengan keperluan hidupnya dengan mempersiapkan air kolam secara benar. Sehingga ikan lele bisa tumbuh dan berkembang layak dengan sasaran yang kita inginkan.

4. Tata Sistem Pemberian Pakan Ikan

Lele Terdengarnya gampang, melainkan jangan pernah menganggap sepele dilema pemberian pakan untuk ikan lele. Apalagi bagi para pembudidaya pemula, meskipun ikan lele bisa dikatakan sebagai ikan yang tergolong dalam jenis omnivora, namun kalau tak benar dalam tata cara dan waktu pemberian pakannya sama saja anda membuang uang anda ke dalam kolam.

Kenapa demikian? Ini dikarenakan jika suatu saat ketika ikan terkena penyakit yang disebabkan dari kesalahan metode dan waktu pemberian makan, maka pada saat itu pula terdapat dua hal yang semestinya akan terjadi, yaitu anda akan kehilangkan banyak benih dan pakan yang anda berikan akan terbuang sia-sia.

5. Pelaksanaan Pengambilan dan Penebaran Indukan atau Bibit Ikan Lele

Pengerjaan pengambilan dan penebaran indukan atau bibit ikan lele semestinya dikerjakan dengan sistem dan cara yang benar. Contohnya pengerjaan pembelian induk untuk segmen pembenihan. Tempat untuk membeli indukan seharusnya terjamin dan bisa dipercaya, pasalnya Indukan yang dibeli harus memang benar-benar memiliki mutu yang baik. Sehingga anda perlu untuk memilih tempat pembelian ikan yang baik pula.

Pada segmen pembibitan juga ada cara kerja penyortiran, bibit lele yang telah disortir pantas dengan ukurannya akan dijual atau dimasukkan kedalam kolam pembesaran benih berikutnya. Para pengusaha budidaya lele umumnya mengerjakan pengerjaan puasa pada benih lele sebelum menjalankan penyortiran.

Hal ini juga dijalankan oleh para pembudidaya ikan lele pada segmen pembesaran. Para pembudidaya ikan lele di segmen pembesaran lazimnya tidak pantas memberi makan pada bibit lele yang baru ditebar selama setengah hari.

Berdasarkan pengalaman, benih lele yang ditebar dan langsung dikasih makan lebih rentan terserang penyakit dan mati. Langkah-langkah ini mungkin cuma rujukan dasar dari banyak elemen penunjang kesuksesan dalam usaha budidaya ikan lele.

Demikian informasi terkait Kiat sukses budidaya ikan lele, semoga artikel ini dapat memberi wawasan kepada teman-teman semua. Dan kami berharap artikel ini bisa dibagika, supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.dari ternak lele.

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *