Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Bahaya Menggunakan Headset atau Earphone Akan Memperburuk Kesehatan Telinga

bahaya earphone pada kesehatan telinga

Bahaya menggunakan headset dan earphone biasanya akan memperburuk kondisi dimana telinga kamu akan terus mendengar segala musik yang anda mainkan. Terlebih lagi jika kamu suka menggunakan nya saat tidur, sambil dicas bahkan seringkali anda memakainya secara bergantian.

Dampak positif negatif akan ditimbulkan, pastinya akan ada banyak akibat buruknya ketimbang baik. Batas penggunaan earphone ini hanya sekitaran sejam saja telinga kamu udah merasa tidak nyaman lagi.

Telinga sakit karena sering memakai headset disegala situasi apapun. Memang anak milenial dna generasi z tidak bisa lepas dari dampak negatif alat pendengar ini disebabkan mereka lebih asik digadgetnya ketimbang pada orang sekitar.

Baca : Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Agar Tidak Kecanduan

Namun tidak ada salahnya jika kamu melepaskan sejenak demi kepentingan bersamaa disaat kamu sedang bersama teman atau sanak keluarga. Disini anda bisa melakukan perbincangan hangat dan akan lebih seru berincang – bincang lepas ketimbang mainan smartphone sambil memakai headset.

Bahaya Saat Memakai Headset Disemua Kondisi

Saat Tidur, telinga kita akan difungsikan buat alat pendengaran. Ia akan bekerja selama otak dan tubuh kita merespon kinerja telinga untuk menjalankan fungsinya.

Namun ketika kamu tidur, semua organ baik itu telinga akan diatur oleh otak untuk direhatkan sejenak selama kamu tidur. Maka dari itu anda harus waspada dalam menggunakan earphone ini yaa karena telinga butuh istirahat juga.

Baca : Buah Bengkoan juga Memiliki Manfaat Baik untuk Kelangsungan Hidup Sehat

Saat Dicas, apalagi ini, anda bakal merasa kalau ada benda yang terselempit disekitaran lubang telinga. Oleh sebab itu ada arus listrik mengalir ke earphone kamu sehingga listrik memberikan getaran magnetik yang berdampak pada telinga kamu akan merasa kesetrum namun tidak fatal dan hal ini wajib dihindari buat anak kecil.

Saat berkendara, dikatakan bahaya mendengarkan musik pake headset ini memiliki gejala utama yaitu berkendara sambil pasang alat bantu pendengar musik ditempelkan pada telinga kita.

Memang sih hal itu sangat mengasikan waktu diperjalanan tapi ya kamu harus memerhatikan juga pengendara lainnya. Lagipun anda bisa kok dengerin musiknya bentaran kalau sudah sampe ke tujuannya.

Penyebab yang Akan Terjadi Bila Keseringan Mendengarkan Musik Pakai Earphone dan Headset

kurangi main earphone dan headset

Waspada Hal Ini Karena Bisa Merusak Kesehatan Telinga. Pasti diantara kalian belum mengetahui bahwa ada dampak negatif yang sering dilalaikan oleh penggunanya. Anda akan merasa tidak nyaman sewaktu kamu lagi dengerin musik pakai alat bantu itu. Nah diantara gejala – gejala tersebut, kenali dulu apa dampak berbahayanya.

1. Gangguan pada pendengaran, buktinya bahwa telinga kita itu merupakan indera dalam diri manusia. Anda sebagai manusia harus menjaga dan merasa semua indra termasuk indra pendengaran ini.

Baca : Mau Gaya Hidup Sehat? Konsumsilah Makanan Ini Agar Mendapat Kebugaran Jasmani

2. Kelelahan telinga, apakah telinga bisa lelah untuk merasakan getaran nada musik? Semua pancaindera manusia ada batas maksimumnya untuk memproses kinerjanya masing masing. Oleh karena itu gendang telinga akan merasa capek bilamana terlalu lama memakai alat bantu musik.

3. Kerusakan otak, apa? gara gara sering makai headset bisa merusakan otak? bisa juga kok, karena saraf dari telinga kita akan ditransferkan melalui gendang kemudian saraf pendengaran yang berguna untuk merangsang getaran bunyi dari luar.

4. Kepala Akan merasa pusing jika sering memakainya loh. Apapun kondisi kamu, jangan sampai terlalu over dalam menggunakannya dikarenakan kepala kamu akan terasa pening dan jika melihat ke seluruhan benda disekitar akan terasa bergoyang bahkan mata akan merespon menampilkan kunang – kunang.

5. Luka – Luka, headset dan earphone akan mengakibatkan luka peradangan pada sekitaran luar telinga khususnya pada daun telinga manusia. Mengapa? Sebab benda keras tersebut dianggap dapat merusak kulit daun telinga kita yang memiliki sifat tipis dan mudah lecet atau tergores luka.

6. Terlalu sering dapat menurunkan kualitas pendengaran sampai pada sulit untuk tidur karena otak terlalu dipaksakan untuk bekerja buat menangkap sumber bunyi.

Namun dari kelemahan diatas, ada dampak positif yang ditimbulkan dari marabahaya ini loh. Apa saja bukti kuatnya?

Manfaat Positif Memakai Earphone

1. Meningkatkan kinerja otak dalam merangsang penangkapan bunyi musik
2. Meningkatkan gaya bicara kita karena dengan musik kita akan mendengar sebuah kosa kata baru.
3. Dapat mendengarkan segala sumber bunyi audio dengan bebas tanpa orang lain ketahui
4. Ukurannya yang kecil membuat waktu menjadi semakin efisien dan efektif dalam pemakainnya.
5. Membuat penangkapan gendang telinga menjadi lebih jelas dan tidak terganggu suara bising lainnya.

Dari keuntungan diatas pastinya akan ada jangka waktu tertentu untuk menikmati lantunan musik, jangan terlalu berlama – lama yaa agar kesehatan telinga kamu selalu baik.

Tips Menggunakan Earphone dan Headset untuk Gadget

1. Lakukan penggunaan maksimal satu jam saja
2. Memakaikan dengan posisi benar dan tepat, misal ada benjolan kecil di lekukan earphone (biasanya ada di merk samsung). Nah saat itu anda memakaikannya pada benjolannya diletakan pada arah depan agar telinga tidak lecet.
3. Gunakan sewajarnya saja dengan melakukan hal – hal positif.
4. Memakaikan disaat yang sudah saya tentukan tadi, semisal anda tidak boleh menggunakannya selagi hp masih di charger nah anda bisa memakainya saat kondisi baterai hp penuh dan satu lagi anda boleh gunakannya saat sebelum tidur.
5. Didasari untuk kepentingan dan keperluan bukan hobi.

Penutup

Apapun masalah anda mengenai headset dan eraphone ini pasti anda akan menggunakannya secara bijak bukan? Jangan sampai kesehatan telinga kamu terganggu akibat hal sepele semacam ini. Apabila kamu sudah membaca semua artikel ini, saya yakin bahwa anda sudah semakin tahu dan mewaspadai segala penyebab dan kerugian memakai earphone bagi kesehatan.

Dengan begitu anda akan merasa lebih baik lagi dengan melakukan dampak positif dan manfaat yang positif saja. Pilihlah dengan bijak kalau mau memakai barang apapun karena suatu barang kecil nan sepele dapat merusak kinerja panca indra kamu. Sekian dan Terima kasih!!!

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *