Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Backup dan Restore Semua Pesan Whatsapp Agar Tetap Ada di Android

2 min read

backup pesan whatsapp mudah

Cara backup dan restore pesan (media) di whatsapp. WA memiliki fitur yang dinamakan dengan cadangkan, fitur tersebut difungsikan untuk memulihkan riwayat chat kamu agar tetap ada walaupun kamu pindah ke hp lain.

Chat wa sudah terhapus sebelum dibackup, bagaimana cara mengembalikan?.Percakapan yang lama terhapus, kemudian kamu bingung mau mengembalikannya kayak gimana soalnya baru pertama kali punya whatsapp. Walaupun kamu masih pemula, kamu harus tau dong apa saja fitur yang ada di WA.

Whatsapp merupakan sebuah media online berupa chatting berbalas pesan sesama penggunanya dengan keduanya menyimpan nomor atau langsung mengirim pesan (direct message) agar kegiatan bincang – bincang di dunia nyata dapat dilanjut ke obrolan seru lewat aplikasi ini.

Baca Juga : Cara Ekstrak Font TTF di Android Menggunakan Zarchiver

Nah pada saat kamu berbalas chat dengan orang lain, kemudian kamu ingin mengganti tampilan wa bisnis atau mau pakai gbwhatsapp mod. Terus kamu bingung bagaimana cara supaya chat tidak hilang saat pindah ke aplikasi mod atau aplikasi lain?.

Disini saya akan membagikan tutorial itu agar kamu tidak perlu khawatir saat mau pindah. Namun syarat utama dari pencadangan ini adalah anda harus punya akun google dulu karena data backup nya akan disimpan ke google drive kamu.

Tutorial Backup Semua Media di Whatsapp ke Google Drive

Saya anggap disini kamu sudah punya akun google yaa. agar langkah ini semakin cepat. Silakan simak tutorial dibawah untuk mendapatkan cara mencadangkan data ke google drive.

1. Buka dulu aplikasi whatsapp kamu kemudian pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas.
2. Kemudian klik Setelah -> Chat -> Cadangkan Chat.

semua file wa akan di cadangkan ke google drive


3. Sebelum mencadangkan, saya sarankan untuk mengaktifkan Cadangkan Melalui : Pada gambar punya saya masih wifi saja, nah ubahlah ke WIFI dan Seluler agar proses tidak terhambat kalau kamu hanya pakai data seluler.

Baca Juga : Akun Kamu Suka Follow Orang Sendiri? Inilah Cara Mengatasi Akun Instagram Mendadak Mengikuti

4. Kemudian klik pada tombol bewarna hijau bertuliskan CADANGKAN. Tunggu hingga proses selesai.
5. Enjoy! Semua percakapan, pesan, chat, foto/gambar, video, voice note kamu sudah dibackup ke akun google drive kamu.

Setelah kamu sudah menbackup semua datanya, kamu sudah tidak risau saat mau ganti ke hp lain atau ganti aplikasi wa lain. Untuk mengembalikannya silakan simak dibawah ini.

Cara Restore/ Mengembalikan Data Backup dari Google Drive

Udah mengikuti langkah dan tutorial diatas? Berarti sekarang kamu hanya perlu mengembalikan (restore) semua data dan file yang tersimpan ke penyimpanan online tadi dikembalikan ke akun whatsapp kamu dengan mudah, berikut caranya.

1. Disini kamu tidak bisa merestore melalui wa nya langsung, kamu harus masuk whatsapp dulu seperti langkah membuat wa gitu.
2. Masukkan nomor wa kamu yang valid.
3. Kemudian isikan data diri kamu mulai dari nama dan avatar yang ingin kamu pakai.
4. Lalu anda akan dimunculkan opsi kalau kamu mau restore/ kembalikan data atau tidak. Sangat saya sarankan untuk mengembalikannya agar chat lama tetap ada.
5. Tunggu hingga proses selesai, akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 20 menit, tergantung seberapa besar ukuran file backupnya.
6. Enjoy! Udah bisa membuka whatsapp tanpa kehilangan sedikitpun pesan yang ada.

Peringatan, bahwa sesudah restore anda wajib memiliki jaringan super stabil dan harus punya sinyal kuat. Akan lebih bagus lagi untuk menggunakan wifi. Hal ini karena sistem wa akan merespon pengembalian data permintaan kamu, dimana membutuhkan daya sinyal cukup kuat. Kalau sinyal lemah chat dari beberapa grub tidak akan muncul.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya, agar mendapatkan informasi seputar gadget anda bisa mengikuti website ini supaya semakin paham dan menambah wawasan tentang gadget.

Dengan begitu kamu tidak akan kelewatan tips cara backup dan restore chat whatsapp. Jangan sampai pesan wa kamu hilang sendiri, itu udah beda lagi cara mengatasinya. Selamat mencoba!!!

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *