Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Aplikasi Copywriting

aplikasi buat menulis copywriting

Beberapa aplikasi copywriting terbaik yang diperlukan saat menulis. Menulis bagi sebagaian orang kadang bisa jadi adalah pekerjaan yang sedikit berat. Apalagi bila harus menulis dengan alur tertentu, atau gaya kepenulisan yang di dalamnya.

Ditambahkan beberapa unsur-unsur bagi keperluan bisnis atau meraih atensi dari pembaca, ini memang butuh skill khusus.

Dari sekian banyak keperluan yang membutuhkan karya tulis, dalam hal ini bentuknya artikel adalah blog. Menulis di blog sendiri sebenarnya bisa dibedakan sesuai dengan kebutuhan blog tayang blog tersebut.

Tentu disini ada macam-macam keperluan seseorang membangun blog.

Ada yang tujuannya untuk menampilkan iklan, ada yang memang bertujuan sharing atau berbagai informasi, sampai ada juga yang mengkampanyekan individu atau produk tertentu. Semua membutuhkan karya tulis sebagai isi atau content-nya.

Jenis-Jenis Conten Blog

Setiap content blog inipun dibagi-bagi lagi gaya menulisnya. Beberapa yang umum seperti :

Narasi

Ini adalah artikel didalam blog yang menggunakan konsep bertutur dalam mengemas informasi yang hendak dibagikan. Artikel dalam bentuk narasi ini secara spesifik seperti misalnya berita atau news, opini atau wacana dan masih banyak lagi.

How to Based

Untuk jenis how to based ini tujuannya memang secara spesifik dan eksplisit membagikan cara dalam melakukan sesuatu. Jelas yang dibahas adalah langkah-langkah sampai sebuah hal tersebut bisa dijalankan oleh si pembaca.

Listicle

Kalau berbicara tentang listicle, maka yang diulas tentu saja urutan. Urutan ini biasanya berkaitan dengan sesuatu terkait tema dan tentu saja menarik bagi pembaca. Listicle kadang ada yang memang bersifat review sehingga membandingkan antara satu hal yang dibahas dengan yang lain dari urutan terkecil hingga yang paling besar. Contoh listicle paling umum,”10 Gaya Hunian Terpopuler 2019”.

Copywriting

Dalam istilah di dunia kepenulisan sendiri, copywriting kurang lebih bisa disamakan dengan kombis atau komunikasi bisnis. Bila dulu, di masa jayanya media cetak kolom untuk memuat artikel dengan gaya tulisan seperti ini disebut juga dengan istilah kolom advertorial.

Inti dari artikel berjenis copywriting adalah meyakinkan si pembaca untuk bukan hanya mengasup informasi di dalam artikel tersebut. Tetapi juga mengarahkan untuk membeli atau “take action” untuk suatu tindakan tertentu.

Pendek kata copywriting adalah sebuah gaya untuk menghasilkan karya tulis dalam bentuk artikel yang bisa mempengaruhi seseorang lewat informasi-informasi yang disampaikan.

Dari sekian jenis gaya menulis artikel ini, copywriting jadi salah satu yang paling banyak dilakukan oleh digital marketer.

Alasannya, menulis dengan gaya ini punya tingkat keefektifan untuk menjaring pembaca sehingga take action mengikuti anjuran, petunjuk ataupun arahan dari si penulis tersebut.

Oleh karena itu, gaya atau teknik menulis artikel copywriting ini sangat diminati para blogger yang khusus membangun blog yang bertujuan berjualan baik produk, barang ataupun jasa.

api meski bisa dipelajari, skill menulis bukanlah sebuah skill semalam yang bisa tiba-tiba diaplikasikan secara sempurna. Perlu latihan, pengalaman serta kemampuan khusus agar skill ini bisa diterapkan dengan baik.
Namun dengan semakin berkembangnya teknologi. Melatih dan meningkatkan skill copywriting saat ini sudah menjadi lebih mudah.

7 Aplikasi Copywriting Bantu Maksimalkan Tulisan

Menulis itu sendiri adalah pekerjaan yang perlu kesabaran dan membutuhkan daya konsentrasi tinggi. Aplikasi copywriting berikut ini sebenarnya tak akan bisa menggantikan hasil maksimal yang dikerjakan oleh seorang penulis berpengalaman.

Tapi tujuan dari adanya berbagai aplikasi copywriting ini adalah meningkatkan kemampuan seseorang hingga menguasi teknik atau gaya copywiting secara sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, saya sendiri lebih merekomendasikan untuk menggunakan jasa content writer. Namun tidak ada salahnya juga membuat artikel copywriting sendiri, berikut beberapa aplikasi yang akan sangat membantu dalam pembuatan.

Help Me Write

Dalam menghadirkan tulisan yang baik dan enak dibaca, ide menjadi patokan utama. Setiap ide perlu dikemas secara apik sekaligus menarik untuk membimbing pembaca agar bisa menangkap keseluruhan informasi.

Aplikasi copywriting help me write bekerja dengan membantu kita sebagai seorang penulis untuk menemukan jalan menuju ide terbaik yang paling disukai audience.

Caranya dengan post ide-ide tulisan ke sosial media. Selanjutnya akan ada feedback dari audience di sosmed tersebut mana ide yang sekiranya paling menarik dan ingin mereka ketahui. Penulis tinggal mengembangkan ide tersebut.

Google Docs

Adakah yang tahu bahwa aplikasi besutan standard yang dikeluarkan oleh google ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan copywriting kita.

Terdapat berbagai fitur standar seperti koreksi ejaan, istilah-istilah asing maupun dalam bahasa Indonesia, serta penyempuranaan lainnya.

Jangan salah, karena sebenarnya dari sekian banyak hal dalam menulis. Fokus pada ejaan yang sempurna akan membantu pembaca memperoleh gambaran terbaik tentang apa yang sedang kita komunikasikan. Dan yang paling menarik dari aplikasi ini tentu saja karena free access bagi siapapun.

Aplikasi Rewrite Correctica

Artikel yang bermasalah dengan ejaan, bahkan juga tata bahasa dan diksi atau pilihan kata lainnya, kadang menyulitkan pembaca untuk menangkap maksud yang hendak kita komunikasikan sebagai penulis.

Artikel yang linear, serta rapih dari segi penulisan dan tata bahasa punya peluang lebih besar bukan hanya memuaskan rasa ingin tahu pembaca terhadap informasi yang sedang diutarakan.

Aplikasi copywriting correctica sama seperti namanya membantu kita melakukan koreksi pada perbaikan-perbaikan minor yang perlu dilakukan untuk meningkatkan isi dan kualitas sebuah artikel.

Zen Pen

Pernahkah kita berpikir tentang hal apa saja yang sering mengganggu fokus seseorang dalam menulis?

Beberapa copywriter profesional sempat menyatakan bahwa dulu para penulis tampak sangat produktif bahkan bisa menghasilkan berlembar-lembar halaman buku dengan hanya menggunakan mesin ketik.

Tapi saat kecanggihan teknologi berubah, mengapa orang cenderung kurang produktif dalam menulis?

Salah satu alasan yang dikemukakan adalah monitor kadang adalah gangguan itu sendiri.

Dan aplikasi ini membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Pengguna akan dihadirkan sebuah layar yang cukup sempit dan pandangan hanya akan tertuju pada bagian tersebut saja. Ini menggurangi distraksi. Fokus pada kata perkata di satu bidang yang sempit memungkinkan seseorang untuk terus fokus dan lancar dalam menyusun kata demi kata.

Twords

Setujukah anda bila ada yang berpendapat bahwa orang cenderung gagal dalam menulis karena dirinya sendiri?

Sebagai contoh, coba hitung berapa jumlah mahasiswa yang gagal dalam tugas akhir gara-gara malas di depan laptop dan menyusun skripsinya. Jawabanyannya sangat banyak.

Dan apakah mahasiswa yang seperti ini tergolong mereka yang kurang brilian dibidang akademik masing-masing. Jawabannya juga tidak.

Bahkan ada beberapa yang sangat cemerlang dalam urusan ide dan punya kelebihan energi untuk memotivasi orang lain lewat aktifitas ekstrakulikuler.

Jadi, mengapa mereka bisa sampai gagal menyusun skripsi padahal hanya tinggal duduk di depan laptop saja?

Jawabannya adalah kurang tekun dan tidak adanya kendali diri yang kuat.

Aplikasi yang satu ini memberikan notifikasi begitu diinstal. Terdengar seperti dipaksa bukan?

Tapi yang demikian akan sangat membantu meningkatkan fokus dan ketekunan kalau kita benar-benar mematuhi notifikasi yang diberikan aplikasi.

Hemingway Apps

Adalah seorang Ernest Hemingway, penulis dan esais kenamaan asal Amerika yang terkenal dengan berbagai karya besarnya.

Bagi siapa saja yang ingin belajar mendapatkan tulisan yang ringkas, padat dan enak dibaca, membaca karya-karya Hemingway tak ada salahnya sebagai referensi.

Aplikasi yang satu ini juga bekerja dengan cara yang kurang lebih sama.

Tujuannya membantu penulis untuk membentuk karya yang ringkas padat dan sederhana namun enak dibaca dan informatif. Cukup perhatikan pada grade yang muncul sesuai warna lalu lakukan sedikit editing ulang.

Aplikasi Rewrite Daily Page

Skill menulis yang terbaik datang karena setiap hari rutin menulis. Termasuk untuk mendapatkan gaya copywriting paling sempurna dan menarik sekalipun, semua dimulai dari kebiasaan semata.

Aplikasi yang satu ini, membantu siapa saja yang ingin belajar menulis terutama skill copywriting setiap hari, sesuai dengan namanya, bukan?

Aplikasi copywriting hanyalah sarana pembiasaan serta membantu saja. Menulis adalah kegiatan manual yang perlu keajegan dan ketekunan sehingga menghasilkan gaya yang unik dan menarik. Termasuk dalam urusan belajar teknik copywriting tentunya.

Rama Angriawan Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Syarat Google Adsense

Rama Angriawan
6 min read

Teknik Copywriting

Raka
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *