Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Cara Menggunakan Akun Whatsapp Business di Android Agar Dapat Mengontrol Kegiatan Bisnis

3 min read

cara menggunakan wa bisnis

Cara menggunakan whatsapp business (akun bisnis WA). Pada kalanya kita akan memerlukan bantuan akun bisnis, baik instagram business, facebook bahkan yang sempat dijadikan bisnis oleh perusahaan ialah WA Bisnis. Maraknya pengguna Whatsapp, kini banyak lini menjajal akun mereka di ubah menjadi akun bisnis.

Cara membuat nya cukup mudah kok, apalagi sekarang sudah banyak tutorial mengenai pembuatan akun bisnis ini.Diantaranya seperti saya sekarang ini, sudah merambah ke akun bisnis sebab banyak klien yang membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah mereka.

Itu sedikit manfaat dari memiliki akun bisnis, masih ada banyak lagi nanti akan saya sampaikan pada pertengahan artikel saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara buat whatsapp bisnis baik di iphone dan smartphone android.

Baca Juga : Cara Ekstrak Font Android Hanya Sekali Klik

Tak perlu risau jika kamu belum bisa mengatasi gagal verifikasi whatsapp, nanti bisa segera ditangani. Sebelum bahas ke topik, akan lebih baik jika kamu tahu dulu kekurangan dan kelebihan memakai akun komersial layaknya pembisnis ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Whatsapp Bisnis agar tau mana Aplikasi yang Tepat untuk Para Pengusaha

Kelebihan, Keunggulan serta Manfaat Whatsapp Business

  1. Akan mendapatkan fitur yang lebih muhtahir ketimbang versi official.
  2. Anda akan memperoleh fitur tambahan seperti balas cepat, tidak perlu balas pesan orang lain satu persatu dan sebagainya.
  3. Memudahkan klien dalam menemukan peta lokasi bisnis anda berada.
  4. Memudahkan klien dalam menentukan kapan jam buka perusahaan anda.
  5. Memudahkan klien untuk menghubungi anda lewat media sosial chatting WA.

Kekurangan, Kelemahan dan Dampak Buruk Pakai WA Bisnis

  1. Anda akan kerepotan jika meninggalkan aplikasi ini dalam keadaan keluar dari aplikasi maka pesan yang masuk agak telat (ke pending).
  2. Harus mencadangkan ulang sebelum pindah ke akun bisnis.
  3. Kesulitan pada saat mengatur kapan jadwal pesan yang mau dikirimkan.

Namun setelah baca kekurangan dan kelebihan diatas, mantapkan diri kamu untuk mau memilih menggunakan atau tidak. Menurut saya sih kalau kamu punya usaha kecil kecilan bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi ini.

Baca Juga : Bikin Jengkel, Cara Mengatasi Instastory Sering Patah – Patah dan Lemot

Apakah kamu sampai sini belum tahu soal Whatsapp Business? lalu tahu tidak kegunaannya untuk apa? dan bagaimana cara menggunakan nya?.

Artikel ini akan membahas semua itu loh, mari simak baik baik. Pada dasarnya kamu sudah saya bekali dengan keunggulan dan kelemahan produk beta whatsapp ini.

Dari sananya memang diberi beta karena aplikasi ini masih dalam tahap percobaan. Belum tahu kapan mulai rilis versi official business nya, namun tidak masalah walaupun masih dalam percobaan hasil dari fitur ini sudah sangat memuaskan.

Apa saja sih fitur yang terdapat pada WA Bisnis?

Saya lampirkan sebuah foto dibawah untuk meninjau hasil dari fitur bisnis sebelum kamu beranjak dan memulai pikir mateng mateng sebelum beranjak.

fitur pengaturan bisnis

Dibawah terdapat beberapa fitur tambahan seperti Profil (menampilkan deskripsi dari bisnis anda). Disinilah klien dapat menemukan sumber informasi dari perusahaan anda. Oleh karena itu anda harus mengatur sedemikian rupa hingga terlihat mendetail atas keakuratan deskripsi usaha anda.

melihat profil bisnis

Lalu statistik, untuk menampilkan beberapa statistik lalu lintas selama kamu memakai aplikasi untuk berbalas pesan. Disini terdapat banyak sekali pesan yang masuk, jadi anda bisa memonitoring seberapa banyak sih orang yang chat kamu.

monitoring pesan

Kamu bisa membagikan nomor kamu melalui tautan pendek agar mereka dapat menggunakan untuk memulai chat tanpa menyimpan nomor. Anda akan dipermudah dan klien kamu akan menyukai akan hal itu sebab itu sangat praktis untuk di manfaatkan.

chat tanpa simpan nomor

Didalam fitur perpesanan kamu dapat menemukan Pesan diluar jam kerja, jadi fitur ini dapat bekerja secara otomatis jika kamu mengaktifkan data seluler selama 24 jam penuh agar kamu bisa berbalas pesan dengan klien tanpa membuka wa tersebut.

chat orang dibalas saat jam luar kerja

Dibawah ini saya lampirkan pada fitur lainnya yaitu salam, salam ini berfungsi sama hal nya yang diatas tadi.

salam pembuka untuk memulai obrolan baru otomatis

Balas cepat, feature ini bisa anda gunakan untuk yang tidak mau ribet karena banyak pesan masuk dari klien yang mengirimi anda pesan, nah untuk hal itu bisa kamu ringkas dengan gunakan fitur balas cepat karena hanya mengetikan sebuah kode pemanggil saja, misal garis miring (/).

Baca Juga : Cara Mengatasi Instagram Tiba – Tiba Follow Orang Sendiri Tanpa kita Sadari

Ingat yaa, anda bisa loh membuat balasan cepat (quick replies) akan saya bahas pada kesempatan berikutnya agar artikel ini tidak semakin panjang dan membosankan.

quick replies

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jabarkan tentang fiturnya, selebihnya bisa langsung mencoba. Dan buat kalian yang tidak sabar menunggu cara membuat whatsapp bisnisnya, langsung cek dibawah ini.

Cara Membuat Akun Bisnis Whatsapp di Semua Smartphone

1. Siapkan dulu paket data internet untuk mengunduh aplikasi Whatsapp Business di Google Playstore.
2. Download saja aplikasi tersebut hingga proses instalasi.
3. Setelah terpasang, kita backup dulu atau cadangkan data pesan WA kamu di aplikasi sebelumnya.

Caranya bisa langsung masuk ke titik 3 pojok kanan atas, kemudian cari Pengaturan -> Klik pada Chat -> Cadangkan Chat -> Setelah itu cari Cadangkan Melalui ; Bisa diisi Wi-Fi atau Seluler agar proses pencadangan langsung pakai paket internet kamu -> Klik Cadangkan dan tunggu hingga proses selesai.

4. Setelah proses pencadangan selesai, kita langsung copot pemasangan WA kamu itu yaa.
5. Lanjut untuk membuka Whatsapp Bisnis kamu, masuk saja seperti biasa.
6. Akan muncul dashboard layaknya mendaftar wa baru, masukkan nomor kamu lalu klik verif.
7. Tunggu hingga ada notif bahwa pesan berisi kode dari TIM wa, nanti jika sudah muncul notif akan otomatis lanjut ke proses selanjutnya.
8. Masukkan nama dan foto profil kamu.
9. Skip dulu pada saat edit deskripsi bisnis atau bisa anda isikan saja deh biar nanti engga ribet.
10. Enjoy! kamu sudah punya akun whatsapp bisnis.
11. Anda bisa mengatur di setelan bisnis yang sudah saya sediakan bukti lampiran foto pada macam fitur dalam aplikasi tersebut yang sudah saya bahas pada artikel dibagian atas tadi.

Itulah cara membuat akun nya, apakah kamu sudah bisa membuatnya? Jika belum silakan ajukan komentar di kolom komentar bawah, nanti akan kami balas secepat mungkin agar kamu bisa langsung memakai whatsapp business di smartphone kamu.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya menganai cara menggunakan whatsapp bisnis untuk kelangsungan perusahaan kamu, dengan begitu anda tidak akan lagi yang namanya kerepotan dan belibet saat membalas pesan dari klien yang super numpuk itu.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat akun bisnis whatsapp di android. Selamat mencoba!!!

Mogloger Saya sebagai Search Engine Optimization, CEO, SEO Manager, SEO Analyzer, untuk mengoptimalkan kinerja pada Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *