Kesalahan Menulis Surat Lamaran yang Harus Dihindari Agar Diterima

Kesalahan Menulis Surat Lamaran – Bagi sebagian orang belum tahu kenapa ada kesalahan yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan. Sejatinya penulisan lamaran kerja harus benar – benar diperhatikan, artikel ini akan membahas segala hal dari yang salah menuju ke perbaikannya.

Surat lamaran yang salah dapat menimbulkan kegagalan untuk masuk ke sebuan instansi. Banyak orang gagal karena kesalahannya sendiri dan ia pasti tidak menghindari kesalahan menulis lamaran kerja agar dengan mudahnya masuk ke perusahaan impian.

Kesalahan menulis surat lamaran pekerjaan yang harus Anda hindari ada banyak seperti salah eja,salah bentuk kalimat dan masih banyak lagi.Hal seperti itu harus Anda minimalkan bahkan kalau bisa,harus Anda hilangkan sama sekali karena sangat berimbas pada proses seleksi yang akan berlangsung.

Baca Juga : Manfaat Website Bisnis Bagi Pemula untuk Meraih Target Penjualan

Hal yang tidak boleh Anda tulis dalam surat lamaran pekerjaan merupakan point terpenting yang harus Anda pahami jika Anda ingin membuatnya. Anda akan bisa menghasilkan proposal yang bagus jika Anda mengerti dan faham akan hal tersebut.

Kesalahan Menulis Lamaran Pekerjaan

kesalahan penulisan lamaran pekerjaan dan menulis dengan benar.

Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah proposal yang ditulis dengan tujuan untuk memberitahukan pihak perusahaan bahwa Anda ingin melamar pekerjaan dan mengisi posisi yang kosong diperusahaan tersebut.

Mungkin jika dibuat lebih simple,bisa diartikan sebagai “ surat untuk mempromosikan diri sendiri “ kepada pihak recruitment supaya mereka tertarik dengan Anda.

Apa sebabnya tidak boleh membuat kesalahan?
Kenapa surat tersebut sangat penting bahkan harus menghindari kesalahan penulisan surat lamaran pekerjaan sekecil apapun ketika menuliskanya? Ada 3 point utama disini,yaitu :

Karena sebagai berkas pertama yang diseleksi
Tahukah Anda jika dalam sebuah proses seleksi calon karyawan baru,hal pertama yang akan HRD/RECRUITER seleksi adalah proposal lamaran Anda?

Tentu saja hal inilah yang akan diperiksa dan diseleksi,karena dengan prioposal inilah,pihak perusahaan bisa menyaring,mana pelamar yang sesuai kriteria perusahaan dan mana yang tidak sesuai.Jika Anda salah dalam menuliskanya,hal yang seharusnya SESUAI,bisa menjadi tidak sesuai kriteria hanya karena Anda salah menulisnya saja.

Baca Juga : Perencanaan Produk Baru Harus Disiapkan Hingga Matang

• Point persaingan dengan pelamar lain
Setelah Anda mengerti jika ini adalah hal pertama yang akan dilihat HRD,selanjutnya adalah Anda harus mengerti juga bahwa yang melamar ke perusahaan tersebut TIDAK HANYA ANDA SAJA,melainkan puluhan atau bahkan mungkin ribuan orang juga melamar ke tempat tersebut.

Bayangkan jika yang melamar ribuan,apakah mungkin seorang HRD akan menyeleksi isi amplop secara keseluruhan satu persatu? Itu jelas tidak mungkin.

Mereka hanya akan melihat surat lamaranya saja dan menilai,manakah yang terbaik dan layak untuk menjalani proses selanjutnya.

Jika Anda membuatnya hanya asal-asalan saja,maka kesempatan Anda untuk diterima akan digeser oleh pelamar lainya yang membuat proposal lamaran dengan lebih bagus dan lebih sungguh-sungguh.

• Penyebab lamaran tidak dipanggil
Hal lainya yang tidak kalah penting mengenai kenapa tidak diperbolehkan membuat kesalahan dalam penulisan adalah : Karena dengan kesalahan tersebut,Anda bisa gagal sebelum mengikuti seleksi tahapan utama ( psikotes atau interview ).

Sangat tidak lucu jika baru membaca lamaran Anda,seorang HRD langsung membuang dan mencoret Anda dari list calon karyawan.

Dari berbagai alasan diatas,maka penulisan proposal yang baik dan benar menjadi hal yang mutlak untuk Anda lakukan.

Dan untuk mencegah Anda melakukan sebuah kekeliruan,berikut saya berikan beberapa point yang dilarang ketika Anda menulis proposal lamaran kerjaan,antara lain :

1. Tidak Menggunakan Kalimat Baku ( EYD )

Point pertama adalah,kesalahan dimana seorang pelamar biasanya menuliskan beberapa kalimat YANG TIDAK sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan.Selain itu,penggunaan bahasa yang INFORMAL juga sangat dilarang ketika Anda menuliskan sebuah proposal lamaran.

Beberapa kata/kalimat yang dilarang dituliskan antara lain :
• Aku
• Kamu
• Di
• Untuk
• Teruntuk
Beberapa kalimat diatas bisa Anda ubah menjadi sebuah kata yang FORMAL dan lebih bagus seperti :
• Saya
• Anda
• Pada
• Kepada

2. Tulisan Susah Dibaca

Memang benar jika bentuk tulisan itu TIDAK HARUS BAGUS SEKALI,tetapi paling tidak,harus bisa dibaca dan dimengerti arti dan maksud tulisanya.

Jika dengan sangat terpaksa,tulisanya Anda memang sangat terlampau jelek,maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan jasa orang lain atau meminta tolong saudara/teman Anda.Ingat yaa,tidak harus bagus banget tetapi harus bisa dibaca dengan jelas.

3. Ada bekas hapusan

Selenjutnya yang perlu Anda hindari adalah,sebisa mungkin dalam lembar yang Anda buat itu,TIDAK ADA bekas hapusan atau bekas huruf yang dihapus karena salah.

Baca Juga : Bisnis Tanpa Modal dengan Hasil Menjanjikan di Tahun Ini

Dengan kata lain,proposal yang Anda bikin harus benar-benar bersih dan harus sekali tulis jadi.

Memang susah,bahkan ada yang sampai habis 5 lembar kertas folio hanya untuk membuat satu buah proposal lamaran yang terbaik.Tetapi itu tidak masalah,karena semua kesuksesan memang harus digapai dengan pengorbanan yang tidak sedikit.

4. Terdapat Bekas Tinta Bolpoint

Hal sepele yang masih sangat sering dilakukan adalah : Menulisnya menggunakan bolpoint yang tintanya OVER.Jadi begitu terkena kertas,tintanya langsung melebar dan merusak huruf disebelahnya.

Untuk menghindari hal ini,gunakan selalu bolpoint yang tintanya normal.Anda bisa cek terlebih dahulu untuk menuliskan di kertas yang lain,jika dirasa OK semuanya,maka barulah untuk emnuliskan proposal ada.

5. Menuliskan Hal yang Tidak Perlu

Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung,kalimat yang bagus itu seperti apa? Apa saja yang ditulis? Dalam penulisan sebuah proposal lamaran kerja,point yang perlu Anda tuliskan antara lain :

• Tangal
• Tujuan surat
• Pembuka surat
• Bodi surat
• Isi
• Lampiran
• Penutup
• Nama jelas
• Tanda tangan

Secara umum,itu semua adalah point yang biasanya dituliskan dalam sebuah proposal lamaran kerjaan.Anda tidak perlu menuliskan hal yang dirasa tidak perlu seperti : Hobi,Prestasi selama bekerja diperusahaan sebelumnya dan lain sebagainya.

6. Tulisan Tidak Rapi

Pada point sebelumnya ssaya sudah mengatakan bahwa tulisan tidak perlu bagus yang penting bisa dibaca bukan?

Baca Juga : Cara Menjadi Reseller Online Pasti Untung Besar

Selain harus bisa dibaca,masih ada point lanjutan yaitu bentuk huruf dan tulisanya harus rapih.Rapih disini berhubungan erat dengan :

• Spasi antar kalimat
• Spasi antar paragraf
• Batas kiri tulisan ( semakin lurus barisnya akan semakin bagus )
• Jumlah kalimat dan kertas folio harus sesuai ( tidak menyisakan ruang kosong terlalu banyak dan tidak melebihi satu muka kertas folio )
• Penggunaan huruf besar dan huruf kecil
• Penggunaan tanda baca ( . ) dan ( , )

Jika Anda masih kurang jelas,Anda bisa mempelajarinya di : contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan bagaimana cara membuatnya.

Dengan Anda mengerti bagian mana yang tidak boleh,selanjutnya silahkan belajar bagaimana cara membuatnya. Dengan begitu artikel tentang kesalahan menulis surat lamaran sudah selesai. Semoga bisa membantu Anda.Salam

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *