Kelebihan WhatsApp Dibandingkan Aplikasi Chatting Lainnya

kelebihan whatsapp sebagai aplikasi chatting

Kelebihan WhatsApp adalah salah satu alasan kenapa banyak sekali orang memilih aplikasi pesan singkat ini, padahal diluar sana banyak aplikasi pesaing lainnya. Tapi saya percaya bahwa saat ini WhatsApp adalah aplikasi pesan singkat yang paling populer dari sekian banyak aplikasi chatting lainnya. Bahkan bisa dibilang mustahil apabila di smartphone saat ini tidak di install WhatsApp.

Dibilang mustahil karena memang banyak sekali orang yang menggunakan WhatsApp, jadi secara tidak langsung pengguna baru juga tertarik untuk menggunakannya juga. SMS memang masih suka digunakan, namun untuk kepentingan chatting sehari – hari saya rasa kurang cocok. Karena fitur sms itu sendiri jelas tertinggal jauh oleh aplikasi pesan singkat.

Tidak hanya masalah fitur, aplikasi pesan singkat juga lebih hemat biaya. Dalam artian kita cukup dengan membeli kuota dan tidak begitu memakan kuota apabila digunakan sebatas mengirim pesan saja.

Baca Juga : Cara Menghapus Status Orang Lain di WhatsApp

Beda lagi dengan sms yang mana harga persatu pesan itu cukup mahal. Meskipun setiap provider kartu menyediakan paket sms namun tetap saja terbilang agak mahal dibanding membeli paket data internet. Selain itu juga teknologi semakin berkembang dan masa kita tidak bisa memanfaat perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan ini.

Kelebihan WhatsApp tentu tidak akan seimbang apabila dibandingkan dengan sms. Lantas apa saja kelebihan WhatsApp yang tidak akan ditemukan di aplikasi pesaing lainnya ?

Kelebihan Whatsapp Sebagai Media Perpesanan

Pada setiap lini aplikasi akan mempunyai keunggulannya masing- masing. Selakyaknya aplikasi chatting lainnya, whatsapp juga mempunyai keunggulan yang spektakuler, berikut keunggulan whatsapp.

1. Kelebihan WhatsApp Lebih Stabil

Kelebihan pertama terdapat pada performa aplikasi yang bisa dibilang sangat stabil dibandingkan aplikasi chatiing lainnya. Hal ini pernah saya alami ketika masih menggunakan android dengan spesifikasi rendah, dimana aplikasi chatting yang sedang trend saat itu adalah Line dan BBM.

Kedua aplikasi tersebut cukup berat bahkan sampai sering terjadi aplikasi berhenti. Memang hal ini disebabkan karena spesifikasi yang rendah. Namun ketika beralih ke WhatsApp tidak ada masalah aplikasi berhenti.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Mendadak Lemot dan Force Close

Kelebihan WhatsApp yang lebih stabil ini dikarenakan tampilan atau design antarmuka yang simple. Akan tetapi simple bukan berarti murahan, masih banyak sekali fitur menarik yang akan saya jelaskan lagi dibawah ini. Jadi baca artikelnya sampai akhir.

2. Antarmuka yang Mudah

Karena design tampilan yang simple otomatis antarmuka WhatsApp sangat mudah bahkan pengguna baru pun saya rasa tidak akan kesulitan saat menggunakan WhatsApp. Hal ini tentu menjadi kelebihan WhatsApp yang mampu menarik orang untuk menggunakannya.

Karena sebagian besar masyarakat Indonesia ingin yang simple dan mudah dilakukan, sama halnya seperti WhatsApp. Semua menu dan fitur dengan mudah bisa kita temukan dibagian pengaturan atau di bilik chatting.

UI sangat membantu pemula whatsapp dalam menemukan fitur terbaru. Tak hanya itu, sobat sebagai pemula WhatsApp dapat merasakan tampilan yang begitu enak dipandang. Selain itu sobat bisa betah berlama – lama dalam aplikasi tersebut karena memang sangat memanjakan.

3. Memiliki Kode Rahasia

Kelebihan WhatsApp selanjutnya adalah terdapat kode rahasia dan tentu setiap kode memiliki fitur yang berbeda. WhatsApp memang secara tidak langsung memberi tahu bahwa ada beberapa kode rahasia. Namun strategi tersebut menjadi kelebihan yang bisa memunculkan rasa penasaran, khususnya pengguna.

Beberapa kode rahasia yang sudah lumayan banyak diketahui seperti membuat tulisan miring, tebal, dan coret. Ada banyak tutorial cara membuat tulisan unik seperti itu, silahkan kamu cari sendiri. Atau bisa melihat ini, kode tersebut berupa tanda seperti tulisan bold, italic, teks tergaris dan sebagainya.

Kode tersebut hanya berupa tanda baca seperti bold atau teks tebak itu pakai tanda baca bintang (*), kemudian kalau teks miring memakai tanda baca underscore (_). Cara penggunaannya cukup mudah, sebagai contoh begini.

Jika ingin membuat tulisan tebal maka tinggal kasih aja tebal maka kata tebal akan berubah menjadi tebal.

4. Bisa Membuat Stiker Sendiri

Stiker memang fitur baru di WhatsApp dan stiker juga adalah fitur standar dalam aplikasi chatting. Namun kelebihan yang dimiliki WhatsApp yaitu pengguna bisa membuat dan menambahkan stiker buatannya bahkan orang lain juga bisa mengunduhnya.

Hal ini bisa membuat suasana chatting menjadi sangat lucu ketika sudah saling kirim stiker dengan wajah teman yang sangat lucu. Tidak hanya itu saja, melainkan Anda bisa custom berbagai gambar hewan, tumbuh – tumbuhan, karakter meme dan sebagainya.

5. Tidak Banyak Memakan Kuota

Konsumsi kuota tentu harus diperhitungkan, karena tidak sedikit aplikasi chatiing yang membuat kita jadi boros kuota. Namun WhatsApp tidak seperti itu, hal ini mungkin karena tampilan tadi yang simple jadi tidak memerlukan banyak kuota saat loading aplikasi. Apalagi jika sebatas mengirim pesan teks saja.

Selain tampilan yang simple, gambar dan video yang dikirim lewat WhatsApp melalui tahap compress terlebih dahulu, jadi size file diperkecil. Hal ini memang dapat mengurangi kualitas file tersebut, misalnya ketajam foto jadi berkurang.

Akan tetapi ada cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu memanfaatkan menu pengiriman dokumen untuk mengirim foto atau video. Dengen cara tersebut maka file akan dikirim dengan size asli, dalam artian tidak masuk ke tahap compressing dulu.

Begitupula dalam aspek kuota, apk WA ini tidak akan memangkas kuota Anda dalam jangka waktu lama. Ia hanya memakan sedikit kuota bahkan saya dengar kabar, berbalas pesan bisa memakai jaringan Edge sekalipun.

Baca Juga : Cara Baru Mengirim Gambar di Whatsapp Tanpa Pecah

Jadi tak usah diragukan lagi bahwa media perpesanan ini sangat digandrungi banyak orang. Dari segi jaringan tak menguras banget dan segi ukuran tak makan banyak juga.

6. Setiap Update Memberikan Hal yang Berarti

Tidak sedikit aplikasi yang tersedia update satu bulan sekali bahkan satu minggu sekali dan tidak memiliki arti yang begitu penting. Aplikasi seperti itu jelas lama kelamaan akan meresahkan karena bisa menghabiskan kuota saat proses update.

Tapi hal tersebut tidak akan kamu temukan di WhatsApp, dimana keuntungannya tidak terlalu sering menyediakan update. Akan tetapi sekali tersedia update selalu memberikan hal yang berarti, misalnya dengan menambahkan fitur baru yang berarti.

Fitur tersebut bisa Anda dapatkan apabila sudah memperbarui aplikasi WhatsApp. Biasanya nih banyak kok fitur yang baru seperti label untuk sebagai tanda. Label tersebut saya jumpai pada aplikasi WA Bussiness, entah di officialnya ada apa tidak.

Yang pasti, WA ini setiap kali ada pembaruan akan menyumbang fitur menarik dari segi tampilan dan kegunaannya. Meskipun begitu sobat harus merasakannya lantas apa yang disuguhkan kepada pengguna seperti kita.

Jadi itulah beberapa kelebihan WhatsApp yang tidak akan kamu temukan di aplikasi chatting lainnya. dari sekian banyak, keuntungan yang paling bermanfaat adalah WhatsApp tidak membutuhkan spek hp yang tinggi. Lagi pula banyak kok yang menggunakan whatsapp di hp jadul.

Tak perlu risau apabila sobat memakai smartphone kentang, karena WA sendiri di desain khusus untuk aplikasi ringan dan tidak membebani perangkat HP spek rendah. Dengan begitu menjadikan WhatsApp bisa berjalan di berbagai spek dan tentu orang akan menyukainya.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *