Cara Mengatasi WhatsApp Tiba – Tiba Lemot Tanpa Sebab dengan Mudah Terbaru 2019

Cara mengatasi whatsapp lemot secara mendadak – WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chatting paling laris pertama di kalangan warga indonesia. Pasalnya semenjak layanan BBM mengundurkan diri, WhatsApp semakin gencar dalam melakukan branding layanannya. Namun ada salah satu sebab yang menjadikan saya jengkel yaitu whatsapp mendadak lemot tanpa sebab.

Di era milenial seperti ini, mungkin pengembang aplikasi tersebut mempunyai ide untuk menambah fitur atau hanya sekedar memperbaiki bug pada versi WhatsApp sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saja ingin membagikan pengalaman menarik saya dalam memperbaiki WhatsApp sangat lemot.

Tak disangka, bahwa WhatsApp sering error ini disebabkan karena ulah sobat sendiri loh. Nanti akan saya jabarkan deh mengenai penyebabnya, sebelumnya saya ingin memberitahu kepada sobat bahwa apps WA mempunyai folder tersembunyi dimana di dalam folder tersebut akan ada media penyimpanan seperti foto, video, dokumen dan lain – lain. Media tersebut sangat mengganggu dan tak ayal akan memenuhi kapasitas penyimpanan milik sobat.

Nah maka dari itu sobat harus tau dulu alur kerja WhatsApp itu seperti apa, kenapa file tersebut bisa masuk ke folder tersembunyi WhatsApp?. Mungkin penjelasan ini agak panjang sih soalnya kan menjabarkan mengenai alur kerjanya.

Jadi kerja media penyimpanan WhatsApp seperti ini, ketika kamu sedang mengirimkan gambar, voice note, dokumen, dan lain sebagainya, mereka akan tersimpan otomatis di folder “Sent” (nanti akan saya ulas). Setelah masuk dan menumpuk disana mereka akan membebani kinerja aplikasinya itu.

Satu lagi, apabila sobat melihat story orang lain, maka status tersebut juga akan masuk ke folder “Status”, disayangkan bahwa folder tersebut disembunyikan oleh apps WhatsApp. Namun tenang saja, pasti ada solusi terbaik untuk mengatasi WA lemot, sebelumnya saya akan memberikan penyebab WhatsApp (WA) lola saat membuka atau berbalas pesan.

1. WhatsApp Versi Usang
Penyebab pertama ialah WhatsApp sobat sudah usang, dan meminta untuk diperbarui tanpa ada pemberitahuan kepada Anda. Namun sekali – kali cek dulu deh di Google Play Store untuk memastikan ada Update nya apa kagak, kalau ada silakan perbarui untuk memulihkan keadaan seperti semua.

Jika kamu menggunakan GBWhatsApp mungkin harus menunggu developer aplikasi GB WhatsApp untuk memperbaruinya, itu juga akan memakan waktu lama keburu official WhatsApp mengetahui bahwa anda menggunakan aplikasi chatting bajakan alias sudah dimodifikasi.

2. Media Penyimanan Sudah Penuh
Ketika media penyimpanan internal kamu sudah penuh, pasti WhatsApp akan berasa sangat berat. Demikian hal serupa menimpa saya, ketika saya ingin membalas pesan dari teman lalu berasa sangat berat sekali aplikasinya. Apa penyebabnya? Saya caritau deh, dengan menjelajah file manager, dan akhirnya ketemu persalahannya.

Baca Juga : Cara Terbaru Menghapus Story Orang Lain Sebelum 24 Jam, Begini Tho Caranya

Persoalan tersebut sangat umum bagi saya, namun entah bagi sobat. Menurut saya, hal tersebut tidak memicu dampak dari WhatsApp lag parah, melainkan hanya membebani proses pengunduhan karena penyimpanan internal kamu sudah penuh dan harus segera dibersihkan.

3. Cache dan Data WhatsApp Menumpuk
Ketika anda menggunakan sebuah aplikasi, entah itu WhatsApp, Instagram, Facebook dan sebagainya. Pasti akan merasa bahwa semakin hari akan makin berat sebab cache dan data aplikasi semakin menumpuk. Coba cek saja saya punya aplikasi FB Lite, dia memiliki cache sangat besar ketimbang ukuran APK di PlayStore.

Mungkin hanya itu penyebabnya, sudah ketahuan juga langkah selanjutnya kalian mau menindaklanjuti seperti apa, namun penjabaran dibawah ini akan lebih detail agar dapat mengatasi WhatsApp lemot. Berikut ulasan nya untuk sobat semua.

Cara Memperbaiki WhatsApp Lemot/ Lag Parah dengan Benar

Tak sedikit diantara banyak orang mengeluhkan hal sama seperti saya ini, hal terbesar terjadi pada kalian itu hanya sebuah hal sepele soalnya masih bisa di atasi menggunakan trik ini, bagaimana triknya? Silakan simak ulasan dibawah ini supaya sobat mendapatkan infomarsi tentang memperbaiki WhatsApp lemot.

1. Hapus Data dan Cache Aplikasi WhatsApp

Sebelumnya sudah saya singgung dalam menjabarkan penyebab kenapa whatsapp lemot, nah pada ulasan ini akan saya jabarkan bagaimana menghapus cache dan data WhatsApp di pengaturan aplikasi hp milik sobat. Cara ini tidak saya tujukan untuk pengguna lama yang sudah bisa melakukannya sendiir, mungkin banyak sobat lainnnya yang belu tahu caranya.

Buka Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> Whatsapp -> Hapus Data/ Clear Data.

Itulah cara untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, namun perlu diingat sob bahwa hapus data apps dapat keluar paksa akun sobat, jadi harus ada nomor telepon untuk verifikasi whatsapp. Berikutnya penghapusan cache.

Buka Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> WhatsApp Hapus Cache/ Clear Cache.

Kalau membersihkan cache itu tidak bakal mengeluarkan akun sobat, jadi tidak perlu khawatir akan hilangnya akun. Setelah semua selesai, saatnya login kembali apabila sobat membersihkan data aplikasi.

2. Menghapus Penggunaan Jaringan pada WhatsApp

Anda bisa kok menghapus data jaringan tanpa harus menggunakan cara diatas. Bagaimana kak cara membersihkannya biar masalah ini tuntas terselesaikan? Silakan ikuti saja tutorial dibawah ini supaya masalah anda segera teratasi dengan mudah, ingat! Ini tidak menghilangkan data akun login kok.

membersihkan atau setel ualng statistik whatsapp
  • Buka Aplikasi WhatsApp.
  • Buka Pengaturan.
  • Buka Penggunaan data dan penyimpanan, lalu.
  • Pilih menu Penggunaan Jaringan
  • Kemudian langkah terakhir, usap kebawah hingga menemukan menu untuk Setel Ulang Statistik

Mungkin cara diatas sedikit mengurangi beban dari yang ditimbulan WhatsApp lemot. Setelah semuanya dihapus, apakah sobat merasa bahwa aplikasi semakin lancar dan ringan? apabila sudah, silakan menggunakan cara lain dibawah ini supaya makin kenceng peformanya.

3. Restart Smartphone untuk Memuat Ulang WhatsApp

Ketika layar ponsel anda menyala tanpa henti, lama – kelamaan beberapa aplikasi suka not responding, lemot dan WhatsApp terhenti sendiri. Smartphone perlu di reboot untuk menyegarkan ulang peformanya, jangan sampai lupa bahwa restart ponsel diharuskan sekitar 4 sampai 6 hari pemakaian ya sob.

Dengan begitu sobat dapat memulihkan aplikasi – aplikasi lainnya supaya bisa digunakan dengan peforma maksimal. Tak perlu khawatir dengan chat gebetan sobat yang kena delay sebentar, toh ini demi kelancaran WhatsApp dan hubungan kalian hehe.

4. Hapus Media Terkirim

Sempat saya singguh diatas, bahwa media seperti foto, video, dokumen dan lain – lain akan masuk ke folder “Sent”. Nah pada paragraf ini saya ingin memberitahukan ke semua orang bahwa menghapus file yang dikirimkan itu akan meringankan beban WhatsApp itu sendiri. Caranya cukup mudah, cukup ikutin langkah demi langkah berikut ini.

hapus semua isi folder sent
  • Buka File Manager,
  • Pilih Penyimpanan Telepon,
  • Kemudian usap kebawah hingga menemukan folder WhatsApp,
  • Lalu pilih folder Media,
  • Selanjutnya, sesuaikan keinginan sobat saja, kalau saya ingin menghapus media di WhatsApp Images, soalnya gambar banyak menumpuk ketimbang file media lainnya,
  • Langkah berikutnya, klik Folder Sent,
  • Lalu Tandai semua images nya, kemudian hapus.

5. Membersihkan Folder Status Tersembunyi Menggunakan Aplikasi Root Explorer

Tenang aja sob, ponsel sobat tak perlu dilakukan root karena aplikasi ini disediakan untuk pengguna root dan tanpa root. Jika sobat menemukan aplikasi lain untuk memindai file bisa menggunakan aplikasi lain saja. Atau kalau sobat pengguna xiaomi redmi dan samsung bakal lebih mudah soalnya ada fitur untuk memperlihatkan file tersembunyi. Cara menghapusnya bagaimana?.

menghapus semua isi folder .statuses
  • Download aplikasi root explorer
  • Buka dan usap kebawah hingga menemukan folder WhatsApp
  • Lalu buka folder Media, terus folder .Statuses
  • Pilih semua, lalu hapus file yang ada disana.

Apakah dengan menerapkan cara diatas hp milik sobat terasa ringan terutama pada aplikasi WhatsApp? Kalaupun sudah berarti saya sudah bisa menyampaikan pengalaman saya kepada sobat nantinya bisa anda bagikan ke teman – teman agar mereka juga merasakan cara meringankan whatsapp lemot. Mungkin diantara sobat kepingin melihat FAQ mengenai ulasan ini, berikut FAQnya.

FAQ – Cara Atasi WhatsApp Lemot Super Parah
Q : Kenapa saya tidak menemukan folder .Statuses?
A : Download dulu aplikasi root explorernya sob, lalu ikuti langkah diatas. Kalau tidak, pastikan file manager kamu memiliki fitur untuk melihatkan folder tersembunyi.

Baca Juga : Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Terlebih Dahulu

Q : Kenapa masih saja lemot?
A : Coba deh diamkan dulu hp kamu dalam posisi mati, artinya off kan dulu ponsel kamu (shutdown), tunggu hingga beberapa saat sampai benar – benar pulih, biasanya akan memakan waktu sejam hingga dua jam. Setelah itu langsung deh hidupkan kembali smartphonemu.

Q : Kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka?
A : Mungkin sobat tadi salah menerapkan langkah – langkah diatas, silakan copot dulu aplikasinya kemudian download melalui google playstore. Pasang dan masuk ke aplikasi WhatsApp.

Penutup
Demikian ulasan singkat saya tentang informasi dunia media sosial khususnya WhatsAPp yang memiliki banyak masalah dan masih suka lemot saat digunakan untuk berbalas pesan singkat. Dengan membaca trk diatas, maka saya pastikan sobat semua bisa melakukannya, apabila masih ada pertanyaan silakan tanyakan saja pada kolom komentar bawah.

Apakah ulasan diatas membantu sobat? Jika iya akan saya akhiri jumpa kita kali ini dengan mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel menarik dari saya tentang cara mengatasi WhatsApp Lemot di android dan atasi tanpa komputer terbaru 2019.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *