Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop (100% Berhasil) Terbaru 2019

Cara mempercepat laptop dan komputer semua windows baik itu windows 7, 8 dan 10. Hampir semua kalangan merk pc mempunyai masalah pada kinerja nya, biar ngga lemot lagi komputer dan laptop dapat kita optimalkan supaya kinerja pc terbaik dan tidak lemot atau lag saat digunakan untuk multitasking maupun bermain game.

Mempunyai Komputer dengan Kinerja cepat pasti sangatlah di inginkan bagi setiap pengguna komputer maupun laptop karena tidak sedikit orang yang sering merasa kesal pada saat melakukan pekerjaan/tugas di pc mereka dengan demikian orang akan malas mengerjakan tugas dengan menggunakan kinerja yang cukup lambat.

secara umum memang ketika menggunakan laptop akan semakin lambat namun menghindari hal tersebut kita memerlukan perawatan laptop agar performanya tetap baik dan tidak membosankan saat menggunakannya. ada banyak penyebab mengapa laptop mempunyai kenerja semakin buruk diantaranya karena adanya virus yang menjangkit pada laptop, maka dari itu kita sebagai pengguna laptop harus bisa meminimalisir hal-hal yang berkaitan dengan menurunya kinerja komputer kita.

Merk – merk ternama laptop seperti asus, lenovo, acer, HP dan sebagainya. Bagi Anda pengguna laptop ternama tersebut bisa melakukan tips yang akan saya bagikan ini karena trik ini bersifat general untuk kalangan PC (komputer dan Laptop).

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas apa saja sebetulnya yang menyebabkan komputer kalian lambat dan merusak performanya. karena untuk mendaptkan performa yang baik kita perlu menemukan sebab-sebabnya dan memperbaikinya.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop Yang Lelet

Setiap komponen komputer dan laptop akan memiliki komponen hardware atau perangkat keras PC untuk mendukung seberapa cepat peforma dari komponen tersebut. Terlebih lagi dengan kapastitas RAM dual channel akan meringankan beban dari si OS Windows tersebut ditambah lagi dengan menggangi HDD ke SSD.

Alasan harus menggunakan SSD sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai Perhatikan Hal ini sebelum membeli SSD untuk storage tambahan. Bisa anda simak di postingan itu untuk lebih detailnya, oke tak usah lama – lama akan saya berikan sedikit masukan buat sobat yang speknya low end dapat mempercepat dan meringankan dari beban OS Windows yang kalian pakai, berikut ulasannya.

1. Menghapus Program Yang Tidak di Gunakan

Menghapus aplikasi yang tidak digunakan tentunya merupakan salah satu solusi yang perlu kalian terapkan sebagai pengguna komputer, karena dengan banyaknya aplikasi yang terpasang dan cenderung tidak digunakan akan mengakibatkan komputer atau laptop kita lambat maka dari itu hal ini sangat perlu kalian lakukan untuk mendapatkan kinerja komputer yang mempunyai performa yang baik.

2. Mematikan Startup Program di Komputer

Ini juga salah satu yang menjadi kendala leletnya komputer yang berjalan. karena jika startup semakin banyak berjalan maka komputer akan menggunakan memory yang banyak dan mengakibatkan ketidak stabilan komputer dan sistem.

Apa startup Program ?

Startup program adalah sebuah program yang di jalankan terlebih dahulu saat komputer hidup. secara default ada banyak Program komputer pada saat kita melakukan instalasi otomatis pada startup akan eneble sendiri maka dari itu kita perlu mengaturnya akan tidak mengganggu kinerja komputer kita.

Dalam program starup anda bisa melakukan Cara Menambah, Mengetahui, dan Mematikan Aplikasi Startup di Windows. Pada menu tersebut Anda bisa mengatur sedemikian rupa guna untuk mempercepat langkah awal saat booting menuju ke tampilan dekstop, jadi sistem melakukan kinerja dalam melakukan startup tidak berat dengan adanya program berjalan otomatis disetiap startup.

3. Menghapus File Sampah (Recycle Bin)

Secara default seluruh file yang di hapus kalian dengan cara delete biasa akan masuk ke tempat sampah yang di sebut Recycle Bin. jika kalian melakukan banyak pengapusan data maka sampak kalian akan menumpuk dan hasilnya akan mengurangi performa komputer kalian. maka dari itu tips dari saya jika ingin melakukan penghapusan data usahakan menggunakan tombol keyboard shift + delete, sehingga data yang kalian tidak akan lagi tersimpan di Recycle Bin.

4. Menata Hardisk

Defregment disk atau penataan disk sangat kita perlukan guna meningkatkan kinerja komputer kita karena secara default jika kita menyimpan sebuah data di komputer atau laptop penempatannya tidak akan di letakkan tertata maka dari itu kita sebagai pengguna harus melakukan penataan hardisk dengan menggunakan software defregment disk yang sudah ada di sistem operasi kalian .

letak program defregment disk biasanya berada di ( Start >> Windows Administrative Tools >> Defragment and Optimize Drives .) Lakukan setidaknya 2 minggu sekali sehingga performa komputer akan terus terjaga.

5. Memaksimalkan Hardisk dan RAM

Hardisk merupakan hardware yang mempunyai tugas menjadi ruang penyimpanan, semakin ruangan hardisk kalian besar maka semakin cepat pula komputer dalam menjalankan programnya . maka dari itu ini sangat perlu di perhatikan dan file-file yang tersimpan di hardisk yang di rasa tidak penting di buang atau di hapus saja terlebih jika kapasitas hardik kalian sangatlah minim.

Baca Juga : Cara Matikan Windows Defender Secara Sementara dan Permanen di WIndows 10

Ram merupakan penyimpanan yang bertugas sebagai penyimpanan sementara pada komputer. ram digunakan pada saat program sedang di eksekusi atau dijalankan di komputer, jika program yang dijalankan di komputer kita menjadikan ram kita full maka kinerja komputer kita juga akan semakin menurun dan bisa jadi akan Hang.

6. Menggunakan Komputer Seperlunya

jika kita terlalu sering menghidupkan bahkan tidak di pakai juga di hidupkan maka kinerjanya juga akan menurun bayangkan saja jika kita disuruh kerja terus tanpa adanya istirahat maka semakin lama akan semakin melambat maka dari itu ini juga perlu kalian lakukan di komputer.

7. Upgrade Komponen Hardware

Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi, saya lebih menekankan untuk meng-upgrade hardware supaya akselerasi sistem operasinya berjalan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun. Perlu kalian ketahui juga bilamana ingin menambah suatu komponen ke laptop misalnya, laptop anda harus benar – benar sudah lepas dari garansi resmi produsen alias garansinya sudah habis masa berlaku.

Baca Juga : Cara Mematikan Windows Update Secara Permanen Tanpa Ribet Terbukti Berhasil

Setelah masa garansi terlewatkan, saatnya deh sekarang sobat bisa menambah komponen seperti RAM dan Upgrade storage ke SSD supaya saat booting dan membuka aplikasi tidak lama lagi. Belum tentu semua laptop bisa upgrade terhadap dua hardware tersebut, berikut syarat untuk upgradenya.

1. Mempunyai Slot Tambahan untuk RAM

Harus memiliki slot penambah RAM kalau sobat pingin nambah RAM. Pastikan juga RAM laptop onboard atau tidak. Onboard itu RAM yang menempel pada motherboard. Ada dua tipe Slot RAM pada laptop yang pertama RAM Bawaan bisa dilepas dan kedua RAM Onboard, ada satu slot lagi untuk tambahannya.

Saya malah lebih suka pada RAM Onboard, soalnya nanti akan ada slot tambahan untuk upgrade dan peforma laptop akan lebih jauh lagi meningkat kinerjanya karena dia bakal bekerja dalam memori RAM Dual Channel.

Bayangkan saya bila anda mengangkat meja sendirian, pasti akan berasa sangat berat bukan? Terus kalau anda mengangkatnya bersama dengan teman satu lagi pasti akan berasa ringan dari pada sebelumnya.

Hal itu saya ibaratkan kerja RAM Dual Channel seperti itu. Kalau emang Slot RAM Laptop anda tidak begitu, jangan dipaksain deh, mendingan upgrade saja single channel seperti Laptop yang saya gunakan yaitu merk lenovo ideapad 320 yang udah upgrade RAM dari 4gb ke 8GB satu channel.

2. Pindah SSD Harus Punya Slot DVD

Bila anda ingin menambah storage pada laptop kalian menggunakan SSD, sobat cek terlebih dulu apakah ada slot DVD nya atau tidak. Slot DVD tersebut akan dikorbankan untuk dimasukan penyimpanan SSD kalau tidak SSD dipasang pada slot HDD motherboard kemudian HDD dipindahkan ke DVD nya dengan memakai Converter Caddy.

Harga relatif murah kok, anda cukup membeli caddy sama SSD kapasitas 120GB udah cukup untuk penyimpanan OS Windows nya. Seperti halnya anda menambah RAM namun setelah pindah storage ke SSD harus instal ulang windows. Tenang saja sob, file dari data HDD tidak akan hilang apabila pada saat instalasi windows masih dalam tahap benar.

Penutup
Demikianlah ulasan saya dalam pembahasan singkat tentang dunia teknologi laptop dan komputer. Dalam kedua perangkat tersebut memang tak lepas dari OS nya yang sama yakni WIndows. Jadi semua perangkat saya samaratakan karena semua perangkat memiliki fitur windows yang sama juga.

Itulah 7 Cara mempercepat kinerja komputer lakukan semuanya untuk menjadikan komputer kalian lebih baik dan rawatlah komputer sebaik mungkin bukan hanya digunakan saja. semoga artikel tentang cara mempercepat kinerja komputer bisa bermanfaat dan membantu.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *