Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen dan Sementara Terbaru

matikan windows defender di windows 10 terbaru

Cara mematikan windows defender windows 10 terbaru secara permanan dan secara sementara. Fitur bawaan windows 10 kini ada namanya defender antivirus, dimana cara kerja defender ini dapat mendeteksi adanya virus di dalam komputer dan laptop kamu.

Namun banyak yang mengeluhkan fitur ini karena memang menurutnya tidak berguna lagi mengingat masih ada antivirus lainnya yang mempunyai kerja lebih maksimal ketimbang windows defender.

Bagaimana cara menonaktifkan windows defender? Mungkin saya bisa membantu anda dalam mematikan antivirus windows defender ini. Sebelumnya saya hanya ingin mengulas sedikit tentang apa itu windows defender dan fungsi dari antivirus tersebut.

Pengertian windows defender adalah sebuah fitur untuk memaksimalkan kinerja laptop dan komputer yang terinstalasi sistem operasi windows 10. Windows 10 sendiri memiliki beberapa varian diantaranya versi pro dan home. Kedua versi tersebut sama – sama digunakan dalam sistem operasi windows yang anda gunakan sekarang.

Security center windows 10 bisa anda bayangkan sebagai antivirus bawaan windows sendiri. Tujuan nya dibuat antivirus ini dapat mengamankan segala ancaman dalam bentuk virus, namun antivirus bawaan windows ini tidak semaksimal anti virus lainnya, dimana kamu hanya bisa mengecek dan mengetahui virus ringan saja belum bisa mendeteksi adanya virus trojan, rasomware dan sebagainya.

Fungsi windows defender biasa saya gunakan hanya untuk memantau apakah di dalam folder file manager, host, dan folder system32 terdapat virus berbahaya atau tidak walaupun hanya mendeteksi sedikit saja tetapi masih ringan untuk digunakan. Fungsi lain bisa anda ketahui seperti melihat apakah ada update windows terbaru, scan virus, scan folder dan lain sebagainya, bisa anda lihat sendiri di windows defender terbaru.

Namun bagi sebagian orang menganggap bahwa windows defender hanya memberatkan saat startup saja (saat booting) soalnya dia akan bekerja disaat laptop atau komputer dinyalakan untuk memproses pemindaian file untuk kepentingan anda saat membuka komputer/ laptop.

Baca Juga : Cara Mudah Mematikan Windows Update Terbaru 2019

Nah, oleh karena itu saya membuat tutorial cara mematikan windows defender security center di windows 10. Saya akan membagi dua cara dalam penanganan kasus ini, bisa dikatakan sebagai secara permanen dan hanya dengan mematikan sementara waktu saja (saat startup bakal aktif kembali)

Dengan mematikannya anda bisa memasang software yang terdeteksi virus padahal software tersebut bukan virus (bisa dikatakan file berbahaya) contoh halnya seperti ketika kamu sedang mencari keygen untuk aktivasi layanan adobe dan corel, selanjutnya anda bisa membacanya dan berikut ulasan untuk anda.

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows Defender di Laptop dan Komputer Windows 10

Menghapus sebuah sistam aktif akan terjadi beberapa hambatan diantaranya laptop tidak akan ada pemberitahuan update mengenai aplikasi  defender tersebut dan termasuk anda tidak akan didukung langsung oleh microsoft. Namun tak usah khawatir sob, kamu masih bisa menggunakan perangkat dengan aman kok, bisa mengganti anti virus tersebut ke pilihan lain.

Anti virus yang menurut saya sangat membantu ialah avg tuneup, avast, aseet, dan smadav. Pilihan tergantung anda mau pakai mana dari kategori ketiga saya sebutkan tadi. Ingat sob, jangan pernah memasang antivirus terlalu banyak agar tidak memberatkan sistem perangkat. Bagi anda yang tak sabar lagi menuju inti tutorial ini, silakan simak pada berikut ini.

1. Mematikan Windows Defender Secara Sementara Waktu

Langkah pertama ini hanya untuk mengantisipasi apabila kamu ingin memasang aplikasi bajakan yang mengharuskan pakai keygen. Kalau anda bingung pada tampilan antivirus bawaan microsoft bisa ikuti langkah – langkah berikut.

Baca Juga : Cara Baru Mengubah Bahasa pada Akun Google Melalui Laptop dan Android

Pertama, siapkan laptop yang sudah menyala ya sob kemudian bisa pilih Start Menu -> Ketik Defender -> Klik Windows Defender / Langsung Enter.

membuka windows defender di laptop

Kedua, setelah masuk akan tampilan seperti ini, kemudian pilih menu Virus & Threat Protection.

buka virus and threat

Ketiga, kalau sudah berganti tampilan seperti dibawah kalian bisa klik pada menu Virus & Threat Protection Settings.

membuka virus and threat protections settings

Keempat, setelah masuk ke menu tersebut akan menampilan seperti dibawah ini, arahkan kursor Anda ke ikon/ tombol penonaktifan yang bewarna biru di tulisan realtime protection. Nanti akan muncul pemberitahuan bahwa anda mau mematikan, kalau disuruh pilih yes atau no, pilih Yes saja. Matikan hingga berubah warnanya menjadi abu-abu.

matikan defender di windows 10

Setelah itu lanjut deh kalian tadi mau memasang apa, sekarang sudah bisa instal program seperti keygen.

2. Cara Mematikan Windows Defender Secara Permanen Memakai Group Policy

Tutorial kedua ini memang sudah mematikan selamanya walaupun perangkat kamu restart. Beda dengan menonaktifkan dengan sementara ia akan tetap berjalan lagi apabila laptop/ komputer di restart dan dihidupkan ulang. Berikut tutorial dalam penonaktifan fitur protection tersebut.

a. Buka start menu atau bisa tekan tombol windows pada keyboard kamu.

b. Selanjutnya ketikkan seperti ini : gpedit.msc kemudian tekan enter.

c. Lalu akan ada uac prompt, kamu bisa konfirmasi dengan menekan Yes.

d. Setelah itu arahkan kursor untuk memilih Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administratiive Templates -> Windows Components -> Windows Defender Smartscreen -> Microsoft Edge -> Configurate Windows Defender Smartscreen.

Baca Juga : Cara Melihat Stalker Facebook Lewat Laptop, Mudah Nih untuk Cek Penggemarmu

e. Kemudian matikan defender dengan cara memilih pilihan Disabled. Dengan memilih disabled berarti anda tidak akan menerima realtime protection.

memblokir akses antivirus windows defender

f. Setelah itu klik Apply lalu OK, kalau belum percaya ini cara permanen silakan cek saja pada windows defender disana pasti sudah mati protectionnya atau bisa di restart dulu baru cek.

3. Menggunakan Registry untuk Matikan Windows Defender Permanen

Apabila cara diatas tadi belum berhasil anda bisa mematikan defender permanent melalui cara ini. Cara matikan nya memakai windows registry. Sekedar mengingatkan saja kalau menggunakan cara ini sangat berisiko dan berbahaya, jadi jangan salahkan saya apabila cara ini tidak berhasil.

1. Tekan tombol windows pada keyboard anda untuk membuka start menu, kemudian ketikan kata regedit.exe lalu tekan enter.

Baca Juga : Mengatasi Laptop Lambat dengan Upgrade ke SSD

2. Langkah selanjutnya muncul jendela konfirmasi, silakan klik Yes.

3. Arahkan kursor kamu untuk memilih HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM ->  CurrentControlSet -> Services -> SecurityHealthService. Selanjutnya bisa temukan key Start yang dikanan. Apabila kamu tidak menemukan pilihan seperti digambar, klik dua kali pada folder SecurityHealthService nya.

dobel klik pada folder security health service

4. Kemudian klik preferensi tersebut dua kali ganti nilai value menjadi 4 lalu klik OK, kemudian restart komputer atau laptop kamu untuk merasakan windows defender yang tidak aktif.

mengubah nilai value defender

Bagi anda yang ingin menghidupkannya kembali bisa ganti value tersebut ke angka 2 lagi kemudian muat ulang komputer atau laptop kalian.

Itulah ketiga langkah untuk mematikan windows defender sob, kalau kamu menggunakan cara nomor 2 dan 3 harap berhati – hati sob soalnya belum tentu di perangkat kamu malah tidak work dan malah perangkat kamu crash.

Penutup
Demikian ulasan saya tentang dunia laptop dan komputer dengan pembahasan menarik, dengan begitu anda sudah tidak akan ada lagi yang namanya windows defender aktif lagi apabila menggunakan cara permanen namun kalau masih menggunakan cara sementara hanya disaat laptop/ komputer hidup.

Saya sudahi sampai sini mengenai ulasan ini selengkapnya bisa komentar dibawah untuk mempertanyakan persoalan yang sama. Terima kasih sudah membaca artikel saya mengenai cara mematikan windows defender di windows 10 secara sementara dan permanen.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *