10 Tips Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama Tanpa Ada Kerusakan, Dijamin Deh!
10 Tips Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama Tanpa Ada Kerusakan, Dijamin Deh!

10 Tips Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama Tanpa Ada Kerusakan, Dijamin Deh!

Cara merawat laptop semua merk agar tidak lemot dan mudah panas. Tips ini cocok untuk aktivitas produktif anda saat menggunakan laptop supaya tidak mudah rusak. Rawat laptop dengan baik deh.

Cara merawat laptop agar awet dan tahan lama. Merawat laptop baru atau laptop lama sejatinya sama saja. Keduanya memiliki kelemahan dari segi rusak dan anda harus merawat perangkat elektronik ini dengan bagik dan benar agar tidak mudah mengalami kerusakan. Apabila anda sudah laptop rusak, pasti akan disebabkan karena anda males rawat laptop.
tips memelihara laptop agar tahan lama tanpa kerusakan

Memelihara laptop beda dengan memelihara komputer, kalau komputer mau bersihin debu dan lain sebagainya bisa copot casing tanpa ragu akan kerusakan yang ditimbulkan dari tangan kita. Beda lagi kalau anda pengguna laptop, pasti akan kesusahan dalam membersihkan demi dan lain sebagainya ini.

Soalnya kalau laptop baru dibuka casingnya bakal mencopot garansi si laptop itu sendiri. Namun ada tips kok bisa tidak tercabut garansinya untuk laptop baru. Tetapi, bagi kamu user laptop lama bisa kok membongkar casingnya namun dengan cara hati - hati dan meminimalisirlah kecerobohan agar tidak menimbulkan kerusakan fatal.

Baca Juga : cara Mengatasi CorelDraw Tidak Bisa Save, Export dan Print karena Terkunci

Cara merawat laptop yang baik bisa dari segi baterai, software, hardware dan sebagainya. Bisa anda praktekan di beberapa tipe model laptop lenovo, acer, hp, asus, toshiba, axio, samsung dan sebagainya.

Hampir semua laptop sekarang semakin simpel dan ringkes saat dilakukan pembongkaran. Saya memakai laptop lenovo ideapad 320, dibuka enak karena tidak banyak baut yang tertempel dan pastinya baterai tanam, kita tidak repot waktu ingin mencopot casing.

Adapun penyebab laptop mengalami rusak dan cepat panas ini, ternyata ini yang menimbulkan laptop kamu begitu.
  • Debu masuk melalui fan atau kipas yang berada di bawah laptop kamu.
  • Debu masuk melalui keyboard, kok bisa? keyboard laptop memiliki rongga - rongga kecil yang bisa dimasuki oleh debu.
  •  Menaruh laptop dengan kasar, bisa berupa taruh nya sampe berbunyi. Hal tersebut bisa mengakibatkan melemahnya fungsi harddisk kamu.
  • Terkena goncangan saat dibawa naik motor atau malah dibawa untuk berlari (ini sangat fatal).
  •  Lupa menghidupkan anti virus (baik windows defender dan antivirus lainnya).
Daftar diatas adalah penyebab laptop kamu cepat rusak dan tidak akan tahan lama jika sudah mengalami penyebab - penyebab diatas. Mungkin pemeliharaan dibawah ini perlu anda perhatikan agar laptop tidak lemot.

Cara Merawat Laptop yang Baik Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Laptop awet itu opsional karena anda sebagai pengguna harus pandai - pandai dalam merawat barang elektronik ini. Perangkat ini bisa saja rusak sewaktu - waktu karena kelalaian dan kecerobohan anda. Ingat ya, onderdil laptop itu mahal mahal.

Baca Juga : Cara Memunculkan Akhiran Format pada Windows 10

Nah untuk memperbaiki kemahalan tersebut agar tidak menguras kantong kalian. Ikutilah tips dari saya agar laptop tidak cepat rusaknya. Dalam pengalaman saya, akan saya sampaikan disini.

1. Tutup Laptop Saat Tidak Digunakan

Menutup layar hingga rapet agar debu di rumah yang berterbangan tidak masuk ke dalam keyboard yang dapat merusak perangkat keras laptop kamu. Hal itu dapat mengakibatkan laptop cepat panas dan kinerja laptop tidak akan semaksimal dulu.

Jadi, alangkah baiknya jika kalian menutup laptop pada saat tidak digunakan. Ini jangan dilupakan walaupun kamu hanya pergi sebentar saja soalnya debu tak terlihat bisa masuk secara diam - diam tanpa kita sadari.

2. Lebih Baik Shutdown atau Sleep?

Keduanya memiliki fungsi baik dan buruknya. Apabila kalian ingin pergi hanya dalam jangka waktu kurang dari satu jam maka laptop di sleep aja. Demikian dengan ini biar kinerja hardware kamu tidak dipaksa untuk membuka sistem operasi windows. Kalian tau sendiri kan waktu awal booting laptop akan bekerja semaksimal mungkin untuk segera memproses data yang ada di penyimpanan yang membutuhkan kinerja tinggi.

Baca Juga : cara Mudah Menghilangkan Cortana di Windows 10 Secara Permanen

Apabila kalian hendak tidur atau pergi hingga berjam - jam misal 10 jam, nah ini wajib sekali untuk di shutdown atau dimatikan dayanya, Saya aja mematikan laptop kalau laptop sudah bersuhu panas dan sudah mulai lag saat digunakan untuk browsing dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, gunakan tombol sleep pada saat pergi sembentar lalu menghidupkan kembali dan matikan saat menjelang tidur. Apakah bahaya kalau sleep dalam dua hari? Tidak kok, tapi jangan sering - sering saja nanti RAM akan menumpuk.

3. Bersihkan File Sampah

Apabila laptop sudah susah untuk membuka dan melakukan proses apapun (editing, jelajah, nonton film) aja lemot, mendingan pakai cara untuk membersihkan file sampai tersebut. Anda bisa membacanya di artikel sebelumhya tentang cara membersihkan sampah di windows.

Sudah saya sediakan tentang tutorialnya, jadi anda tinggal melakukan sesuai prosedur dari saya. Anda bisa membersihkannya melalui aplikasi dan tanpa aplikasi, itu opsional saja.

4. Gunakan Anti Virus 

Utamanya saya menggunakan windows defender karena tidak membebani kinerja laptop saya. Namun jika kalian ingin memasang smadav, avast atau lainnya yaitu silakan saja karena anda cari amannya agar laptop tidak terjangkit virus yang tersebar melalui flashdisk dan pada saat jelajah di internet.

Semisal kamu punya smadav, nah itu bakal berat pas loading pertama laptop masuk ke homescreen. Nah itu bisa disable melalui task manager. Disananya anda bisa mengatur apakah smadav ini akan dimatikan pada saat startup atau tidak.

5. Jangan Letakkan Laptop Di Atas Kain, Sprei dan Tidak Ada Ganjal

Kain memiliki fungsi menyerap panas dan tidak bisa dilalui oleh angin, apalagi selimut pasti angin akan susah melaluinya. Pas anda meletakkan laptop diatas sprei atau kain, udara yang akan masuk melalui kipas akan terhambat dan itu akan menyebabkan laptop panas.

Jika sudah panas, maka laptop akan restart sendiri atau bisa juga malah hang. Anda tidak mau bukan laptop anda begitu?. Tips nya pakai solusi lain misalnya mengganjalnya agar body laptop agak terangkat dari alas untuk keluar masuk udara yang bikin sirkulasi lancar.

Baca Juga : Ampuh Banget! Cara Mempercepat Laptop Agar Tidak Lemot

Gunakan benda padat untuk mengganjalnya, kalau saya memakai hardcase HP setebal 1cm agar laptop agak naik keatas sedikit. Tetapi bila anda tidak punya, anda harus ada alternatif lain untuk pengganjalnya, bisa juga beli fan cooler agar laptop makin dingin.

6. Instal Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Pada saat laptop baru, pasti anda tidak akan sabar untuk memainkan game kesukaan yang memiliki ukuran kurang lebih sebesar lebih dari 1Gb, misal pubgm atau pubg lite. Nah kedua game tersebut sangat besar dalam memakai space memory dan harddisk kamu.

Apabila ram kamu 16Gb, oke oke aja main game grafik besar. Tapi kalau dibawah itu, apakah rekomended untuk main? tidak gan, jangan paksakan nanti harddisk bisa bad sector dan akan mengalami hang.

Baca Juga : Shortcut Wajib untuk Seorang Beginner Memulai Kerja Menggunakan Laptop dan Komputer

Pasanglah aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda, apabila anda seorang konten kretor anda bisa memasang adobe photoshop, premiere, audition dan after effect (jangan semuanya dipasang).

7. Setelah Garansi Habis, Bersihkan Debu di Bagian Mainboard

Setelah garansi lewat dan dikatakan habis melewati batas maksimum, anda bisa membongkar laptop menggunakan obeng, ingat dengan hati hati dan pelan agar kabel tidak terbutus. Cara membersihkan debu ini bisa menggunakan sikat atau pembersih lainnya yang memiliki tekstur seperti sikat agar debu yang menempel pada prosesor, vga, hardisk, cmos dan lainnya bersih maksimal hingga ke akarnya.

Pada motherboard ini sering banget yang cepat kotor karena dirumah banyak debu. Walaupun debunya hanya tipis dan sangat tak terlihat, apabila sudah menumpuk di mainboard apa boleh buat, laptop kamu akan cepat panas.

8. Merawat Laptop dengan Mengganti Pasta pada Prosesor dan VGA

Prosesor merupakan komponen utama pada komputer dan laptop karena otak perangkat ini ada di prosesornya. Maka dari itu prosesor itu sangat rentan akan hal panas sebab ia akan bekerja terus menerus jika laptop sedang digunakan. Nah untuk VGA sendiri pun sama persih, vga itu hardware untuk menampilkan proses prosesor.

Baca Juga : Cek Dulu Kesehatan Baterai Laptop Sebelum membeli Baru

Jadi kedua komponen itu akan mudah panas apabila tidak dikasih pasta, soalnya pasta bersifat sebagai perantara panas, dan bisa mengubah dari panas ke dingin. Coba cek aja dibagian komponen tersebut pasti diatasnya akan ada pasta yang menghiasi.

Kalau sudah setahun bahkan lebih, anda dianjurkan untuk menggantinya supaya pasta masih fresh dan berair untuk menghantar dingin ke prosesor dan vga nya. Apabila sudah dilakukan, laptop kamu berasa segar kembali.

9. Pelan - Pelan Saat Mencabut Mouse, Flashdisk, dan Charger

Laptop kita juga dilengkapi dengan port - port, diantaranya lan port, usb port, charger port, hdmi port, audio port dan sebagainya. Nah komponen tersebut sangat rentar akan ukurannya karena banyak orang yang melalaikan hal tersebut.

Lalainya bagaimana? Anda pasti mencabutnya dengan paksa, jika susah pasti anda akan menggoyangkan agar bisa tercabut. Hal itu malah mengakibatkan ukuran port semakin melebar dan pada akhirnya tidak bisa berfungsi kembali.

10. Jangan Paksakan Laptop Bekerja 24 Jam

Dalam artian 24 jam itu, digunakan secara terus menerus. Beda dengan komputer apabila digunakan terus menerus ia tetap memiliki peforma yang mantep. Beda lagi kalau laptop, ia akan cepat rusak apabila digunakan terlalu sering dan lupa akan mengistirahatkan perangkat tersebut.

Karena pada dasarnya, perangkat elektronik itu perlu namanya istirahat walaupun hanya sesaat. Anda bisa istirahatkan dengan kurun waktu 2 sampai 3 jam sebelum digunakan. Anda bisa beralih pandangan dari laptop ke hp dulu agar komponen berhenti bekerja.

Penutup

Artikel ini saya ulas dari hasil pengamatan saua dan pengalaman pribadi, jika kalian ingin memberikan masukkan tentang hal tersebut silakan berkomentar pada kolom dibawah agar segera saya cantumkan ke artikel untuk menambah kelengkapannya.

Demikian ulasan kali ini mengenai masalah yang sering terjadi pada saat pemeliharaan laptop. Dengan begitu anda tidak usah khawatir lagi akan kerusakan yang ditimbulkan karena anda sudah bisa meminimalisir dampaknya. Terimas kasih sudah membaca ulasan kami tentang cara merawat laptop agar semakin awet.

Baca juga:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis