Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10, 8 dan 7 Agar Tidak Lemot

membersihkan file sampah sistem supaya ruang kosong harddisk makin banyak

Cara membersihkan file sampah di laptop windows 10. Apakah anda pengguna win 10, 8 dan 7 yang kemungkinan sama? Kalau iya mungkin anda perlu membersihkan laptop dari sampah sistem agar tidak lemot saat digunakan pun nyaman dan berasa sangat ringan.

File sampah biasanya terletak di local disk C (Drive C) ini sangat menumpuk karena sebelumnya kamu menghapus file, mencopot aplikasi dan sebagainya.

Pada saat itu, sistem komputer akan meninggalkan jejak cache (Sampah) yang sangat mengganggu kinerja laptop kamu nih. Ukuran dari file tersebut tidak main – main sob, punya saya kemarin bisa sampai 20GB, itu sangat membuat harddisk partisi C saya penuh alhasil harus segera dihapus agar tidak memberatkan peforma RAM kita.

Sistem akan terus melakukan penyimpanan sampah tersebut di drive c, jadinya anda harus selalu membersihkan sampah sistem tersebut kurang lebih seminggu sekali atau maksimalnya sebulan sekali supaya ruang penyimpanan kamu tidak penuh akibat sampah dari windows sendiri.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop dengan Baik Supaya Kinerja Maksimal

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara supaya kita bisa membersihkan file sampah baik di windows 7, 8 hingga 10 yang membuat harddisk kita penuh sendiri tanpa sebab?.

Nah, sepengetahuan saya saja anda hanya memerlukan 1 aplikasi tambahan kok sisanya hanya menggunakan software bawaan windows.

Tutorial kali ini akan saya kemas singkat saja, anda bisa mengambil poin – poin pentingnya dibawah ini untuk langsung menuju ke inti permasalahan dan solusinya.

Sebelumnya, penyebab menumpuknya file sampah ini apa sih? Kok tiba – tiba ada sampah sistem yang memenuhi drive c saya?.

Nah penyebabnya tidak lain tidak bukan ialah anda sering menghapus file baik itu gambar, dokumen, musik, dan sebagainya namun yang paling dominan buat menumpuk sampahnya adalah pencopotan aplikasi terinstal yang sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga : CorelDraw Tidak Bisa Save dan sebagainya? Menu Terkunci Semua? Bisa Gunakan Cara Ini

Pada saat melakukan proses uninstal ini, pasti software tersebut akan meninggalkan jejak buruk yakni sampah yang dapat mengganggu ruang penyimpanan harddisk kamu.

Untuk itu kamu harus segera membersihkan file sampah di laptop anda itu untuk meningkatkan tersedianya ruang kosong pada drive C.

Tutorial Ini Dapat Membantu Dalam Menghapus File Sampah Sistem di Semua Windows

Dari atas kita tau bahwa hampir semua operasi sistem (OS) windows itu sama tata letaknya yang membedakan hanya sebuah versi, nah untuk windows 10 dan 8 tidak usak pikir panjang untuk mengikuti alur dari artikel ini namun sebaliknya untuk user win 7 harus pikir panjang soalnya belum pasti juga tutorial ini sama dengan windows 7 yang kalian miliki.

1. Membersihkan File Sampah Tanpa Software

Pertema, hal yang harus anda siapkan yaitu laptop anda sendiri ya, kemudian masuklah ke File Explorer.

open your file explorer in windows

Kedua, setelah itu akan ditampilan seperti dilayar, anda bisa menghidupkan fitur Hidden File agar semua Folder tersembunyi dapat dimunculkan. Anda bisa klik dibagian atas bernama View -> Hidden Items.

view hidden items

Ketiga, anda sudah bisa melakukan langkah berikutnya yaitu mencari folder sampah di Local Disk C -> Users -> Asus (sesuai tipe laptop kamu) -> Appdata -> Local -> Temp. Folder “Temp” terletak dibagian bawah jika folder kamu sudah di sort dengan urutan sesuai abjad.

Cara diatas memang sangat ribet ketimbang anda menggunakan dengan cara menekan Icon Windows + R -> Ketikkan %Temp% -> Enter. Sebenarnya sama saja nanti kamu juga ditampilkan seperti jendala dibawah ini (tuto nomor 4).

Baca Juga : Tutorial Menampilkan Format File (Ekstensi) di Windows Explorer Semua Windows

Keempat, nanti di laptop kamu akan muncul jendela seperti ini kurang lebihnya, akan ada banyak folder dan file yang isinya semua sampah. Coba aja deh di cek berapa ukuran semua filenya dengan cara tekan CTRL + A -> Properties. Disini akan ditampilkan jumlahnya berapa MB atau  GB.

size files trash or junk

Kelima, disini anda hanya memerlukan penghapusan semua file yang ditampilkan, anda bisa menyeleksi semuanya dengan cara menekan CTRL + A -> Shift dan Delete (tekan secara bersamaan). Gunanya shift delete itu untuk metode hapus secara permanen dan tidak akan masuk ke recycle bin.

delete permantly

Jika anda masih membuka sebuah aplikasi, maka cache aplikasi tersebut juga akan masuk ke dalam folder TEMP ini, nah untuk solusi bisa menghapus semuanya, close dulu aplikasi yang sedang anda gunakan agar tidak ada lagi sampah yang tertinggal. Jika masih ada jendela yang menyuruh anda “Try again dan Skip” Pilih skip aja.

2. Menggunakan Disk CleanUp Aplikasi Bawaan Windows

Pertama, silakan pada bagian pojok kiri bawah berlogokan windows ditekan lalu langsung ketikkan saja “Disk CleanUp”.

disk cleanup windows

Kedua, Setelah masuk ke software tersebut, anda bisa memilih mau mana yang akan di scan file sampahnya lalu akan segera dihapuskan. Kalau saya hanya menscan drive c saja karena drive tersebut yang sering penuh mendadak. Kemudian kalau anda sudah fix pada pilihan anda, klik OK

disk cleanup membersihkan file sampah

Ketiga, nanti sistem akan scan semua yang ada di local disk c kamu, untuk hal ini memang sangat membutuhkan waktu agak lama. Anda bisa meninggalkan laptop anda untuk melakukan aktivitas diluar laptop sembari menunggu proses hingga selesai.

calculating junk

Keempat, Akan muncul jendela seperti ini, kalau saya sih saya centang semua agar komputer terbebas dari sampah kurang berguna itu. Setelah percentangan selesai, anda bisa klik OK dibawah.

centang semua file dan folder lalu klik OK untuk menghapus

Kelima, Kemudian akan muncul dialog seperti ini “Are you sure want to permanently delete these file?” intinya begini apakah kamu ingin menghapus permanen file ini? Klik delete files.

hapuskan file ini

Keenam, tunggu proses penghapusan kurang lebih tidak lama, setelah itu anda sudah bisa menikmati hasilnya dan lihat di disk c kamu terdapat ruang kosong berapa.

proses hapus disk cleanup

3. Hapus Sampah Tanpa Software, Tadi Kurang Bersih Aja

Pertama, klik Icon Windows + R lalu ketikkan tulisan ini “prefetch” tanpa tanda petik kemudian tekan Enter atau OK.

Baca Juga : Tutorial Menyembunyikan Recent File yang Ada Di Windows 8 dan 10

delete junk in prefetch

Kedua, setelah itu anda akan dihadapkan dengan tampilan File Explorer windows kamu. Nah disini sama, anda Tekan CTRL + A lalu Shift + Delete pada keyboard. Jika muncul jendela Try again dan skip klik bagian skip aja.

membersihkan semua sampah tak berguna

Ketiga, silakan cek kembali harddisk kamu, apakah semakin menambah daya kapasitasnya? kalau iya berarti anda sudah berhasil pada tahapan ini.

4. Memakai Aplikasi CCleaner, Mudah dan Gratis

Pertama, kalian unduh dulu CCleaner nya di website resminya, atau bisa melalui link berikut ini : CCleaner Gratis. disini anda bisa cari tulisan Download Free version, nanti akan scroll kebawah secara otomatis, kemudian pilih yang Free Download pada kolom nomor satu dari kiri.

Nanti akan disuruh memilih paket free mau pakai server unduhan mana, kalau saya yang paling atas sendiri yaitu download.com. Dan silakan pilih tombol download now, dan nantinya bakal unduh otomatis kok dengan ukuran file sekitar 20,2 MB saja.

ccleaner profesional

Kedua, instal software tersebut seperti layaknya anda memasang sebuah aplikasi dimana proses pemasangannya cukup mudah, mungkin kalian sudah tau dan saya tidak akan beritau kepada anda karena ini tutor sangat basic. Kemudian buka CCleaner nya dan tampilannya akan seperti dibawah.

user interface ccleaner

Ketiga, langsung saja pada tombol Analyze di klik dan tunggu hingga proses menginisiali file sampah pada sistem komputer anda berjalan sampai proses selesai.

menganalisa semua data

Keempat, disini anda sudah selesai dan paha tahap berikutnya anda bisa melakukan klik di tombol bewarna biru di bagian kanan bawah layar aplikasi tersebut. Tombol Run Cleaner itu berfungsi untuk menghapus semua file sampah yang ada pada tampilan ccleaner itu.

tombol pembersih

Kelima, akan muncul dialog dimana jendela tersebut tidaklah sangat penting jadi di klik Continue aja untuk melewati notif itu.

dialog

Keenam, proses menghapus ini akan memakan waktu cukup lama jika file yang terdeteksi tadi banyak. Namun apabila hanya beberapa seperti punya saya kemungkinan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk memprosesnya.

proccessing cleaner

Ketujuh, disini sudah selesai, namun apabila kurang begitu bersih anda bisa mengotak – atik saja semua fitur yang ada disana, Kalau saya memberikan tutor sampai detail akan lebih panjang lagi.

ccleaner finish

Apabila cara menggunakan ccleaner ini kurang begitu memperingan beban disk c anda, kemungkinan anda harus mencopot beberapa aplikasi yang memberatkan, misal game, sebab game akan membutuhkan banyak space kosong untuk menyimpan data – datanya.

Ada satu lagi pada aplikasi corel dan adobe, tipsnya instal seperlunya aja jangan semua dipasang sebab itulah yang akan buat penuh harddisk c kamu.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda karena sudah melakukan pembersihan disemua folder dan menggunakan aplikasi tambahan untuk menghapus file sampah.

Dengan begitu kalian akan mendapatkan peforma laptop makin kenceng dan stabil apabila digunakan untuk editing, menulis, game dan lain sebagainya. Terima kasih sudah membaca cara membersihkan file sampah di windows, dan akan menghilangkan sampah sistem selamanya.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *