Cara Mengatasi CorelDraw Tidak Bisa Save, Export dan Print di Semua Versi, Mudah Kok!

mengatasi corel terdeteksi illegal

Cara mengatasi coreldraw tidak bisa save, print dan export. Pada bulan kemarin, pihak corel sudah menyeleksi sebagian penggunanya yang memakai software bajakan atau illegal, hal ini dibuktikan dengan adanya notif pesan khusus berisikan software corel draw illegal kemudian pada menu file save, export, print dan lainnya tidak bisa digunakan.

Corel ini memiliki beberapa versi diantaranya varian x4, x5, x6, x7, dan versi terakhir yakni x8. X disini disimbolkan dengan angka 10 karena dalam huruf romawi ‘X’ itu berarti sepuluh, jadi developer corel draw membikin varian nya dengan tujuan khusus yaitu mempermudah pengingatan user nya.

cara membuka menu file terkunci

Bagaimana sih untuk memperbaiki masalah tersebut agar mudah di tangani dan dapat mendapatkan solusi nya? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas hal tersebut karena software corel saya mengalami hal serupa yang harus dilakukan tindakan untuk memperbaikinya.

Tutorial Menangani Corel Draw Error yang Terkunci Fitur dalam Menu File

Disini kamu hanya membutuhkan file mentah coreldraw nya karena cara satu – satunya hanyalah diuninstal yaa, saya belum menemukan solusi agar tidak mencopot aplikasinya, oleh karena itu saya hanya bisa memberikan tips supaya tidak kena perombakan illegal dari developer.

1. Saya anggap anda sudah mencopot perangkat lunak corel nya ya, karena ini tutorial basic banget. Bagi kalian yang belum tau saya beri tau agar semua orang baik pemula bisa merasakan pencopotan nya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Recent File di Windows 8 dan 10, Sangat Mudah!

1.1 Carilah Control Panel dimana disetiap windows berbeda letak fitur ini, kalau di laptop saya (windows 10 pro belum update) bisa ditemukan dengan cara menekan tombol Windows X -> Control Panel -> Programs -> Program and Fearure -> Lalu akan tampil banyak aplikasi terpasang, pilih coreldraw -> Klik Kanan -> Uninstal -> Done.

mencopot pemasangan corel

2. Setelah dicopot, langkah selanjutnya ialah download terlebih dulu corel drawnya bisa melalui google.

3. Bagi yang sudah download, ekstrak dulu filenya hingga kebuka semua isi kemudian jangan di instal dulu sebelumnya kamu harus melakukan ini.

3.1 Buka Control Panel bisa tekan Icon Windows + X atau cari di menu pencarian windows ketikkan control panel.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Instal APK melalui Perangkat HP dan PC, Gampang kok!

3.2. Pilih menu System and Security hingga muncul menu baru pilih Windows Firewall -> Cari menu Advanced Setting (ada di bagian kiri layar) -> Pilih Outbound Rules (Juga ada di pojok kiri atas layar) -> cari menu New Rules yang ada di pojok kanan atas.

blokir koneksi internet ke corel draw

3.3 Setelah klik new rules akan muncul menu baru dimana kamu hanya memerlukan klik Next saja -> Muncul menu baru disini anda harus memasukkan sebuah program yang menghubungkan internet ke corel dan anda harus mencarinya.

Baca Juga : Tips Memelihara Laptop Agar Tidak Cepat Panas, Coba Deh!

3.4 Anda bisa menemukan file nya di Local Disk (C:) -> Program Files (x86) -> Corel -> CorelDRAW Graphics Suite X6/ X7/ X8 (sesuai versi corel kalian)  -> Connect -> Klik pada Connect.exe -> Open -> Klik Next terus (jika menemukan ada menu allow the connection dan block pilih block saja karena kita perlu blokir internet masuk ke aplikasi corel -> Klik Next -> Next -> Isikan nama terserah keinginan anda -> Finish.

memblokir firewall aplikasi

4. Disini kamu sudah memblokir akses internet masuk ke coreldraw, dengan demikian anda sudah berhasil mengikuti tutorial yang saya berikan agar mengatasi masalah anda dan segera mendapatkan solusi terbaiknya.

Baca Juga : Shortcut Ini Perlu diKetahui Orang Saat Menggunakan Windows

5. Bagi kamu yang belum paham bisa tonton video dibawah untuk lebih jelasnya mengenai error corelnya dan terdeteksi illegal harus membayar sekian dollar kalau ngga salah 520 dolar.

Sedikit tips nih, untuk masalah diatas sudah teruji di x3, x4, x5, x6, x7 dan x8. kalau lebih amannya sih ketika pertama kali buka corelnya anda tidak disarankan untuk menggunakan internet, kalau mau memakainya sewaktu udah kebuka aja aplikasinya karena program software tidak akan mengidentifikasi adanya bajakan.

FAQ
Q : Kenapa lho nyuruh unisnstall kalo ujung2nya butuh file connect.exe? gimana caranya browse kalo disuruh unistall dulu?

A : Diatas udah dijelaskan loh, setelah uinstal tuh saya suruh instal lagi supaya Anda bisa browse file Connect sebelum menjalankan aplikais coreldraw nya, jadi saya maksudkan tuh copot dulu biar aplikasi tidak terdeteksi, kalau ngga di copot memang susah untuk mengembalikannya, terus fungsi blokir firewall connect tuh supaya tidak ada lagi koneksi apapun (wifi) masuk ke coreldraw. Baca baik – baik supaya tidak ada lagi kesalahan.

Penutup

Demikian ulasan bermanfaat untuk anda, semoga dengan artikel ini di tulis banyak orang yang tau akan bahayanya bajakan namun masih bisa diatasi kok dengan cara diatas yakni mengatasi coreldraw tidak bisa print, save dan export. Mudah kok tinggal ikuti tutornya, selamat mencoba!!!.

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *