Kekurangan dan Kerugian Terhadap Sistem Pelaksanaan UNBK di Indonesia
Kekurangan dan Kerugian Terhadap Sistem Pelaksanaan UNBK di Indonesia

Kekurangan dan Kerugian Terhadap Sistem Pelaksanaan UNBK di Indonesia

Kekurangan dari pelaksanaan UNBK tahun ini akan berdampak negatif untuk pemerintah karena akan mengalami kerugian.

Menguak Kerugian dari Sistem Kerja Teknologi UNBK, bagi siswa!! – sudah pada tahu kan, di tahun 2019 ini bakal ramai – ramainya pemberitaan bahwa UNBK bakal diadakan 100% di seluruh sekolah di Indonesia. Terutama untuk jenjang pendidikan SMP, SMA, dan SMA sederajat.Dinilai banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh semua kalangan. Kendati demikian banyak kekurangan dari pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer karena akan menimbulkan dampak negatif yang cukup buruk.
kerugian yang ditimbulkan UNBK

Tapi apakah benar? Cuma keuntungan saja yang bisa siswa dapatkan. Tentu saja tidak,  masih ada beberapa hal tabu yang siswa tidak ketahui akan penyelenggaraan siswa UNBK ini. Yapp, kerugiannya untuk siswa.

Pertama, mari mengenal dulu apa yang dimaksud dengan UNBK. Menurut POS UN, pengertian UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawababnya.. Yang dimana hal itu sangat berbeda dengan UNKP yang masih menggunakan kertas dan terselenggara pada Ujian Nasional SD.

Berawal dari uji coba hanya berjumlah 2 sekolah (SMP) saja di tahun 2014, peningkatan yang signifikan terlihat jelas pada tahun kemarin.

Baca Juga : Contoh Soal Desain Multimedia Kelas 12 Beserta Jawabannya

Dilansir dari tirto.id mengatakan bahwa “pada un tahun 2018, sebanyak 78% peserta didik mengikuti UNBK atau sebanyak 6.293.552”. Alasannya adalah penggunaan sistem resource sharing yang dimana sekolah yang belum mampu menyelenggarakan UNBK, bisa numpang ke sekolah lain (masih dalam cakupan 1 domisili wilayah).

Senang donk, Indonesia sudah ada perubahan Era Modern secara signifikan. Bukan hanya teknologi seperti smartphone, internet, dan lainnya saja. Yang dimana sangat memudahkan aktivitas masyarakat, murah pula.

Di UNBK sendiri yang bisa didapatkan para peserta ujian pun sangat beragam, tapi disini admin akan menguraikannya secara global (siswa, guru, panitia).

  1. Pengeluaran kertas bisa diminimalisir donk tentunya. 
  2. Faktor geografis menjadi hal utama yang diperhatikan. Bisa memudahkan pemerintah dan guru. Jadi tidak perlu yang adanya antar jemput soal, yang dimana juga rawan akan terjadinya pencurian soal tersebut.
  3. Menumbuh kembangkan pengetahuan guru soal IPTEK. Terutama untuk guru yang masa usianya sudah tidak muda lagi.
  4. Pelaksanaan simulasi semakin memudahkan siswa untuk lebih siap lagi dalam cakupan hal pengoperasian computer dan cara kerja UNBK itu sendiri.
  5. Menghemat waktu, kalau di UNKP (kertas) harus menulis manual mulai dari nama, no, dsb
  6. Koreksi  yang tidak perlu dirisaukan ketepatannya, karena data langsung masuk ke operator (pengawas)
  7. Tinggal klik – klik dan juga ada fitur ragu – ragu, yang mana para siswa bisa menggunakan hal itu jika ingin melewati soal tersebut dan menuju soal berikutnya.

Eitts, bentar. Karena berkaitan dengan tata cara kerja UNBK. Tidak afdol jika tidak menyebutkan hal yang berkaitan seperti gimana sih soal UNBK itu bisa masuk ke server sekolah, dan dikerjakan oleh para siswa dengan cara offline?

Yapp beikut ini adalah urutannya :

  1. Server pusat/pemerintah memberikan soalnya secara online lewat perantara proctor dengan cara sinkronisasi. Jika sinkronisasi terlambat atau pun gagal maka akibatnya akan terjadi kemunduran waktu ujian.
  2. Proktor yang bertugas tersebut mengoperasikannya dan memberikannya kepada setiap operator di masing – masing ruangan UNBK
  3. Dimulai dari sini lah soal – soal tersebut diberikan kepada para peserta. Dengan acuan per peserta adalah nomor tokennya.
  4. Untuk mengimbangi kinerja operator tersebut, diberikan tambahan tenaga pengawas 1-2 orang untuk membantu pengecekan jika ada masalah/trobel di PC yang bersangkutan. (melaporkannya kepada teknisi yang bertugas)

Tapi seperti pada judul di atas, beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan pasti ada pula kerugian yang turut andil di dalamnya. Jadi jangan senang dulu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sistem kerja-nya. Tapi perlu digaris bawahi yang saya maksud adalah para siswa yang tidak belajar dengan serius, plus mengandalkan teman untuk menjawab soal tersebut.

Adanya Sistem Pengacakan Soal yang sudah ter-enkripsi

Sistem seperti apa itu?

Ada pemrogaman sistem UNBK yang dimana komputer nomor 1 sampai dengan nomor 20 disediakan butir soal yang sangat berbeda. Tapi masih sesuai dengan kisi – kisi UNBK tahun tersebut.

Jadi setiap siswa bakal menemukan soal yang berbeda di setiap PC. Berbeda dengan ujian kertas yang sudah ada bocoran bakal ada 5 atau 2 paket soal.

Contekan pun sangat mustahil, dan bakal bisa dilakukan jika kedua siswa saling menyebutkan keseluruhan naskah soal yang ada di monitor UNBK tersebut. Repot gk sih, belum lagi waktunya juga mepet.

Kalau saya sih bakal mikir ulang untuk mencontek dan memberikan contekan. Karena bakal jadi bumerang.

Belum lagi adanya model soal tambahan HOTS yang dimana pemikiran kritis sangat diperlukan dan membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengerjakan 1 butir soal saja.

Pengaturan Sesi sebanyak 3 waktu

Ini sih tergantung kamunya ya. Tapi menurut saya sendiri hal ini bisa menjadi penentu psikologis akan mental yang dirasakan para siswa. Yang paling kurang beruntung menurut saya adalah yang mendapat bagian di sesi terakhir. Siang menuju sore, males – malesnya, dan bisa jadi apa yang kamu pelajari semalam hilang dalam sekejab.

“BOCORAN SOAL UNBK” tidak pernah tembus

Yang saya maksud bukan hanya naskah asli soal UNBK tahun mendatang saja. Melainkan tahun – tahun sebelumnya yang dimana sejak diselenggarakannya sistem ini pengedaran naskah asli di internet pun sangat minim. Walau pun ada, tapi tidak menyeluruh di semua soalnya.

Ya pastinya kamu tahu penyebabnya. SOALNYA ada di sistem server UNBK, bukan di lembaran/kertas soal seperti pada UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil).

Tapi semua itu bisa kamu lewati dengan baik dan meraih nilai memuaskah pada Ujian Nasional yang akan diadakan mendatang dengan cara mempelajari keseluruhan materi yang acuannya dari kisi – kisi UNBK dengan baik. Menganalisanya, serta mencari contoh soal yang tepat untuk materi yang terdapat pada poin di kisi – kisi tersebut.

Baik kamu yang berada di jenjang sekolah SMA, SMP, maupun SMP. Cara itu masih bisa digunakan dengan baik, karena poin yang sudah saya sebutkan di atas. TEKNOLOGI

Mencari soal – soal latihan UNBK di internet, dan install aplikasi UNBK di android pun juga bisa menjadi alternatif belajar yang perlu sobat lakukan.

Karena saya rasa masih banyak juga sih yang membutuhkan soal – soal di internet, dan jarang yang membeli buku – buku soal latihan tersebut karena tidak mau mengeluarkan uang sepeser pun. Karena mengira UN hanya 1 kali saja, dan bukunya bakalan tidak terpakai di kemudian harinya.

Tapi bukan berarti hal OFFLINE seperti buku tersebut tidak berguna juga sih. Kan bisa diberikan kepada adik – adik kelas kamu.

Loh gan, bicara soal UN(BK), Kan hasilnya tidak menentukan kelulusan?

Pangaplikasian tanggung jawab, dan penerapan ilmu akan anda rasakan saat sudah berada di dunia nyata. Sekolah saja main – main, gimana saat sudah dewasa dan mempunyai tanggung jawab yang lebih besar.

Baca juga:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis