Peluang Usaha Jualan yang Laku di Sekitar Tempat Kos Mahasiswa
Peluang Usaha Jualan yang Laku di Sekitar Tempat Kos Mahasiswa

Peluang Usaha Jualan yang Laku di Sekitar Tempat Kos Mahasiswa

Meraih keuntungan dengan membuka jenis usaha yang bisa diperjual belikan pada anak kos khususnya mahasiswa universitas. Selengkapnya ada di ulasan ini

usaha berjualan menguntungkan mahasiswa
Peluang usaha yang bisa dilakukan di kos - kosan deket kampus untuk bisnis kreatif mahasiswa. Walaupun hanya usaha kecil, Anda bisa loh mencukupi kebutuhan mereka sebagai anak kampus yang terkenal dengan keiritannya waktu diakhir bulan. Anda tidak perlu tergesa - gesa mengembangkan bisnis anda cukup dengan memulai usaha dari nol hingga mendapat omzet jutaan.

Dibangunnya sebuah sekolah atau perguruan tinggi biasanya diikuti dengan munculnya peluang penyewaan tempat hunian mahasiswa atau akrab disebut kos-kosan mahasiswa di sekitar sekolah/perguruan tinggi tersebut. Menjamurnya kos-kosan mahasiswa ini pada akhirnya membuka peluang usaha yang lainnya, dimana ada kebutuhan disitu ada peluang usaha.

Menetapnya penghuni kos-kosan mahasiswa merupakan peluang untuk berjualan kebutuhan mereka baik itu kebutuhan pribadi maupun kebutuhan lainnya sebagai mahasiswa. Fenomena seperti ini memang tidak aneh dan terlihat di daerah-daerah sekitar kampus, banyak pelaku usaha yang membuka usahanya berdekatan dengan kosan mahasiswa.

Baca : SMA Bisa Menghasilkan Uang Sendiri dengan Membuat Peluang Usaha Ini!

Bagi anda yang ingin juga merasakan manisnya usaha berjualan di sekitar tempat kos mahasiswa, ada baiknya menganalisa dahulu usaha apa yang akan dijalankan sesuai dengan kemampuan modal dan keinginan anda. Sebagai referensi ringan berikut kami informasikan jualan yang laku di sekitar tempat kos mahasiswa. Informasi ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan di sekitar kos mahasiswa. Begini-begini juga saya pernah kuliah lho :), yuk kita simak uraiannya.

Jualan Menguntungkan Di Lingkungan Kos Anak Kampus

Kenapa sih bisa menguntungkan? bagi sebagian orang yang tinggal disekitaran kampu pastinya tidak akan melewatkan kesempatan emas ini untuk berniaga pada cakup lingkungan university. Kebanyakan anak kampus itu orang imigran yang datang kedaerah Anda setempat untuk melanjutkan sekolahnya di universitas. Mau tau peluang berbisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda yang berdomisili sekitaran universitas?

1. Membuka warung makan 

rumah makan

Penghuni kos mahasiswa juga manusia ya, jadi punya kebutuhan pokok yang sama, makan, minum, istirahat, dan lainnya. Bagi anda yang punya kemampuan memasak, nah cocok untuk membuka warung makan. Agar laku dan ramai, harga makanan harus murah, ya tahu sendiri khan seorang mahasiswa harus pintar berhemat, salah satunya hemat makan, karena budget bulanannya terbatas.

Meskipun murah, tapi tetap harus enak, ya sesuai dengan lidah mahasiswa umumnya. Masalah enak atau tidak memang relatif dan subjektif ya. Namun intinya secara umum bisa diterima oleh pembeli.

Nilai plus apabila warung makan juga dilengkapi dengan aneka minuman, minuman dingin atau panas, dan juga berjualan barang pendukung kehidupan lainnya seperti rokok,korek api, sabun mandi, sikat gigi, odol, shampo, detergen, sabun cuci piring, mie instan, makanan camilan, dan lainnya. Dengan cara ini peluang jualan anda laku setiap hari lebih besar.
     

2. Warung kelontongan 

jualan bahan masakan

Meskipun saat ini si Alfa dan si Maret menjamur kemana-mana, namun tetap ada peluang bagi warung kelontongan biasa untuk menjalankan usahanya. Karena tidak semua penghuni kos mahasiswa mau ke swalayan modern,apalagi beli barang sedikit dan harus antri panjang lagi, mereka lebih memilih untuk membeli di warung kelontongan terdekat, jadi meskipun belum mandi tidak malu-malu amat hehehe

Baca : Mahasiswa Mendapatkan Peluang Usaha Dengan Apa? Berikut Contoh Bisnisnya

Agar ramai dikunjungi pembeli, warung kelontongan harus lengkap menyediakan produk untuk kebutuhan rutin maupun kebutuhan non-rutin. Kalau ditulis disini produknya pasti akan panjang sekali, bisa ringkas saja dengan dikelompokan. Untuk kebutuhan pokok, makan dan minum, misalnya beras, mie instan, roti, makanan camilan dan berbagai minuman.

Produk selain kebutuhan pokok yaitu penunjang kehidupan, karena mahasiswa hidup mandiri  jadi semua kebutuhannya dikerjakan sendiri seperti mencuci baju, sepatu, dan lainnya. Produk yang rutin dibutuhkan diantaranya sabun mandi, sabun cuci, detergen, shampo, sikat gigi, pasta gigi, dan pewangi/parfum. Jadi tidak usah khawatir meskipun banyak swalayan modern berdiri, warung kelontongan biasa tetap bisa eksis dan laku berjualan di sekitar tempat kos mahasiswa.

3. Jualan Isi Ulang Air Minum 

isi ulang galor

Dengan kesibukan aktivitas sebagai mahasiswa, memasak air untuk konsumsi minum sehari-hari menjadi hal yang merepotkan. Hal ini menjadi peluang usaha untuk berjualan Air minum galon isi Ulang. Dengan harga lebih murah dibanding yang branded, apalagi ditambah dengan service delivery ke alamat pembeli, usaha isi ulang air minum berpotensi laku terus.

4. Jualan Pulsa dan Kuota Internet 

berniaga kuota internet

Dahulu jasa komunikasi berupa wartel laku keras, apalagi saat tarif malam, pasti penuh tuh wartel. Itu dulu ya hehe. Jaman now sudah berubah, mahasiswa tidak membutuhkan lagi wartel karena memang sudah pada tutup lalu munculah handphone atau smartphone canggih.

Baca : Anak Millenials Wajib Pakai Aplikasi Legit Hasilkan Pulsa Ratusan Ribu!

Keberadaan handphone dinilai positif karena membantu aktivitas mahasiswa baik dalam kesehariannya maupun aktivitas belajar. Materi kuliah dengan mudah diakses melalui internet. Berkomunikasi dengan orang tua dapat terjalin secara intensif baik melalui percakapan biasa maupun dengan video call. Namun agar fungsi tersebut berjalan handphone membutuhkan pulsa dan atau kuota internet. Disinilah peluang usaha berjualan pulsa dan kuota internet muncul.

Berjualan pulsa atau kuota internet dapat dengan mudah dijalankan. Berbekal handphone anda bisa mengisi pulsa hp orang lain dengan cara anda bergabung menjadi reseller pulsa di counter hp ataupun di website provider pulsa.

Apabila memiliki modal yang cukup anda dapat membuka juga counter handphone, yang melayani jual beli hp baik seken atau baru, pengisian pulsa dan kuota internet, penjualan accesories hp, atau sekaligus membuka service handphone. Potensi jangka panjang dari usaha di bidang ini diprediksi bagus karena komunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

5. Laundry Kiloan 

laundry kiloan murah

Jasa cuci pakaian atau laundry lazim ditemukan di sekitar tempat kos mahasiswa. Kesibukan menjalankan kewajiban menimba ilmu di kampus membuat tidak ada waktu untuk mencuci pakaian. Meski tidak ada waktu untuk mencuci pakaian, penampilan dan kebersihan diri tetap harus dijaga kan, karena tidak ada mahasiswa yang mau mengenakan pakaian kotor dan bau ke dalam kampus.

Jasa laundry melihat peluang usaha tersebut dan menyediakan layanan laundry kiloan. Laundry kiloan dipandang lebih murah bagi mahasiswa dibanding dengan laundry satuan. Harapannya tentu saja pelanggan laundry akan terus bertambah.

6. Jasa fotocopy dan ATK

jualan alat tulis kantor lengkap

Salah satu kebutuhan mahasiswa berkaitan dengan tugas belajarnya yaitu jasa fotocopy dan penjualan alat tulis kantor. Jasa fotocopy sebenarnya terkonsentrasi di sekitar kampus/sekolah, dan di sekitar kampus terdapat juga kos-kosan mahasiswa. Jadi target dari jasa fotocopy ini dari konsumen umum dan mahasiswa.

Baca : Wajib Tau! Cara Menghilangkan Minder Buat Suksesnya Usaha Baru!

Menjelang ujian dan penyusunan skripsi jasa fotocopy rutin dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain jasa, usaha ini dilengkapi juga dengan penjualan alat tulis kantor (ATK) yang memang biasa dibutuhkan oleh mahasiswa. Agar jasa usaha fotocopy ini laku dan ramai harus memperhitungkan harganya, tidak terlalu mahal dan sesuai dengan harga pasaran. Selain itu faktor kecepatan pengerjaan juga menjadi faktor pembeli datang.

Penjualan ATK biasa melekat pada usaha fotocopy, terlebih apabila barang ATK yang dijual lengkap, sehingga pembeli tidak usah pergi ke toko lainnya. Modal yang dibutuhkan memang lumayan besar, terutama untuk mesin fotocopy. Untuk menekan permodalan tinggi biasanya mereka membeli mesin fotocopy yang seken/bekas.

Jenis usaha lainnya yang berpotensi laku di sekitar kos mahasiswa masih banyak, namun informasi di atas setidaknya mewakili kondisi secara umum yang ada di sekitar kos mahasiswa. Apabila anda ingin mengetahui peluang usaha lainnya, silahkan berkunjung ke blog Masdinko yang mengulas berbagai bisnis dan usaha serta informasi terkini lainnya. Semoga bermanfaat.             

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar