Pesona Keindahan Wisata Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen
Pesona Keindahan Wisata Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen

Pesona Keindahan Wisata Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen

Manjakan mata dengan datang ke pantai lemupurwo wisata seru di kebumen yang kental akan sejarah

pantai jateng kental akan sejarah, lembupurwo
Pantai laguna lembupurwo terletak di kecamatan mirit, kabupaten kebumen, jawa tengah yang masih asri pemandangan lautnya dilengkapi dengan edukasi alamnya mengenai sejarah pantai tersebut.

Ketika anda sedang mampir di kebumen, tidak asing lagi jika menyantap sate ambal khas kebumen sambil menikmati indahnya suasanya laguna yang kaya akan bahari.

Jangan lewatkan untuk mampir ke tempat ini karena pesona nya tidak kalah cantik sama destinasi buat piknik lainnya sebab disini anda juga disuguhi dengan keelokan dan keasrian pepohonan nan rindang, rumput hijau yang menyejukkan mata memandang.

Dijamin anda akan merasa puas, nyaman dan pikiran kembali fresh kembali karena disini bisa memandang laut lepas, hutan lebat, banyak tempat makan, dan yang sangat diidolakan ialah berkumpul sama keluarga adalah salah satu momen yang paling menggemberikan diantara lainnya.

Baca : Arah Jalan Menuju Ke Pantai Nguyahan Gunungkidul, Yogyakarta

Sebagian para pecinta traveling mungkin sudah tak begitu asing dengan keberadaan Pantai Lembupurwo. Salah satu keunikan dalah pantai cantik yang ada di kawasan Kabupaten Kebumen ini adalah adanya pesona laguna yang dimiliki.

Pantai yang lebih tepatnya berada di kawasan Desa Lembupruwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen ini tidak terlalu jauh dari jalan raya Daendels yang merupakan jalan alternatif antara Kebumen-Yogyakarta yaitu sekitar 1 km.

Eksplorasi Keindahan Pantai Laguna Lembupurwo

1 Pantai dengan Pasir Hitam

Pantai Lembupurwo ini sebenarnya tampak tak terlalu berbeda dengan beberapa pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Bocor, Pantai Petanahan, Pantai Ambal, dan Pantai Suwuk yang memiliki pasir hitam. Meski tidak seperti kebanyakan pantai dengan pasir putih yang bersih, keberadaan pasir hitam ini justru memberikan keeksotisan tersendiri pada kawasan pantai tersebut.

2 Keindahan Laguna

Keunikan dan keistimewaan yang tersaji dari Pantai Lembupurwo yang berada di kawasan Kebumen ini adalah pesona keindahan dari laguna yang ada di sana. meskipun sama-sama memiliki pasir hitam sebagaimana yang ada di pantai lain di sekitar pantai tersebut, namun pantai ini memiliki laguna yang mungkin tidak bisa dijumpai di tempat lain.

Baca : Kenali Budaya Ubud Pulau Dewata Bali

Laguna ini berbentuk seperti telaga air payau yang berada di dekat pantai dan dipisahkan oleh hutan cemara udang. Laguna ataupun telaga payau tersebutmerupakan muara dari Sungai Mawar. Lekukan aliran sungai yang berada di kawasan laguna tersebut ditumbuhi pohon bakau yang semakin menambah keindahan dan suasana asri di kawasan tersebut.

3 Jembatan Penyeberangan Sederhana Di Laguna

Hal unik yang bisa dijumpai ketika berkunjung ke kawasan Pantai Laguna Lembupurwo adalah pengunjung diharuskan untuk menyeberangi telaga payau tersebut guna menuju ke cemara udang dan pantai. Saat ini, sebagai akses menyeberang telaga telah disediakan jembatan penyeberangan sederhana yang terbuat dari bambu.

Keberadaan jembatan penyeberangan ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menikmati keindahan dan suasana alami yang ada di kawasan tersebut. Sambil menyeberang, pengunjung bisa menikmati keindahan tanaman mangrove (bakau) yang memang tumbuh dengan subur di sepanjang laguna tersebut. Selain adanya hijaunya tanaman bakau, pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai ikan kecil yang berenang di sekitar bawah jembatan.

4 Berkeliling Laguna dengan Perahu

Cara lain untuk bisa menikmati keindahan dan suasana berbeda dari laguna di Pantai Lembupurwo adalah dengan naik perahu yang bisa disewa dari nelayan. Pengunjung bisa menyewa perahu genjot ataupun perahu nelayan untuk mengelilingi telaga dengan hutam cemara udangnya.

5 Gumuk Pasir yang Unik

Selain keindahan lagunanya, Pantai Lembupurwo masih memiliki keunikan lain yang sayang untuk dilewatkan. Pantai tersebut memiliki fenomena unik yaitu berupa gumuk pasir yang masih aktif. Ketinggian gumuk pasir yang ada di pantai tersebut jauh berbeda dibandingkan pantai lain yang ada di kawasan Kebumen.

Baca : Liburan Kekinian Di Bandung Akan Menambah Foto Instagram Kamu!

Pengelolaan yang baik masih diperlukan untuk peningkatan potensi wisata di kawasan pantai tersebut termasuk dengan pengelolaan kawasan gumuk pasir tersebut. gumuk pasir ini bisa dimanfaatkan sebagai atraksi wisata untuk berselancar pasir atau yang dikenal dengan sandboarding yang memang cukup populer saat ini.

6 Berteduh di kawasan hutan cemara udang

Keberadaan hutan cemara udang tersebut bisa menjadi salah satu kawasan yang seringkali digunakan untuk berteduh oleh pengunjung setelah menikmati aktivitas di bawah sinar matahari di sekitar pantai. Di sekitar kawasan hutan cemara tersebut juga tersedia beberapa warung makanan yang menyediakan beberapa menu makanan dan minuman sederhana yang siap menemani waktu istirahat seperti sate Ambal, es dawet ireng, ataupun es kuwut.

Penutup
Demikianlah atas luang waktu anda dalam membaca artikel mengenai pesona kedindahan laut lepas di pantai lembupurwo, mirit, kebumen, jawa tengah. Dengan begitu anda akan dimanjakan sama keelokan alamnya yang sungguh mempesona di tempat liburan tersebut. Selamat berlibur!!!

Baca juga:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis