Cara Melakukan Hard Reset Atau Factory Reset Di Android

hard reset smartphone

Hard Reset atau Factory Reset merupakan cara paling ampuh untuk merecorvery data atau mengembalikan performa Android seperti setelan awal bawaan pabrik. Mungkin secara umum, Factory Reset ini menjadi pilihan dan bisa menjadian solusi untuk sebagian besar permasalahan yang selalu di dapat di hanphone Android, factory reset ini menghilangkan semua data dari hp karna merecorvery data yang bandel atau non bandel di hp akan otomatis terhapus semua.

Jika gadget Anda performanya sudah usang dan tidak memungkinkan lagi buat dibikin mainan, sosial media, game atau hanya berbalas chatting saja sudah ngelag. Nah untuk mengatasi smartphone lemot anda harus mengatur ulang ke setelah pabrik lagi untuk meningkatkan kecepatan mesin yang sempurna seperti baru beli.

Mengenai kelemotan gadget yang anda miliki, bisa juga mempengaruhi perangkat keras paling utama ini yaitu kondisi baterai mudah boros. Disini sobat harus mengatasi aplikasi boros baterai, mengetahui penyebab baterai boros yaitu mengurangnya daya dengan cepat akibat terlalu sering memakai handphone (HP) saat kondisi batre sedang dicharger.

Baca : Cara Root HP Tanpa PC Dengan Mudah

Selanjutnya anda akan saya beritahu mengenai keuntungan menyetel ulang pabrik agar kedepannya Anda tidak ragu dalam memformat semua data smartphone yang Anda miliki saat ini.

Keuntungan Melakukan Kembali Ke Peraturan Pabrik Secara Paksa

  • Menghapus semua virus malware
  • Menghilangkan virus yang membandel dengan cara ini sangat ampuh
  • Menghapus Semua aplikasi yang bikin hp jadi lag
  • Menghapus File cahca yang mempersempit penyimpanan
  • Mengatasi lupa pola handphone
  • Mengatasi Botloop
  • Handphone sahabat yang sudah direset akun google tidak terhubung dengan handphone lagi.Ketika handphone sudah terhubung dengan email dan penyimpanan lain dalam android sahabat, bisa jadi saat di back up atau mengembalikan file-file yang terhapus file yang terhapus tadi kembali.Jadi saat melakukan Factory Reset dipastikan dulu agar email google sudah tidak terhubung dengan Handphone Android lagi.File yang dapat kembali tidak hanya Gambar, Video, Tetapi kontak dan  beberapa perangkat lainnya juga dapat kembali.
  • Saat Melakukan Factory Reset Lakukan satu kali atau sampai tiga kali. Ini untuk antisipasi bahwa ketika sudah Di Factory Reset dua kali dapat dipastikan kalau file-file teraebut tidak akan kembali lagi.Kalau sekiranya, memang dalam handphone anda maksutnya, kalau file-file sahabat banyak disimpan di memory internal.

Cara Factory Reset Smartphone Ke Setelah Pabrik

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda. Langsung aja tata cara melakukan factory reset pada handphone Android :

  1. isi batrai diatas minimal 70% agar ketika melalukan proses lancar.
  2. Matikan handphonediamkan selama 1 menit biar benar benar off.
  3. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > Anda akan masuk ke recovery mode Android
  4. Gunakan tombol Volume biar bisa mengarahkan kursor dan cari “Factory reset / wipe data”
  5. Pilih Factory reset dan klik pakai tombol power untuk memulai proses > Tunggu sampai proses benar benar berhasil
  6. Reboot handphone

Jika ponsel menjadi tidak responsif pada langkah di atas, Anda bisa me-restartnya dengan menahan tombol power selama beberapa detik. Jika langkah tersebut tidak berhasil, cobalah mencabut baterai dan memasukkannya lagi dan mengulangi langkah yang telah kami sebutkan di atas.

Baca : Tutorial Membuat Label Nama Instagram Sangat Gampang!

Proses factory reset selesai dilakukan. Ponsel Anda akan melakukan proses penghapusan data dan aplikasi dan kembali ke penyetelan awal. Anda akan kembali melihat Welcome screen seperti saat pertama kali menyalakan ponsel.

Sampai disini dulu tentang cara melakukan factory reset. Jika kalian ingin lebih tau lagi kalian bisa kunjungi DroidZye  karena disana banyak hal yang kalian dapat tentang seputaran android.

Demikian ulasan mengenai tutorial menghapus semua data melalui recovery bawaan android yang sudah disediakan untuk hal ini juga. Jadi pintar – pintarlah menggunakan gawai pintar ini karena sesungguhnya Anda juga sepintar gadget yang Anda miliki. Selamat mencoba!!!

You May Also Like

About the Author: moglogger

Saya hanya senang menulis dan memberikan informasi apa yang bisa saya dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *