10 Etika Dalam Bisnis yang Perlu Diketahui Untuk Mencapai Kesuksesan
10 Etika Dalam Bisnis yang Perlu Diketahui Untuk Mencapai Kesuksesan

10 Etika Dalam Bisnis yang Perlu Diketahui Untuk Mencapai Kesuksesan

Perilaku yang mencerminkan sikap baik untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis. Berikut ulasannya

etika dalam dunia bisnis
Etika Bisnis - Dalam berbisnis ada banyak hal yang perlu dipelajari, salah satunya adalah dalam etika berbisnis ternyata menentukan kesuksesan dalam usaha. Etika sangat di perlukan untuk mengelola dan menjalankan sebuah bisnis, ketatnya persaingan industri modern, karisma tanpa nurani dan kepintaran tanpa karakter adalah resep kehancuran dalam bisnis. Kompetisi, ambisi, dan inovasi dalam bisnis memang memiliki posisi yang vital dalam merai kesuksesan berbisni, namun tiga hal tersebut sangat harus dibalut juga dengan etika dan profesionalisme.

Saya akan menjabarkan mengenai contoh etika dalam bisnis dan cara penerapan perilaku Anda dalam perusahaan. Sikap ini perlu dilakukan jika anda sebagai pembisnis terutama memiliki tujuan satu yaitu kesuksesan.

Kunci sukses adalah dengan Anda mampu menghadirkan inovasi baru dan memiliki kreatifitas sesuai bisang Anda, kedepannya usaha yang dibuat akan semakin memuncak dibarengi dengan berusaha dan menekuni pekerjaan Anda sekarang. Bagi sebagian orang belum mengerti mengenai Etika Bisnis, perlu disadari dalam berperilaku juga diperhatikan loh.

Apa yang dimaksud dengan etika bisnis?
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika dalam suatu berusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Etika bisnis dapat menjadi standar dan bedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikanya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang professional.

Baca : Membangun Jiwa Anti Minder Buat Calon Pengusaha

Bagaimana manfaat etika bisnis bagi suatu perusahaan?
Manfaat etika dalam berbisnis dapat membangun dan memperluas kiprah perusahaan menjadi lebih baik. Jika dalam berbisnis memiliki etika yang baik maka perusahaan akan memiliki citra baik di mata pelangan, perusahaan menjadi terpercaya, memaksimalkan keuntungan, memerhatikan kepentingan perusahaan dan pelanggan dan menjungjung nilai norma yang akan melandasi etika yang benar dalam berbisnis dan terciptanya perilaku yang menunjung nilai norma karyawan dalam perusahaan tentu merupakan keunggulan yang sangat baik bagi perusahaan untuk mencapai keberhasilan/kesuksesan yang lebih.

Baca Juga: Jadikan Hobimu Peluang Untuk Mendapatkan Banyak Uang

Apa Saja Etika bisnis?
Dalam berbisnis, ethical principal ini juga memegang peranan cukup penting dalam membangun krebilitas di mata consumer. Jika klien menganggap reputasi perusahaan cukup baik, maka perusahaan akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan mereka. Dalam

Prinsip etika bisnis dibagi beberapa poin, berikut adalah poin poin Etika dalam berbisnis:

Etika Etika Dalam Berbisnis

1. Otonomi

Prinsip Etika Otonomi mengharuskan pelaku bisnis mengambil keputusan dengan tepat dan baik, serta mempertanggungjawabkan keputusan tersebut. Karena perusahaan pasti memiliki kondisi dan strategi yang berbeda beda dalam mecapai suatu tujuan perusahaan, sehingga pemimpin atau karyawan perusahaan harus dapat mengambil keputusan dari hasil rapat atau yang sudah direncanakannya.

2. kejujuran

Kejujuran dalam berbisnis merupakan nilai yang paling penting, untuk dasar mendukung keberhasilan kinerja suatu perusahaan. Tanpa kejujuran, bisnis bermodal besar pun tidak bertahan lama, karena kejujuran adalah kunci utama dalam kesuksesan bisnis dalam suatu perusahaan.

3. Keadilan

Dalam berbisnis ada hal yang harus di perhatikan seperti keadilan. Dalam prinsip ini setiap karyawan, manajemen dan pelanggan yang bersangkutan dengan bisnis tersebut berhak memiliki untuk mendapatkan perlakuan yang sama.

Baca : Buka Usaha dengan Modal Kecil Namun Untung Gede!

4. Kepedulian 

Berbisnis juga sangat diharusakan untuk menjaga pribadi yang menunjukkan kepedulian, simpatik, dan baik hati, terhada sesama karyawan, manajemen bahkan pelangan. Pebisnis harus memahami konsep bahwa keputusan dalam berbisnis tidak hanya berpengaruh bagi perusahaan, namun karyawan dan staf yang telibat dalam bisnis, Seorang pemimpin harus mampu memberikan keputusan yang memiliki banyak dampak positif ketimbang dampak negatifnya.

5. Mematuhi peraturan

Didalam dunia bisnis tentu memiliki visi misi, untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan pasti memiliki berbagai aturan yang telah diterapkan secara tertulis maupun tidak tertulis. Sangat perlu dipatuhi aturan tersebut agar dapat menjadi pebisnis diakui banyak bihak.

6. Loyalitas

Prinsip Etika Loyalitas adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis dalam perusahaan. Loyalita dalam perusahaan biasanya dapat dilihat dari kerja keras dan keseriusan dalam menjalankan bisnis sesuai dengan visi misi perusahaan.

7. Integritas Moral 

Disetiap perusahaan harus memiliki integritas moral yang baik dan benar. Dengan begitu, perusahaan lebih dapat dipercaya masyarakat atau pelanggan. Untuk menerapkan prinsip ini berlaku untuk setiap karyawan hingga manajemen yang bersangkutan dengan bisnis harus selalu menjaga nama baik perusahaan.

8. Memenuju Janji Serta Komitmen yang Dibuat

Seorang orang dalam berbisnis akan dapat dipercaya karena mampu berusaha memenuhi segala janji dan komitmen yang di buat. Jika suatu perusahaan menjanjikan atau berkomitmen maka ucapan tersebut harus dipenuhi dengan baik.

9. Penghargaan

Setiap pebisnis juga harus memiliki kepribadian yang dapat menghargai orang lain jika ingin menjadi pebisnis sukses. Dalam berbisnis anda tidak boleh memedakan ras, agama, maupun kewarganegaraan. Hal ini penting dilakukan dalam berbisnis demi kebaikan perusahaan.

10. Jiwa kepemimpinan

Seorang pemimpin pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan menyadari tanggung jawab yang di pikul. Menjadi seorang pemimpin jangan hanya menunjuk atau memerintah saja. Pemimpi harus dapat memotivasi seluruh bawahan agar dapat bekerja dengan menampilkan performa terbaik dalam bisnis di suatu perusahaan.

Nah, bagaimana? Itulah poin poin penting etika dalam berbisnis yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses dalam berbisnis. Bukan hanya etika dalam bisnis saja yang diperhatikan dalam kehidupan pun harus dengan etika yang baik dan benar, agar dapat disegani banyak orang tentunya. Jadilah pribadi yang baik di mata orang lain, agar dapat lebih dipercaya dan mudah mencapai segala kesuksesan.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar