Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Ancaman Bobolan Hacker
Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Ancaman Bobolan Hacker

Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Ancaman Bobolan Hacker

Tips agar akun instagram kamu selalu aman dari marabahaya hacker. Bagaimana sih supaya terhindar dari peretas? Amankan akunmu sekarang

CARA MELINDUNGI AKUN INSTAGRAM
Cara mengamankan akun instagram demi melindungi dari bahaya hacker yang sudah merajalela dimana- mana. Sekarang banyak orang sedang bermain sosial media terutama instagram, namun sebelum ig diperkenalkan ada media sosial paling populer dijamannya yaitu twitter. Sodmed ig tersebut merupakan aplikasi bersosial melalui dunia maya dan banyak digemari oleh anak muda.

Jadi kaum millenial dan generasi z pastinya tak asing ketika mendengar instagram. Sebelum diambil alih oleh pihak facebook pada tahun 2009 kemarin, ig ini sudah memiliki tingkat keamanan canggih.

Namun, yang namanya canggih tetap saja masih bisa dibobol hacker. Adapun ciri - ciri akun instagram dihack adalah akun instagram tidak bisa dibuat login, tidak bisa dibuka, dan muncul peringatan username dan kata sandi salah.

Jika kalian menemukan problem seperti itu alangkah baiknya segera lakukan anti hack agar kedepannya bisa mengamankan privacy anda di sosial media.

Kalian mungkin tidak tau kenapa ada pembobol akun yang teropsesi menyadap ig kamu, sebagian besar sih digunakan untuk perdagangan dan bisnis tapi entahlah apa yang ada dibenak mereka.

Tips Cara Melindungi Akun Media Sosial Instagram Agar Aman Dari Serangan Peretas

DIkalangan masyarakat indonesia khususnya orang yang jago dalam jaringan pasti tidak ayal ia mempunyai skil hacking namun disini saya tidak menyalahkan kalian yang mempunyai ilmu jaringan ya.

Menurut sumber yang saya baca, jika ada akun ig teretas langkah baiknya dilaporkan ke admin saja melalui Dukungan -> Laporkan Masalah atau yang benar - benar tidak bisa dibuka lagi bisa kunjungi akun kamu yang kena retas kemudian laporkan profilnya dan terakhir klik pada Ini spam agar pihak admin langsung menghapus secara permanen.

Baca : Cara Mudah Membuat Label Nama yang Lagi Viral Di Instagram

Biar engga kebanyakan menunggu tips dari saya mengenai cara melindungi akun dari pembobolan peretas tak bertanggung jawab silakan simak pada berikut ini;

1. Amankan Akun Menggunakan Password Panjang nan Rumit
pakailah password panjang
Apakah kita memerlukan password panjang hingga 30 kata? Tidak semuanya begitu kok, cukup menggunakan sejumlah karakter 10 sampai 15 saja mereka tidak tahu apa isi kata sandi tersebut. Terlebih lagi jika kalian menggunakan simbol dalam penulisan password nantinya akan lebih terlindungi dengan baik.

Saya sarankan sih memakai kata sandi dengan jumlah karakter minimal 10 serta dilengkapi dengan simbol khusus. Tetapi anda harus menghafal semua karakter tersebut agar nantinya bisa login kembali. Bagaimana caranya? Anda memerlukan sejari kertas kemudian tulislah dibagian kertas kosong, bisa juga mengenakan notepad baik itu di smartphone atau di laptop kesayangan anda.

Menuliskan disini saya maksudkan untuk sebagai pengingat saja karena hampir anak muda sekarang pelupa gegara keasikan main gadget membuatnya lupa segalanya.

2. Pakaikan Fitur Keamanan Autentikasi Dua-Faktor
Fitur satu itu memang menarik cocok untuk mode pengamanan dalam aku kamu. Setiap kita membuka atau login menggunakan perangkat berbeda maka fitur ini akan bekerja, anda harus memasukan kode unik berjumlah 6 digit untuk melakukan proses verifikasi bahwa itu anda yang memegang akunnya.

Baca : Tips Menyimpan Foto dan Video Dari Instagram Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Untuk mendapatkan fitur ini hal pertama wajib dilakukan adalah memiliki nomor telepon seluler masih aktif dan setiap bulan diisi pulsa supaya mendapatkan perpanjangan masa aktif agar kedepannya jika mau pindah perangkah bisa dipulihkan menggunakan kode sms, berikut tutorialnya;

Silakan masuk ke akun kamu lalu pilih menu profil kamu kemudian klik pada Tombol bergaris 3 dipojok kanan atas lalu klik lagi pada Pengaturan ada dibawah selanjutnya kalian akan menemukan window baru, scroll kebawah cari namanya Autentikasi Dua Faktor dalam bahasa inggris Two-Faktor Authentication.

cara mengaktifkan autentikasi dua faktor

Langkah selanjutnya adalah klik Mulai pada tombol bewarna biru kemudian anda akan ditawarkan untuk memakai nomor sms atau aplikasi autentikasi, dua dua nya recommended sih, kalau saya lebih menggunakan sms saja atau kalian mau memakai aplikasi ya silakan saja karena lebih mudah dan tidak ribet waktu kehilangan nomor ponsel.

verifikasi melalui aplikasi autentikasi

And then, waktunya akun kamu berhasil diaktifkan pada langkah dua faktor autentikasi dan semoga kedepannya akun kamu semakin aman ya.

Baca : Cara Memperbaiki Caption Instagram Tidak Mau Keluar Saat Posting

3. Ingat Selalu untuk Mengkonfirmasi Email Aktif dan Nomor Ponsel


langkah memverifikasi nomor ponsel
Konfirmasi ini bertujuan untuk pengamanan juga namun dari segi otentik saja. Disini anda memerlukan alamat email bisa Gmail, Yahoo, Bing, atau lainnya dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor telepon.

Cara kerjanya adalah ketika anda kepingin mereset ulang password atau tidak bisa melakukan login maka alamat email dan nomor ponsel lah yang dapat membantu anda.

4. Menghubungkan Ke Jejaring Sosial Lainnya


menghubungkan semua akun jejaring sosial


Seperti mengkonfirmasi autentikasi, anda bisa masuk ke pengaturan kemudian pilih menu Akun Tertaut maka akan muncul beberapa pilihan, tautkanlah ke jejaring sosial yang kalian miliki. Disini disediakan beberapa medsos yaitu facebook, twitter, Tumblr, Ameba dan OK.ru

Baca : Meningkatkan Followers Alami Secara Cepat Dalam Seminggu

Silakan gunakan beberapa sosmed tersebut ya, kalau saya mendingan pakai facebook karena mudah dijangkau dan semua orang mempunyainya bukan?

5. Rutinlah Mengubah Kata Sandi


selalu mengganti password

Tadi kita sudah jabarkan mengenai memakai kata sandi panjang dan rumit sekarang rajib - rajinlah mengganti password akan pelaku retas tidak bisa menemukan katasandi milik kalian karena setiap saat selalu dirubah demi kenyamanan pengguna.

Rutin mengganti sebulan sekali saja jangan terlalu sering karena anda mudah lupa bukan? Untuk melindungi dari mara bahaya dan demi kenyamanan pengguna anda diwajibkan untuk menggunakan katasandi rumit seperti 4d45du-K0w3 atau bisa anda kombinasikan menggunakan beberapa karakter khusus agar sulit dipahami oleh hacker.

6. Jangan Pernah Meminjamkan Akun Kepada Orang Lain


dilarang pinjamkan ke orang

Anda mudah sekali dibohongi sampai - sampai akun sosial media pun di embat orang tak bertanggung jawab misalnya. Nah anda harus was - was dalam keadaan begini pastinya banyak orang modus menginginkan account dari kamu loh.

Terlebih lagi ia menargetkan ke pemilik follower banyak karena bisa dimanfaatkan untuk berjualan online melalui instagram. Pinjamkanlah kepada kerabat dekat, teman dekat, pacar anda (jangan selingkuhan dan mantan) atau bisa juga dipegang oleh orangtua saja supaya mereka tau aktifitas kamu di instagram tuh bagaimana.

7. Jangan Sesekali Percaya Situs Auto Follower dan Auto Like
hindari pemakaian website autofollower dan likes

Semakin menyebarnya website sedang mengunggulkan iming - iming follower dan like cepat naik hanya sekali klik. Eitss jangan salah loh, itu mereka cuma modus belaka dan motif dari mereka adalah penipuan. Website auto follow ini sangat membahayakan karena tidak memiliki izin khusus dari pihak instagram itu sendiri.

Apalagi sekarang sudah marak terhadap situs online penyedia follower gratis dan sudah banyak di iklannya di mana - mana. Anda wajib mengetahui dahulu sebelum bertindak ya.

Tips Menghindari Peretas

Ketika anda bersosial media pastinya tidak luput dari namanya berteman dengan orang asing diluar sana. Nah ketika anda berteman dan belum bisa memilih mana teman yang baik dan buruk pasti anda akan terjerumus ke hal - hal tak mengenakan. Kenali dulu foto profilnya, status dan foto foto dalam kronologi mereka.

Jika mencurigakan lebih baik diunfriend atau diunfoll saja sebab mereka bisa saja menjadi dalang dari semua pelaku peretasan terhadap akun instagram kamu.

Demi keamanan dan melindungi akun kamu, pilihlah teman yang memakai foto asli atau foto mukanya supaya apa, supaya tidak ada sikap kecurigaan muncul.

Penutup

Demikian ulasan saya mengenai cara mengamankan akun instagram dari jeratan hacker yang membahayakan keselamatan akun. Dengan begitu anda tidak perlu lagi yang namanya dibobol segala macem karena sudah jelas keamanannya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terhadap artikel ini, jika kurang srek dengan apa yang saya jabarkan mengenai keamanan akun ig bisa langsung dicoba dulu karena orang sering bacot duluan belum tentu ia mencobanya. Selamat mengamankan akun ig kamu sob!!!

Baca juga:

Jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Referrals atau dengan Klik Suka dan Ikutii. Dengan hormat saya ucapkan apabila kamu sudah sedikit mendonasikan kepada website ini untuk kedepannya lebih banyak memberikan informasi menarik. Terima kasih
Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar