Cara Membuat Kalender 2019 Keren Di CorelDRAW Semua Versi dengan Mudah
Cara Membuat Kalender 2019 Keren Di CorelDRAW Semua Versi dengan Mudah

Cara Membuat Kalender 2019 Keren Di CorelDRAW Semua Versi dengan Mudah

Ingin membuat kalender untuk tahun berikutnya? Ikuti tutorial ini maka anda akan kami bawa pada panduan lengkap memakai coreldraw dalam pembuatan kalender

langkah bikin kalender dengan coreldraw
Cara membuat kalender dengan coreldraw dijamin anda bakal menjadi desainer calendar keren. Pada dasarnya semua versi coreldraw memiliki fungsi yang sama yaitu membuat sketsa desain berbasis vektor. Coreldraw disini mempunyai tingkatan versi berbeda, mulai dari x3, x4, x5, x6, x7 dan versi terbarunya ialah x8. Namun semua varian tersebut itu sama saja menurut saya, jadi buat kamu yang memakai ragam lainnya boleh ko mencoba tutorial ini untuk menambah wawasan kamu.

Maka dari itu semua Anda tidak perlu khawatir jika memakai corel dibawah versi standar yang saya gunakan dalam pembuatan agenda tahunan tersebut. Dikarenakan banyak peluang yang didapatkan oleh design grafis maka saya akan memberikan tutorial mengenai hal tersebut dan nantinya bakal membawa anda meraih keuntungan dengan bisnis kecil sekarang.

Pada akhir bulan seperti ini, banyak customer menginginkan sebuah kalender dan itu bagi mereka sangat penting jika mereka lagi malas membuka hp untuk menengok tanggal berapa sekarang, bulan apa sekarang, bahkan hari apa sekarang masih bisa dilakukan secara analog atau hanya menggunakan media kerta untuk cetak kalender.

Anda masih pemula? Jangan khawatir untuk itu, itu sebabnya saya mmemberikan artikel ini pada anda yang masih orang awam memakai coreldraw graphic suite semua versi, jadi anda tinggal menentukan arahan dari saya dan sesuaikan tool - tool yang ada pada varian corel Anda.

Tool yang digunakan hanyalah bagian alat dasarnya saja, saya tidak menganjurkan untuk memakai cara manual atau cara orang expert keetika membuat sebuah desain grafis berbasis vektor itu. Namun demikian saya akan mengadaptasikan bahwa tutor ini benar - benar tersampaikan kepada khalayak yang mau belajar desain grafis menggunakan media corel.

Kenapa harus corel?

DIkarenakan jaman sekarang banyak orang suka dengan desain yang tidak pecah dan full HD maka permintaan buat perancang sketsa desain makin melonjak atas kehadirannya suatu software bernama corel draw.

Ragam apa yang diberikan untuk anda? Disini anda akan dipandu dalam langkah demi langkah untuk mencapai titik akhir pemrosesan dan akhirnya anda bisa membuat rancangan sendiri untuk dipasarkan kepada orang lain, teman, sahabat, pacar, sekedar iseng atau bisa juga dipromosikan melalui media online supaya anda dibanjiri akan pesanan makin hari makin membludak.

Keuntungan dalan memakai software editing ini adalah anda bisa menemukan kreasi baru yang nantinya bakal kamu publikasikan bukan? publikasi bukan hanya di kenalkan oleh orang asing tetapi secara gamblang anda menunjukan hasil karya seni grafis anda ke orang terdekat pun sudah disebut mempublikasikan.

Tutorial Bikin Kalender Tahun 2019 Mudah dan Simpel 

Keuntungan cukup signifikan untuk pembisnis muda kreatif melalui bidang design grafis. Nah untuk itu berikut tahapan membuat kalender 2019, bahkan sampai ke 2079;

Pertama, anda harus menyiapkan segala perangkat baik itu mouse untuk mempermudah pengeditan, komputer segala spek dan software corelDraw sudah wajib terinstal pada PC.

corel draw graphics suite


Kedua, buka aplikasi dan lihat pada tampilan awal akan seperti dibawah ini. Saya rasa semua versi softwarenya sama saja ya soalnya ini hanya pembukaan saja.

buka corelmu


Ketiga, silakan arahkan kursor anda pada fitur bertuliskan New Document, itu dimaksudkan untuk membuat lembar kerja baru dan setelah itu atur sesuai gambar dibawah setelah diatur langsung tekan Ok saja.

create a new work place


Keempat, buka menu Tools berada diatas menu bar software kalian. Jika kurang jelas atau belum paham dengan apa yang dimaksudkan silakan cek gambar dibawah.

buka tools menu


Kelima, setelah diklik akan muncul dropdown, disini anda tinggal pilih aja menu bernama Macros boleh di klik lalu muncul lagi dropdown baru tinggal pilih Run Macro.

buka menu run macro


Keenam, nanti akan muncul jendela baru dan window barunya seperti dibawah. Selanjutnya arahkan kursor ke kotak bawah di sebelah kanan tulisan Macros In, klik saja nanti akan muncul dropdown menu dan pilih CalendarWizard [CalendarWizard.gms] habis itu klik Run berada di pojok kanan atas.

pilih calendar dan kemudian RUN


Ketujuh, akan ada windows baru lagi yang bernama Oberon Calendar Wizard v3.7. Disini anda mengcustom apa yang mau diinginkan sesuai hati anda yaa.

Opsi di dalam menu ini diantara lain:

  • Calendar Data; Year, meliputi januari, februari, maret, april, mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november, desember
  • Calendar Language; Language, anda bisa menentukan mau pakai bahasa mana dan bisa menambahkan bahasa sendiri pada menu New di samping kolom Language English dan Week Starts On, artinya dalam seminggu akan dimulai pada hari apa misal senin, selasa atau minggu saja sesuai default nya.
  • Terdapat layout, banyak sekali yang ditawarkan nanti bisa anda pilih sesuai keinginanmu.
  • Page layout, Large Header, Large Body; kamu bisa custom sendiri ukuran layout yang diperlukan dalam membuat calendar ini sebab ada Page Size, Width, Height, Potrait/ Landscape, Adjust Fonts, Margin (Left, Top, Right, Bottom), Unity.
  • Dan lain sebagainya bisa kamu coba ketika sudah take action dalam pembuatan kalender tahun 2019.

Kedepalan, sudah menemukan layout pas dan cocok saatnya anda melakukan Generate dan tombol tersebut berada di bagian bawah ya, bisa dilihat pada gambar dibawah.

tampilan untuk mengatur kalender


Kesembilan, nanti akan ada popup isinya Finished Generating The Calendar berarti proses pembuatannya sudah kelar sob. Klik OK saja dan lihat hasilnya.

all done with tutorials how to make created calendar


Sebagai pengingat saja, jika sudah selesai melakukan seperti langkah diatas, silakan tab tombol Close pada Windows Generate Calendar tadi supaya tidak menggangu waktu proses pengeditan berlangsung.

Kesepuluh, silakan anda edit sesuai selera masing - masing, bisa ditambahkan latarbelakang gambar, warna solid maupun gradien. Disini kreatifitas anda sedang diuji dan pastinya anda sudah mempunyai sklil basic dalam pemakaian corel draw.

Demikian ulasan singkat saya mengenai tata cara membuat kalender menggunakan coreldraw tanpa harus membutnya manual karena sudah ada software canggih ini.

Apakah dengan artikel ini membantu permasalahan anda? Jika belum saya rasa anda perlu melatih skil bermain corel agar kedepannya semakin mahir memakai tool yang ada di toolbox dan menu bar.

Selama masih proses pengeditan saya saranin jangan memakai desain yang tidak teratur dan jelek dipandang. Anda bisa menemuan inspirasi design pada postingan sebelumnya di contoh kalender 2019.

Disitu sudah saya berikan contoh dan bisa diedit ulang loh. Berani buktikan? segera lakukanlah agar kamu tidak mengulang semua proses membuatnya dan tinggal diberi pernak pernik cantik lainnya.

Teruslah menciptakan kreasi baru dan kreatifitas tanpa batas dengan memakai bahan basic dari saya tadi karena seorang pendesain handal tidak luput dari kesalahan waktu mensket karyanya melalui media elektronik seperti komputer dan laptop.

Cara membikin kalender dengan coreldraw x7 dan jika mempunyai versi dibawahnya maka selaraskanlah dengan apa yang sudah saya berikan. Dengan begitu desain kalender di coreDRAW semakin berarti bagi anda karena anda sendirilah yang menuangkan ide dalam pembuatan background kalender, properti dan lain sebagainya.

Baca juga:

Jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Referrals atau dengan Klik Suka dan Ikutii. Dengan hormat saya ucapkan apabila kamu sudah sedikit mendonasikan kepada website ini untuk kedepannya lebih banyak memberikan informasi menarik. Terima kasih
Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar