Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal
Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Mau jadi praktisi komputer handal? Kenali dulu kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang tehnisi PC, Berikut ulasannya

Cara menjadi tehnisi handal
Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan. Tugas yang diberikan untuk menjadi seorang teknisi tidaklah mudah, anda harus bisa berbahsa inggris juga karena didalam pengoperasian komputer atau laptop dituntut untuk bisa membaca kalimat yang ada dilayar monitor dalam bahasa inggris.

Punya cita - cita sebagai teknisi handal dibidang It khususnya PC? Tidak perlu khawatir karena disini saya akan membagikan ulasan mengenai kelima dasar yang wajib anda miliki ketika mau terjun kedalam bidang teknisi.

Tehnisi komputer dibagi menjadi beberapa yaitu kemampuan untuk memperbaiki software, hardware (motherboard, monitor, CPU, dan komponen lainnya) serta jaringan misal menangani permasalahan jaringan LAN, wifi terputus, kabel LAN rusak, routernya rusak dan sebagainya.

Baca : Fungsi Tombol Shortcut F5 Dalam Keyboard

Apa yang perlu disiapkan selagi kita masih dalam tahap belajar atau dikategorikan sebagai seorang pemula (awam). Berikut penjelasannya:
  1. Anda dituntut supaya mengetahui bagaimana sih macam - macam komponen komputer yang ada didalamnya, baik itu software maupun hardware.
  2. Wajib banget untuk Anda mengetahui troubleshooting dalam setiap kerusakan yang dialami.
  3. Mempunyai kemampuan setidaknya dapat menghubungkan perangkat keras dari satu komponen ke komponen lainnya.
  4. Tidak hanya instalasi OS Windows, Anda harus bisa meng-instalasi sistem operasi Linux.
  5. Mempunyai bekal berbahasa inggris walaupun hanya basicnya saja.
Santai, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya jika sobat menyiapkan segelas kopi atau teh plus cemilan nya yang akan menjadi obat penawar pusing. Lho, ko? Iya, karena  belajar teknisi Komputer itu pusing.

Masih mau jadi teknisi?

Walaupun memahami seluk beluk komputer bagi saya pribadi sangat pusing, tetapi menjadi seorang teknisi komputer itu sangat menyenangkan. Alasannya sudah jelas,  ibarat tanggal 14 purnama cahaya bulan. Cerah pokoknya.

Alasan pertama yang menyenangkan pastinya kita bisa membantu orang lain. Kedua, yang menyenangkan menjadi seorang teknisi adalah untuk memperdalam dan mengasah ilmu. Dan ketiga, alasan paling kuat yang menjadi motivasi utama adalah ternyata menjadi seorang ahli di bidang komputer itu bisa menghasilkan uang.

Baca : Fungsi Shortcut Dalam Microsoft Excel, Lengkap!

Nah, itulah ke-3 alasan yang membuat saya pribadi mau menggeluti dunia komputer. Disatu sisi menghasilkan uang, sedangkan di sisi lainnya ilmu kita juga bermanfaat bagi orang lain.  Sesimpel itukah?

Pastinya tidak sob, semuanya butuh proses yang panjang dan sedikit menguras waktu serta tenaga. Jika sobat juga ingin mengikuti jejak para teknisi sukses, setidaknya sobat dituntut untuk memiliki 5 kemampuan dasar teknisi komputer yang akan saya uraikan dibawah. Sok dipahami.

5 Syarat Menjadi Praktisi PC (Personal Computer)


1. Mengeti Bahasa Asing/ Inggris


paham berbahasa inggris

Hal pertama yang harus dikuasai seorang teknisi adalah mengerti bahasa Inggris. Yang saya maksud disini bukan berarti harus fasih yah. Setidaknya kita harus mengerti apa maksud dari kode-kode, apa maksud dari nama-nama komponen/hardware yang ditulis dalam bahasa Internasional yaitu Inggris.

Semua alat service serta komponen pastinya hanya menggunakan bahasa asing, tidak ada yang menggunakan bahasa Indo. Walaupun kita sama sekali tidak bisa bahasa Inggris seperti penulis, namun sedikitnya kita dituntut untuk mengerti. So, Mengertilah….

2. Jadilah Pribadi Yang Dapat Dipercaya


menjadi seorang yang tampil PD

Tuntutan ke-2 yang harus dikuasai seorang teknisi komputer adalah dapat dipercaya ( amanah )

Walaupun kita jago menjadi seorang teknisi komputer, namun jika kita tidak dapat dipercaya, semuanya akan sia-sia alias di blacklist oleh para calon pelanggan. Untuk tips nya, simple sih.
  • Jadilah pribadi yang mau di Kritik
  • Sabar dan layani pelanggan dengan baik
  • Kumpulkan semua data-data kritikan, saran, serta komplain pelanggan dan jadikan satu pelajaran 
3. Tidak Gaptek Teknologi


engga kudet terhadap teknologi baru

Seorang teknisi komputer juga dituntut untuk tidak gaptek soal perkembangan teknologi. Mau nggak mau, hafal nggak hafal, pastinya kita harus mau dan Update soal perkembangan teknologi massa kini. Kita semua tahu, semakin hari kemajuan teknologi semakin pesat.

Imbasnya beberapa hardware komputer dan juga software komputer juga ikut berkembang. Masa iya, kita sendiri yang notabe nya seorang teknisi monoton di satu-satu aja. Kan nggak lucu, kita harus sering-sering berselancar di google guna mendapatkan kabar terbaru tentang teknologi. Khususnya di bidang Komputer. Alasan nya jelas adalah untuk meningkatkan kualitas diri.

4. Mengetahui Seluk Beluk Komputer


pemahaman mendasar hingga handal dalam perangkat computer

Kalo yang ini adalah hal yang mutlak untuk dikuasai seorang teknisi. Mengetahui seluk beluk komputer, mengetahui program dasar suatu komputer. Mengetahui software serta hardware komputer. Dan bagian-bagian penting lain yang ada dalam perangkat PC.

Baca : Pengertian dan Fungsi CPU Dalam Komponen Dasar PC

Semuanya bisa kita pelajari, namun pastinya butuh waktu yang tidak singkat. Untuk memahami lebih lanjut tentang komputer alangkah lebih baik jika sobat baca dulu Pengertian Serta Fungsi Dasar Komputer.

5. Pantang Menyerah


jangan mudah menyerah menghadapi troubleshoot

Terakhir, kemampuan yang harus di kuasai teknisi adalah pantang menyerah. Gagal dan berhasil adalah tergantung dari upaya kita selama berusaha. Nah, disini kita dapat menyimpulkan, bahwa proses takkan pernah mengkhianati hasil. Maka dari itu, tak ada kata gagal selagi kita mampu berusaha.

Point Penting Harus Dimiliki Seorang Praktisi Komputer

  1. Belajar dari segi pengalaman yang anda miliki dan pelatihan khusus misal kursus.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam konsisi trouble baru yang nantinya Anda bakal menhadapi situasi seperti ini.
  3. Disiplin waktu agar costumer anda yakin bahwa kinerja dalam menangani permasalahan customer dapat terselesaikan tepat waktu.
  4. Keahlihan dalam berkomunikasi juga penting karena dalam menghadapi pelanggan anda harus bisa menangkap apa yang mereka bicarakan mengenai masalah pada perangkatnya.
  5. Memiliki keahlihan berpikir logis dan kreatid sebab hal ini sangat penting agar Anda dapat menjelaskan yang baik dan benar ketika sedang berhadapan dengan pelanggan.

Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai cara menjadi teknisi komputer danahli dalam bisa IT, tugas dan tanggung jawab sudah saya jabarkan untuk meminimalisir kesalahan yang sedang dihadapi seorang praktisi PC.

Mempunyai bekal belajar yang cukup dalam sistem operasi software dan hardware, itu udah menjadi basic seorang praktisi karena di dalam belajar kedua perangkat tersebut anda sudah diajarkan sebagaimana memasang dan menginstalasi komponen untuk mengoperasikan suatu komputer bukan?

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar