Jangan Asal Pilih, Ini Cara Membeli Kabel Charger Android Yang Benar dan Terbaik

Jangan Asal Pilih, Ini Cara Membeli Kabel Charger Android Yang Benar dan Terbaik

Jangan Asal Pilih, Ini Cara Membeli Kabel Charger Android Yang Benar dan Terbaik

jangan sembarangan milih kabel usb
Cara serta tips untuk memilih kabel charger terbaik android dan bisa digunakan dengan nyaman dan tahan lama. Akhir akhir ini banyak orang sedang mencari kabel data atau kabel charger karena kabel orinya sudah tidak terawat atau istilahnya sudah rusak. Dikarenakan sudah udang dan tidak bisa dipakai akhirnya banyak yang membeli nya dengan harapan smartphone nya bisa hidup dan digunakan.

Terkadang kabel charger sering terjadi kerusakan karena pemakaian kita yang tidak wajar, entah itu yang original atau bukan yang mengharuskan kita untuk membeli lagi dan lagi namun setelah beberapa bulan rusak lagi dan Ini terlalu menghambur-hamburkan uang jajan kita. Untuk pembelian kabel charger selanjutnya kita harus benar-benar memilih dengan baik dan dipikirkan secara matang sehingga kemungkinan untuk rusak kembali menjadi lebih sedikit.

Baca Juga : Bingung Mau Bikin PDF Bagaimana?

Biasanya orang membeli kabel charger dengan asal-asalan, yang berbentuk lucu, berwarna-warni lebih banyak dipilih padahal yang harus dipikirkan pertama kali adalah kualitasnya karena kualitas yang akan menentukan daya tahan kabel dan performanya.

Tips Memilah Kabel Data dan Kabel Charger

1. Original Sesuai merk hp

Pastikan jika charger kamu rusak, saya sarankan lebih baik membeli lagi dengan merk hp yang kamu gunakan dan pastikan membeli dengan produk yang original. Biasanya di toko online selalu menyediakan kabel charger original sesuai dengan bawaan pabrik, ini dimaksudkan agar arus output dan input nya sebanding dengan kepala charger yang kamu gunakan karena jika berbeda bisa saja mempengaruhi kinerja pengisian baterai.

2. Ada harga ada kualitas

Jika kamu tidak menemukan kabel charger original seperti bawaan pabrik, kamu bisa membeli dengan merk lain dan pastikan juga kualitasnya. Akan sangat berbeda performa dari kabel charger harga 20ribu dengan kabel charger harga 115ribu. Kabel charger murah biasanya hanya bisa untuk mengisi dengan daya yang kecil kisaran 2A sedangkan kabel charger yang berkualitas sudah mendukung fast charging 2.4A dan ini benar-benar membantu banget bagi kamu yang menginginkan pengisian daya yang lebih cepat. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan pun sangat berbeda jauh.

3. Lihat speasifikasi dari kemasannya.

Biasanya kabel charger yang berkualitas selalu disertakan spesifikasinya didalam kemasan. Misalnya untuk kabel charger Mcdodo yang terkenal dengan fitur auto-disconnect nya dimana saat baterai hp kamu sudah 100% otomatis kabel charger tersebut memutuskan arus sehingga tidak ada aliran listrik selama baterai kamu penuh. Lihat juga kuat arus nya, perlu kamu perhatikan dengan kepala chargernya. Jika kepala charger memiliki output 2.4A maka kamu harus membeli kabel charger minimal yang memiliki output 2.4A. Ini untuk memaksimalkan kinerja dari chargernya.

Baca Juga : Mudah! Menambah Subscriber Youtube Hanya Hitungan Menit

4. Tidak ada hubungan dengan ukuran kabel

Pernah saya temui pegawai konter yang bilang bahwa semakin tebal kabel, semakin bagus kualitasnya. Padahal itu salah karena yang menentukan adalah bahan pembungkus kabelnya. Semakin bagus bahan pembungkusnya maka semakin kuat juga daya tahan kabelnya seperti tidak mudah rusak, robek, longgar, kabel yang melorot dan lainnya. Beberapa bahan sering kita temui sebagai kabel charger hp diantaranya Kulit sintetis, karet pvc, fiber kevlar dan nilon.

5. Pastikan memiliki garansi

Belilah kabel charger yang memiliki garansi minimal 1 minggu agar kabel charger yang kamu beli berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan dan jika kedapatan rusak maka kamu tidak akan merasa rugi karena ada garansi untuk mengganti  barang. Biasanya yang terdapat garansi adalah merk-merk yang sudah terkenal seperti vivan, mcdodo, remax, anker, dan lainnya.

6. Panjang kabel sesuai kebutuhan

Jika sumber listrik sedikit jauh dari tempat stay anda, lebih baik membeli kabel dengan panjang 1m. Tapi perlu kamu pikirkan kembali semakin panjang kabel, semakin lama proses pengisian dayanya. Tapi biasanya panjang kabel juga tidak mempengaruhi kecepatan pengisian karena para pembuat pasti sudah memikirkan segalanya.

Semahal apapun kabel charger yang kamu beli, jika tidak digunakan dengan cara yang benar maka akan rusak juga. Pastikan kamu mengetahui cara merawat kabel charger agar kamu tidak harus membeli lagi untuk kesekian kalinya. Lebih baik membeli kabel charger yang sekali mahal daripada harus membeli yang murah namun hanya bertahan beberapa bulan saja. Selalu pikirkan setiap apa yang akan kamu beli agar tidak ada penyesalan saat nanti akan menggunakannnya.

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar