Distro Linux Server Terbaik 2018, Manakah yang Lebih Unggul?

Distro Linux Server Terbaik 2018, Manakah yang Lebih Unggul?

Distro Linux Server Terbaik 2018, Manakah yang Lebih Unggul?

server linuk paling baik
Distro linux paling baik dalam penggunaan server - Sebagai sistem operasi yang open source, Linux adalah kandidat ideal untuk menyiapkan server anda sendiri. Komunitas pengembang di belakang setiap distribusi Linux (distro) secara teratur meninjau kode sumber OS yang mereka pilih untuk memastikannya bebas dari bug.

Ketika datang ke server, penekanannya harus jelas pada stabilitas. Sementara upgrade adalah hal yang baik di hadapannya, mereka memiliki potensi untuk mengganggu kelancaran server Anda.
Kami telah menyoroti beberapa distro server Linux favorit kami di artikel ini, termasuk sistem operasi yang menawarkan dukungan jangka panjang, stabilitas, dan idealnya proses penyiapan yang cepat.

Mau tahu apa kelebihan dan kekurangan Linux ? langsung aja menuju Kelebihan dan kekurangan Linux

1. Debian
server debian

Debian sudah berusia lebih dari 20 tahun dan sudah menghasilkan sistem operasi yang stabil. Ini sangat penting jika Anda ingin menyiapkan server karena upadate terkadang dapat berbenturan dengan software yang sudah  ada.

Baca Juga : Linux Open Source Dapat Digunakan Di Gawai, Buktikan!

Ada tiga cabang dari distro Debian,yaitu bernama 'Unstable', 'Testing' dan 'Stable'. Untuk menjadi bagian Stabil yang terbaru, package harus telah ditinjau selama beberapa bulan sebagai bagian dari Pengujian setelah. Ini dapat menghasilkan sistem yang jauh lebih stabil.

Anda dapat memulai memakai Debian dengan menggunakan Network Boot Image minimal yang berukuran kurang dari 30 MB. Untuk setup yang lebih cepat, unduh network installer yang lebih besar yang hanya berukuran di bawah 300MB untuk mendapatkan lebih banyak package.

2 Ubuntu
server ubuntu

Meskipun Ubuntu terkenal karena membawa desktop Linux ke masyarakat umum, namun varian servernya juga sangat kompetitif. Canonical, perusahaan di balik suksesnya Ubuntu, telah mengembangkan versi LTS (Long Term Support) dari Ubuntu Server, yang seperti versi desktop namun dapat diperbarui hingga lima tahun setelah tanggal rilis, dengan ini dapat menghemat masalah upgrade server anda diwaktu yang akan datang. Canonical juga secara berkala merilis versi Ubuntu Server pada saat yang sama sebagai distro desktop terbaru (yaitu 18.04.1).

Jika Anda bermaksud membangun platform cloud Anda sendiri, Anda juga dapat menggunakan Ubuntu Cloud Server. Canonical mengklaim bahwa lebih dari 55% OpenStack clouds sudah berjalan di Ubuntu. Untuk biaya, Canonical bahkan akan mengatur cloud yang dikelola untuk Anda menggunakan BootStack.

3 CentOS
Keluarga Linux, cent OS

CentOS adalah komunitas yang mengembangkan distribusi Linux, awalnya berbasis pada OS komersial Red Hat Enterprise Linux. Sehubungan dengan hal ini, pengembang di balik CentOS 7 telah berjanji untuk menyediakan pembaruan penuh untuk OS hingga akhir 2020, dengan pembaruan pemeliharaan hingga akhir Juni 2024 - yang seharusnya menghemat masalah peng-upgrade-an penuh pada server Anda di waktu yang akan datang.

Anda dapat menghindari package yang tidak perlu dengan menginstal ISO 'minimal' dari website CentOS yang hanya sebesar 906MB dan dapat dimasukkan ke dalam CD-R selama 90 menit

4. OpenSUSE
keluarga linux, open suse

OpenSUSE (sebelumnya dikenal dengan SUSE Linux) adalah distro Linux yang dirancang khusus untuk developers dan system administrator yang ingin menjalankan server mereka sendiri. Penginstalan yang mudah digunakan dan dapat dikonfigurasi dengan menggunakan 'teks mode’ lebih bak dari pada menginstal desktop environment untuk membuat server Anda akti dan berjalan.
OpenSUSE akan secara otomatis mengunduh package minimum yang dibutuhkan, yang berarti hanya package penting yang akan diinstal. The YaST Control Center memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi pengaturan network, seperti mengatur IP statis untuk server Anda. Anda juga dapat menggunakan pengelola package Zypper bawaan untuk mengunduh dan menginstal package server penting seperti postfix.

5. Fedora 
keluarga linux, fedora

Fedora adalah komunitas yang mengembangkan sistem operasi based commercial Linux distro Red Hat. Fedora Server adalah implementasi khusus dari OS, memungkinkan Anda untuk menyebarkan dan mengelola server Anda menggunakan Rolekit tool. Sistem operasi ini juga memiliki Server Database PostgreSQL yang kuat.

Fedora Server juga termasuk FreeIPA, memungkinkan Anda untuk mengelola kredensial otentikasi, mengakses informasi kontrol dan melakukan audit dari satu lokasi pusat.

Segitu saja distro linux server terbaik menurut saya, daftar distro linux diatas tidak 100% pasti karna daftar diatas hanya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya saja jadi mana yang paling bagus ya balik lagi ke pengalaman dan kebutuhan kalian masih-masing

Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar