Top 30 Game Android Ringan Kualitas HD Dengan Ukuran Kecil, Wajib Main

Top 30 Game Android Ringan Kualitas HD Dengan Ukuran Kecil, Wajib Main

Top 30 Game Android Ringan Kualitas HD Dengan Ukuran Kecil, Wajib Main

game ringan dengan kualitas HD
Game sekarang sudah memiliki kualitas HD dan jernih walau begitu ukuran apk nya cukup ringan dan cocok untuk hp low end. Terkadang kita susah untuk mendapatkan permainan offline maupun online di smartphone, nah kali ini saya akan merekomendasikan kepada anda kalau ada 30 game yang wajib anda instal di saat waktu luang anda.Dalam permainan anda harus tau bahwa strategi menang dalam tantangan itu wajib dilakukan oleh setiap usernya.

Buat kamu yang sedang kehabisan stok game untuk dimainkan, pasti sedang bingung, game apa yang bisa kamu mainkan selanjutnya.Apalagi jika HP kamu termasuk low spek. Otomatis, kamu mesti lebih pintar-pintar memilih, game mana yang kira cocok dan lancar dimainkan di HP kamu.Nah, game Android juga dibagi jadi 2, yakni game Online dan game Offline (Kamu pasti sudah tahu kan bedanya)

Kalau kamu sempat Googling, mungkin kamu akan menemukan banyak sekali rekomendasi game-game offline yang bisa dimainkan. Tapi bagaimana dengan game Android offline + ringan?

Karena itulah pada artikel ini, saya ingin membahas 30 Game Offline Android Ringan yang cocok untuk HP dengan RAM 1GB atau kurang.

Permainan Seru HD Yang Ringan Cocok Untuk Gadget Low


#1. Doodle Army 2 : Mini Militia - Arcade

mini militia arcade

Hobi main game di HP, kalau gak kenal game ini rasanya dijamin kurang oke. Doodle Army 2 : Mini Militia, adalah game yang dikembangkan oleh Appsomniacs LLC, dengan genre action dan shooter.

Walau punya genre action dan shooter, game ini menurut saya masuk ke genre arcade, karena tidak ada yang namanya misi atau story di dalamnya.

Baca Juga : Daftar Cheat Most Wanted Dengan Segala Kondisi

Di game ini, kamu bisa membuat karakter sendiri, kemudian bermain lewat mode single player. Pada gameplaynya, game ini memiliki grafis 2.5 dimensi dan sudut kamera dari bagian depan. Aturannya mudah, yang terakhir bertahanlah yang menang.

Game ini sangat rekomended, buat kamu yang lagi bosan gak ada game. Karena game ini juga bisa dimainkan dengan teman memakai mode multiplayer tanpa koneksi internet (Menggunakan WIFI).. 

#2. Minecraft - Open World


permainan minecraft super enteng
Minecraft merupakan game yang cukup populer di PC. Minecraft ini adalah game bergenre open world dengan penggemarnya yang sangat banyak, dan beragam rentang umurnya (Dari anak-anak sampai dewasa).

Di Minecraft, kamu bisa menjelajahi sebuah pulau, bertahan hidup dari serangan zombie, membangun rumah, membangun benteng, membangun menara, atau bahkan membangun arsitektur tertentu yang belum terpikirkan oleh orang-orang sama sekali.

Walau Minecraft memiliki efek grafis yang cukup bagus, namun game ini tidak begitu berat dijalankan di HP. RAM 512MB bahkan sudah cukup kok.

#3. Dream League Soccer - Sports

 Dream League Soccer untuk android

Sebagian dari kamu mungkin belum tahu Dream League Soccer.

Dream League Soccer, adalah salah satu game sepak bola Android, rekomendasi saya dan para penggemar game sepak bola lainnya.

Baca Juga : Cara Cheat Most Wanted, Caranya Cukup Mudah

Game ini memiliki gerakan (motion) yang cukup halus, dan memiliki berbagai fitur-fitur menarik. Misalnya, kamu bisa membeli pemain tertentu, atau bahkan membeli stadium tertentu.

Secara grafis, Dream League Soccer memiliki tampilan gambar yang cukup 'WAH', tapi masih oke dijalankan di HP Android RAM 1GB atau kurang. Cocok buat kamu yang nggak ada waktu buat main di PC atau konsol.

#4. Zombie Scrapper - Action

 Zombie Scrapper seru banget

Saya terakhir download dan main Zombie Scrapper ketika game ini baru masih 5000an download. Tapi sekarang (Saat artikel ini ditulis), sudah ratusan ribu orang yang telah bermain game ini lho

Zombie Scrapper, adalah game bergenre Shooter Arcade. Di game ini, kamu akan bertahan melawan para zombie melalui stage demi stage. Yang bikin greget, game ini juga mengusung sistem Wave, sehingga zombie yang muncul akan terus menerus bertambah, bahkan hingga ratusan zombie.

Selain mode Single-Player, Kamu juga bisa memainkan game ini secara offline lewat mode multiplayer via WIFI LAN. Dan game termasuk ringan. RAM 512MB sudah lebih dari cukup.

#5. Hitman GO - Puzzle

Hitman Go seru dan menantang

Buat kamu yang belum familiar dengan serial Hitman. Hitman merupakan serial game yang dikembangkan oleh Square Enix dan tersedia di platform PC dan konsol. Nah, untuk di Android, Hitman tersedia dalam judul : Hitman GO.

Hitman GO, ini termasuk kedalam game jenis puzzle. Di game ini kamu harus memikirkan langkah untuk menyelesaikan stage-stage satu demi satu, yang tentunya memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda.

Game ini super super rekomended untuk kamu yang lagi mencari game untuk menghabiskan waktu. Karena game ini sangat seru untuk dimainkan sekaligus kamu juga bisa sekalian mengasah otak melalui game ini.

#6. Chess - Sports

permainan olahraga catur

Siapa yang gak suka Catur? Banyak sekali laki-laki yang suka bermain Catur. Termasuk saya juga.

Dulu, kita biasa bermain Catur di sebuah papan.. Kemudian, Catur dikembangkan lagi supaya bisa dimainkan di Perangkat Komputer.. Dan sekarang di zaman Mobile, Catur sudah dikembangkan lagi supaya bisa dimainkan di HP.

Ya, Game Catur, tersedia di Playstore, dan bisa kamu mainkan jika kamu sedang bosan atau sekedar ingin membuang-buang waktu. Namanya Chess, dan ukurannya kecil, hanya beberapa MB.

#7. LIMBO - Adventure

petualangan seru di limbo adventure

Limbo, jujur saja, saat pertama kali game ini dirilis, saya sudah mengetahuinya, dan jujur, saya cukup tertarik karena game ini masuk ke selera saya.

Limbo merupakan sebuah game multi platform yang dirilis pada tahun 21 juli 2010 di PC (Microsoft Windows), Playstation 4 dan Android. Game ini merupakan sebuah game puzzle yang menceritakan seorang anak yang sedang mencari saudara perempuannya di sebuah dunia yang tidak diketahui.

Game ini memiliki proses yang tidak terlalu panjang, namun sangat seru untuk dimainkan. Tidak heran, kalau game ini telah memenangkan penghargaan untuk game independed terbaik.

#8. The Room 3 - Puzzle

The Room Three puzzle

"Penuh misteri", itulah kalimat yang pantas disandangkan untuk The Room 3.

Banyak rahasia di game ini yang harus ditemukan dan diselesaikan, untuk mencapai pencapaian tertentu. Kamu diharuskan untuk mencari object-object tertentu, elemen-elemen tertentu, dan meramunya menjadi sebuah 'Kunci' dari puzzle yang terdapat pada game ini.

Didukung dengan kualitas grafis yang menawan ditambah audio pendukung yang tidak kalah bagus, membuaat game ini jadi super rekomended untuk dimainkan kamu yang penggemar game genre puzzle.

#9. GTA San Andreas - Open World

enteng banget, gta sa san andreas

GTA San Andreas, adalah salah satu game populer sepanjang masa, dengan jumlah pemain yang saya pikir sudah tak terhitung lagi. Game ini bisa dibilang adalah salah satu 'legenda' Game Open World yang telah sukses bersaing di PC maupun konsol.

Nah, buat Kamu yang belum tahu, beberapa tahun lalu, Rockstar Games selaku pengembang dari game ini telah merilis GTA San Andreas versi Mobile.

Saya sendiri sudah mencobanya. Untuk gameplay, nyaris tidak ada perbedaan. Dan untuk tingkat grafis, juga saya pikir tidak jauh beda dengan versi konsol.

Walau gamenya terlihat berat untuk dijalankan di HP, GTA San Andreas ini sebenarnya cukup enteng. Saya pernah mengetesnya di HP dengan RAM 512MB dan berjalan relatif cukup lancar.


#10. POU - Arcade

pou arcade

Buat yang sudah lama pegang HP Android, pasti pernah memainkan game ini..

Ya, POU, merupakan game bergenre arcade yang telah menjelma menjadi salah satu game paling populer di Android. Bahkan, banyak sekali orang (Terutama anak-anak) yang menginstall POU di HPnya sebagai game yang wajib punya.

Di POU terdapat berbagai jenis arcade game yang tersedia. Ada mobil, jump, dan lain-lain. Kamu juga bisa memberi karakter POU kamu berbagai pakaian dan aksesoris-aksesoris tertentu. 

Buat kamu yang ingin meminjamkan HP kamu ke anak atau adik, POU ini sangat aman. Karena POU termasuk kedalam game anak-anak.

#11. Subway Surfers - Arcade

 Subway Surfers arcade

Sama seperti POU, Subway Surfers, merupakan salah satu game Android paling populer. Terutama di kalangan anak-anak. 

Gameplay dari Subway Surfers terbilang simpel. Disini, Kita akan dikejar oleh seorang petugas.. Dan karakter kita akan berlari.

Kemudian Kamu sebagai player hanya perlu menggerakkan karakter yang sedang berlari tersebut ke kanan, ke kiri, ke tengah, loncat atau menunduk tergantung dari rintangan yang dihadapi. 

Selain itu, terdapat berbagai variasi gameplay seperti roket dan lain-lain. Juga tersedia berbagai macam karakter yang bisa didapat, entah itu gratis atau berbayar.

#12. Stickman Volleyball - Sports

Stickman Volleyball sports

Kamu suka Voli atau penasaran ingin coba main game Voli? Coba game Android ini : Stickman Volleyball. Game ini termasuk super rekomended dari saya, dan merupakan salah satu game voli terbaik yang pernah saya coba. 

Di game ini, tentu kamu akan berperan sebagai seorang stik yang sedang bermain voli, dimana pada satu timnya terdapat 2 orang, dengan lapangan volinya yang bisa diubah-ubah sesuai keinginan.

Nah, yang menarik disini adalah, kontrol karakternya yang sangat mudah, serta gerakannya yang super luwes. Kameranya sendiri letaknya ada disamping, sehingga mirip game-game sport seperti sepak bola.

#13. Piano Tiles 2 - Arcade

Piano Tiles 2 arcade

Piano Tiles 2, game ini adalah game bergenre arcade musik unik, dimana kita bisa mensimulasikan diri bermain piano. Tapi bukan bermain piano pada umumnya.. di game ini kamu hanya perlu melihat dan memainkan temponya.

Yup, di game ini, akan terdapat 4 tuts yang jatuh dari atas layar, dan kamu hanya perlu memencet tuts tersebut tepat pada temponya.

Karena temponya lambat, pada awalnya sih mudah. Namun, semakin lama tempo pada lagu jadi semakin cepat. Sehingga butuh konsentrasi, ketenangan, reflek, serta perhitungan yang baik untuk memainkannya.

Oh ya, terdapat juga sistem skor di Piano Tiles 2 ini. kamu bisa bertanding high score dengan teman, maupun mengalahkah high score yang telah tercetak sebelumnya dari orang-orang di seluruh dunia.

#14. There Is No Game - Puzzle

There is no game puzzle

Bicara soal gameplay yang unik, menurut saya, inilah game paling unik yang pernah saya mainkan. Yup, There is no game adalah sebuah game yang bukan game.

Saat kamu baru memasuki game ini, kamu akan melihat sebuah kalimat yang bertulisan "There is no game" (Tidak ada game).

Sekilas memang rasanya tidak ada yang aneh. Tapi coba kamu mainkan, kamu akan menemukan rahasia-rahasia dari game ini yang bikin geleng-geleng kepala.

#15. Raven Sword - RPG

Ravensword rpg

Raven Sword, merupakan sebuah game RPG Open World. Disini kamu akan berperan sebagai seorang kesatria yang berpetualang di Dunia Fantasi. Tidak tanggung-tanggung, dunia yang ditawarkan cukup besar. Atau bisa saya bilang, sangat besar untuk seukuran game Mobile.

Terdapat berbagai macam misi. Yakni Misi primary dan side quest yang bisa kamu jalankan seiring berkembangnya jalan permainan.

Untuk levelling, Raven Sword sama dengan game RPG pada umumnya. Semakin tinggi level, semakin hebat pula karakter yang kamu mainkan.

Nah, untuk grafis, Raven Sword ini patut diacungi jempol! Dunia yang ditawarkan tidak sekedar dunia kosong saja. Banyak object-object menarik yang bisa kamu temui ketika kamu bermain game ini. Mulai dari perbukitan hingga rumah angker yang terdapat pada game ini.

Game ini dirilis pada sekitar tahun 2013 lalu,  dan buat kamu yang RAMnya hanya 1GB, Game ini masih bisa kamu jalankan. 

#16. Temple Run 2 - Endless Running

Temple Run 2 endless running

Pernah main Temple Run? Berarti kamu sudah lama nih, punya HP Android.

Yap, Temple Run, merupakan salah satu game Android yang sangat populer, dan sudah dirilis cukup lama. Yakni pada tahun 2013.

Di Temple Run, kamu akan bermain sebagai karakter seorang pria, yang berlari karena dikejar sesuatu (Saya kurang memperhatikan itu apa), dan kamu akan lari dan terus berlari sembari menghindari halangan dan rintangan yang terdapat di jalur lari kamu.

Sekilas, game ini memang sama dengan Subway Surfers. Namun, tentu saja arena yang ditawarkan sangatlah berbeda.

#17. TTS: Cak Lontong - Puzzle

 TTS Cak Lontong puzzle

Masyarakat Indonesia, pasti mengenal salah satu komedian terkenal di Indonesia, Cak Lontong. Cak Lontong ini terkenal lucu, dan menghibur dengan pemikiran-pemikirannya yang aneh namun tepat sasaran.

Di salah satu stasiun TV terkenal di Indonesia, ada sebuah acara yang diisi oleh Cak Lontong. Di Acara ini permisa akan dihibur oleh sebuah teka-teki, yang isinya sama sekali bukan teka-teki. Karena jawaban dari teka-teki tersebut semuanya aneh dan selalu bikin ketawa. 

Nah, di Playstore, ada sebuah game yang mirip acara teka teki Cak Lontong tersebut, namanya TTS : Cak Lontong. Kamu bisa bermain TTS seperti biasa disini, namun ingat, hati-hati memilih jawaban, karena jawaban umum sama sekali salah.

#18. Asphalt Airbone - Racing

Asphalt 8 racing

Seri game Asphalt, merupakan salah satu serial 'Game legenda'. Karena seri game ini sudah cukup ada dan lama dirilis, bahkan ketika saya masih memakai HP bersistem operasi Symbian (HP Nokia lama).

Nah, untuk di Android, ada seri Asphalt yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni Asphalt Airbone.

Pada gameplaynya, kamu akan menggunakan sebuah mobil untuk melakukan balapan. Nah, namun bukan hanya elemen racingnya saja, di game ini juga terdapat elemen action lain yang patut diacungi jempol. Banyak sekali nilai plus dari game ini. Dari segi event balap, sampai pilihan mobil yang beragam.

Dari segi grafis, Asphalt Airbone patut diacungi jempol juga. Di Game ini kamu akan menemui berbagai efek grafis keren, seperti efek hujan, efek ban slip, efek asap, efek cahaya, dan efek-efek lainnya yang tentunya akan menunjang gameplay dari Asphalt Airbonenya itu sendiri.

#19. Talking TOM - Digital Pet

My Talking Tom digital pet

Talking TOM, merupakan game yang ditujukan untuk anak-anak, dan memang sangat populer sekali untuk anak-anak. Apalagi untuk anak dengan umur dibawah 6 tahun.

Di Game ini kita bisa berinteraksi dengan seekor kucing lucu yang memiliki tingkah menggemaskan. Klik dan klik! Kucing tersebut akan merespon dengan berbagai macam ekspresi.

Nah, belum lagi dengan fitur perekam suaranya yang lucu. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk berbicara pada si kucing. Nanti si kucing akan mengulangi suara yang kamu ucap tadi dengan suara yang lebih lucu.

#20. Badland - Adventure

Badland adventure

Sekilas, Badland ini mirip dengan game bergenre horror dan puzzle. Namun, badland sendiri memiliki genre utama Adventure.

Di game ini, player akan disuguhkan dengan desain level yang menarik. Yakni sebuah hutan yang didalamnya terdapat beragam macam pohon, bunga, serta binatang-binatang aneh, dimana pada setiap levenya, sobat diharuskan untuk menghindari elemen-elemen tertentu.

Nah, game ini termasuk kaya akan konten. Dengan 100 level yang bisa sobat mainkan, ditambah 23 level multiplayer, membuat game ini sangat wajib untuk dicoba.

Bukan itu saja lho, Badland ini termasuk game yang selalu direkomendasikan sebagai game offline Android terbaik oleh situs-situs referensi Android dan game luar negeri atau internasional.

#21. Special Force Group 2 - FPS

Special Forces Group 2 fps

Sedang mencari game FPS yang menarik untuk dimainkan? Coba main Special Force Group 2.

Special Force Group 2 ini merupakan game FPS dengan mode single player dan multiplayer, dimana terdapat beberapa mode gameplay yang bisa dimainkan. Ada Match biasa, match mengambil bendera, mode klasik bahkan mode zombie juga ada.

Nah, untuk urusan grafis, game ini tidak kalah dengan game-game FPS pada umumnya.. Dan tentu saja kamu bisa memainkan game ini tanpa koneksi internet.  

#22. Minion Rush : Despicable Me - Endless Run

Minion Rush Despicable Me endless run

Banyak orang yang suka dengan film Minion. Dan kabar baiknya, di Android Minion ada gamenya lho.. Namanya Minion Rush : Despicable Me.

Minion Rush : Despicable Me, merupakan game genre endless run (Sama seperti Temple Run dan Subway Surfers). Di game ini, kamu diharuskan untuk berlari dan terus berlari sambil memilih jalur serta menghindari rintangan yang kamu temukan.

Game ini memiliki beragam kelebihan, diantaranya stage yang unik. Grafisnya juga sudah 3D, sehingga cukup memukau dimata, serta karakter minionnya yang sudah pasti lucu.

#23. Plants Vs Zombies 2

Plants Vs zombies ini permainan arcade paling seru

Game yang sudah lebih dulu terkenal di Platform PC. Di game ini, kita akan bermain sebagai seorang penjaga perkebunan, yang harus menjaga lahan kita dari serangan zombie yang sedang lapar menggunakan tanaman.

Kamu memiliki beragam opsi tanaman, yang bisa kamu pakai untuk menjaga lahan tersebut dari serangan zombie. Mulai dari tanaman hias, jamur, kentang, dan cabai juga ada.

Game ini termasuk game jenis arcade. Karena walaupun terdapat Zombie, game ini sama sekali tidak seram. Malah, desain karakternya yang lucu membuat kamu bakal ketagihan main game ini.

#24. Infinite Loop - Puzzle

 Infinite Loop puzzle

Mencari Game Puzzle Android Offline yang bisa dimainkan dalam jangka waktu panjang? Kamu harus lirik game ini. Infinite Loop.

Game ini merupakan game Puzzle simpel yang mengasah otak. Di game ini terdapat berbagai macam pola acak, yang sebetulnya tersambung. Tugas kamu disini, adalah menyambung pola-pola yang acak tersebut, menjadi tersambung kembali dengan benar.

Sekilas, terdengar mudah. Namun, semakin lama tentu saja level yang dimainkan akan semakin sulit.

Game ini cocok untuk dimainkan semua umur. Anak-anak, hingga orang dewasa. Dan game ini cocok dimainkan ketika dalam waktu senggang atau rileks.

#25. Fruit Ninja

permainan fruit ninja dengan ukuran kecil

Fruit ninja, adalah game Unik, simpel namun asik dimainkan di waktu luang. Di game ini, kamu akan menemui buah-buahan yang terbang di layar HP kamu. Dan tugas kamu adalah memotong buah-buahan tersebut menggunakan jari dengan cara mengusapnya.

Game ini memang mudah untuk dimainkan. Namun, semakin lama kamu main, akan semakin banyak pula buah-buahan yang terbang di layar..

Seperti yang saya bilang.. Game ini terbilang unik. Jadi tidak heran kalau jumlah downloadnya sudah sangat banyak hingga saat ini.

#26. Slither.io

Slither.io, paling kecil ukurannya

Game ini mengingatkan saya ke game ular di masa saya kecil dulu. Di Slither.io, kamu akan bermain sebagai karakter seekor ular yang akan terus tumbuh membesar dengan cara memakan object di sekitarnya.

Saya pribadi cukup suka memainkan game ini, karena terdapat juga papan high score dimana kita bisa berlomba dengan teman siapa yang mendapatkan skor paling banyak.

Game Slither.io bisa kamu dapatkan secara gratis hanya dengan size sekitar 20MB saja.

#27. DR Driving

 Dr driving racing

Salah satu game simulasi menyetir mobil ringan favorit saya di Android. Bagaimana tidak, ukurannya hanya sekitar 10MB namun mode permainan yang ditawarkan cukup menyenangkan.

Di game ini kamu akan mengendarai sebuah mobil, yang kemudian harus kamu ikuti intruksi-intruksi setelahnya. Misalnya, berjalan lurus, menghindari kendaraan lain, hingga parkir.

Ditambah tingkat grafis yang bagus serta musik yang enak didengar, dijamin game ini bakal asyik kamu mainkan.

#28. Bounce Classic

 Bounce Classic arcade

Buat kamu yang kelahiran tahun 90an atau 2000an awal mungkin pernah memainkan game ini, karena game ini memang cukup populer di HP Nokia dulu.

Di Game Bounce, kamu akan memainkan sebuah bola yang harus kamu gerakkan sambil menghindari rintangan tertentu. Sekilas memang terlihat mudah, namun butuh kesabaran dan ketelitian agar kamu bisa sukses menyelesaikan seluruh rintangan yang ada.

Ada beragam level di game ini yang membuat game ini cukup sulit untuk kamu tamatkan.

#29. Beach Buggy Racing

 Beach Buggy Racing, balapan mobil hd
Beach Buggy RacingGame balapan keren yang wajib kamu coba, Beach buggy racing. 

Di game ini, kamu akan memainkan sebuah karakter yang bisa kamu pilih sendiri, kemudian kamu akan melakukan balapan dengan lawan lainnya.

Yang unik, di game ini kamu bisa menemui berbagai macam elemen unik. Misalnya, efek powerup seperti boost yang bisa membuat mobil kamu jadi kencang, hingga skill-skill unik dari masing-masing karakter.

Dari fitur-fiturnya yang keren, tidak heran kalau game ini telah mencapai angka unduhan hingga 50 juta kali. 

#30. Badminton Legend

Badminton legend sport

Badminton atau bulu tangkis, adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Dan buat kamu yang penggemar bulu tangkis, saya pikir tidak ada salahnya kamu mencoba game ini.

Yup, di Badminton Legends, kamu bisa bermain bulu tangkis di HP Android kamu. Didukung dengan grafisnya yang bagus dan efek suaranya yang memukau, akan menambah keseruan kamu ketika bermain game ini.

Belum lagi ditambah dengan fitur-fiturnya yang menarik. Seperti bisa membeli pakaian, hingga bisa mengeluarkan skill-skill tertentu. 

Penutup

Ada banyak sekali game offline di Android, dan ada juga banyak sekali game-game offline ringan. Namun saking banyaknya, pasti banyak dari kamu yang bingung memilih, game apa yang kira-kira asyik kamu mainkan, dan tentunya cocok di HP yang spesifikasinya terbatas.

Hampir dari semua game diatas pernah saya coba di HP saya, atau di HP teman saya. Jadi kamu jangan ragu, karena semua game diatas sudah saya pastikan bisa berjalan di HP dengan RAM 1GB atau kurang kok.

Ada rekomendasi lain? Boleh dong beri sarannya melalui kotak komentar dibawah.

Selamat bermain!


Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar