4 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib Anda Coba
4 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib Anda Coba

4 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib Anda Coba

Pingin jajanan enak di kalimantan timur? Keempat kuliner ini wajib anda coba ketika berkunjung disana

jajanan yang wajib dicoba ketika di samarinda
Makanan khas Kalimantan Timur - Halo semuanya, di artikel ini saya akan membagikan kepada Anda 4 makanan khas Kalimantan Timur yang menggugah selera, pokoknya kalau belum makan makanan ini Anda belum sah mengunjungi Kalimantan Timur.

Bukan hanya makanannya saja yang lezat, di daerah Kalimantan Timur juga banyak sekali obyek wisata yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi, seperti sungai mahakam dan wisata lainnya. Pada zaman dahulu provinsi Kalimantan Timur juga terkenal karena peninggalan Kerajaan Kutai yang tersebar.

Yuk langsung saja, berikut ini adalah 4 makanan khas Kalimantan Timur yang wajib untuk dicoba.

4 Jajanan Khas Kalimantan Timur


1. Nasi Kuning Khas Samarinda

Jika Anda pernah berkunjung ke daerah Kalimantan Timur atau kota Samarinda, Anda pasti menemui banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual nasi kuning khas Samarinda ini di pinggir jalan.

Nasi kuning khas Samarinda ini begitu terkenal karena kenimatannya. Menurut saya yang membedakan nasi kuning khas Samarinda dengan nasi kuning khas daerah lain adalah adanya bumbu habang asli Samarinda.

Baca Juga : Mau nyunrise di Jogja? Berikut daftar wisata anda

Minyak habang ini dibuat dengan cara menumis rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah, cabai, daun salam, dan daun jeruk dengan menggunakan minyak panas. Setelah itu ditambahkan dengan garam, gula, air asam, telur, dan ayam goreng sambil diaduk hingga tercampur, setelah aroma sudah tercium dan bumbu telah meresap, baru deh bumbu hadang siap dicampur dengan nasi kuning khas Samarinda.

2. Pepes Kepiting

Mungkin terdengar asing bagi orang awam, namun bagi para pecinta kuliner pasti saya yakin Anda pernah mendengar bahkan pernah memakan pepes kepiting ini. Mungkin pepes kepiting ini kalah populer dengan pepes ikan, pepes udang, dan pepes tahu, namun di daerah Kalimantan Timur banyak sekali yang menjual pepes kepiting ini dengan ciri khas Kalimantan Timur.

Jenis kepiting yang digunakan sebagai bahan dasar pepes kepiting adalah kepiting soka. Kepiting soka dimasak dengan cara ditumis dengan rempah rempah seperti cabai, serai, daun kemangi, dan rempah lainnya. Setelah ditumis, kepiting tersebut langsung dikukus sampai matang, kemudian dibakar. Lezat sekali rasanya.

3. Ayam Cincane

Ayam cincane ini sangat nikmat jika dijadikan lauk yang disantap dengan nasi, maupun dijadikan makanan utama ketika ada acara pesta. Ayam cincane ini harus Anda coba, tidak susah untuk menemui makanan ini kok, di rumah makan pinggir jalan juga banyak yang menjualnya.

Baca Juga : Spot sunset terbaik di kota jogja

Masakan yang berbahan dasar ayam ini sangat lezat karena dipadukan dengan bumbu yang bewarna sedikit kemerahan. Bumbu tersebut merupakan bumbu khas Samarinda yang dibuat dengan menggunakan rempah rempah seperti terasi, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Pokoknya mantap banget deh makan siang atau makan malam dengan lauk ayam cincane dengan dipadukan oleh nasi hangat.

4. Nasi Bekepor

Menu makanan khas Kalimantan Timur yang terakhir ini mungkin paling asing terdengar di kuping Anda. Nasi bekepor adalah nasi putih biasa yang disajikan bersama rempah-rempah, minyak sayur, dan ikan asin sebagai lauk utamanya. Jika Anda ingin merasakan kenikmatan yang lebih lagi, Anda dapat mencampurkan nasi bekepor dengan sayur asem yang dicampur dengan kepala ikan dan ubi manis.

Yang membuat nasi bekepor lezat adalah sambal raja, ya sambal raja ini merupakan sambal yang dibuat dengan bahan dasar kacang panjang, bawang merah, terong ungu, telor ayam yang ditumis dan dimasak dengan rempah rempah lainnya, sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang begitu lezat khas Kalimantan Timur.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ngeblog hanya sekedar hobi tapi melihat penghasilan nambah gede, Saya lanjutkan hobis nulis ini untuk menambah kelancaran menulis
Buka Komentar