Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD Sebelum Beli Laptop

Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD Sebelum Beli Laptop

Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD Sebelum Beli Laptop

kekurangan processor amd
Bagi para pecinta perangkat komputer atau laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya prosesor Intel dan Prosesor AMD karena kedua prosesor ini adalah prosesor terbaik dan terlaris yang ada saat ini. Intel dan AMD selalu bersaing untuk memberikan performa terbaik pada produk prosesor yang mereka ciptakan. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD.

Sebelum lanjut ke perbedaannya adakalanya kita mengenal terlebih dahulu mengenai pengertian processor amd. Anda harus bisa membedakan antara prosesor amd dengan intel atau yang lainnya. Dan berikut pengertian dari processor AMD.

Apa itu Prosesor AMD
Sebelum ke inti pembahasan saya ingin anda semua mengetahui apa itu prosesor AMD ? kenapa prosesor ini bisa termasuk prosesor terbaik dan banyak digunakan oleh orang - orang ?. AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Device yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan prosesor, sirkuit terpadu atau IC (Integrated Chip). Perusahaan atau pabrik AMD pertama kali berdiri di daerah Austin, Texas, Amerika kemudian pabrik yang kedua di dirikan di Dresden, Jerman namun dikhususkan hanya untuk memproduksi AMD Athlon saja tetapi saat ini AMD sebenarnya berpusat di Sunnyvale, California, Amerika. AMD selalu saja berusaha untuk membuat sebuah produk sistem PC dengan harga yang murah dan jauh dari harga yang dimiliki oleh produk Intel, perusahaan AMD terus berkembang dan pada akhirnya di tahun 2006 lalu AMD berhasul mengakuisisi sebuah perusahaan Grafis terkemuka yang berasal dari Amerika yaitu ATI Technology. Hingga kini AMD adalah perusahaan yang membuat prosesor x86-Compatible prosesor terbesar kedua setelah Intel.

Baca Juga : Mengatasi Keyboard Error Di Laptop WIndows 10

Keunggulan dan Kelemahan Processor 

Kelebihan Prosesor AMD

Prosesor buatan AMD memiliki beberapa kelebihan yang bisa membuat para konsumen untuk lebih memilih AMD daripada Intel. Kelebihan tersebut antara lain :
  • Harga yang dimiliki oleh prosesor AMD lebih murah daripada buatan Intel. Hal ini menjadi alasan utama bagi banyak orang yang ingin merakit komputer murah dengan performa yang tinggi.
  • AMD memiliki teknologi Hyper Transport Technology yang berarti penggandaan pada jalur bus system sehingga mampu mempercepat data yang sedang di kirim dalam satu waktu lebih banyak karena data bisa berjalan lebih cepat.
  • Teknologi Cool n Quiet yang mampu mengatur penggunaan power yang lebih efektif dan lebih hening sehingga komputer bisa tetap dingin dan tidak akan terganggu kinerjanya saat digunakan.
  • Prosesor mampu mengakses memory tanpa harus melewati northbridge terlebih dahulu, hal ini tentu saja membuat kinerja prosesor untuk mengakses data didalam memory menjadi lebih cepat, teknologi ini disebut dengan Integrated Memory Controller.
  • Terdapat teknologi Enchanced Virus Protection yang akan membuat prosesor mampu mendeteksi adanya virus dan virus akan diproses secara otomatis saat terdeteksi teknologi ini.
  • Dengan teknologi AMD 64 Technology, prosesor AMD mampu berjalan dengan sangat baik saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berbasis 64 bit.
Baca Juga : Gagal Saat Instal Adobe? Solusinya Ada Nih

Hal itulah yang menyebabkan beberapa orang lebih memilih AMD sebagai prosesor untuk dipasang di perangkat komputer mereka, sebenarnya kelebihan yang dimiliki AMD ini memang cukup berpengaruh dan sangat baik untuk digunakan.

Kekurangan Prosesor AMD

Selain dari kelebihan diatas AMD memiliki beberapa kekurangan yang membuat orang lebih memilih prosesor dari Intel, kekurangan tersebut antara lain adalah :
  • AMD merupakan prosesor yang cepat panas, walaupun sebenarnya hal ini masih bisa diatasi dengan fan cooler, thermal paste, dan teknologi pendingin atau Ice Cool yang dimiliki oleh ASUS tetap saja AMD memiliki suhu yang lebih panas daripada prosesor Intel.
  • Kalah dalam hal Brand. Saat ini Intel lebih terkenal daripada nama AMD, oleh karena itulah orang - orang akan lebih memilih Intel karena intel sudah lebih dulu terkenal dan memiliki nilai baik dimata banyak orang sehingga pemilih AMD hanyalah segelintir orang yang memang tau seluk beluk komponen komputer.
  • Beberapa Game tidak cocok atau tidak kompatibel dengan prosesor AMD sehingga banyak gamer yang memiliki banyak uang lebih memilih prosesor dari Intel yang lebih memiliki banyak dukungan dari berbagai game yang ada.

Kesimpulan :

  1. Anda bisa menggunakan prosesor keluaran AMD jika anda ingin merakit sebuah koputer yang memiliki performa yang bagus namun dengan harga murah. Karena prosesor Intel sangatlah lebih mahal daripada harga prosesor AMD, lagipula untuk urusan performa AMD tidak jauh berbeda dengan performa prosesor Intel. Namun jika anda memiliki biaya lebih maka memang disarankan anda memilih prosesor Intel karena untuk saat ini performanya dinilai lebih stabil daripada AMD.
  2. Prosesor AMD memang telah banyak yang mengakui performanya yang begitu baik. Namun dalam berbagai uji performa atau kemampuan antara Intel dan AMD hasilnya mengatakan bahwa Intel masih lebih baik daripada AMD.
  3. AMD lebih unggul dalam hal gaming dan menjalankan berbagai program 3D untuk desain yang membutuhkan grafik dengan kualitas tinggi. Sedangkan Intel lebih unggu kestabilan performanya saat digunakan untuk menjalankan aplikasi Multimedia seperti rendering video dan editing foto atau desain grafis.
Akhir Kata
Demikianlah penjelasan mengenai Keunggulan dan Kelemahan Prosesor AMD yang bisa anda ketahui dari artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mempertimbangkan prosesor manakah yang bisa anda gunakan untuk perangkat komputer anda, dan semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda semua. Untuk berbagai artikel tentang teknologi dan infor menarik lainnya silahkan kunjungi blog saya di Dhanyrpebs.com
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar