Teknik Dasar Photography Kamera DSLR Serta HP Bagi Pemula

Teknik Dasar Photography Kamera DSLR Serta HP Bagi Pemula

teknik dasar dan materi dasar untuk pemula fotografi

Fotografi pada dasarnya memliki tingkat kerumitan dan kesulitan ketika melakukan teknik jepret foto. Belajar fotografi tidak hanya asal jepret, menekan shutter serta memainkan focus lensa. Menurut saya anda harus mempelajari teknik dasar nya agar dikemudian hari anda tidak kesulitan dalam melakukan teknik fotografi.

Materi yang akan saya sampaikan dalam kesempatan kali ini adalah mengenai dasar - dasar dalam pengambilan gambar menggunakan dslr serta kamera hp. Perlu saya tekankan bahwa belajar fotografi butuh skil kuat untuk menghasilkan foto yang bernilai seni dan inovatif.

Mempelajari teknik - teknik dasar dalam fotografi ini saya sarankan step by step, jika anda malah langsung cari apa itu third of view bahkah sampai cari teknik astrophotography, disitu anda merasa gagal mengenai pembahasan itu. Namun anda sangat tepat jika kepingin belajar fotografi melalui tahap demi setahap agar mendapatkan materi dasarphotography.

Kenapa diatas tadi saya bilang bahwa seorang fotografer itu agat rumit dalam setiap pengambilan gambarnya? Sebab foto yang ia hasilkan harus sesuai dengan mata manusia bahkan foto tersebut harus lebih menarik ketimbang dikenyataannya.

Ada sebuah istilah yang dimana foto itu dapat berbicara, maka dari itu saya tegaskan bahwa dalam pejepretan harus dibekali dengan ilmu photography mumpuni, jangan sampai kalian malah nyerah ditengah jalan karena ada beberapa teknik yang mengandalkan teknik dasar dan anda harus mengulang materi dasar kembali.

Baca juga : Daftar Wisata Buat Ngabuburit Bareng Di Jogja

Itulah yang menyebabkan seorang fotografer amatir gagal merangkak menjadi seorang fotografer profesional. Namun tenang saja disini akan saya bahas mengenai dasar - dasarnya dalam hal fotografi ini.

Materi Pengetahuan Dasar Fotografi Yang Wajib Anda Ketahui


Akan saya berikan beberapa tips dasar mengenai dunia foto karena saya juga mengalami hal yang serupa bahwa fotografi itu butuh teknik - teknik dasar nya bukan karena saya susah mengenal apa itu foto digital. Oleh karena itu saya akan membagikan pengalaman ke para khalayak mengenai ilmu dasar dalam photography.

1. Mengenal Kamera DSLR maupun Kamera Saku.

Sebagai calon fotografer profesional semestinya anda sudah menganal jenis - jenis kamera, fungsi tombol pada kamera serta berbagai maacam fitur di dalam kamera.Anda harus tau persis bagian mana yang bisa untuk mengatur manual fokus, autofokus dan lain sebagainya.

2. Kecepatan Fotografi.

Teknik ini seumpama anda mengambil foto panning dengan objek yang bergerak, disitu anda harus mengatur sedemikian rupa shutter speed atau bukaan rana agar kamera bisa mengambil onjek bergerak menjadi objek diam atau sering disebut dengan teknik freeze/ pembekuan.

Baca Juga : Pergi Liburan Akhir Pekan Ke Sebuah Tempat DI Jogja

Bukan hanya kecepatan shutter speed doang melainkan masih ada lainnya yang sekiranya patur anda miliki saat melakukan penjepretan objek. Apa saja kah itu? kecepatan dalam mengabadikan moment tertentu disaat kejadian itu tidak dapat diulangi kembali misal kilatan petir dan lain sebagainya.

3. Tau Teknik Menekan Tombol Shutter.

Tombol shutter ialah tombol yang akan anda gunakan dalam pengambilan gambar (memotret objek). Cara menekan tombol ini berbeda dengan cara menekan tombol shutter di smartphone kita. Jika di hp hanya dengan sekali sentuh makan ketika di DSLR anda harus menekannya lebih kuat lagi agar bisa memotret objek.

4. Mengetahui Exposure.

Eksposure merupakan teknik yang wajib diketahui oleh penyelam dunia pemotretan. Jika anda tidak mengatahui teknik ini maka hasil jepretan anda akan terasa kurang menarik karena exposure ini merupakan nyawa penting dalam unsur photography.

Baca Juga : Macam Teknik Fotografi Yang Wajib Anda Kuasai

Unsur ini dibedakan menjadi tiga bagian yang diantaranya yaitu ISO, SHutter Speed dan Aperture/ DIafragma. Ketiga elemen tersebut biasa disebut dengan segitiga exposure. Inilah yang menjadikan foto kita seolah - olah hidup sebab adanya dorongan komposisi foto yang selaras.

5. Cara Memegang Kamera.

Menggunakan DSLR tidak bisa disamakan dengan penggunakan kamera hp. Karena DSLR itu sendiri cara pemegangannya berbeda dengan kamera hp yang kita miliki. Untuk pemegangan yang tepat ialah tangan kanan memegang alat pegangan pada DSLR serta ujung telunjuk digunakan sebagai alat pemencet tombol shutter dan tangan kiri digunakan untuk mengatur manual fokus pada kamera.

Baca juga : Referensi Tempat Wisata Buat Nyunset Bareng dan Asyik

6. Mengatur Pengaturan Kamera.

Di dalam kamera terdapat pengaturan untuk mengatur berbagai macam set untuk mode pemotretan. Unsur tersebut diantaranya jenis - jenis shoting pada drive mode, mengenai white balance/ WB serta menganali picture style dan cara menggunakan ketika komponen dalam pengaturan tersebut.

7. Mengetahui Mode Penjepretan.

Kamera DSLR memiliki dua mode yang diantaranya memiliki fungsinya masing - masing. Mode tersebut diantaranya mode autofocus sama manual fokus. Jika anda baru pertama kali megang DSLR untuk memotret objek, anda diperuntukan dengan menggunakan mode auto fokus dan jika anda sudah mahir dalam penggunaan DSLR ini anda boleh mencoba teknik pengambilan foto dengan cara manual fokus.

8. Mengenal Jenis - Jenis Shot.

Sebagai fotografer amatir atau sudah handal, anda diwajibkan untuk mengetahui macam - macam shot dan jenisnya agar disaat sesi pemotretan tidak terjadi kesalahan pengambilan shot.

Penutup.

Begitulah tips ringan untuk fotografer pemula yang baru terjun ke dunia pemotretan. Jadi walaupun anda sudah mahir dalam segi pemotretan ini namun anda malah merujuk ke teknik expert tetapi malah kebingungan disaat ada salah satu teknik yang mengharuskan menerapkan teknik dasar fotografi, anda wajib belajar menganai materi photography ini mulai dari awal kembali agar dapat jepretan yang lebih epic.

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar