Cara Mengatasi Penelusuran Google Telah Terhenti DI Android

Cara Mengatasi Penelusuran Google Telah Terhenti DI Android

mengatasi pencarian google di android berhenti
Proses kinerja android semakin lama akan semakin rusak terlebih lagi jika muncul pemberitahuan sayang sekali google penelusuran terhenti. Masalah tersebut sering saya hadapi ketika sedang dan atau sambil membuka google penelusuran, taunya malah terhenti sendiri padalah hp tidak lag.

Memperbaiki masalah hp keluar tulisan “google penelusuran terhenti” juga bisa dilakukan di android kalian dengan cara yang cukup gampang.  Terkadang android anda akan sering muncul peringatan untuk menutup paksa aplikasi google search tersebut dikarenakan peforma android sudah terbebani oleh kinerja lainnya.

Kinerja itu seperti pembacaan sistem aplikasi, RAM, penggunaan storage dan lain sebagainya. Kemungkinan terbesar ialah android kita akan terkena yang namanya force close di beberapa aplikasi misal google seach ini.

Berhenti dalam waktu tiba - tiba itu disebabkan oleh kerja operand tidak mumpuni dan belum bisa kompitabel menurut OS instaled android. JIka terus dipaksa untuk melakukan tugas ini maka ada beberapa atau sebagian app akan mengalami crash dan sering terhenti dengan sendirinya.

Penyebab dari berhenti tiba - tiba ini seperti RAM usage kelebihan beban, pembacaan memori terus menerus, penggunaan android secara berkala dan hal paling fatal ialah terkena virus atau malware dan anda harus segera mengetahui ciri - ciri smartphone terserang virus dan jika tidak diketahui oleh pengguna maka android kamu akan terasa lag parah, harus segera mengatasi hp lemot ini.

Namun saya mendapati beberapa kasus diantaranya tidak mengalami lemot pada operasi sistemnya tetapi sering sekali mengalami proses google penelusuran terhenti, terus apa akibatnya? apa penyebab dari terhenti ini?.

Sayang Sekali Google Penelusuran Telah Berhenti dan Mengalami Force Close Mendadak


Mungkin sebagian besar pengguna android sudah pernah mengalami hal seperti ini namun mereka tidak pernah tau apa saja yang dapat dilakukan ketika aplikasi google telah terhenti dan mereka semua pun pada panik karena tidak tau untuk cara mengatasinya.

AKhirnya tanpa pikir panjang mereka lebih memilih untuk ganti hp ketimbang membenai dan memperbaiki masalah ini. Sebenernya masih bisa diatasi dengan cara yang akan saya bagikan menurut riset dan telaah saya, berikut cara memperbaiki nya :

1. Menghapus Data/ Clear Data

Penghapusan ini dimaksudkan untuk membersihkan file sampah yang terkandung dalam aplikasi google search tersebut, kurang lebihnya berfungsi sebagai piranti pengurangan beban pada space memori, baik memori internel maupun eksternal.

Jika anda merasa bahwa memori penyimpanan internel kamu penuh maka anda harus cari solusi terbaiknya. Jika sudah menemukan lanjut ke step berikutnya untuk melakukan clear data pada aplikasi google ini.

Baca Juga :: Bagaimana menstabilkan koneksi internet di android?

Cara nya cukup simpel yaitu Masuk Ke Menu Setting -> Aplikasi Terinstal/ Semua -> Pilih Google Penelusuran -> Pilih Opsi Clear Data/ Hapus Data. Setelah proses pembersihan ini coba lakukan atau buka aplikasinya dan lihat apakah masih mengalami terhenti sendiri atau malah berhasil. Apakah masih sering berhenti?

2. Update OS Android

Memperbarui OS pada smartphone adalah hal yang wajib dilakukan disaat ada pembaruan sistem dari pihak pengembang OS nya namun tidak diperuntukan untuk hp yang sudah dilakukan custom rom, karena jika kalian mengupdate melalui perangkat pembaruan sistem di menu setting hal yang akan terjadi adalah terjadinya bootlop maupun hardbrick.

Jangan sesekali melakukan update jika smartphone kalian sudah di root maupun sudah dipasang custom rom. Untuk android yang masih fresh dan bisa dikatakan masih perawan belum terkena sentuhan sistem rooting maka ada baiknya anda segera melakukan update OS untuk mendapatkan fitur terbaru agar masalah force close ini akan segara tertangani dengan gampang.

Caranya cukup dengan membuka Setting -> Tentang Ponsel -> Pembaruan Sistem -> Tunggu hingga proses pembaruan selesai. Selama proses ini anda diwajibkan untuk jangan keluar dari menu itu karena jika anda sesekali mencoba untuk keluar hal yang akan terjadi adalah kerusakan pada sistem OS android kalian dan kemungkinan besar akan mengalami gagal booting.

Sekedar mengingatkan saja bahwa memperbaharui ini perlu membutuhkan kuota internet banyak dan daya baterai cukup banyak juga, jadi anda wajib mengisi ulang kedua syarat tersebut agar proses pembaruan ini berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan sedikitpun.

3. Perbarui Aplikasi Google.

Google akan meng-update sistemnya secara berkala, jadi dipastikan anda harus memerhatikan pembaruan dan pemberitahuan untuk segara memperbarui aplikasi google untuk mendapatkan fitur dan peforma maksimal.

Melakukan update ini bisa anda cek melalui google playstore atau appstore dan sekiranya hampir sama dengan kedua store aplikasi tersebut. Coba dicek mengenai updating ini, jika ada pemberuan maka anda wajib hukumnya untuk melakukan updating.

4. Hapus Cache Android.

Cara ini saya peruntukan untuk orang ahli dalam bidang opreker karena jika anda belum mahir dalam hal seperti ini dikhawatirkan akan terjadi masalah serius bila anda salah melakukan proses penghapusan cache ini.

Baca juga : Pingin android kamu di root? berikut cara root android tanpa lewat pc

Cara yang harus dilakukan adalah buka menu TWRP ataupun CWM pada android biasanya akan dibuka bisa melalui aplikasi ataupun langsung lewat tombol power + volume down. Ingat, bahwa cara manual ini akan terasa beda ketika anda menggunakan hp yang berbeda seri serta ini saya tested di android xiaomi redmi 2 dan lenovo semua jenis, sudah terbukti work.

5. Hapus Data Android.

Sama halnya dengan proses hapus cache namun cara ini lebih ekstrim dan bisa dibilang akan menghilangkan semua data instalan di android anda. Jadi sebelum melakukan ini saya tegaskan anda harus berani mengambil resiko kedepannya serta harus melakukan backup ROM sama data aplikasi ataupun berkas yang tersimpan pada memori internal kalian.

Hapus data ini hampir sama dengan cara diatas, tinggal anda memilih hapus data/ factory reset. Nantinya ketika proses ini berhasil maka andorid anda akan terasa lebih fresh kembali seperti bawaan pabrik sebab aplikasi terinstal hanya beberapa saja dan masih default pabrik. Saya sarankan sebelum melakukan ini anda harus membackup terlebih dahulu.

6. Langsung Menuju Pencarian Google Menggunakan Browser Bawaan atau Lainnya.

Proses pencarian google ini sama halnya jika kita mencari sebuah referensi dan rujukan kita dalam kegiatan searching. Ketika anda mendapati masalah aplikasi google pencarian tidak dapat digunakan sebab mengalami sering terhentinya maka anda bisa melakukan cara yang lebih efektif lagi dengan melalui tips menggunakan browser bawaan langsung ketika ingin mencari sumber artikel.

Kesimpulan.

Ketika melakukan cara diatas anda harus mempunyai tekat dan harus bisa mengangani dengan sendirinya agar masalah anda tidak akan semakin melebar kesana kemari. Demikian atas perhatiannya mengenai cara memperbaiki google penelusuran terhenti dan harus ditutup paksa karena tidak bisa digunakan ketika kita ingin melakukan searching menggunakan aplikasi google.

Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar